8 Tips Menjalankan Bisnis Baju Online untuk Para Pemula

  • Whatsapp

Setiap orang pasti ingin berbisnis yang memiliki peluang yang menjanjikan. Bisnis yang menjanjikan adalah bisnis yang bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Bisnis-baju-online

Salah satu bisnis yang menjanjikan tersebut adalah bisnis baju online. Bagaimana tidak, kebutuhan manusia akan sandang tidak akan pernah berakhir selama Kita hidup.

Mengapa online? Karena saat ini banyak orang yang lebih memilih membelinya secara online ketimbang secara langsung.

Dengan berbelanja baju secara online para konsumen dapat menghemat waktu dan juga tenaga jika dibandingkan mereka berbelanja baju secara langsung.

Langkah Memulai Bisnis Baju Online untuk Para Pemula

Jika Anda belum mempunyai pengalaman dalam berbisnis secara online, Anda tidak perlu merasa khawatir.

Berikut akan disajikan langkah-langkah yang bisa Anda tempuh sehingga Anda bisa memulai bisnis berjualan baju ini dengan lancar.

Langkah-langkahnya yakni:

1. Memperhatikan Teknis dan Subtansi Toko Baju Online Anda

Ada beberapa hal yang bersifat substansi dan teknis yang harus Anda perhatikan saat bisnis baju online. Hal-hal yang mencakup teknis dan substansinya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Modal awal (bisa berupa uang maupun berbagai perlengkapan yang dibutuhkan).
  • Spesifikasi baju yang akan dijual (baju anak, dewasa, khusus laki-laki, umum, muslimah, dan lain-lain).
  • Target pasar (kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, dan lain sebagainya).
  • Strategi marketing (meliputi cara promosi, biaya promosi, dan lain sebagainya).
  • Tren bisnis serta kelangsungan bisnis.

Ini adalah hal-hal mendasar yang harus Anda pikirkan ketika berbisnis baju online.

Tanpa adanya pondasi hal-hal diatas, maka akan mustahil bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: 27 Ide bisnis Tanpa Modal yang Bisa segera Anda Mulai

2. Mempunyai Pola Pikir Tentang Bisnis yang Tepat

Tahukah Anda bahwa mindset atau pola pikir terhadap sesuatu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Anda, yang dalam hal ini adalah mindset bisnis.

Salah satu mindset bisnis yang harus Anda ingat adalah, jangan melupakan tujuan Anda berbisnis adalah membangun aset.

Dengan membangun aset, Anda tidak perlu terus menerus bekerja pada bisnis Anda. Tentu Anda tidak ingin menjadi karyawan pada bisnis yang Anda bangun sendiri, bukan?

Selain itu, kembangkanlah sikap positif, berani mengambil resiko, dan penuh dengan pertimbangan.

Dengan modal mindset tersebut, bisnis Anda akan berjalan lancar.

Baca juga: Kata kata motivasi bisnis dari pengusaha Indonesia

3. Mencari dropship baju online Anda

Langkah selanjutnya adalah menemukan dropshipper yang akan memasok baju online Anda. Anda bisa mencarinya baik secara offline seperti toko-toko baju atau dengan cara online.

Toko grosir baju yang besar akan memberikan harga baju miring jika Anda membelinya dengan jumlah besar.

Setiap dropship biasanya memiliki aturan yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Ada dropship yang mewajibkan Anda melakukan deposit modal atau ada juga yang tidak.

Dropship yang lainnya juga ada yang membolehkan pembelian baju per-satuan atau harus dengan jumlah yang banyak.

Anda harus mencari dropship yang sesuai dengan produk yang ingin Anda jual. Anda bisa memanfaatkan jaringan internet untuk berselancar mencari dropship atau grosir baju yang paling tepat untuk Anda.

Pilih yang paling sesuai dengan minat dan produk yang Anda inginkan.

Baca juga: 7 Cara bisnis fashion online untuk pemula.

4. Membuat Website atau Toko Online Anda

Ketika Anda berjualan secara offline, maka memiliki tempat untuk menjual dagangan Anda adalah wajib hukumnya. Bagaimana apabila jika Anda berjualan baju secara online?

Tentu wadahnya adalah website atau toko online. Jika berjualan secara offline Anda perlu menyewa tempat, berbeda halnya dengan ketika Anda berjualan secara daring.

Kabar baiknya Anda tidak perlu mengeluarkan budget terlalu besar untuk menyewa tempat. Bahkan, Anda bisa membuat website toko online Anda secara gratis.

Selain website, Anda bisa melengkapi tempat berjualan online Anda melalui berbagai platfrom sosial media yang bisa Anda buat secara gratis pula.

Bahkan saat ini sudah terdapat banyak marketplace yang menyediakan tempat Anda membuat situs toko online secara gratis misalnya Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Akulaku, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa melengkapi dengan toko online di instagram, facebook, twitter, dan lain sebagainya supaya toko online Anda dapat berkembang dengan luas.

5. Melakukan Promosi secara Online

Baik berjualan secara online maupun offline, diperlukan suatu promosi agar bisnis Anda bisa dikenali banyak orang.

Jika bisnis baju online Anda telah diketahui banyak orang, Anda bisa membuat kemungkinan pembeli potensial Anda semakin besar.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan toko online Anda. Cara-cara yang bisa Anda tempuh antara lain:

  • Memberikan potongan diskon bagi pembeli yang memposting atau mempromosikan toko online Anda.
  • Menggunakan jasa para influencer untuk mempromosikan bisnis Anda. Biasanya, Anda akan dikenakan tarif endorse yang mana tiap influencer tersebut memiliki biaya dan tarifnya tersendiri.
  • Menggunakan jasa iklan pada platform atau website tempat Anda berjualan. Mungkin harga yang dipatok akan sedikit mahal, tetapi Anda bisa menjamin bahwa promosi Anda akan benar-benar meluas. Hal ini karena penyedia website atau platform Anda memiliki kontrol penuh terhadap para penggunanya.

Jika Anda telah melakukan tahap-tahap berjualan baju secara online diatas, maka selamat! Anda telah berhasil memulai bisnis Anda dengan baik.

Setelah mengetahui langkah-langkah tersebut, hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana mampu melakukan action dengan baik.

Tips Ketika Usaha Baju Online Anda Telah Berjalan

Setelah bisnis Anda telah berjalan, langkah selanjutnya adalah melanjutkan bisnis Anda agar bisa bertahan lama.

Memang lebih mudah memulai dibandingkan untuk mempertahankannya. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengikuti tips-tips berikut ini:

6. Usahakan melakukan Update terus menerus

Bagaimanakah agar para calon pembeli mengetahui bahwa toko online Anda masih aktif?

Tentu saja dengan rajin melakukan update dan posting jualan Anda terus menerus.

Dengan adanya postingan terkait barang dagangan Anda, para calon pembeli tidak akan ragu untuk membeli dagangan di toko online Anda.

7. Usahakan Fast Response

Tips selanjutnya agar bisnis baju secara online adalah dengan cara selalu mengusahakan cepat dalam menanggapi kontak para pelanggan.

Ini merupakan hal yang kadang membuat calon pelanggan pergi ketika menanyakan informasi terkait baju yang akan dibeli tetapi adminnya slow response.

Jika Anda kesulitan atas hal ini, Anda bisa merekrut admin yang Anda pekerjakan pada waktu tertentu.

Hal ini bisa menjadi nilai plus bagi toko online shop Anda. Bahkan, ada rating tertentu yang diberikan kepada toko online shop yang melayani pelanggan dengan cepat.

8. Sediakan Testimoni

Agar calon pembeli yakin untuk melakukan pembelian di toko baju online Anda, maka Anda sebaiknya menyediakan berbagai testimoni.

Usahakan selalu meminta testimoni atau pendapat pelanggan setelah membeli di toko baju online Anda. Setelah testimoni sudah ada, maka testimoni tersebut akan mendatangkan testimoni pada pelanggan lainnya.

Berbisnis baju secara online akan sangat menguntungkan Anda jika Anda mampu mengambil peluang dan mampu mempertimbangkan berbagai resikonya dengan baik.

Tanpa mengeluarkan modal yang terlalu banyak, Anda bisa mendapatkan kesuksesan bisnis seperti yang Anda inginkan.

  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment