Membuat Alamat Sel Konstan (absolut) dengan tanda $ dalam Formula Excel

  • Whatsapp

Ketika membuat formula, ada kalanya seseorang menggunakan referensi sel untuk mengambil nilai tertentu. Penggunaan referensi sel biasanya dilakukan jika nilai yang digunakan tidak tetap atau bisa saja suatu saat akan berubah dengan cara mengubah nilai pada sel yang menjadi referensi.

Contoh:

Anda mengisikan formula sederhana pada sel C1:

C1=A1+B1.

Pada rumus ini Anda menggunakan alamat A1 dan B1 bukan mengambil angka secara langsung (bukan 2+6).

excel-formula-1

Jadi, jika suatu saat nilai pada A1 atau B1 berubah, maka nilai C1 juga berubah.

Untuk membuat rumus penjumlahan yang sama, Anda bisa menarik sel (drag mouse) pada C1 sampai sel C5. Setelah Anda tarik maka hasilnya adalah sebagai berikut:

excel-formula-2

Jika Anda tarik (dengan drag kursor)  ke bawah, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan formula pada sel C2 sampai C5 seperti pada gambar di atas.

Penggunakan $ pada Kolom yang sama

Sekarang coba tempatkan tanda $ (dollar) dibagian depan angka seperti formula pada E1 kemudian anda drag ke bawah sampai pada E5 sehingga hasilnya sebagai berikut:

excel-formula-3

Terlihat fungsi tanda $ pada formula di atas adalah untuk membuat angka di belakangnya menjadi konstan. Dari hasil yang didapat menunjukkan nilai formula dari E1 sampai E5 sama, karena angka yang diambil tidak berubah atau sama yaitu tetap mengarah pada sel A1 dan B1.

Penggunakan $ pada Baris yang sama

Sekarang coba perhatikan contoh lain berikut ini:

excel-formula-4

Pada gambar di atas terdapat serangkaian angka pada bari H1 sampai N3. Pada kolom H3 terdapat rumus H3=H1+H2. Selanjutnya pada dibuat rumus lainnya dengan menarik drag ke kanan sel H3 sampai N3. Secara otomatis angka pada sel lainnya akan berubah sesuai dengan penjumlahan angka di atasnya.

excel-formula-5

Sekarang, saya akan menambahkan tanda $ pada bagian depan huruf (alamat sel), seperti contoh berikut:

H5=$H1+$H2. Setelah itu saya akan drag ke kanan sel H3 sehingga sel pada kolom lainnya akan diisi dengan formula secara otomatis seperti gambar di bawah ini:

excel-formula-6

Terilhat bahwa pada kolom H5 sampai N5 rumus yang digunakan tidak berubah atau konstan. Hal ini karena adanya penempatan $ di depan huruf.

Sekarang, seharusnya Anda sudah dapat memahami bagaimana penggunaan dollar pada formula.

Kesimpulan

Fungsi tanda $ atau dollar pada formula adalah untuk membuat nilai referensi yang digunakan menjadi konstan.

Jika Anda ingin membuat nilai referensi konstan hanya pada baris, Anda dapat menambahkan $ di  depan angka. Contoh: A$1.

Jika Anda ingin membuat nilai referensi konstan hanya pada kolom, Anda dapat menambahkan $ di depan huruf. Contoh: $A1.

Jika Anda ingin membuat nilai referensi konstan pada kolom dan baris, Anda dapat menambahkan tanda dollar di depan angka dan huruf. Contoh: $A$1.

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *