Ingin Refreshing ke Pantai? Yuk Cek Dulu 10 Tempat Wisata Pantai Paling Menawan

Share

Kamu sedang merencanakan liburan ke pantai bersama keluarga, ataupun rekan? Ya, pantai merupakan salah satu destinasi wisata alam paling menyenangkan.

Sebab di sini banyak sekali aktivitas bisa dilakukan, seperti berenang, surfing, snorkeling, menikmati sunrise atau sunset, dan masih banyak lagi.

Read More

Lebih dari itu, berlibur ke pantai dipercaya dapat berdampak baik bagi kesehatan. Mulai dari meredakan stres, meningkatkan kreativitas, mengurangi depresi, menyehatkan kulit, hingga menguatkan sistem imunitas tubuh.

Sebagaimana diketahui, di dunia ini ada banyak sekali pantai indah. Namun, tak semuanya bisa dikatakan menarik dikunjungi, sebab berbagai hal, misal akses yang sulit, fasilitas kurang, atau lainnya.

Oleh karena itu, kali ini akan dibagikan pantai terindah di dunia yang bisa jadi daftar destinasi terbaikmu.

10 Daftar  Pantai Paling Menawan di Dunia

Setiap negara memiliki pantai terindah yang bisa dikunjungi. Masing-masing menawarkan daya tarik berbeda, baik yang murni dibentuk oleh alam maupun tambahan fasilitas dari pengelolanya. Berikut beberapa pantai terindah di dunia yang terletak di berbagai belahan dunia, antara lain:

Pantai Kuta (Bali, Indonesia)

Liburan Wisata Pantai Kuta

“Laut selalu mengisi hati seseorang dengan kerinduan, meskipun untuk apa yang dia tidak pernah yakin” – Cornelia Funke

Tak ada yang bisa memungkiri keindahan pantai-pantai di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, tanah air ini memiliki jajaran pulau dengan keindahan layaknya surga dunia.

Salah satu pantai tersebut adalah Kuta, Bali. Pantai ini setiap harinya tak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara yang bersantai menikmati lembutnya pasir dan semilir angin nan sejuk.

Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat pemandangan sunset bisa terlihat dengan jelas dan indah.

Selain itu, ombaknya yang besar membuat Kuta sebagai tempat berselancar terbaik. Tak heran jika sepanjang tepi pantai banyak disewakan papan surfing dengan harga bervariasi sesuai dengan besar dan kualitasnya.

Namun, rata-rata harga sewa papan selancar sekitar Rp 150 ribu/ 2 jam. Nah, bagi kamu yang masih pemula dalam dunia surfing, dapat menyewa jasa coach berpengalaman.

Usai berselancar, kamu bisa mencoba nikmatnya jasa pijit minyak urut dari kelapa bercampur garam dengan biaya Rp 75 ribu/jam. Dijamin tubuh akan semakin segar dan sehat.

Banyak wisatawan mancanegara yang suka dengan jasa pijit ini. Kamu tak perlu khawatir soal fasilitas. Sebab pantai Kuta telah dilengkapi hotel, restoran dengan aneka macam kuliner, pedagang kecil, pusat perbelanjaan (paling dekat adalah Beachwalk Shopping Center dan Discovery Shopping Mall).

Kabar menggembirakannya, tak ada biaya tiket masuk untuk pantai ini alias gratis.

Pantai Bondi (Sydney, Australia)

Liburan Wisata Pantai terindah di dunia

“Sebanyak bintang di langit, pasir di pantai, dan tetesan air hujan. Kebaikan Tuhan lebih banyak lagi.”

Bergerak ke arah tenggara Indonesia, ada pantai Bondi yang termasuk dalam jajaran pantai paling indah di dunia. Bondi Beach berjarak 7 km ke arah timur dari distrik bisnis pusat Sydney.

Biasanya, kunjungan ke Bondi Beach akan padat saat menjelang akhir tahun atau malam tahun baru. Sebab saat itu akan ada pertunjukan kembang api yang sangat menakjubkan.

Berbagai aktivitas seru dapat dilakukan di pantai dengan pasir keemasan ini, mulai dari berjemur, lari santai, berenang, tracking di tebing sepanjang 6 km, dan masih banyak lagi.

Lebih dari itu, di sini sering kali diadakan beragam acara, di antaranya pertunjukan seni komunitas, lari maraton City to Surf,  festival layang-layang (Festival of the Winds), Bondi Winter Magic Festival.

Tak sekadar menikmati keindahan pantai, kamu juga memperoleh banyak pengetahuan. Sebab di Pantai Bondi terdapat Bondi Pavilion Community Centre yang terdiri dari Marine Discovery Center, panggung teater, galeri pameran, dan amfiteater luar ruangan.

Khusus dalam Marine Discovery Center kamu dapat mempelajari berbagai satwa laut khas Australia yang menakjubkan.

Waktu terbaik untuk datang ke Bondi Beach adalah saat musim semi dan dingin. Saat musim semi akan ada pameran seni karya Sculpture by the Sea yang diselenggarakan sepanjang jalur Bondi ke Tamarama Beach.

Sedangkan ketika musim dingin, kamu akan menyaksikan gelanggang seluncur es yang termasuk bagian dari Bondi Winter Magic Festival.

Selanjutnya, untuk fasilitas, Bondi Beach menyediakan hotel, cafe dan restoran dengan berbagai menu khas Australia. Salah satu restoran cukup mewah dan terkenal adalah Bondi Icebergs.

Kemudian, sepanjang jalan utama di tepi pantai banyak berjajar toko yang bisa menjadi tempatmu mencari peralatan selancar, pakaian, kerajinan lokal, dan masih banyak lagi. Menariknya, setiap minggu akan ada sekolah yang mengadakan Bondi Beach Markets, dimana kamu dapat memperoleh berbagai barang dengan harga miring.

Pantai Palawan (Filipina)

Liburan Wisata Pantai terindah di dunia

“Dalam sains, kami seperti anak-anak yang mengumpulkan beberapa kerikil di pantai pengetahuan, sementara lautan luas yang tidak diketahui terbentang di hadapan kami.” – Sir Isaac Newton

Bagi kamu pecinta keindahan taman bawah laut, maka pantai Palawan adalah pilihan terbaiknya. Sebagai bukti, Palawa pernah mendapatkan penghargaan tahunan sebagai pulau terbaik di dunia oleh Travel+Leisure dengan skor 93, 71.

Sebagai pantai paling cantik di dunia, setiap hari pantai ini didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melakukan snorkeling dan diving. Pantai Palawa merupakan tempat berlibur yang menyuguhkan nuansa ketenangan sekaligus petualangan.

Ketenangan bisa kamu peroleh dari perpaduan hamparan pasir, deburan ombak, serta sejuknya semilir angin.

Sedangkan petualangan bisa kamu peroleh dengan menyusuri sungai bawah tanah sepanjang 8,2 km yang berada di antara tebing dan bebatuan kapur.

Sungai tersebut dikenal dengan nama Puerto Princesa Subterranean River dan termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Setidaknya kamu butuh waktu 5-6 hari untuk menjelajahi semua keindahan di sudut pulau ini.

Pantai Negril (Jamaika)

Liburan Wisata Pantai terindah di dunia

“Laut tidak suka dikekang” – Rick Riordan

Ingin merasakan sensasi Jamaika dengan pantai indahnya? Segera datang ke Pantai Negril, Jamaika. Di sini pengelola telah menyediakan Rick’s Cafe dengan ornamen berwarna merah, kuning, dan hijau.

Salah satu Pantai paling cantik di dunia ini terdiri dari dua sisi, yakni hamparan pasir landai dan bebatuan karang dengan tinggi sekitar 30 meter.

Pada hamparan pasir ini kamu dapat menikmati santainya berjemur setelah berenang, bermain voli, atau permainan pantai lainnya. Ombaknya yang tidak begitu besar akan menghadirkan suasana yang lebih tenang.

Sedangkan di area batu karang kamu bisa melihat dengan jelas indahnya pemandangan pantai Negril secara keseluruhan.

Pantai Bahia Solano (Kolombia)

Liburan Wisata Pantai terindah di dunia

“Seseorang yang melaju paling jauh pada umumnya adalah dia yang ingin dan berani melakukan sesuatu.  Kapal yang biasa-biasa saja tidak pernah jauh dari garis pantai.” – Dale Carnagie

Pada Pantai Bahia Solano kamu dapat menyaksikan hilir mudik nelayan yang sedang berburu ikan di laut lepas. Menariknya, kamu bisa ikut ke perahu mereka untuk menikmati sensasi berkeliling pantai sekaligus cara para nelayan mencari ikan.

Hal ini tentu akan memberikan pengalaman yang menarik bagi dirimu.

Selain itu, dari tepi pantai kamu juga bisa menyaksikan betapa indahnya laut dengan airnya yang biru kehijauan dan jernih. Tiupan angin hasil debur ombak akan membuatmu merasakan relaksasi yang mampu mengurangi stres.

Berenang di pantai ini juga tak boleh dilewatkan.

Selanjutnya mengenai fasilitas, di pantai paling cantik di dunia ini ada banyak sekali tempat berbelanja pakaian dan souvenir, restoran dengan aneka menu khas Colombia, dan beberapa hotel berharga variatif.

Menikmati pantai Bahia Solano saat malam hari bisa menjadi pilihan menyenangkan dan menenangkan.

Pantai Navagio (Yunani)

Liburan Wisata Pantai terindah di dunia

“Samudra memang luas, namun pasti dan pasti ada pantai indah nun jauh di sana. Pasti, jika kita terus mengayuh, mengayuh, dan mengayuh.” – Jiddu K.

Kamu pernah menonton serial drama Korea, Descendants of The Sun yang cukup fenomenal itu? Jika iya, kamu tentu tak asing dengan setting pantainya yang begitu indah. Ternyata, pantai tersebut adalah pantai Navagio yang terletak di Yunani.

Perjalanan menuju pantai Navagio dikelilingi tebing kapur, sehingga untuk kesana kamu hanya bisa menggunakan kapal. Sesampainya di lokasi, kamu akan disambut oleh hamparan pasir putih dan laut yang biru nan jernih.

Tak ada yang bisa memungkiri keindahan pantai Navagio. Terbukti, pada tahun 2013, National Geographic Nederland Belgie menobatkannya sebagai pantai paling cantik di dunia.

Sebagaimana dalam drama Descendants of The Sun, di sini kamu bisa berfoto di kapal yang karam dan sekarang berada di tepi pantai. Dilansir dari Zantewreck.com, kapal tersebut adalah milik Charalambos Kompothekras yang pada tahun 1980 melakukan pelayaran dari Cephalonia menuju Albania.

Namun kemudian mengalami kecelakaan karena cuaca buruk dan akhirnya terdampar di pulau Zakythos hingga sekarang.

Selain itu, pantai ini juga sering dijadikan sebagai base jumping. Tebing yang tinggi cukup membuat adrenalin terpicu. Waktu tebaik untuk berkunjung ke pantai Navagio adalah pagi hari atau di atas jam 3 sore, karena saat itu tersedia banyak kapal.

Pantai Pink Sands Beach (Harbour Island, Bahama)

Liburan Wisata Pantai terindah di dunia

“Seseorang tidak dapat mengumpulkan semua cangkang yang indah di pantai.” – Anne Morrow L

Sebagaimana namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna pink dan lembut. Warna ini disebutkan berasal dari bekas cangkang hewan laut kecil bernama Foraminifera.

Sementara kelembutannya dihasilkan dari serpihan cangkang kerang, batu koral, dan kalsium dari plankton yang hidup di perairan ini. Keunikan warna pasir tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai Pink Sands Beach.

Sebagian besar dari mereka menggunakan pantai ini sebagai tempat bulan madu, karena memang suasananya cukup romantis.

Airnya yang tidak terlalu dingin membuatmu bebas berenang kapan pun. Selain itu, kamu juga bisa menikmati diving, snorkeling, berburu ikan, atau berkeliling menggunakan perahu.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke pantai dengan pasir pink ini adalah saat pagi hari. Sebab kamu akan menyaksikan betapa indahnya saat kilau matahari menyinari permukaan laut.

Adapun fasilitas di pantai tercantik di dunia ini, kamu bisa menikmati aneka seafood segar di restoran yang berjajar sepanjang tepi pantai, atau berbelanja suvenir di Dunmore Town.

Pantai Maui (Hawaii)

Liburan Wisata Pantai terindah di dunia

“Dengan sajak kutitipkan rindu; laut pada pantai yang menggaramkan buihnya.” – Jamal T.S.

Siapa yang tak tau kabar keindahan Hawai? Kepulauan di Amerika Serikat ini memiliki banyak sekali pesona alam yang indah. Salah satunya adalah pulau Maui atau yang dijuluki sebagai The Valley Isle.

Pantai ini menawarkan keindahan yang berasal dari perpaduan pasir yang lembut, air laut biru nan jernih, dan rimbunnya pepohonan tropis. Pesona tersebut semakin lengkap dengan adanya pegunungan dan lembah yang menampilkan sunrise dan sunset. Tak heran bila tempat ini dikenal sebagai pantai tercantik di dunia.

 Tak berlebihan jika dikatakan bahwa pantai ini menyediakan semua hal yang dicari wisatawan. Bagi kamu yang suka olahraga air, bisa melakukan wind surfing, surfing, berenang, snorkeling, dan lain sebagainya.

Sebab kondisi air lautnya yang luar biasa. Terbukti, pantai ini sering kali menjadi tuan rumah untuk sejumlah kompetisi olahraga air internasional.

Sementara untuk kamu yang membutuhkan petualangan, dapat menjelajahi Taman Nasional yang berada di kawasan pulau Maui. Biasanya para wisatawan melakukan penyusuran di sepanjang jalan Hana Highway.

Sebab jalan ini dikelilingi pemandangan indah, antara lain, rerimbunan hutan, beberapa air terjun, serta pemandangan ke arah laut lepas. Hana Highway memiliki kelokan sebanyak 620 dan 59 jembatan.

Tak perlu khawatir, ada banyak spot keren dan nyaman yang bisa kamu jadikan tempat istirahat sejenak.

Berbicara fasilitas, pantai Maui memiliki berbagai jenis akomodasi. Mulai dari penginapan biasa, hotel, hingga Bungalow. Bahkan, kamu juga bisa melakukan camping, sebab di sini ada beberapa spot keren yang cocok untuk camping.

Pantai Nungwi (Zanizibar, Tanzania)

Liburan Wisata Pantai terindah di dunia
via expedia.com

“Deburan ombak, pasir pantai, angin sepoi-sepoi, dan pemandangan indah adalah alasan untuk selalu kembali mengunjungi pantai.”

Ternyata di Afrika Timur, tepatnya Tanzania, terdapat lautan yang sangat cantik, yakni Pantai Nungwi. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan pantai dengan air biru kehijauan.

Menariknya, banyak sekali hal yang dilakukan oleh warga sekitar dan menjadi nilai budaya di daerah setempat. Beberapa di antaranya, para wanita yang menyebar jala untuk memperoleh ikan, anak-anak bermain bola di sepanjang pantai saat matahari terbenam, dan pertunjukan sunset jumper.

Bagi kamu yang belum tau, sunset jumper merupakan momen dimana banyak orang akan berlomba-lomba untuk melompat terbalik ke dalam air dengan latar belakang pemandangan matahari yang sedang terbenam.

Kamu tak akan rugi datang ke salah satu daftar pantai terpopuler di dunia ini, sebab kulinernya patut diacungi jempol. Setiap hidangan yang disajikan kaya dengan rempah-rempah paling lezat.

Tak heran jika pulau ini dijuluki sebagai Spice Island. Jika kamu ke sini, wajib coba olahan ikan laut yang menjadi menu andalan. Selain itu, di sini juga banyak sekali opsi akomodasi untuk wisatawan. Mulai dari resort mewah, hotel, penginapan biasa, hingga bungalow.

Pantai Las Baulas National Park (Playa Grande, Kosta Rika)

Wisata Pantai Terindah di Dunia
berkshirecr.com

“Hidup adalah perjalanan warna-warni dengan semua tawa dan keseruannya.Kulari ke Pantai bisa jadi pilihan manis untuk mengunjungi masa kecil.”

Sejak lama Kosta Rika terkenal dengan keindahan alamnya. Tak heran jika Las Baulas menjadi salah satu pantai paling indah di dunia. Hampir setiap wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Amerika Tengah tak pernah melewatkan destinasi yang termasuk dalam Taman Nasional ini.

Mereka tertarik untuk mengunjungi hutan mangrove yang menjadi tempat konservasi flora dan fauna yang berada di kawasan pesisir.

Jika kamu berkunjung antara bulan November sampai maret, maka kamu bisa menyaksikan ratusan penyu betina raksasa atau penyu Belimbing yang sedang bertelur.

Dan kalau beruntung, kamu akan merasakan pengalaman melepas anak-anak penyu ke pantai. Selanjutnya, bagi kamu yang ingin sedikit memicu adrenalin bisa naik perahu mengikuti penyusuran sungai dan rawa yang dipenuhi dengan buaya. Namun tak perlu khawatir, selama perjalanan kamu akan dipandu oleh petugas berpengalaman.

Adapun tiket masuk ke Las Baulas National Park adalah sebesar $10 dan waktu berkunjung terbaik adalah di bulan November hingga maret.

Bagi kamu yang tertarik untuk kesini bisa melalui rute terdekat, yakni dari Santa Cruz, lalu Belen dan Huacas, dan akhirnya tiba di Matapolo Ploya Grande. Perjalanan ini berjarak sekitar 52 km.

Demikian daftar pantai terindah di dunia. Paling awal, kamu harus mengunjungi pantai indah yang ada di Indonesia. Selanjutnya, silahkan pilih pantai yang menarik keinginanmu.

Siapkan segalanya dengan baik, mulai dari kesehatan, budget, dan lain sebagainya. Bila perlu gunakan jasa perjalanan, sehingga waktu dan fasilitasmu saat berlibur dapat tertata dengan baik.

Selamat menikmati liburan bersama keluarga atau rekan di pantai terindah impianmu.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *