Tips Berjualan Online dengan Cara Dropshipper, Untung Bisa Melimpah Modal Minim!

By |

Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan sampingan? Bisnis online dropshipper bisa dipilih karena jenis bisnis ini sangat minim modal. Anda bisa berjualan tanpa memikirkan stok barang.

Tugas dropshipper ialah menawarkan barang yang dimiliki oleh supplier. Ketika ada pembeli yang berminat, tugas supplierlah yang mengirimkan barang tersebut atas nama dropshipper. Itulah mengapa bisnis ini dikatakan usaha yang nyaris  tanpa modal. Yang diperlukan adalah smartphone dan kuota internet.

Apa itu Dropshipper?

Dropshipper dengan reseller berbeda, meskipun kebanyakan orang awam menganggapnya sama. Reseller memiliki stok barang, sedangkan dropshipper tidak memilikinya. Seorang dropshipper sama sekali tidak terlibat pada proses pengiriman, karena dilakukan oleh pihak supplier.

Cara Jualan Online Dropship

Yang harus dilakukan oleh dropshipper ialah memiliki keahlian dalam mempromosikan barang. Dropshipper harus bisa membuat konten yang menarik sehingga membuat banyak pembeli tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Ada berbagai media yang bisa digunakan sebagai tempat berpromosi seperti marketplace, media sosial, ataupun jualan di blog pribadi.

Beberapa supplier ada yang memberikan foto produk sebagai bahan untuk melakukan pemasaran. Dropshipper bisa mengupload foto ini kemudian berikan detail informasi terkait produk ini.

Tuliskan deskripsi produk sejelas mungkin. Bahkan, foto dari supplier bisa diedit menjadi foto yang lebih menarik. Jika mendapatkan pembeli yang tertarik dengan gambar produk yang Anda pajang, langkah selanjutnya ialah menghubungi pihak supplier.

Agar barang laku keras, Anda membutuhkan tips dan trik berjualan dengan cara dropshipper. Namun, sebelum membahasnya mari kita cari tahu dulu apa saja manfaat dan keuntungan dropshipping.

Manfaat Dropshipping dan Keuntungannya

Bisnis jualan dengan cara dropshipper akan memberikan Anda beberapa keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Modal Kecil

Tak perlu memiliki modal yang banyak untuk memulai jualan dengan cara dropshipping. Tidak seperti cara jualan model konvensional, yang mana Anda harus melakukan pembelian barang dalam jumlah banyak kepada supplier.

Menjadi dropshipper tidak perlu melakukan stock barang sehingga modal yang diperlukan kecil. Sistem kerjanya adalah menawarkan produk secara online, ketika ada pembeli yang datang dropshipper menghubungi supplier. Tugas pengemasan hingga pengiriman akan dilakukan oleh supplier.

Mudah Dijalankan Siapa Saja

Tak perlu ragu untuk melakukan bisnis dropshipper karena menjalankannya begitu mudah. Anda bisa melakukan promosi produk dengan cara online sehingga tidak begitu melelahkan jika dibandingkan dengan cara jualan sistem konvensional. Satu kali menawarkan produk, tidak hanya menjangkau satu dua orang saja.

Bisnis dropshipper

Anda bisa menjangkau banyak orang dengan teknologi digital. Kuncinya ialah tekun dan konsisten. Jangan malas untuk melakukan penawaran mengenai produk yang Anda jual.

Lebih Fleksibel

Salah satu keuntungan melakukan jualan online adalah waktu fleksibel. Anda bisa menjalankan bisnis ini di mana saja dan kapan saja tanpa terikat. Bahkan, untuk ibu rumah tangga yang sibuk mengurus anak tetap bisa menjalankannya dengan mudah. Yang terpenting adalah memiliki koneksi internet yang stabil.

Banyak para dropshipper sukses yang kewalahan dalam melayani banyaknya pembeli. Jika bisnis sudah ramai, Anda bisa merekrut orang lain untuk membantu menangani usaha tersebut. Anda bisa melibatkan orang terdekat terlebih dahulu, seperti keluarga atau teman untuk bekerja sama.

Banyak Tersedia Pilihan Produk

Sebagai dropshipper, Anda tidak perlu memikirkan stock barang. Anda bisa menjual barang apa saja dari supplier untuk ditawarkan kepada pembeli. Silahkan pilih jenis produk potensial yang sekiranya banyak diminati. Inilah keuntungannya menjadi dropshipper karena Anda bisa berkesampatan berjualan aneka jenis barang.

Tips dan Tricks Untuk Menjadi Dropshipper yang Sukses

Foto produk menjadi modal utama bagi seorang dropshipper. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem dropship membuat seseorang tidak perlu melakukan stofk barang. Fokusnya ialah menjualkan barang yang dimiliki oleh supplier ke pembeli.

Bisa dibilang,  bisnis dropship itu mudah dilakukan. Selain itu, bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal supaya bisnis dropship berjalan dengan lancar dan Anda mendapatkan  banyak keuntungan. Ada banyak tantangan yang perlu dihadapi.

Tips menjadi Dropshipper sukses

Banyak dropshipper yang mengeluh sering mendapat complain dari buyer karena barang yang dikirim tidak sama dengan foto yang ditampilkan. Selain itu, molornya waktu pengiriman barang juga menjadi problem yang sering didapatkan oleh penjual dropshipping.  Hal semacam ini bisa diatasi dengan baik bila Anda memperhatikan tips berikut ini.

Fokus pada Satu Produk

Salah satu keuntungan dropshipper ialah bisa menjual barang apa saja karena tidak perlu memikirkan pembelian barang dan pengiriman. Akan tetapi, hal ini justru membuat para penjual terlena. Mereka menawarkan berbagai macam barang kepada pembeli. Akibatnya, bukannya untung tapi justru malah tidak fokus.

Beberapa penjual ada yang tidak menguasai produk yang dijual sehingga tidak dapat menjawab detail pertanyaan pembeli. Hal ini bisa mengurangi potensi keuntungan yang didapatkan.

Lakukan Branding

Branding bukan hanya dilakukan oleh pemilik produk saja, melainkan dropsipper pun perlu melakukannya. Salah satu yang bisa dilakukan ialah membuat toko online.

Branding

Pembeli akan lebih percaya kepada penjual yang memiliki website penjualan sendiri karena terkesan lebih terpercaya dan professional. Mulai sekarang, coba pikirkan tentang branding toko online untuk meningkatkan penjualan.

Terapkan Teknis Cross Selling

Cross selling berbeda dengan teknik menjual berbagai macam barang. Teknik ini ialah menjual barang lebih dari satu, namun barang-barang tersebut masih memiliki keterkaitan. Sebagai contoh, Anda menjual baju. Sebagai teknik cross sellingnya, carilah produk yang masih sejenis seperti celana, jaket atau lainnya.

Berikan Pelayanan Profesioanal dan Fast Respon

Konsumen sangat menyukai belanja online yang penjualnya ramah dan fast respon. Jika Anda bisa memberikan pelayanan yang cepat, ini menjadi salah satu kelebihan toko online Anda sehingga bisa bersaing dengan toko online lainnya.

Semakin banyak competitor, Anda harus semakin jeli dan kreatif. Buatlah pelanggan nyaman belanja di tempat Anda, sehingga dia akan melakukan repeat order di lain waktu.

Jangan ragu untuk merekrut customer service jika sudah banyak pembeli yang berdatangan. Sebab, Anda tidak mungkin melayani semua pembeli sendirian.

Tulis Deskripsi Produk dengan Jelas

Saat Anda mengupload produk ke internet, jangan lupa untuk memberikan keterangan deskripsi produk. Hal ini membuat Anda bisa menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan dari calon pembeli. Ketika sudah diberikan keterangan pada gambar, pembeli menjadi tahu mengenai informasi produk tersebut.

Jika masih ada yang bertanya, itu hanya beberapa saja. Jadi, tetap layani dengan ramah dan professional meskipun apa yang ditanyakan sudah ditulis pada uraian deskripsi.

Lakukan Kesepakatan dengan Suplier di Awal Waktu

Saat akan melakukan kerja sama dengan supplier, sebaiknya buatlah kesepakatan terlebih dahulu. Sampaikan kepada supplier bahwa ketika ada pengiriman barang ke konsumen Anda, sertakan nama brand. Sebenarnya, hal ini sudah dilakukan oleh supplier yang professional. Akan tetapi, menyampaikannya di awal waktu tidak ada salahnya supaya hak Anda sebagai dropshipper benar-benar dipenuhi.

Pilih Suplier yang Sesuai

Pemilihan supplier yang tepat menjadi poin penting. Inti bisnis drophipper terletak pada supplier. Carilah supplier professional supaya hal-hal riskan seperti salah pengiriman, atau barang yang dikirimkan cacat tidak terjadi.

Melakukan Test Kepada Suplier

Sebelum mengajak supplier bekerja sama, Anda bisa melakukan test telebih dahulu. Dalam hal ini, Anda berpura-pura sebagai pembeli yang memesan produk dari supplier. Dengan cara ini, Anda akan mengerti betul kualitas yang dimiliki oleh supplier mulai dari pengiriman barang hingga kualitas barang yang dibeli. Jika memang masuk kriteria, Anda bisa melanjutkan untuk mengajaknya kerja sama.

Agar bisnis dropshipper Anda berjalan dengan sukses dan lancara, jangan lupa lakukan tips-tips di atas. Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses dan mendapatkan penghasilan yang luar biasa jika menekuni bisnis ini. Oleh sebab itu, lakukan dengan sungguh-sungguh dan jangan mudah putus asa saat menghadapi kesulitan-kesulitan di tengah jalan.

Sumber gambar :

  • seoclerks.com
  • pixabay.com

(Ika Pratiwi)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *