Tips Menghindari Kegagalan E-commerce dari Mochtar Riady

Share

Mochtar Riady merupakan seorang konglomerat sekaligus merupakan Bos Lippo group.

Sumber: detik finance

Lippo group sendiri merupakan sebuah perusahaan raksasa di Indonesia yang bergerak di bidang perbankan, properti dan bidang lainnya termasuk bidang retail yang salah satu anak perusahaannya telah lama dikenal masyarakat di Indonesia Matahari Departemen Store.

Seperti diketahui Matahari mall awalnya sukses berjualan produk retail secara offline dengan membuka banyak gerai.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman saat ini masyarakat mulai meninggalkan kebiasaan belanja offline mereka dan beralih ke toko online.

Matahari mall mencoba ikut bersaing dengan banyak perusahaan ecommerce yang telah lebih dulu menjual produk online mereka dengan membuka ecommerce dengan alamat mataharimall[dot]com (sekarang matahari[dot]com).

Namun ternyata dalam perjalanan merintis ecommerce, dikabarkan Mataharimall[dot]com  mengalami kegagalan dan belum dapat meraih target.

Salah satu penyebab yang dikatakan Mochtar Riady bahwa mataharimall[dot]com dalam merintis bisnisnya lebih menitikberatkan pada teknisi (teknologi). Dikabarkan Mataharimall merekrut 300 teknisi untuk mendukung awal usahanya.

Seharusnya, menurut Mochtar, teknologi digunakan hanya sebagai media informasi, produk tetap merupakan hal yang utama.

Hal ini yang menyebabkan Matahari mall tutup pada akhir 2018 tahun lalu.

Dalam salah satu sesi sharingnya yang diselenggarakan di DJakarta Theater, Jakarta Pusat, pada Kamis 28 Nov 2019, Mochtar Riady menceritakan beberapa hal yang menyebabkan kegagalan Mataharimall[dot]com.

Berikut kutipannya :

“MatahariMall[dot]com itu perlu memposisikan diri sendiri, apakah itu buka toko di internet atau itu adalah bangun pasar di internet. Ini mesti jelas. Baik dalam pembukaan toko maupun membangun pasar intinya adalah barang dagangan, bukan teknisinya itu.” – Mochtar Riady

“Ini adalah kegagalannya daripada MatahariMall[dot]com, dan tadi saya kemukakan ini, usaha itu selalu harus mulai dari kecil, dan dia pelan, pelan, pelan itu menjadi besar. Tidak bisa langsung jadi besar, terkecuali perusahaan-perusahaan pemerintah itu lain soal.” – Mochtar Riady

Jadi, dalam sesi sharing ini Mochtar menjelaskan bahwa inti dari berjualan produk adalah pada produknya, sedangkan teknologi hanya sebagai media informasi dan pendukung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *