Perencanaan yang Matang Merupakan Bagian dari Kesuksesan

By |

Sukses dalam hidup adalah harapan bagi semua  orang. Sukses untuk setiap orang dapat ditempuh dengan jalan berbeda-beda. Mengapa ? Masing-masing orang memiliki taraf kesuksesan sesuai dengan harapan mereka masing-masing. Untuk dapat mencapai kesuksesan, perencanaan atau planning harus Anda rancang.

 

 

Perencanaan yang matang dan dilaksanakan sesuai dengan rencana akan membuat kesuksesan akan menjadi lebih mudah untuk digapai. Salah satu cara untuk menempuh kesuksesan adalah dengan perencanaan sebaik mungkin. Sebuah kata bijak yang dituliskan oleh Bern Williams berbunyi demikian,

“Rencana-rencana kita adalah permata yang harus dipoles dengan kerja keras”.

Nampaknya kalimat bijak tersebut memang benar adanya. Tanpa adanya usaha yang keras, rencana hanyalah tinggal rencana saja. Begitu pula kerja keras tanpa rencana akan membingungkan.

Kisah Sukses Maudy Ayunda dengan Segudang Rencananya

Hal tersebut juga sudah dialami oleh salah satu aktris terkenal Maudy Ayunda. Ia adalah seorang gadis berbakat yang memiliki segudang talenta. Gadis yang baru lulus dari Universitas Oxford ternama ini memiliki kesuksesan yang luar biasa di usianya yang kini masih belia. Bagaimana kisah Maudy menjadi sukses seperti sekarang?

Menurut Maudy, ia telah memiliki perencanaan yang sangat matang tentang apa saja yang akan dilakukannya dari hari ke hari, dari tahun ke tahun. Semua hal tersebut ia tuliskan satu per satu dalam buku rencananya. Buku catatan tersebut memang tidak pernah terlepas dari hidupnya. Pada dasarnya, aktris yang satu ini memang memiliki hobi menulis.

Sejak memutuskan untuk berkuliah di Oxford, ia pun mulai untuk menuliskan rencananya dalam buku catatannya. Rencana tersebut berisi berbagai macam hal, mulai dari rencananya dalam mengikuti pembelajaran di kampusnya, rencananya untuk mengikuti berbagai seminar tentang pendidikan, bahkan rencananya untuk membuat lagu baru yang merupakan bakatnya.

Ia sendiri tidak cuma-cuma dalam menuliskan rencananya tersebut. Dari apa yang ia tuliskan di dalam buku, ia selalu mencoba untuk melakukannya satu demi satu. Alhasil, apa yang ia rencanakan sejalan dengan kenyataan. Ia merupakan gadis pekerja keras dan ia terus berusaha untuk menggapai kesuksesan dari apa yang ia rencanakan sesuai dengan kemampuannya.

Meskipun kuliah di luar negeri, ia berhasil membuat lagu baru, melakukan konser dimana-mana, mengikuti berbagai macam seminar, bahkan tetap mengasah bakatnya dengan membintangi sebuah film ternama di Indonesia. Jarak yang jauh bukanlah hal yang membuat kesuksesannya tertunda. Dengan perencanaan yang matang, ia mampu mewujudkan apa yang menjadi harapannya tersebut.

Dengan demikian, perencanaan memang adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dilakukan demi mencapai tujuan. Anda dapat menuliskan rencana-rencana apa saja yang ingin dilakukan seperti Maudy Ayunda sehingga Anda bisa melakukan hal tersebut dengan lebih mudah.

Waktu bermalas-malasan atau bersantai sejenak memang tidak apa-apa untuk dilakukan. Namun setiap kali Anda merasa malas untuk melakukan sesuatu, bukalah kembali buku rencana yang Anda miliki. Bacalah dengan saksama dan hal tersebut akan membangkitkan kembali semangat Anda untuk melakukan apa yang telah Anda rencanakan tersebut.

Planning dalam mencapai tujuan harus dilakukan oleh semua orang. Tanpa adanya perencanaan, Anda hanya akan bimbang dalam melakukan sesuatu. Namun ingat, bila sesuatu yang Anda lakukan tidak sesuai dengan rencana Anda, Anda harus menerima hal tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab Anda. Hal terpenting adalah Anda sudah melakukan yang terbaik.

Rencanakan kesuksesan hidupmu mulai dari sekarang. Jangan lupa, poles selalu rencana indah Anda dengan kerja keras.

(Ika Pratiwi)

Share

One thought on “Perencanaan yang Matang Merupakan Bagian dari Kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *