Tips untuk Menghilangkan Gatal-gatal di kepala akibat Alergi Cat Rambut

By |

Memiliki rambut yang indah & mengikuti trend rambut yang kekinian dengan mewarnai rambut dapat menunjang penampilan seseorang atau bahkan meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita . Namun tidak semua orang cocok menggunakan cat rambut , untuk yang memiliki alergi bisa menjadi masalah. Kenapa penting melakukan test alergi sebelum menggunakan cat rambut dengan mengoleskan cairan cat rambut di belakang daun telinga? Hal ini untuk mengetahui apakah orang tersebut alergi terhadap bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut . Oleh sebab itu, pentingnya mempertimbangkan sisi keamanan sebelum mengunakannya, adanya bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap sebagian orang. Ada yang merasakan kulit kepalanya gatal, panas atau perih, bahkan ada yang mengalami reaksi ketiganya dalam satu waktu , itu dikarenakan adanya bahan kimia yang bernama Para-Phenylenediamine ( PPD ). Efek yang di sebabkan oleh bahan kimia tersebut bisa menyebabkan pembengkakan pada wajah jika terlambat penanganan terhadap reaksi alergi yang muncul .

 

 

Adapun langkah-langkah yang perlu di lakukan ketika muncul tanda-tanda alergi cat rambut & cara menghilangkan gatal-gatal di kulit kepala yaitu sebagai berikut :

Baca Juga : Cara Menghitamkan rambut Secara Alami

Menghilangkan Gatal-gatal di kepala akibat Alergi Cat Rambut

  1. Ketika proses pengecetan berlangsung , jika ada reaksi yang janggal atau rasa tidak nyaman di kulit kepala , seperti panas dan gatal , ketika reaksi tersebut muncul , segera minta petugas salon untuk segera menghentikan proses pengecatan dan mintalah petugas untuk segera mencuci rambut anda. Jangan pernah mengabaikan reaksi tersebut , karena jika terlambat , pengobatannya akan lebih sulit , bahkan anda harus mendatangi dokter untuk melakukan pengobatan .
  2. Jika proses pengecatan sudah dihentikan & dilakukan pencucian rambut , namun keesokan harinya masih merasakan adanya ketidaknyamanan di kulit kepala anda seperti gatal-gatal yang semakin menjadi-jadi , itu artinya zat kimia tersebut sudah bekerja & terlanjur meresap dalam tubuh. Gatal-gatal tersebut bisa menjalar ke pundak & daerah tubuh lainnya seperti tangan dan lebih buruk lagi muka pun bisa bengkak , segera hubungi petugas salon atau jika menunjukkan laergi yang akut , anda bisa langsung mendatangi dokter spesialis kulit untuk memperoleh pengobatan dari dalam ( obat yang diminum ) dan obat dari luar ( salep / racikan ).
  3. Namun jika reaksi alergi tersebut belum sampai akut , masih ada pertolongan pertama yang dapat anda lakukan di rumah yaitu dengan meggunakan lidah buaya dengan cara mengoleskan lidah buaya pada kulit kepala . Jika anda ingin melakukan metode ini secara maksimal , sebaiknya anda mendatangi salon saat anda melakukan pengecatan , mintalah petugas salon untuk melakukan creambath lidah buaya , lidah buaya yang di maksud bukanlah cream lidah buaya yang sudah diproses melainkan tanaman lidah buaya. Jika sudah di oleskan ke seluruh bagian kulit kepala maka diamkan selama 30 menit – 60 menit , lalu bilaslah rambut , lalu gunakan sampo anti ketombe dan bilas lagi , lakukan pencucian rambut sampai 2x dan lakukan cara ini secara berulang atau beberapa kali sampai gatal-gatal di kulit kepala hilang. Saat pertama kali mencoba cara ini , anda langsung dapat merasakan manfaatnya, gatal-gatal di kulit kepala akan mulai berkurang dan berangsur hilang setelah kita mencoba cara tersebut beberapa kali . Warna cat rambut pun akan terlihat mulai luntur dan akan kembali ke warna rambut semula .

Demikian tips dari pertamakali.com , semoga bermanfaat dan anda bisa merasakan manfaat dari lidah buaya untuk mengatasi alergi cat rambut .

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *