Tutorial Hijab Segi Empat dengan Tampilan Simple Modis Yang Mempercantik Penampilan Kamu

By |

Hijab berasal dari bahasa arab yang artinya penghalang yang merujuk pada kerudung atau pakaian kerudung yang digunakan wanita muslimah. Tujuan memakai hijab adalah untuk menutupi seluruh anggota tubuh yang termasuk aurat bagi wanita. Dasar dari berhijab adalah ayat Alquran surat Al-Ahzab : 59 dan An-Nur : 31 yang artinya :

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan hijabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Ahzab :59)

…dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya… (An Nuur :31)

Jika melihat ayat di atas, model hijab yang paling sesuai dengan syariat adalah model hijab yang sederhana serta tidak mencolok serta menutupi sampai ke bagian bawah tubuh (bagian dada). Dewasa ini model hijab telah divariasikan pemakaiannya sesuai dengan era kekinian. Beberapa diantaranya yang sering terlihat dipakai oleh muslimah-muslimah pada umumnya terutama di Indonesia adalah hijab segiempat rawis, segitiga, pasmina serta hijab syari. Jika Anda ingin mencoba model hijab yang sesuai dengan model terkini, maka sebaiknya perlu dipadukan dengan pakaian yang tidak terlalu ketat atau pakaian yang tidak membuat lekuk tubuh terlihat menonjol termasuk anggota tubuh yang wajib ditutupi dari penglihatan.

Model Hijab segi empat simple adalah salah satu hijab yang sangat umum dikenakan oleh sebagian besar wanita. Walaupun saat ini sudah banyak sekali model hijab yang muncul di pasaran seperti pashmina, pashmina instant, ataupun kerudung yang langsung bisa dipakai tanpa ribet dengan sekali slup untuk keseharian di rumah, namun hal tersebut tidak serta merta membuat model hijab segi empat ditinggalkan oleh kaum hawa. Saat ini ada banyak pilihan hijab segi empat di pasaran. Model tersebut antara lain hijab segi empat rawis dengan tepi yang sengaja tidak dijahit dan berumbai karena benangnya dilepas. Ada pula hijab tassel yang juga dipasangi berwarna warni renda di bagian tepinya yang membuat tampilan menarik.

Harga dari sebuah hijab ada yang mahal dan ada yang murah. Harga yang murah sampai mahal ini sangat tergantung dari bahan dasar yang digunakan untuk membuat hijab tersebut. Tiap bahan juga membawa look yang berbeda saat dipakai. Misalnya saja bahan voal yang cenderung agak mengkilat, ringan dan lembut sehingga terkesan lebih mewah dibanding bahan paris.

Bagi wanita berhijab, mereka sebaiknya memiliki minimal 3 warna yang berbeda. Semakin banyak warna akan membuat kamu tidak tampak monoton.

Tutorial hijab segi empat dengan tampilan Simple dan Modis

Berikut beberapa cara memakai hijab segi empat yang bisa kamu aplikasikan dalam acara yang berbeda, termasuk ke pesta. Bisa juga untuk keseharian kamu karena mudah digunakan dan tidak terlalu ramai.

Tutorial hijab segi empat sederhana

Bagi kamu yang tidak suka dengan sesuatu yang ribet, kamu dapat mencoba model hijab segi empat sederhana. Terkadang ada jenis orang yang merasa kurang percaya diri menggunakan hijab dengan begitu banyak variasi dan ingin tampil sederhana saja. Hal ini tentu saja bergantung dengan karakter masing-masing. Karena ada kalanya seseorang dalam menggunakan hijab tidak ingin memakan waktu lama karena banyaknya kegiatan yang menanti.

Bila kamu memakai hijab segi empat yang ribet dan harus menggunakan banyak jarum pentul, tentu saja akan memakan banyak waktu. Biasanya kamu akan merasakan kerepotan untuk berdandan kembali seusai berwudhu. Tentu saja hal ini tidak cocok untuk kamu yang tidak mempunyai jeda istirahat yang cukup dan harus segera kembali beraktifitas seusai shalat.

Nah, memilih model hijab segi empat yang sederhana adalah solusinya. Model ini memang sederhana tapi tidak menghilangkan kesan manis dan elegant bagi pemakainya. Untuk mencoba tutorialnya, silahkan kamu siapkan dulu perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Inner berupa ciput ninja ataupun ciput biasa
  • Jarum pentul
  • Peniti
  • Aksesoris bros
  • Kerudung

Langkah Menggunakan Hijab segi empat sederhana

  • Kenakanlah inner terlebih dahulu lalu lipat kerudung segi empatnya menjadi bentuk segi tiga. Pakailah kerudung seperti biasa dan sama panjang sisinya.
  • Langkah kedua sematkan peniti di bagian dagu seperti memakai kerudung bisanya.
  • Ambil salah satu sisi hijab yang menjuntai.
  • Bawa ujung hijab ke atas dan sematkan jarum pentulnya sambil dirapikan.
  • Ambillah salah satu ujung hijab yang masih menjuntai
  • Bawa ke sisi lainnya danlekatkandi bagian bahu.
  • Sematkan bros di bagian bahu untuk mempermanis tampilannya sehingga tidak berkesan flat.
  • Selesai

Tutorial hijab segi empat sederhana di atas sangat cocok diaplikasikan untuk acara formal maupun non formal termasuk bagi siswa sekolah, mahasiswi ataupun karyawati yang bekerja di kantoran. Karena modelnya yang begitu sederhana sehingga tidak terlihat begitu glamor dan terlalu ramai. Tentunya model ini juga dapat menghemat waktu yang digunakan dalam memakainya.

Mengenai bahan hijabnya kamu dapat menggunakan hijab segi empat bahan paris atau sifon. Keduanya sama baiknya untuk digunakan karena lembut, ringan dan dapat membentuk layer sehingga tidak berkesan kaku dan bervolume. Kamu juga dapat menggunakan model hijab yang polos maupun bermotif.

Untuk hiasan yang dipakai saat mengenakan hijab segi empat ini, kamu cukup mengenakan aksesoris sederhana yang tidak berlebihan. Gunakanlah bros dengan warna yang senada ataupun satu tingkat lebih terang atau lebih soft. Jangan gunakan warna yang sama persis dengan hijabnya karena akan menghilangkan kesan cantik yang seharusnya didapatkan.

Pilih pula ukuran yang sedang saja karena ukuran yang terlalu besar akan meninggalkan kesan yang norak. Bila kamu ingin menggunakan warna bros yang kontras, yakinkan warna yang dipakai cocok untuk dipadupadankan. Misalnya saja warna biru dengan pink, kuning dengan tosca, coklat dengan kuning dan lain sebagainya. Segi estetika juga perlu diperhatikan dalam pemakaian aksesoris.

Kamu juga bisa memodifikasinya dengan cara lain untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kamu.

Tutorial hijab segiempat pesta

Bagi kaum hawa hijabers, pergi ke pesta dengan penampilan hijab yang lebih menarik dari biasanya adalah hal yang lumrah. Model hijab segi empat memang sangat banyak sekali jenisnya. Walaupun ingin terlihat cantik tentu saja kamu akan lebih memilih hal yang simple apalagi kalau tidak punya banyak waktu untuk berdandan dan memakai hijab dengan cara yang rumit. Kamu mungkin ingin mencoba hijab segi empat yang berbentuk semi turban dengan menggunakan dua hijab untuk acara pesta. Namun hal itu sepertinya akan sulit terealisasi bila kamu hanya memiliki waktu sedikit untuk berdandan karena langkahnya cukup rumit. Apalagi bagi kamu yang belum terbiasa pasti akan cukup mengalami kesulitan bila memakainya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Nah, sebagai solusinya kamu bisa mencoba model hijab segi empat yang bentuk akhirnya juga menyerupai turban namun lebih simple untuk ke acara pesta. Model ini hanya memakai satu hijab saja sehingga tidak repot dan hemat waktu. Tapi jangan salah, hasilnya juga tak kalah menarik bila dibanding dengan menggunakan 2 buah hijab yang berlainan warna seperti kebanyakan model yang ada.

Yuk, silahkan simak tutorial hijab segi empat untuk ke acara pesta ini untuk lebih detailnya. Perlengkapan yang kamu butuhkan adalah sebagai berikut :

  • Ciput ninja (Kamu bisa memilih warna netral dan akan lebih baik lagi bila memakai ciput dengan warna yang senada dengan warna hijab yang dikenakan nantinya.)
  • Peniti
  • Jarum pentul
  • Hiasan berupa bros atau head piece

Langkah Menggunakan hijab segi empat untuk acara pesta

  • Langkah pertama adalah melipat hijab kamu menjadi bentuk segitiga. Lalu kenakan dengan meletakkan bagian ujung segi tiga di bagian depan seperti pada gambar. Sisi kanan dan kiri hijab dibuat sama panjangnya.
  • Ambil sisa dari ujung segitiga hijab yang ada di bagian depan dan masukkan ke dalam ciput ninja hingga menutupi bagian depan ciput.
  • Setelah itu ambil salah satu sisi dari ujung hijab ke atas sambil dirapikan bagian belakang dan sisinya.
  • Sematkan jarum pentul pada bagian kepala agar hijab menempel dengan rapi.
  • Langkah selanjutnya adalah mengambil sedikit bagian dari sisi hijab yang ada di sisi satunya.
  • Bentuklah agar sedikit berlayer sehingga memperlihatkan look yang manis sambil kamu rapikan lagi.
  • Sematkan bros di bagian atas samping hijab yang ujungnya telah k Kamu dapat juga menggunakan head piece agar terlihat lebih manis. Namun bila memakai head piece akan lebih baik bila kamuperkuat dulu dengan jarum pentul supaya posisi tidak mudah bergeser. Setelah itu baru pasang head piece nya.
  • Selesai

Tutorial hijab segi empat untuk pesta ini sangat mudah dilakukan bukan? Dijamin kamu dapat mengenakannya dengan waktu yang singkat dan tentu saja tidak sulit. Untuk mendapatkan kesan yang manis, kamu tak perlu menggunakan aksesoris yang berlebihan dan sesuaikan ukurannya dengan menggunakan yang sedang dan memiliki warna senada dengan hijab yang dipakai.

Tutorial Hijab simple dan Modis

Bila kamu ingin tampilan yang simple dan modis, kamu bisa meniru gaya berhijab para ibu-ibu pejabat yang sedang trend baru-baru ini. Kamu pasti sering melihat istri bapak Ridwan Kamil Wali Kota Bandung yang dikenal masyarakat dengan gaya berhijabnya yang simple namun tetap modis dan menawan. Ibu Atalia Praratya yang sering disebut si cinta oleh suaminya itu memiliki cara berhijab yang khas sekali.

Model hijab segi empat yang dipakainya terbilang sangat simple namun meninggalkan kesan elegant. Bila dilihat modelnya hampir mirip seperti turban namun dengan modifikasi yang membuatnya nampak modis. Beliau jarang sekali terlihat menggunakan gaya hijab yang sangat ribet namun selalu tampak cantik, rapih dan tentu saja berkesan dipandang mata.

Untuk kamu yang tertarik dengan model hijab segi empat ala ibu pejabat yang kekinian ini, kamu dapat segera mencobanya sekarang juga. Namun sebelum memulainya, jangan lupa persiapkan terlebih dahulu perlengkapan yang akan digunakan.

Perlengkapan yang dibutuhkan adalah:

  • Peniti
  • Inner biasa atau inner ninja
  • Jarum pentul
  • Aksesoris seperti bros atau head piece
  • Kerudung dari bahan paris atau voal

Langkah Menggunakan hijab segi empat simple dan modis

  • Pertama-tama pakailah inner dann lipat kerudung menjadi bentuk segitiga. Setelah itu kenakan seperti biasa dan atur kedua sisinya sama panjang.
  • Sematkan peniti pada bagian dagu sambil rapikan bagian atas dan samping kerudung.
  • Ambil salah satu ujung sisi hijab yang terjuntai di bagian bawah.
  • Tarik ke bagian samping.
  • Lilitkan ke belakang dengan sedikit memberi tarikan dan rapikan sekitarnya.
  • Pegang ujung hijab yang sudah dililit memutar tadi dengan sisa bagian hijab yang masih menjuntai, satukan dengan menyematkan jarum pentul dengan hati-hati.
  • Masukkan bagian depan hijab yang masih menjuntai ke dalam baju. Hal ini dilakukan agar nampak lebih rapi. Selain itu, hal ini juga akan menguntungkan bilakamu sedang menggunakan baju seperti model kebaya atau kutu baru sehingga aksen yang ada di dada tidak tertutupi.
  • Selesai

Untuk model ini jangan pernah gunakan hijab yang berbahan kaku atau bervolume karena hasilnya akan tidak rapi. Selain itu saat sisa hijab yang menjuntai dimasukkan ke dalam baju pasti akan menambah volume di dalam baju sehingga terlihat tidak rapi. Untuk pilihannya, kamu bisa menggunakan hijab paris biasa ataupun bahan voal yang sedang in di pasaran.

Bila kamu menggunakan hijab berbahan voal, biasanya jenis hijab ini bermotif. Jadi pastikan baju yang dikenakan polos sehingga motifnya tidak bertabrakan dan ramai. Hijab jenis voal ini sangat cocok dipakai untuk model diatas karena kesan mengkilat, lembut dan elegantnya memberikan look yang modis.

Kamu dapat menggunakan hijab segi empat simple dan modis ini untuk menghadiri acara formal maupun non formal. Tinggal sesuaikan saja jenis hijab yang digunakan. Model ini sangat cocok untuk para wanita muda dan bisa digunakan untuk ke bekerja, hang out, kampus maupun untuk keseharian yang terlihat stylish dan simple.

Yang tidak boleh kamu lupakan dalam model hijab segi empat adalah pemilihan warna dan juga motifnya. Segi estetika adalah bagian penting bagi tampilan kamu. Kamu tidak ingin kan tampil dengan hijab yang sudah sempurna namun terlihat “aneh” karena warna yang tidak match atau salah memakai baju yang bermotif dipadupadankan dengan hijab yang bermotif pula. Hal ini akan membuat kamu kurang menarik dan terkesan kacau. Silahkan coba beberapa tutorial hijab segiempat diatas. Semoga membantu kamu untuk tampil lebih baik dan berkesan di berbagai suasana.

(Ika Pratiwi)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *