Pernah Merasa Minder saat Gagasan Anda disepelekan ? Simak yang dilakukan Orang-Orang Sukses Berikut Ini !

By |

Saat menonton salah satu film Barat tentang kisah sukses Ray Kroc yang telah membesarkan nama Mc Donalds, saya terkesan dengan kata-kata bijak (inspirasi) yang selalu didengar Kroc dalam film itu yang berbunyi : “Hanya dengan ketekunan dan kebulatan tekad merupakan modal yang cukup agar bisa berhasil”.

Ya, ada dua frase kata inti dalam kalimat tersebut yang menjadi inspirasi saya yaitu ketekunan dan kebulatan tekad.

Pada setiap usaha untuk mencapai tujuan atau cita-cita tertentu, cobaan merupakan hal yang sering kita hadapi. Cobaan itu bisa berupa kegagalan atau cemoohan terhadap gagasan atau produk yang kita hasilkan. Terutama jika gagasan atau produk tersebut belum dikenal banyak orang. Saat gagasan atau produk yang kita hasilkan tidak ada yang mendengar (memperdulikan), kita seharusnya tidak patah semangat. Terus lakukan usaha untuk memperbaiki produk atau gagasan sehingga benar-benar dapat bermanfaat serta diterima di masyarakat.

Berikut ini merupakan contoh kisah orang orang sukses yang awalnya produk mereka mendapat cemoohan, namun akhirnya mendapat kesuksesan yang besar karena ketekunan mereka dan mereka tidak memperdulikan komentar negatif yang mereka terima :

 

Wright Bersaudara pernah mendapat komentar komentar yang negatif atas penemuan mereka tentang pesawat udara. Ada seorang Profesor Simon Newcomb, astronom Amerika yang sangat dihormati yang mengatakan bahwa Wright bersaudara hanya buang-buang waktu dan uang saja. “Belum ada kombinasi zat dan mesin dalam bentuk-bentuk gaya yang dapat digabungkan dalam sebuah mesin yang praktis..yang dapat diterbangkan manusia dalam jarak yang jauh di udara”, kata Newcomb.

Kita tahu bahwa Wright bersaudara telah berhasil dengan gagasannya dan saat ini pesawat udara telah diproduksi banyak perusahaan dan telah digunakan untuk banyak keperluan.

 

 

Whitcomb Judson menemukan ritsleting pada tahun 1891 ketika dia mulai capek harus memasang tali sepatunya. Bersama partnernya, Lewis Walker, mereka membangun sebuah pabrik untuk membuat ritsleting tahun 1894. Mereka segera mengetahui lebih mudah merancang daripada membuat ritsleting. Mereka melakukan berbagai percobaan untuk menciptakan mesin sendiri namun berakhir dengan kegagalan dan komentar negatif. Karena putus asa Judson memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut, sebaliknya Walker tetap fokus pada ritsleting. Dia mempekerjakan seorang insinyur Swedia, Gideon Sunbeck, yang pada akhirnya menciptakan sebuah mesin untuk membuat ritsleting dengan murah dan dalam jumlah besar.

 

 

Thomas Alpha Edison harus berjuang keras untuk membuktikan bahwa bola lampu bukan hanya mungkin tetapi merupakan sebuah benda yang sangat berguna. Sebelumnya Edison mendapat banyak komentar negatif mengenai apa yang diyakininya. Para penentangnya termasuk Henry Morton, presiden ITS, berkata : “Setiap orang yang mengenal benda tersebut akan mengenali bahwa bola lampu tersebut adalah kegagalan besar”. Seandainya Edison mendengar penentangnya, mungkin orang lain yang akan menemukan bola lampu tersebut.

 

 

Henry Ford berusaha diyakinkan oleh Alexander Dow dari Dow Chemical Co bahwa mesin dengan pembakaran dalam tidak akan bekerja untuk menggerakkan mobil. Dow berusaha meyakinkan bahwa listriklah yang menggerakkan bukan bensin. Sekarang kita tahu sudah berjuta juta mobil Ford diproduksi dan digunakan oleh banyak orang.

Setiap gagasan yang kita miliki, seperti cara baru melakukan sesuatu, produk atau jasa baru, model bisnis baru yang kita anggap baik dan yakin akan bermanfaat harus kita perjuangkan dan kita “jual” kepada orang lain. Jangan sampai gagasan kita mati di awal sebelum kita sempat memperjuangkannya atau dengan kata lain menyerah tanpa usaha yang berarti. Sering kita hanya karena rekan atau orang di sekitar kita berkata negatif, lalu kita sakit hati dan akhirnya tidak melanjutkan gagasan atau produk yang ingin kita “jual”. Memang kita perlu masukan dari orang lain, namun jangan sampai masukan tersebut membuat langkah kita surut. Terbukalah pada masukan-masukan positif yang akan memperbaiki langkah Anda. Namun jika ada kritikan negatif yang ingin menjatuhkan Anda atau menyurutkan langkah Anda, hanya Anda yang dapat menentukan apakah akan mengubur gagasan Anda atau tetap memperjuangkannya. Sebelum Anda menyerah pada gagasan Anda, pastikan bahwa Anda telah sungguh-sungguh menelitinya dan pastikan Anda puas bahwa gagasan Anda memang tidak dapat diterima.

Share

One thought on “Pernah Merasa Minder saat Gagasan Anda disepelekan ? Simak yang dilakukan Orang-Orang Sukses Berikut Ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *