Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Yang Benar dan Artinya

Umat ​​Islam sering mengucapkan “Taqabbalallahu minna wa minkum” saat hari Raya Idul Fitri. Artikel ini mengulas bagaimana ucapan ini dieja dalam bahasa Arab. Simak penjelasannya berikut ini!

Makna Idul Fitri adalah hari kemenangan umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa selama bulan Ramadhan.

Idul Fitri di Indonesia identik dengan saat berkumpul dan meminta maaf kepada sesama Muslim. Selain mengucapkan “minal aidin wal faizin”, umat Islam di Indonesia juga sering mengucapkan “taqabbalallahu minna wa minkum”.

Baca juga arti Minal Aidin Wal Faizin yang sering diucapkan saat lebaran!

Untuk mengucapkan frasa dengan benar, Anda harus tahu cara menulisnya. Dalam bahasa Arab, taqabbalallahu minna wa minkum yang sering diucapkan oleh umat Islam ketika mereka berkumpul untuk merayakan Idul Fitri.

Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna wa Minkum dan Artinya

tulisan-arab-taqabbalallahu-minna-wa-minkum

Berikut ini adalah tulisan Arab taqabbalallahu minna wa minkum dan artinya yang benar:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

Taqabbalallahu minna wa minkum

Artinya: Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan dari kalian semua.

Para sahabat Nabi Muhammad SAW juga mengucapkan kalimat ini ketika bertemu dengan para sahabat lainnya pada saat hari raya Islam, khususnya Idul Fitri. Selain versi pendek yang sering diucapkan, ada juga versi yang lebih panjang sebagai berikut:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.

Artinya: Semoga Allah menerima (ibadah kami) dan Anda, ya Allah SWT, Terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang dan diterima amal ibadahnya. Setiap tahun semoga kalian semua selalu berada dalam kebaikan.

Hadist Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Ada beberapa hadits yang menyebutkan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum. Hadis-hadis tersebut dijelaskan oleh seorang ahli bernama Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitab “Fathul Bari”.

Ia menyatakan bahwa ketika para sahabat Nabi saling menyapa pada Idul Fitri, mereka juga mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum.

“Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka.”

Hadist yang berkaitan dengan taqabbal allahu minna wa minkum, perkataan yang banyak diucapkan oleh para sahabat dan Nabi saat hari Raya Idul Ftri ataupun Idul Adha.

Hadist ini dianggap sebagai hadits taqriri, sehingga dianggap sunah bagi siapa saja yang mengucapkannya. Hal ini dikarenakan Rasulullah tidak melarang (menyetujui), ketika para sahabat mengucapkannya.

Dijelaskan dalam buku Sayyid Sabiq “Fiqh Sunnah” bahwa ucapan “taqabbalallahu minna wa minkum” tidak hanya untuk Idul Fitri, tetapi juga untuk Idul Adha.

Narasi Jubayr bin Nafir meriwayatkan:

“Ketika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu di hari raya, mereka akan mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum.

Artinya lafaz talaqabbalallahu minna wa minkum adalah salam dengan doa bagi siapa saja yang mengucapkannya pada saat hari raya.

Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Berikut beberapa ucapan mengandung doa dan tulisan arab, taqabbalallahu minna wa minkum:

1. Taqabbalallahu Minna wa Minkum wa Taqabbal ya Karim

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

Artinya: Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kalian semua, dan terimalah, ya (Allah) Yang Maha Tinggi.

2. Taqabbalallahu Minna wa Minkum wa Ahalahullahu ‘alaik

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَأَحَالَهُ اللَّهُ عَلَيْك

Artinya: Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan dari kalian semua dan semoga Allah menyempurnakannya untuk kalian.

3. Taqabbalallahu Minna wa Minkum Shiyamana wa Shiyamakum

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ

Artinya: Semoga Allah menerima kami dan kamu semua, puasa kami dan kamu semua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.