Renungan Kutipan kata Tentang Komitmen dalam Cinta, Karir dan Usaha

By |

Komitmen dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti keterikatan (janji) untuk melakukan suatu sesuai dengan kontrak.

Komitmen merupakan kata yang mudah sekali diucapkan banyak orang, namun mudah pula untuk dilanggar. Komitmen bukan sekedar janji untuk mencapai tujuan, namun komitmen lebih kuat dari pada itu. Seorang yang sudah berkomitmen akan berusaha dengan perencanaan yang matang dan disiplin untuk mencapai tujuannya.

Untuk lebih jauh memahami apa itu komitmen dalam arti yang lebih luas mari kita simak pengertian komitmen dari tokoh tokoh berikut ini !

Kutipan kata Tentang Komitmen

Cinta dan Komitmen

“Cinta itu bukan hanya perasaan senang ketika bersamanya. Cinta juga adalah komitmen untuk tetap bersamanya, ketika perasaan senang itu hilang.” – Merry Riana

Kali ini Merry Riana berpesan melalui kata kata bijaknya, bahwa dalam cinta tidak berarti seseorang akan tetap bersama dengan kekasihnya hanya karena adanya kesenangan. Namun lebih dari itu, bahwa dalam cinta harus ada komitmen untuk menjaga kebersamaan dengan pasangan Anda, baik itu dalam keadaan senang atau pun susah, suka atau pun duka.

Misalkan seseorang yang sudah terikat dalam pernikahan mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. Meskipun dalam hal ini ekonomi merupakan tanggung jawab suami sebagai kepala rumah tangga namun isteri tetap harus memberi dukungannya kepada suami. Sebaliknya suami pun perlu memberi dukungan kepada isteri agar tetap sabar karena berkurangnya jumlah nafkah yang diberikan.

Memang jika tidak dilandasi dengan komitmen hal ini terasa sulit dilakukan. Karena cinta saja tidak cukup untuk mempertahankan kehidupan rumah tangga agar tetap langgeng. Diperlukan suatu komitmen yang dilandasi keimanan kepada Allah SWT.

Toleransi dan Komitmen

“Toleransi tidak mengartikan kurangnya komitmen seseorang pada kepercayaannya. Melainkan hal itu mengutuk penindasan dan penganiayaan terhadap orang lain.” – John F Kennedy

Kali ini kata kata bijak diutarakan oleh John F Kennedy. Ia mengatakan bahwa komitmen seseorang dalam menjalankan kepercayaannya baik itu agama, tradisi suku, dan nilai nilai yang dipegang tidak akan berkurang dengan adanya toleransi. Dalam hidup setiap orang tentunya memiliki perbedaan-perbedaan nilai. Ada yang berasal dari keluarga dengan nilai adat yang masih kental nilai nilai timurnya, ada juga yang berasal dari keluarga yang mungkin kental dengan nilai nilai baratnya, dan juga ada yang berasal dari agama Islam atau pun non Islam.

Semua kita perlu saling menghormati dan saling toleransi dengan adanya perbedaan ini. Jangan sampai ada penindasan dalam bentuk kekerasan baik perkataan maupun perbuatan agar damai dapat tetap dapat dijaga.

Cita cita dan Komitmen

“Cita-cita bukanlah takdir, tapi sebuah penunjuk arah. Ia bukan perintah, tapi komitmen. Ia tak menentukan masa depan, melainkan wahana untuk menggerakkan sumber daya dan energi bagi usaha membangun masa depan.” – Peter F. Drucker

Ketika kita kecil tentu kita sering ditanya oleh orangtua kita, apa cita cita kita. Saya sendiri memiliki cita-cita yang berubah-ubah sejak saya kecil sampai dewasa.

Dulu ketika masih SD, saya bercita-cita ingin menjadi pemain catur karena saya suka main catur, namun saya jarang berlatih bermain catur karena memang saya main catur hanya pada saat saat tertentu saja sebagai hobi. Ketika saya SMA saya bercita-cita ingin memiliki usaha yang dapat menghasilkan banyak uang, tapi saya masih belum jelas usaha apa yang bisa saya lakukan dan saya kurang mahir berdagang. Hingga saat saya kuliah pun saya sendiri masih bingung apa sebenarnya cita cita saya.

Menurut saya hal hal di atas bukan merupakan cita-cita tapi masih berupa keinginan. Cita-cita harus ditentukan secara lebih spesifik misalkan saya ingin menjadi seorang pedagang sukses karena saya senang berdagang dan saya sering atau ingin melakukannya mulai sekarang. Ada pula mungkin yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha rumah makan karena senang memasak dan terus tekun belajar memasak sejak masih usia muda. Mungkin juga ada yang ingin menjadi dokter karena kasihan melihat banyak orang yang menderita sakit namun tidak mampu berobat, sehingga sejak muda dia sudah banyak terjun di dunia kesehatan.

Kembali kepada kata kata bijak Peter F Drucker di atas cita cita ini dapat dijadikan suatu penunjuk arah ke mana kita akan menuju. Jika kita telah menentukan cita cita kita ini berarti kita telah berkomitmen untuk mewujudkannya. Segala energi, tindak tanduk atau aktifitas kita akan tertuju untuk tercapainya cita cita kita di masa depan. Inilah yang disebut cita cita.

Ada baiknya cita cita ini dapat ditentukan sejak seseorang masih berusia belia. Atau minimal kita tahu apa bakat dan minat kita di usia muda. Kepada para orangtua bantulah putra putri Anda untuk mengetahui apa bakat dan minat mereka serta bantu mereka untuk dapat membangun cita cita nya sejak usia belia.

Gagal dan Kurang Komitmen

“Kebanyakan orang yang gagal dalam mimpi mereka gagal bukan dari kurangnya kemampuan tetapi dari kurangnya komitmen.” – Zig Ziglar

Kata kata bijak zig ziglar ini kembali menegaskan tentang pentingnya komitmen dalam meraih apa yang kita cita citakan. Kebanyakan orang gagal meraih mimpinya akibat kurangnya komitmen dalam mencapai mimpinya tersebut.

Keinginan saja memang tidak lah cukup dalam meraih cita cita. Perlu tekad yang kuat serta semangat pantang menyerah karena di setiap langkah Anda akan menemui banyak hambatan dan ujian. Anda perlu tetap fokus untuk meraih tujuan Anda. Jangan mudah dibelokkan oleh berbagai rintangan yang dihadapi. Jangan pernah bosan pula untuk melakukan pola yang sama sampai keinginan Anda terwujud. Jika rintangan berhasil dihadapi ini akan menjadikan Anda lebih baik lagi karena Anda bisa melewatinya.

Karakter, Komitmen dan Disiplin

“Karakter yang membuat kita keluar dari tempat tidur, komitmen yang memindahkan kita ke dalam tindakan, dan disiplin yang membuat kita mampu untuk menindaklanjuti.” – Zig Ziglar

Anda juga perlu disiplin untuk terus menerus melakukan yang terbaik dalam mewujudkan mimpi Anda. Seperti yang terdapat pada kata kata bijak di atas.

Baca Juga : Kata kata bijak tentang Kebiasaan

Cinta, Komitmen dan Kepercayaan

“Cinta yang besar, tanpa disertai komitmen dan kepercayaan, maka ia hanya akan menelan diri sendiri.” -Tere Liye

Lagi lagi ini mengenai kata kata bijak tentang cinta. Bahwa cinta sebesar apa pun tanpa komitmen dan kepercayaan pada pasangan maka cinta itu sendiri akan hilang.

Hal ini banyak terjadi pada banyak pasangan yang pada awalnya hidup bahagia ketika baru menjalani rumah tangga namun kemudian berpisah di tengah jalan karena berbagai macam sebab. Ada yang karena perselingkuhan, karena tidak ada kecocokan, ada juga yang karena kondisi ekonomi.

Kebahagiaan

“Kebahagiaan itu bukan sesuatu yang statis. Dia harus dicari dan ditemukan terus menerus. Diusahakan. Diperjuangkan. Komitmen.” – Jessica Huwae

Jika kita ingin bahagia kita perlu berkomitmen untuk mencari dan menemukan secara terus menerus apa yang membuat kita bahagia lalu memperjuangkannya.

Ini tentunya bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu sesuatu yang besar tapi cukup dengan hal-hal kecil seseorang bisa bahagia.

Contoh nya adalah ketika kita bisa berkumpul bersama keluarga sambil nonton tv bersama, ketika kita bisa memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan, ketika kita bisa membuat seseorang tersenyum atau tertawa, dan lain lain.

Semua ini perlu terus diusahakan dengan komitmen.

Kualitas Hidup dan Komitmen

“Kualitas kehidupan seseorang berbanding lurus dengan komitmen mereka terhadap kesempurnaan, apapun bidang usaha pilihan mereka.” – Vincent Lombardi

Menurut kata kata bijak di atas semakin kita berkomitmen untuk melakukan sesuatu untuk menghasilkan yang terbaik maka semakin sempurnalah kualitas hidup kita.

Orang Kaya dan Miskin

“Orang kaya memiliki komitmen untuk menjadi kaya. Orang miskin ingin menjadi kaya.” – T Harb Eker

Beda antara orang kaya dan miskin adalah bahwa orang kaya telah berjuang sesuai dengan komitmennya untuk memperoleh apa yang dicita-citakan.

Sedangkan orang miskin akan tetap miskin jika mereka malas berjuang untuk berangkat dari kemiskinannya, karena tidak adanya komitmen. Mereka hanya sekedar ingin menjadi kaya tanpa usaha yang keras untuk mewujudkannya.

Bagaimana jika sudah berjuang namun tetap miskin ? Wallahualam..

Produktifitas dan Komitmen

“Produktivitas tidak pernah merupakan suatu kecelakaan. Itu selalu merupakan hasil komitmen terhadap keunggulan, perencanaan yang cerdas, dan usaha yang terfokus.” – Paul J Meyer

Suatu produktifitas tidak dihasilkan secara kebetulan. Anda tidak akan pernah menghasilkan produk yang unggul tanpa mengusahakannya dengan perencanaan yang matang, terfokus yang dilakukan dengan penuh komitmen. Itulah yang ingin disampaikan Paul J Meyer melalui kata kata bijaknya.

Baca Juga : Kata kata Bijak Tetap Fokus Pada Tujuan

Komitmen Bersama

“Ketika kamu dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki komitmen penuh seputar tujuan bersama, segala sesuatu mungkin terjadi.” – Howard Schultz

Lebih mudah jika melakukan sesuatu bersama-sama daripada Anda mengerjakannya sendirian untuk mencapai suatu tujuan. Bantu orang lain memahami apa tujuan Anda, kemudian ajaklah mereka berkomitmen untuk mencapai tujuan itu bersama-sama. Begitulah kira kira penerapan kata kata bijak dari Howard Schultz di atas.

Demikianlah kata kata bijak tentang komitmen yang mudah-mudahan bisa mencerahkan kita semua.

Semoga bermanfaat !

Images :

Pixabay.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *