14 Wisata Kuliner Favorit di Bandung, Rasa Lezat Harga Terjangkau!

By |

Bandung terkenal dengan pesona wisata yang sangat menarik. Selain itu, kota kembang ini juga kaya akan wisata kuliner. Kamu bisa menemukan aneka kuliner khas Bandung yang super enak seperti cireng,  brownies,  mie ayam, dan masih banyak lagi lainnya.

Saat kamu berlibur ke Bandung, jangan lupa sempatkan menikmati aneka makanan khas daerah ini. Bakalan rugi jika sampai melewatkan petualangan kuliner di kota ini. Selain enak, harga makanan di Bandung juga terkenal murah.

Berikut ini ada daftar tempat jajanan kuliner favorit di Bandung yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke sana.

 

Wisata Kuliner Favorit Bandung dengan Harga Terjangkau

 

Seblak Oces

Wisata Kuliner Bandung

Seblak merupakan makanan yang terbuat dari bahan baku kerupuk. Namun uniknya kerupuk  bukannya digoreng melainkan dimasak menggunakan kuah. Penasaran gimana rasanya? Langsung saja kamu bisa datang ke Seblak Oces. Letaknya ada dibeberapa lokasi, salah satunya berada di Jalan Dipati Ukur. Di rumah makan ini, kamu bisa memilih mau makan seblak kering atau basah. Harganya pun murah karena mulai dari Rp. 6.000 hingga Rp. 12.000. Jenis topping yang dipilih akan mempengaruhi harga yang dibandrol.

Batagor Hanjuang

Hampir semua orang sudah familiar dengan batagor. Makanan khas Bandung ini sangat terkenal di seluruh penjuru tanah air. Di Bandung, ada banyak penjual yang menjajakan batagor. Salah satu tempat yang terkenal dengan rasa batagornya yang enak ialah batagor Hanjuang. Lokasinya ada di Cicendo, tepatnya berada di Jalan Astina. Harga untuk 1 menu batagor ialah Rp. 10.000, cukup terjangkau bukan?

Nasi Bistik Astana Anyar

Tak hanya jajanan ringan saja yang bisa ditemukan di Bandung, namun ada juga menu berat yang bikin perut kenyang. Sebut saja Nasi Bistik Astana Anyar. Tempat ini begitu terkenal di kalangan warga lokal maupun luar daerah.

Di Astana Anyar, kamu bisa mencicipi menu bistik yang lezat hanya dengan harga Rp. 19,000 saja. Nasi bistik adalah olahan makanan yang berupa nasi goreng, kemudian diberikan beberapa toping yang membuat rasanya makin menggoda. Topping yang digunakan ialah daging ayam goreng tanpa tulang, wortel, buncis, dan kentang goreng. Kemudian, topping ini disiram menggunakan saus BBQ.

Cuanki Serayu

Jajanan Kuliner Bandung

Cuanki sebenarnya mirip dengan bakso. Hanya saja, makanan ini memakai kuah yang terbuat dari ikan. Jika ingin mencoba makan Cuanki di Bandung, silahkan datang ke Cuanki Serayu di Jalan Serayu No.2. Cohapit. Kamu bisa menikmati Cuanki yang lezat dengan harga murah, cukup Rp. 15.000 saja per porsinya.

Gulai Kambing Haris

Makan gulai kambing yang hangat di suasana malam sangat cocok. Apalagi Bandung terkenal dengan udaranya yang dingin. Hal ini bisa menambah rasa nikmat kuliner gulai kambing. Di Bandung, ada tempat yang jual gulai kambing enak dengan dagingnya yang lembut beserta kuahnya yang gurih. Lokasi rumah makan tersebut ada di Jalan Asia Afrika Bandung. Silahkan saja datang ke sini untuk mencoba sensasi rasa gulai kambing yang mantap.

Seafood Kiloan Bang Bopak

Seafood terkenal dengan harga yang mahal. Namun, di Bandung kamu bisa makan seafood tanpa khawatir harga mahal. Silahkan langsung saja datang ke rumah makan seafood kiloan Bang Bopak. Tempatnya ada di Jalan Brigjen Katamso No. 33. Cibeunying Kaler. Harganya dihitung per 100 gram yaitu mulai dari Rp. 25.000. Pengunjung bisa menentukan jenis seafood serta menentukan jenis masakan yang diinginkan.

Nasi Kalong

Nasi Kalong mungkin masih terdengar asing di telinga. Makanan ini menjadi makanan khas Bandung yang terbuat dari beras merah. Kemudian, nasi tersebut dimasak dengan aneka rempah yang lengkap beserta kluwek. Hasilnya, nasi dari beras merah rasanya gurih dan lezat. Oleh sebab itu, nasi kalong bisa dinikmati tanpa menggunakan lauk. Jika penasaran seperti apa rasanya, yuk datang ke Jalan RE Martadinata, Bandung.

Baca juga: Wisata kuliner Jakarta

Kedai Madtari

Di tempat ini, banyak aneka menu makanan yang disediakan. Pengunjung bebas memilih menu yang ada seperti pisang bakar, roti  bakar hingga menu berat indomie. Keistimewaan beli roti bakar di Kedai Madtari adalah topping kejunya begitu banyak. Bagi pecinta keju, hal ini tentu sangat menggoda. Roti bakar menjadi lebih istimewa karena kejunya yang melimpah.

Martabak Mertua

Martabak Mertua begitu hits di Kota Bandung. Martabak di sini terkenal enak karena menggunakan topping keju yang melimpah. Tak hanya itu saja, rasa telur asinnya pun begitu istimewa. Rasa yang lezat membuat banyak orang rela antri membeli martabak di sini. Lokasi kedai Martabak Mertua ada di Jalan Dipati Ukur.

Kampung Daun

Menikmati makanan dengan suasana sejuk dan asri tentu sangat menyenangkan. Tak hanya memanjakan perut, namun pikiran pun menjadi fresh karena lingkungan yang indah. Di Bandung, ada tempat makan yang menggunakan konsep seperti itu. Nama rumah makan ini ialah Kampung Daun. Pengunjung bisa menikmati makanan dengan berada di bahan sejuknya pepohonan. Suara aliran sungai yang jernih membuat suasana semakin asri.

Kartika Sari

Ketika berliburan ke suatu tempat, rasanya kurang afdhol kalau pulang tidak membawa oleh-oleh. Jika sedang berwisata ke Kota Bandung, jangan lupa membawakan oleh-oleh khas yang enak dan terjangkau. Di Kartika Sari, ada banyak jenis oleh-oleh khas Bandung yang bisa dibeli. Selain menyediakan boleh pisang yang super enak, ada jenis makanan oleh-oleh lain yang bisa dipilih.

Martabak Nian Andir

Bandung terkenal sebagai daerah asal Martabak manis. Di kota Bandung, ada tempat yang menjual martabak yang unik. Nama tempat makannya ialah Martabak Manis Nikmat Andir. Hal yang membedakan martabak ini  beda dengan lainnya ialah adanya menu martabak dengan isian pandan, keju dan jagung manis.

Raja Rasa

Jika Anda gemar makan makanan Sunda dan Seafood Anda dapat mencoba makan di restoran Raja Rasa. Di Raja Rasa Anda akan disuguhi menu makanan dengan rasa khas Jawa Barat (Sunda) dan Menu ikan laut dengan olahan bumbu khas dari Bali.

Menu favorit yang bisa kamu nikmati di sini antara lain gurami bakar Jimbaran, nasi timbel,nasi ulam, kepiting asam pedas, camilan tahu dengan bumbunya, udang saus keraton, dan menu lainnya.

Anda juga bisa memilih menu paketan jika ingin lebih praktis. Menu paket yang ada diantarana paket personal dan paket untuk 4 orang. Sedangkan minuman khas Bandung Anda dapat memesan Fresh Raja rasa dan es Cincau.

Lokasi restoran ini ada di jalan Setra Ria No 1 Setiabudhi, Bandung.

Floating Market Lembang

Dinamakan sebagai floating market Lembang karena pasaknya terapung di atas air. Para pedagang menggunakan sampan untuk menjajakan dagangannya. Pembeli pun menaiki perahu untuk berputar keliling membeli barang-barang di pasar ini. Beragam jenis makanan dan minuman ada di floating market Lembang sehingga kamu bisa bebas memilih. Di sekat pasar ini, ada kebun binatang mini sebagai tempat berwisata anak-anak.

Begitu banyak tempat kuliner di Bandung dengan aneka makanan khas yang menggugah selera. Berwisata ke Bandung akan semakin asyik bila mengunjungi beberapa tempat makan tersebut.

Punya rencana ke Bandung? Jangan lupa mencicipi wisata kuliner di atas!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *