Tips Membuat Kentang Goreng Crispy di Rumah ala Pertamakalicom

  • Whatsapp

Kentang goreng crispy merupakan makanan yang banyak penggemarnya. Biasanya kentang goreng ini disajikan dengan menu lainnya seperti ayam crispy, nuget dan bisa juga dikombinasikan dengan sayuran salad dan saus sambal dan saus tomat.

Resep-Kentang-Goreng-Crispy

Kentang goreng yang enak dan sehat menurut saya adalah yang lebih banyak kandungan kentangnya atau berasa daging kentangnya, bukan lebih banyak tepungnya.

Memang, cara memasak kentang yang sehat kalau mengikuti anjuran ahli gizi bukan digoreng, tetapi dikukus atau direbus. Namun, menurut saya, tidak ada salahnya juga untuk mencoba (asal tidak berlebihan dan tidak ada pantangan dari dokter) kentang goreng, yang dimasak dengan cara yang sehat, seperti menggunakan minyak canola atau bisa minyak goreng lainnya.

Pernah mencoba membuat kentang goreng crispy dengan resep sendiri di rumah?

Beberapa waktu belakangan ini isteri saya telah mencoba membuatnya dan rasa kentang goreng crispynya menurut saya enak. Gak kalah dengan hidangan kentang goreng ala KFC (serius, tapi ini menurut saya loh).

Saya sendiri jadi “ketagihan” dan beberapa hari ini selalu meminta isteri untuk memasakkan sarapan dengan menu kentang goreng resep buatannya.

Saya tidak paham, apakah dengan resep yang sama setiap orang bisa membuat kentang dengan rasa yang sama.

Tapi buat kamu yang penasaran, saya sudah tanyakan resepnya dan siap membagikannya buat kamu yang ingin mencobanya.

Bagi kamu yang ingin mencoba resepnya berikut ini cara membuat kentang goreng ala isteri yang bisa ditiru di rumah:

Persiapan bahan Kentang Goreng Crispy

Pertamakali, bahan yang harus disiapkan adalah :

  • Kentang tess 1,5kg
  • Garam (secukupnya)
  • Tepung terigu 250gr
  • Tepung beras 150gr
  • Merica 1 sdm
  • Minyak goreng (bisa minyak Canola yang katanya lebih sehat atau lainnya) secukupnya.

Cara Memasak Kentang Goreng Crispy

Kupas dan potong kentang berbentuk memanjang. Masak air hingga mendidih lalu masukkan kentang, rebus sekitar 5 menit lalu angkat, tiriskan. 

Siapkan tepung terigu 250gr, 150gr tepung beras, masukkan merica 1sdm dan garam secukupnya, lalu aduk-aduk tepung dan bumbu sampai rata. 

Selanjutnya masukkan kentang yang sudah ditiriskan ke dalam campuran tepung dan bumbu. 

Balur dengan campuran tepung dan bumbu. Campuran tepung dan bumbu ini biasanya tidak habis dan bisa digunakan untuk tiga kali pemakaian dengan jumlah kentang yang sama (1,5kg).

Setelah baluran selesai, lalu angkat kentang yang sudah dibalur dan simpan dalam freezer (sampai beku, bisa minimal 3 jam atau lebih). Kentang krispy siap di goreng.

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *