Tanaman Eksotis Sirih Gading Varigata (Epipremnum aureum)

Pada artikel ini, saya ingin memperkenalkan beberapa informasi tentang tanaman Epipremnum aureum ‘Marble Queen’ (Sirih Gading).

Epipremnum aureum ini dapat ditanam di pot gantung, batangnya akan menjuntai dan bergoyang, tetapi dengan dukungan penyangga, akan tumbuh tinggi, kuat dan tegak.

Epipremnum Aureum

Ini adalah tanaman kecil sekitar 60cm ketika ditanam dalam pot tetapi dapat tumbuh menjadi tanaman yang lebih panjang, lebih dari 3m tinggi ketika merangkak ke dinding atau menempel pada tiang panjat.

Berasal dari Polinesia Prancis, Epipremnum Aureum ‘Marble Queen’ sekarang menjadi tanaman hias yang sangat populer di daerah tropis dan beriklim sedang, banyak ditanam karena dedaunannya yang berwarna putih krem ​​dan hijau daun.

Marble Queen Pothos dan Sirih Gading Varigata Daun Bulat (Manjula Pothos)

Selain sirih gading daun runcing (epipremnum Aureum ‘Marble Queen’) ada juga jenis sirih gading daun bulat Manjula. Perbedaan kedua varietas ini terletak pada bentuk daunnya.

Sebagian besar daun Marble Queen Pothos setajam tombak, helaian daunnya kurang bergelombang.

Marble-Queen-Pothos-Sirih Gading Varigata (Epipremnum aureum)
Marble Queen Pothos

Sedangkan sirih gading dengan varigata Manjula memiliki daun bentuk labu bulat, helaian daun berkelok-kelok, terutama bagian dekat tangkai daun.

Manjula-Pothos
Manjula Pothos

Ada berapa jenis daun pada daun sirih?

Marble Queen Pothos memiliki 4 warna daun: hijau utuh, setengah hijau dan setengah putih, jalinan hijau dan putih, daun hampir hijau.

Cara menanam dan merawat gading sirih varigata (Epipremnum aureum)

Cara-menanam-sirih-gading-varigata-Epipremnum-aureum

Untuk mengetahui beberapa informasi tentang cara merawat, memupuk, dan merepoting gading sirih, Anda dapat merujuk ke penjelasan di bawah ini:

Lokasi Penanaman Sirih Gading

Sirih gading sangat mudah perawatannya dan tidak membutuhkan perawatan yang tinggi. Namun, agar daunnya berwarna-warni dengan banyak bercak putih, Sirih gading harus ditempatkan di tempat yang banyak cahaya, tetapi harus menghindari sinar matahari langsung pada daun. Putar tanaman seminggu sekali untuk membantu dedaunan pohon tumbuh merata.

Saat menanam sirih di kebun, sebaiknya letakkan tanaman di naungan untuk mengurangi sinar matahari hingga 60%, tanaman tumbuh dengan baik dan warna daun lebih cerah dengan banyak bercak putih. Jika ditanam di lokasi yang kurang cahaya, warna daunnya lebih hijau.

Kebutuhan Penyiraman

Sirih Gading pada umumnya lebih menyukai tanah yang kering dan diangin-anginkan.

Siram saat 2-4 cm bagian atas tanah benar-benar kering.

Saat menyiram, Anda harus menyiram dengan ringan dan perlahan-lahan menurunkan tanaman dari atas, sehingga air menembus akar.

Saat menanam di kebun, sekitar 2-3 hari sekali Anda dapat menyirami sirih gading. Saat media tanam kering, akar baru tanaman sirih akan tumbuh kuat dan tumbuh banyak. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa tanaman sirih tumbuh lebih cepat di musim kemarau daripada di musim hujan.

Baca juga cara menanam ubi jalar secara hidroponik sebagai tanaman hias di rumah.

Repotting tanaman gading  varigata

Sekitar 3-4 bulan setelah membeli tanaman, Anda dapat memeriksa apakah tanaman siap untuk direpoting dengan menyentuh tanah (terutama di bagian bawah pot) untuk melihat apakah itu lembek atau akarnya terlalu banyak atau tidak. Jika ya, maka inilah saatnya untuk merepoting sirih gading.

Untuk media tanam, Anda bisa menggunakan media apa saja yang biasa digunakan untuk tanaman.

Atau untuk hasil optimal, Anda bisa menggunakan media tanam sirih antara lain: 70% sabut + 30% sekam padi. Pot baru berdiameter sekitar 3-4 cm lebih besar dari pot lama.

Pupuk untuk sirih gading varigata

Dimungkinkan untuk menggunakan pupuk lambat larut dengan komposisi NPK seimbang, atau yang memiliki kandungan Nitrogen (N) lebih tinggi daripada dua indikator lainnya. Untuk sirih gading dapat digunakan pupuk slow dissolving: Rynan Flowermate 230 (23-08-08+Te) atau Osmocote (14-14-14).

Tanda-tanda tanaman sirih yang tidak sehat

Disease-Epipremnum aureum

Daun berwarna coklat atau kuning bisa menjadi tanda bahwa tanaman terlalu dingin atau udaranya terlalu kering. Daun kuning atau bintik hitam pada daun menunjukkan terlalu banyak penyiraman.

Budidaya tanaman sirih gading varigata

Sirih gading dapat dengan mudah diperbanyak dengan stek. Seperti varietas sirih pada umumnya, sirih varigata mudah dipotong. Media untuk stek sirih gading mirip dengan media tanam (70% sabut + 30% sekam).

Namun, sabut perlu dikeringkan berkali-kali sebelum digunakan.

Pot untuk stek memiliki banyak lubang drainase, pot dengan diameter 12-23cm (pot plastik hitam C7-C8) sedang.

Sirih gading varigata, potong-potong pendek dengan 2-3 tangkai daun. Setiap pot colok sekitar 3-6 segmen batang sirih. Setelah menanam sirih di dalam pot, sirami sekali.

Letakkan tanaman di tempat yang sejuk dengan banyak cahaya, hindari sinar matahari langsung (diletakkan di bawah naungan jaring untuk mengurangi 70% sinar matahari).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.