Motivasi dan Tips untuk Bebas dari Merokok

  • Whatsapp

Membebaskan diri dari merokok merupakan hal yang harus dilakukan seseorang jika ingin menjalani hidup sehat, terutama di saat Wabah Corona saat ini (awal 2020 – tidak tahu).

Peningkatan kesehatan yang signifikan Insya Allah akan dapat dirasakan bagi orang orang yang berhenti merokok.

Tips-berhenti-merokok

Sehat tidak hanya bagi dirinya sendiri, namun juga bagi keluarga, kerabat dan lingkungan tempat dia biasa beraktifitas sehari-hari.

Berhenti merokok bukan hal yang mudah dilakukan bagi seorang perokok ‘berat’. Berat dalam arti kata telah lama menjalani kebiasaan merokok dan memiliki ‘jam terbang’ yang tinggi dalam mengisap rokok.

Meski sulit menghentikan kebiasaan merokok bukan merupakan hal yang mustahil menghentikan kebiasaan ini.

Jika Anda perokok, belajarlah dari pengalaman kebanyakan perokok lainnya yang biasanya berhenti setelah mengalami gangguan kesehatan serius seperti penyakit jantung dan paru-paru yang sudah sulit untuk dikendalikan dengan bantuan medis.

Jangan sampai Anda berhenti dalam keadaan seperti di atas.

Lalu kapan Anda perlu berhenti merokok ?

Saya menyarankan sekarang juga! Jika Anda masih sayang pada tubuh Anda sendiri dan tentunya keluarga tercinta, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga!

Keluarga Anda masih membutuhkan Anda, anak dan isteri Anda masih membutuhkan Anda untuk biaya hidup mereka dan cinta kasih yang Anda miliki. Jadi jangan sia-sia kan waktu dan keluarga Anda disebabkan oleh rokok yang Anda hisap.

Lalu cara berhenti merokok bagaimana, saya sudah berusaha berulangkali namun tetap gagal ?

Pertanyaannya, apakah Anda yakin sudah berusaha semaksimal mungkin untuk berhenti merokok? Apakah Anda sudah menggunakan kesabaran maksimal Anda untuk tidak merokok lagi?

Jika belum, artinya Anda belum benar-benar bermaksud berhenti merokok.

Anda hanya mencoba-coba berpuasa merokok namun dengan maksud akan mengulangi kebiasaan Anda jika Anda rasa ‘tidak enak’ atau mengganggu pikiran Anda dan ‘kesenangan’ Anda.

Jadi berhenti merokok itu harus bagaimana?

Jawaban utamanya yaitu harus dimulai dari kemauan yang keras pada diri sendiri.

Banyak yang hanya dengan kemauan keras pada diri sendiri seseorang bisa berhenti merokok tanpa bantuan terapi atau obat.

Contohnya kerabat saya berhenti merokok setelah dia berkeluarga. Dia berhenti merokok begitu saja sampai sekarang tanpa bantuan orang lain atau pun obat-obatan. Sampai sekarang dia bisa mempertahankan kebiasaannya tersebut.

Namun, bagi Anda yang masih mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, berikut tips-tips untuk bisa menghilangkan kebiasaan merokok ini!

Tips dan Cara Berhenti Merokok

Pengendalian Diri

Telah disebutkan sebelumnya bahwa faktor utama untuk dapat berhenti merokok adalah dari kemauan dan niat yang kuat dari diri Anda sendiri untuk berhenti merokok.

Jadi, yang diperlukan adalah fokus pada satu tujuan: berhenti merokok!

Ada 4 jurus bagaimana Anda dapat mempersiapkan mental Anda untuk berhenti merokok:

Renungkan tentang kerugian merokok

Rasakan rasa sakit dan kerugian yang Anda alami akibat kebiasaan merokok.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa untungnya saya merokok?
  • Apa kerugiannya saya merokok?
  • Mengapa saya bergantung pada benda buatan manusia ini?
  • Berapa uang yang harus ditanggung saya dan keluarga untuk rokok?
  • Berapa biaya pengobatan yang harus ditanggung saya dan keluarga jika saya sakit akibat rokok?
  • Apa dampak asap rokok untuk keluarga saya, orang sekitar dan lingkungan saya?
  • Dll (silahkan kembangkan sendiri)

Lalu bayangkan hal-hal menyenangkan yang akan Anda dapatkan jika berhenti merokok:

  • Kalau berhenti, saya akan merasa…
  • Jika berhenti, pengeluaran rokok akan saya gunakan untuk…
  • Jika tidak merokok keluarga saya akan…
  • Tanpa tergantung rokok hidup saya akan…

Dengan sering melakukan perenungan seseorang akan lebih mampu mengendalikan diri. Prinsip kerjanya sederhana: saat emosi meningkat, logika kita tidak akan berfungsi. Jadi tujuannya agar terbentuk gambaran yang ingin dituju.

Pertentangan Norma yang diyakini

Pikirkan, apakah ada pertentangan norma yang kita anut ketika kita merokok? Apakah Tuhan memperbolehkan kita merusak diri dan merugikan sekitar kita dengan asap rokok?

Pemikiran ini akan membuat seseorang dapat bertahan untuk tidak merokok meskipun dikelilingi oleh orang-orang perokok. Hal ini sama dengan berpuasa meski dikelilingi orang yang tidak puasa.

Selalu sadar proses yang akan dirasakan

Saat memutuskan untuk berhenti merokok, maka kita perlu tahu apa konsekuensinya.

Kita perlu tahu bahwa sebagian orang akan merasakan proses detoks saat dalam proses berhenti merokok seperti, rasa gelisah dan sulit tidur.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah tetap bertahan karena Anda tahu bahwa proses detoks ini hanya sementara.

Menyibukkan diri dengan hal positif

Saat melakukan 3 hal penting di atas, masih ada hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan. Hal penting lainnya adalah menyibukkan diri dengan berbagai aktifitas dan pikiran positif.

Seperti kita tahu bahwa pikiran hanya bisa memikirkan satu hal pada satu saat, maka penting bagi Anda untuk melakukan kegiatan yang menyita pikiran atau fisik sehingga pengaruh keinginan atau emosi untuk kembali merokok akan mereda.

Dukungan Pasangan atau Kerabat

Berhenti merokok bagian sebagian orang tidaklah mudah. Selain memerlukan kesiapan mental dari dalam diri sendiri, Anda juga tentunya membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat di sekitar Anda.

Komunikasikan maksud atau niat Anda untuk berhenti merokok serta minta dukungan mereka untuk dapat mendukung atau membantu Anda mewujudkannya.

Meski bukan merupakan kunci keberhasilan, penelitian menunjukkan bahwa dukungan pasangan atau tetap penting bagi keberhasilan Anda melepaskan diri dari rokok.

Setelah berkomunikasi, Anda dapat membagikan tips berikut tentang bentuk dukungan yang diperlukan. Silahkan dishare ke media sosial atau melalui whats app pasangan Anda.

Berikut tipsnya!

Bentuk Dukungan yang diperlukan seseorang  untuk berhenti Merokok

  • Pasangan atau kerabat Anda perlu menghormati proses yang sedang berlangsung dengan cara: jangan menambah beban dengan menambah tuntutan ke dalam prosesnya.
  • Mendengarkan dan menerima apa pun keluhan Anda. Jika Anda marah atau atau bertindak di luar kebiasaan harap bisa dimaklumi.
  • Menyediakan atau mendukung kebutuhan Anda saat berusaha mengalihkan pikiran dari rokok. Kebutuhan ini antara lain: bisa dengan menyediakan permen, sengaja menyisihkan waktu untuk ngobrol atau jalan, olahraga atau nonton film bersama.
  • Pasangan atau kerabat Anda diharapkan tidak memberi nasehat, menilai, apalagi membentak yang membuat Anda merasa tertekan sehingga bisa membuat Anda merokok kembali.
  • Tidak berpikiran negatif bahwa Anda akan kembali menjadi perokok, jika suatu saat Anda mengisap-isap atau mengendus-endus sebatang rokok. Hal itu metupakan hal wajar dalam proses penghentian merokok. Sebaiknya ingatkan bahwa Anda telah berhasil melewatkan waktu tanpa rokok.
  • Pasangan Anda perlu mengingatkan Anda mengenai niat Anda untuk berhenti merokok. Selain itu juga perlu mengungkapkan perasaan sayang kepada Anda serta menyatakan keinginan untuk menghabiskan waktu tua bersama.
  • Jika ternyata Anda gagal, pasangan Anda perlu melakukan hal berikut: tetap menghormati dan menghargai usahanya, tetap melakukan kebiasaan positif Anda berdua seperti olahraga dan lainnya. Penelitian menunjukkan orang yang gagal akan berusaha kembali berhenti merokok.
  • Jika gagal dan dalam keadaan tenang, pasangan Anda bisa menawarkan terapi bantuan.

Gejala yang akan dihadapi saat berusaha berhenti merokok

Seperti proses detoks yang dialami orang yang sedang diet, proses perbaikan tubuh juga akan dirasakan seseorang yang berusaha berhenti merokok. Biasanya gejala ini berlangsung pada minggu pertama, diantaranya:

Sesekali timbul keinginan merokok

Keinginan merokok biasanya akan muncul pada hari kedua dan ketiga setelah berhenti. Keinginan ini akan turun pada hari keempat atau kelima tapi dapat meningkat lagi selama beberapa minggu hingga akhirnya berhenti. Bernafas dalam dan berbagai kegiatan fisik dapat mengalihkan Anda dari keinginan merokok.

Batuk

Hal ini terjadi karena paru-paru dan sistem pernapasan bagian atas bekerja untuk menyingkirkan racun yang mengganggu pernafasan ketika Anda merokok.

Batuk terjadi karena adanya usaha tubuh untuk mengeluarkan lendir hitam. Biasanya hal ini hanya berlangsung beberapa hari. Obat batuk alami akan membantu mengatasi hal ini.

Mudah Mengantuk

Beberapa hari setelah tidak merokok, tubuh akan berusaha memperbaiki sel-sel yang rusak. Kebutuhan energi yang banyak membuat tubuh Anda mudah mengantuk.

Dada seperti Tertekan

Saat merokok paru-paru seseorng memiliki daya tampung oksigen yang lebih sedikit. Sebaliknya, saat seseorang berhenti merokok daya tampung oksigen paru-parunya menjadi lebih besar, sehingga seringkali dada akan terasa seperti tertekan atau terikat. Hal ini biasanya akan berlangsung selama sekitar dua hari.

Sulit Tidur

Seorang perokok biasanya akan memiliki energi lebih sedikit atau kurang energi dan cenderung gelisah saat tidur karena batuk dan lebih sulit bernafas. Setelah Anda berhenti merokok, energi Anda cenderung meningkat sehingga waktu yang dibutuhkan untuk tidur menjadi lebih singkat namun kualitas tidur Anda juga akan meningkat (lebih nyenyak). Jika Anda ingin waktu tidur lebih lama, lakukan kegiatan fisik seperti olahraga sehingga waktu tidur Anda lebih awal dan lebih lama.

Gelisah

Rasa kecanduan nikotin biasanya membuat seorang perokok akan mudah gelisah. Turunnya level nikotin dalam tubuh akan membuat mantan perokok yang  baru berhenti menjadi tidak nyaman dan tegang. Mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan olahraga dan bernafas dalam.

Masih sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, meski Anda sudah berusaha secara maksimal ?

Selain dengan usaha dari diri sendiri dan bantuan pasangan, jika Anda masih gagal dalam menghentikan kebiasaan merokok Anda, pertimbangkan juga bantuan ahli terapi untuk mengatasi masalah kecanduan Anda pada rokok.

Terapi yang dapat Membantu Menghentikan Kecanduan Nikotin (Rokok)

Hipnoterapi

Hipnoterapi sering dianggap metode ‘ajaib’ dalam mengatasi masalah emosi. Meski pun dikatakan ajaib, sebagaimana terapi lainnya, kekuatan terapi terletak pada kemauan dan niat pasian untuk berubah. Tanpa adanya kedua hal tersebut, tujuan terapi sulit dicapai.

Emotional Freedom Technique (EFT)

Sama seperti hipnoterapi, tanpa kemauan dan niat yang kuat dari pasien, terapi ini juga tidak dapat berjalan dengan memuaskan.

Herba

Ada beberapa herba yang diketahui dapat membantu permasalahan kecanduan rokok seperti daun ki urat (daun sendok) yang berkhasiat membersihkan paru-paru dari asap rokok.

Sebaiknya Anda meminta seorang ahli herbal yang dapat diandalkan untuk mendapatkan terapi sesuai kondisi pribadi yang berkaitan dengan masalah rokok.

Demikianlah tips cara yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan diri And dari kebiasaaan merokok. Tidak ada hal yang mustahil selama ada kemauan yang diiringi dengan niat tulus dan doa (Insya Allah).

Sumber: Majalah Nirmala

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments