Sudah Tahu Mau Ngapain di Tahun 2018 ? Yuk Ikuti Tips Membuat Fokus Tahunan Berikut Ini !

By |
Suatu hari isteri saya pernah bercerita tentang hasil kunjungannya dalam acara sekolah ke Taman Safari bersama rombongan anak dan orangtua murid TK anak saya. Dia menceritakan kalau pada saat acara bebas banyak orangtua murid yang kebingungan dengan beragam pilihan atraksi yang mau dikunjungi saat berada di Taman Safari. Taman Safari sendiri memiliki banyak tempat atraksi di dalamnya dan sulit mengikuti semuanya hanya dalam satu hari kunjungan dikarenakan jarak antar tempat serta jam-jam atraksi tertentu yang sudah ditetapkan. Mereka sebelumnya tidak punya rencana atraksi apa saja yang mau dikunjungi pada saat acara bebas. Akibatnya saat acara bebas mereka bingung mau pilih yang mana karena banyaknya pilihan. Ketika acara sudah selesai, saat mau pulang, para ibu juga banyak yang telat berkumpul dan sepertinya kelelahan serta kurang menikmati acara bebas tersebut.
Tidak dipungkiri bahwa kita sering dihadapkan pada banyak pilihan. Semakin banyak pilihan yang ada dihadapan kita semakin sulit kita menentukan mau ke mana kita menuju. Dan ini berarti bahwa kita harus pintar-pintar dalam memilih apa yang harus kita lakukan dan mengambil keputusan (bisa jadi sulit) mana hal-hal yang tidak perlu dilakukan (disingkirkan).
Dalam membuat perencanaan tahunan sangatlah penting bagi kita untuk menentukan apa fokus yang kita pilih. Memilih fokus satu tahun adalah salah satu cara untuk dapat mencapai tujuan jangka panjang. Menurut Peter Bregmen, seorang konsultan bagi perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500, fokus yang dilakukan selama setahun adalah waktu yang pas untuk melakukan apa yang menjadi tujuan kita, karena jika ada yang perlu diperbaiki kita masih memiliki kesempatan di tahun berikutnya. Kalau rentang waktu fokus terlalu panjang, kita juga akan mudah kehilangan arah karena hasil yang dicapai biasanya belum terlalu signifikan dalam setahun.
Berikut ini merupakan tips bagaimana membuat Fokus (Planning) Tahunan, khususnya pada awal tahun 2018 ini, sehingga diharapkan kita dapat melakukan hal-hal yang benar-benar substansial yang dapat membawa perubahan signifikan setahun ke depan.

Tips Membuat Fokus Tahunan

1. Pilihlah berapa banyak fokus yang perlu Anda lakukan tahun ini. Menurut buku berjudul 18 menit yang ditulis Peter Bregman, pilih fokus tahunan yang hanya akan membuat perbedaan paling besar pada diri Anda. Setiap orang dapat memiliki jumlah yang berbeda-beda berdasarkan pengalaman sebelumnya. Pilihlah antara 3 sampai 5 fokus (jangan terlalu banyak).
Misalkan seorang marketing memiliki fokus sebagai berikut :
Bisnis :
– Membuat banyak pertemuan dengan calon klien
– Meningkatkan skill penjualan dengan banyak menghadiri seminar
Pribadi :
– Perbanyak Baca Alqur’an
– Mengubah pola makan lebih sehat
– Berlibur dan bersenang-senang bersama keluarga
Tidak perlu terlalu detail (terukur) dalam membuat fokus tahunan Anda, karena fokus ini bukan merupakan sasaran detail namun hanya merupakan bidang kategori di mana Anda akan menghabiskan sebagian besar (95%) waktu Anda. Pada saat diperlukan, nantinya Anda dapat membuat rencana lebih detail untuk mencapai sasaran Anda pada bidang fokus yang sudah dibuat.
2. Pastikan fokus yang dipilih akan dapat meningkatkan potensi Anda, menegaskan perbedaan Anda serta mengadopsi kelemahan Anda (orang yang kuat dan sukses tidak mengatasi kelemahan mereka, tetapi mereka malah membuat kelemahan mereka menjadi kelebihan yang mungkin tidak dimiliki orang lain) .
3. Teguhlah pada apa yang sudah Anda pilih. Setelah membuat daftar fokus Anda harus dapat menyingkirkan hal-hal atau kegiatan yang tidak sesuai.
4. Adakalanya terjadi bentrokan waktu dan kepentingan antara pilihan-pilihan fokus yang sudah ditetapkan. Misalkan ketika seorang marketing harus memilih antara mengambil cuti untuk pergi berlibur bersama keluarga atau mengikuti seminar peningkatan skill penjualan. Terjadi bentrokan antara fokus berlibur dan bersenang-senang bersama keluarga atau fokus meningkatkan skill penjualan. Karena Anda mungkin merasa kurang memberikan perhatian pada acara keluarga, maka Anda akan memilih untuk mengambil cuti dan berlibur bersama keluarga Anda. Tidak ada cara atau trik khusus bagaimana menentukan mana yang prioritas dari daftar fokus yang sudah dibuat. Usahakan agar dilakukan secara seimbang atau tidak menjadi berat sebelah. Anda sendiri yang dapat merasakan mana yang perlu didahulukan dan mana yang perlu ditunda saat terjadi bentrokan kepentingan pada fokus Anda.
Demikianlah tips membuat fokus tahunan yang dapat kita lakukan di awal tahun 2018 ini, semoga bermanfaat.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *