Tips tetap Sehat dan Berenergi Menjalankan Puasa Ramadhan

  • Whatsapp

Tahun 2020, bulan Ramadhan jatuh di bulan April pada minggu keempat. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya pada bulan Ramadhan tahun ini terjadi wabah covid-19 yang menyebabkan banyak warga di berbagai belahan dunia harus stay di rumah untuk menjaga kondisi tubuh dari penyebaran covid-19.

Tips-sehat-bugar-puasa-ramadhan

Meski harus tinggal di rumah kita sebagai umat muslim yang beriman, harus tetap gembira menyambut bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini.

Menjalani aktivitas di bulan Ramadhan tentu tidak akan sama dengan aktivitas di bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan umat muslim harus menahan haus dan lapar sejak fajar sampai terbenamnya matahari.

Di bulan Ramadhan ini pula ibadah-ibadah sunnah perlu ditingkatkan seperti sholat tarawih dan sholat sunnah lainnya di waktu malam dan dzikir pagi, petang harus ditingkatkan.

Pada bulan Ramadhan, pola makan, pola tidur dan kegiatan sehari-hari perlu disesuaikan agar kondisi tubuh tetap terjaga. 

Bagi Anda yang ingin tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan juga dalam beraktifitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama dalam hal detoksifikasi tubuh, sahur yang dianjurkan, makanan berbuka puasa yang dianjurkan, olahraga yang dianjurkan dan beristirahat.

Reaksi detoksifikasi tubuh saat Puasa

Reaksi tubuh terhadap proses puasa biasanya akan terjadi pada hari kedua atau ketiga. Pada saat ini tubuh akan mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dan zat berlebihan yang tidak diperlukan tubuh.

Para ahli kesehatan menganggap gejala seperti penyakit normal di awal-awal puasa. Anda tidak perlu meminum obat atau menghentikan puasa jika gejalanya ringan.

Beberapa hal yang bisa terjadi yaitu sakit kepala, mual, pilek, gelisah, nyeri otot, flu, menggigil, cemas, kembung, demam ringan, air seni lebih kuning, sembelit, dll.

Baca juga: Kata kata motivasi di bulan suci Ramadhan

Makanan yang perlu dihindari

Selama bulan puasa menurut ahli gizi Andang Gunawan sebaiknya Anda menghindari jenis makanan berikut:

1. Makanan atau minuman kalengan, instan atau yang mengandung zat aditif.

2. Selain itu perlu juga mengurangi lemak, susu sapi, kopi, teh (kecuali herba), gula dan msg.

3. Menghindari konsumsi obat-obatan kecuali dengan resep dokter.

4. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Tips Sahur di Bulan Ramadhan

Anjuran ini saya ambil dari majalah Nirmala yang ditulis Andang Gunawan. Berikut ini tips menu sahur yang dianjurkan:

1. Prioritaskan buah segar atau yang dijus.  Serat pada buah dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama.

2. Makanlah buah setengah jam sebelum Anda makan menu utama. Jadi begitu Anda bangun untuk sahur minum segelas air putih terlebih dulu. Lima belas menit berikutnya Anda bisa langsung menyantap buah-buahan. Lalu setengah jam berikutnya baru masuk ke menu utama.

3. Pilihan menu utama adalah yang mudah dicerna dan tidak terlalu banyak macamnya. Misal telur atau ikan laut dengan tempe dan nasi merah ditambah sayur-sayuran.

Yang paling baik menyantap makanan sahur yang memanfaatkan sayuran yang dikombinasikan dengan karbohidrat seperti nasi, oat, spageti sebagai sumber energi.

4. Makanan harus baru dan segar. Makanan yang sudah berulangkali dipanaskan, nilai gizinya akan berkurang.

5. Hindari makanan atau minuman fastfood. Makanan jenis ini nilai gizinya kurang sehingga menyebabkan Anda cepat lapar.

Tips Menu Berbuka Puasa

1. Saat berbuka dahulukan minum air putih. Kurangi gula non alami karena energinya merupakan energi instan. Ganti dengan yang alami seperti yang berasal dari kurma, kismis, madu, dll.

2. Hindari berbuka dengan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti santan dan minyak goreng. 

3. Makanan yang dianjurkan untuk berbuka adalah yang mengandung gula alami dan serat alami seperti jus buah, buah segar, koktil buah atau kurma.

4. Tidak langsung menyantap makanan berat saat berbuka, karena puasa menyebabkan laju metabolisme basal turun untuk menghemat energi.

Laju metabolisme ini perlu pemanasan untuk kembali naik. Jika dalam keadaan rendah makanan dipaksa untuk dicerna, maka dapat menimbulkan permasalahan dalam tubuh.

5. Sebaiknya sholat dulu sebelum melanjutkan makan. Sebaiknya tunggu 2-3 jam atau setelah sholat tarawih baru melanjutkan makan menu utama.

6. Makanan menu utama sebaiknya yang mudah dicerna dan tidak banyak macamnya.

Menu food combining merupakan contoh menu yang dianjurkan. Perhatikan komposisi gizinya bukan kelengkapan menunya.

Tips Olahraga selama Bulan Ramadhan

Saat bulan Ramadhan, Anda tidak perlu takut lemas ketika berolahraga. Berikut ini cara mengatur ritme olahraga agar tubuh tetap bugar selama menjalani ibadah puasa:

1. Mengubah Jadwal Latihan

Bagi Anda yang terbiasa melakukan olahraga di pagi hari, ubah waktu olahraga Anda menjadi sore hari atau mendekati saat berbuka.

Hal ini supaya ketika Anda selesai berolahraga, Anda tidak perlu terlalu lama menunggu untuk mengganti cairan tubuh yang sempat terkuras saat olahraga.

2. Kurangi Intensitas Latihan

Saat berpuasa, Anda tidak bisa langsung minum untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang. Sebaiknya Anda mengurangi intensitas olahraga Anda.

Misal jika Anda biasanya mengangkat barbel seberat 5 kg kurangi menjadi 3 kg. Jika cairan tubuh Anda banyak berkurang, aktifitas Anda akan mudah terganggu karena kondisi tubuh yang lemas.

3. Kurangi Waktu Latihan

Cara berikutnya agar tetap bugar saat bulan puasa adalah dengan mengurangi waktu latihan Anda.

Jika Anda terbiasa olahraga aerobik selama 45 menit atau sejam, kurangi menjadi setengah jam atau 20 menit. Dengan demikian energi Anda masih ada untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu mengatur pola tidur Anda, jangan sampai tidur larut malam karena besok nya harus bangun sahur.

Waktu istirahat atau waktu tidur Anda tetap perlu dijaga. Jika sempat untuk tidur siang, sempatkanlah walau hanya 30 menit saja.

Demikian tips untuk tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan, insya Allah bermanfaat.

 

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment