Penerapan dan Langkah Awal SEO dalam Internet Marketing

By |

Apakah Anda seorang penulis blog pribadi? Ataukah Anda seorang yang sering menjual produk di blog Anda atau web jualan Anda ?

Jika ya, pernahkah Anda terpikir kenapa ada yang memiliki blog dengan pengunjung sampai ribuan per hari bahkan ratusan ribu padahal umur blognya belum sampai setahun, namun ada juga yang memiliki blog yang sudah bertahun-tahun namun pengunjungnya bahkan 1000 saja belum tercapai?

Jika Anda sudah berpikir ke arah ini berarti Anda orang yang tepat untuk membaca artikel tentang seo ini.

Apa itu SEO

SEO merupakan kepanjangan dari search engine optimization. Tidak perlu Anda berpikir secara rumit untuk mencerna apa itu seo.

Secara sederhana seo dapat diartikan sebagai usaha untuk menjadikan website kita berada di halaman teratas di web pencarian (Google,Bing,dll).

Karena saat ini google merupakan web (mesin) pencarian nomor satu yang mayoritas dipakai banyak orang maka fokus bahasan tentang seo ini lebih ke arah mesin pencarian google.

Menurut data yang dirilis marketshare per Januari 2018, penggunaan mesin pencarian saat ini didominasi oleh mesin pencarian Google dengan jumlah pengguna sebesar 74.52% dan disusul oleh Bing dengan jumlah pengguna sebesar 7.98 %.

Google juga mendominasi pencarian dengan menggunakan gadget dan tablet dengan jumlah pengguna sebanyak 93% dari jumlah keseluruhan.

Kembali lagi ke SEO,  kenapa web kita harus berada di halaman pertama mesin pencarian google atau kalau bisa di urutan 5 besar?

Berikut alasannya :

Apa itu SEO Internet Marketing

 

Sumber : https://searchenginewatch.com

Berdasarkan data yang diambil pada tahun 2013 ini :

Anda bisa lihat pada gambar di atas bahwa pengguna mesin pencarian cenderung mengunjungi (mengklik) website yang mereka cari pada halaman pertama google (91%).

Dari urutan 1-10 pada halaman pertama, web yang berada pada urutan pertama mendapat persen kunjungan terbanyak, yaitu sebesar 32.5%, sedangkan website pada urutan kedua mendapat kunjungan (klik) yang cukup jauh perbedaannya yaitu sebesar 17.6 % dan web pada urutan ke 3 hanya sebesar 11.4 %.

Inilah sebabnya mengapa seo sangat penting diterapkan dalam melakukan internet marketing.

Karena hampir semua pengguna internet menggunakan mesin pencarian, untuk mencari produk atau konten yang diinginkannya. Dan google merupakan mesin pencarian dengan pengguna terbanyak.

Selain itu kualitas pengunjung yang didapat dari mesin pencarian merupakan yang terbaik kedua setelah pengunjung yang didapat dari email marketing.

Lalu…selanjutnya apa yang perlu dilakukan untuk berada pada halaman pertama google?

Selanjutnya ya Anda tinggal terapkan ilmu seo yang telah banyak diterapkan oleh pakar seo dan internet marketer di seluruh dunia.

Persiapan Penerapan SEO dalam Internet Marketing

Sebelum melangkah lebih jauh berikut ini hal hal yang Anda perlu persiapkan terlebih dulu.

  • Menentukan tema dari website yang akan dibangun.
  • Target kata kunci yang ingin dibidik.
  • Melakukan riset kata kunci.
  • Mencari domain yang berkualitas serta memiliki metriks yang baik berdasarkan tema dan kata kunci.
  • Memilih hosting yang disesuaikan dengan target pengunjung.
  • Melakukan instalasi website dengan wordpress.
  • Melakukan instalasi plugin yang diperlukan untuk mengoptimasi webite.

Hal hal tersebut di atas perlu Anda lakukan sebelum Anda melangkah lebih jauh dalam melakukan implementasi seo pada website Anda.

Pada kesempatan lain, saya akan membahas topik di atas satu per satu sebelum kita masuk ke pembahasahan penerapan seo lebih jauh.

Semoga pembahasan mengenai persiapan seo yang merupakan salah satu langkah penerapan internet marketing ini dapat bermanfaat.

Nantikan artikel saya selanjutnya mengenai menentukan tema, menentukan target kata kunci serta melakukan riset kata kunci dari website yang akan dibangun.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *