Wisata Kampung Saronge, Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya Garut

  • Whatsapp

Bismillahirrahmanirrahim – “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Pemandangan di pedesaan memang selalu mengundang decak kagum para pendatang dari kota. 

Hijaunya tanaman padi, dan rimbunnya pepohonan membuat siapa saja yang berkunjung ke pedesaan, saya hampir yakin, akan betah dengan suasana kampung.

Belum lagi suara bunyi-bunyian alam seperti kicauan burung, dengusan kerbau, suara ayam dan dilengkapi dengan ramahnya penduduk desa. 

Meski mungkin hanya untuk beberapa hari. Tapi suasana alami ini sudah cukup membuat Anda merefresh kembali tubuh dan pikiran Anda yang mungkin sudah penat dengan suasana kota. 

Berikut merupakan beberapa view yang saya ambil dari hasil menonton youtube yang youtubernya berasal dari salah satu pedesaan di Jawa Barat di Indonesia. 

Gambar-gambar ini saya capture dari video mereka dan akan saya pasang link referensinya. 

Kali ini saya akan mengajak Anda untuk menikmati suasana pedesaan di daerah Kampung Saronge, Desa Sukawangi, Singajaya Garut:

Pemandangan ini dimulai dari salah satu rumah penduduk. Rumah penduduk ini terbuat dari anyaman bambu. Terlihat, pada bagian depan terdapat antenna parabola sederhana dengan menggunakan tiang dari bambu.

Wisata Garut Kampung Saronge

Pada sekitar halaman rumah, terdapat tanaman singkong dan tanaman lainnya yang terlihat dibiarkan saja tumbuh dengan pengaturan seadanya.

Pada bagian lain rumah penduduk lain terlihat juga antena parabola yang ditempatkan di sekitar pekarangan rumah penduduk.

Pemandangan dari rumah penduduk

Jika memandang dari arah rumah ke arah depan, terdapat pemandangan hijau persawahan dengan latar belakang perbukitan yang ditumbuhi oleh pohon-pohon dan semak-semak rimbun.

Pemandangan Depan Rumah

Di bagian lain video, terlihat desa ini sudah dilalui oleh jalan aspal untuk dilalui kendaraan roda empat.

Jalanan Perkampungan Saronge Garut

Beberapa area juga terlihat terdapat pohon kelapa yang sudah cukup tinggi dan terlihat sudah ada buahnya.

Tanaman Kelapa

Penampakan rumah penduduk di Kampung Saronge terlihat ada kabel PLN yang melintang untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Rumah-Penduduk Kampung Saronge

Penampakan rumah penduduk terlihat ada yang terbuat dari dinding bambu serta ada pula yang sudah berdinding yang terbuat dari batu.

Rumah Penduduk Kampung Saronge

Untuk keperluan mandi, cuci, dan urusan toilet sepertinya penduduk Kampung Saronge menggunakan air tanah. Terlihat ada sumur pada bagian belakang rumah untuk keperluan sumber air sehari-hari.

Air Sumur Rumah Penduduk

Selain sumur menurut saya, pada rumah berdinding batu dengan tampilan yang lebih modern, mungkin sudah ada penduduk yang menggunakan pompa modern sehingga air dapat keluar melalui pipa ledeng.

Diantara tanaman liar yang berada di sekitar perumahan penduduk, terdapat tanaman berbunga berwarna kuning menyala yang terlihat agak mencolok dibanding warna tanaman lainnya yang didominasi warna hijau.

Bunga Desa Sukawangi

Penduduk Kampung Saronge juga memiliki hewan peliharaan seperti itik atau ayam di rumahnya.

Peliharaan Itik Penduduk Kampung Saronge

Berbagai jenis tanaman hias dan yang bisa dimanfaat kan juga ditanam di sekitar rumah penduduk.

Tanaman-Sekitar-Rumah-Penduduk

Untuk menuju rumah penduduk, terdapat jalan setapak yang sebagian besar masih berupa tanah yang diiringi tanaman rimbun.

Jalan Menuju Rumah Penduduk

Pemandahan Kampung Saronge didominasi oleh warna persawahan hijau dan perbukitan yang membuat mata menjadi segar.

Pemandangan Sawah

Pemandangan seperti ini hampir sudah tidak dapat ditemukan diperkotaan.

Saya yakin banyak orang perkotaan yang ingin menikmati keindahan alam seperti kampong Saronge, walaupun mungkin hanya untuk beberapa hari saja. Subhanallah.

Jika Anda ingin berkunjung ke Kampung Saronge, dari pengecekan saya melalui internet, Anda bisa menginap di lokasi terdekat dari Kampung Saronge di daerah Singajaya di Garut. Singajaya merupakan kecamatan, tempat di mana Kampung Saronge berada.

Sumber:

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment