Internet Marketing : Tips Berjualan di Grup Facebook

By |

Bisnis dengan menggunakan media online saat ini sedang booming. Bagaimana tidak pengguna internet saat ini di dunia sudah mencapai angka 3,9 miliar orang sesuai data yang dirilis We Are Social per Agustus 2017.

Dari 3,9 miliar pengguna internet di dunia ini diketahui 2 miliar merupakan pengguna aktif facebook di mana 59 persen pengguna facebook memakainya setiap hari dengan jumlah pengguna pria 56 persen dan wanita 44 persen.

Di Indonesia jumlah pengguna Internet mencapai 143,26 juta jiwa yang naik 10 juta jiwa dari tahun sebelumnya. Data ini dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Pengguna internet saat ini kebanyakan mengakses berbagai konten di media online dengan perangkat gadget. Hal ini menyebabkan internet dapat diakses secara mobile dari mana saja dan kapan saja.

Melihat pertumbuhan internet saat ini yang cukup pesat sudah saat nya Anda beralih atau mempersiapkan pemasaran atau marketing online secara lebih matang agar penjualan Anda semakin meningkat dan bisnis Anda dikenal dalam jangkauan yang lebih luas.

Tujuan internet marketing ada banyak macamnya. Cara yang dilakukan juga bisa dengan berbagai cara. Ada yang betujuan untuk menjual produk secara langsung, memperkenalkan produk, mensosialisasikan jasa atau produk dan banyak lagi macamnya.

Pada kesempatan kali ini pertamakali.com akan berbagi berdasarkan pengalaman, bagaimana melakukan penjualan melalui facebook yang merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

 

Facebook Marketing

 

Tips Berjualan Online Melalui Facebook

 

Sebelum melakukan penjualan barang tentunya Anda perlu memiliki barang yang akan dijual. Jika Anda belum memiliki produk, atau bingung menentukan produk apa yang ingin dijual, cari tahu sebelumnya apa saja produk yang laku dijual di internet.

Cari produk yang unik atau paling tidak memiliki perbedaan dengan yang lain. Misalkan Anda ingin memasarkan baju bola, pasarkan baju bola yang periodenya sudah tidak keluar lagi, atau yang lama. Karena baju yang sedang musimnya tentu banyak pesaingnya bukan? Jadi cari perbedaan Anda dengan yang lain.

Sebelumnya saya anggap pembaca sudah memiliki akun facebook masing-masing dan sudah memahami cara menggunakan facebook. Jika ingin berjualan di grup facebook, akun facebook personal yang memiliki banyak teman menurut saya memiliki nilai kepercayaan (trust) yang lebih tinggi dibanding akun facebook yang dibuat khusus untuk berjualan (ini menurut pendapat saya).

Selain itu akun facebook personal juga bisa Anda gunakan untuk berjualan ke teman teman Anda. Namun kali ini kita hanya akan membahas bagaimana berjualan di grup facebook.

Lengkapi profil data facebook Anda dengan deskripsi personal yang baik.

Setelah Anda siap akun facebook dan dengan produk atau servis yang ingin Anda jual, saat nya Anda mencari grup facebook yang sesuai dengan tema produk Anda. Misal grup jual baju muslim, grup baju jersey, grup jual rumah depok, dll.

Cari grup facebook yang paling banyak anggotanya. Anda juga bisa mendaftar di beberapa grup facebook dengan topik yang sama.

Kenapa harus di grup facebook, karena pada grup facebook semua anggotanya sudah tentu memiliki interest yang sama terhadap satu topik, produk atau servis. Anda tidak perlu lagi bersusah payah menjelaskan barang yang ingin Anda jual dan tentunya kemungkinan terjual lebih besar.

 

Lalu Bagaimana Cara Berjualan Online di Facebook ?

Deskripsikan Produk dengan Jelas

Pastikan Anda memiliki deskripsi yang cukup jelas tentang produk Anda.

Buat foto produk Anda sendiri yang terlihat baik dan jelas. Bukan berupa gambar yang Anda ambil (copy paste) dari internet. Di sini tujuan Anda adalah menjual bukan menampilkan kreatifitas. Jangan terlalu banyak menampilkan pernak pernik atau hiasan pada foto produk Anda. Tampilkan foto produk Anda secara natural saja.

Tidak perlu terlalu detil, karena Anda bisa meninggalkan nomor kontak Anda untuk memberikan kesempatan bertanya lebih lanjut kepada calon pembeli.

Jika Anda memiliki banyak produk, batasi foto produk tidak lebih dari 5 untuk 5 kategori atau jenis produk. Misalkan Anda ingin berjualan baju bola, Anda menampilkan baju bola Arsenal pada foto 1 (bisa beda warna), baju bola PSG pada foto 2, dan seterusnya.

Respon Customer

Respon pertanyaan dengan efisien. Jika ada komen di facebook berupa pertanyaan, jawab sesuai yang ditanyakan saja secara singkat dan jelas.

Jika Anda berjualan produk pakaian fashion biasanya ada calon pembeli yang minta foto dari berbagai sisi atau minta ukuran yang lebih detail. Siapkan hal hal pentingnya saja sehingga Anda tidak repot bolak balik memfoto produk Anda. Simpan dengan rapih foto foto produk sehingga dapat digunakan lagi suatu saat nanti.

Sebaiknya Anda mempersiapkan web jualan Anda untuk mengurangi pertanyaan mengenai detail produk Anda. Sebagai langkah awal, Anda bisa menggunakan web gratisan dengan ekstensi blogspot.com atau wordpress.com. Pajang produk Anda di web tersebut. Arahkan calon pembeli ke produk yang dipajang di web.

Harga Produk

Harga yang tertera di web sebaiknya lebih mahal dari harga Anda menjual secara personal, di facebook. Hal ini dikarenakan banyak juga anggota grup facebook yang ingin menjual kembali barang yang mereka beli, sehingga mereka ingin mencari harga yang lebih murah dari pasaran.

Pengiriman

Pilih jasa pengiriman yang sudah terpercaya. Pastikan Anda sudah menginfomasikan waktu pengiriman. Misalkan pembeli yang mengkonfirmasi pembayaran lebih dari jam 3 siang barang dikirim keesokan harinya. Sedangkan yang kurang dikirim hari itu juga.

Dropship atau Stok Barang?

Masing-masing pilihan ini tentu memiliki kelelebihan serta kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang masih baru terjun di bisnis online saya sarankan sebaiknya Anda jangan terlalu terburu buru menyetok barang sebelum Anda melakukan uji coba. Pilihan lainnya adalah Anda bisa menjual barang secara dropship.

Namun cara dropship atau cara stok barang ini masing masing memiliki kelebihan serta kekurangannya. Hal yang perlu Anda pertimbangkan Adalah bagaimana Anda melakukan penjualan seefisien mungkin.

Keuntungan menjual secara dropship adalah Anda dapat mengurangi resiko jika barang tidak terjual serta Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang yang akan Anda jual. Namun dropship juga memiliki faktor resiko jika Anda tidak hati-hati.

Berikut resiko berjualan dengan cara Dropship :

  • Tidak dapat melakukan pengecekan langsung terhadap barang yang dikirim
  • Ada resiko kecurangan yaitu alamat penjual yang tertera alamat pengirim asli barang (dropshipper) bukan pemesan (reseller)
  • Ketersediaan barang tidak update secara realtime (harus tanya dulu ke penjual pertama/ dropshipper)

Sedangkan cara lainnya adalah dengan modal produk atau menyetok barang.

Keuntungan menyetok barang adalah kita dapat melakukan pengecekan terhadap barang yang akan dijual. Namun resikonya barang tidak terjual sehingga bisa timbul kerugian.

Berikut ini merupakan saran dari pertamakali.com :

Bagi Anda yang masih baru mulai berjualan namun tidak memiliki produk, sebaiknya Anda menjadi agen terlebih dahulu atau menjadi reseller dropshipper.

Kurangi resiko penjualan dengan mencari dropshipper terpercaya. Lakukan pengecekan barang secara langsung dengan menemui langsung dropshipper dan menanyakan detail produknya.

Cara lain Anda bisa mengkombinasikan cara dropshiping dan stok barang.

Namun, dalam hal stok barang beli barang dari produsen yang menawarkan harga termurah atau grosir. Jika barang yang dijual merupakan produk yang umum, belilah barang yang kira kira banyak peminatnya untuk mengurangi resiko tidak terjual.

Demikianlah mengenai tips internet marketing tentang bagaimana berjualan di grup facebook dari saya, semoga dapat segera Anda terapkan untuk menjalankan bisnis online Anda!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *