Cara Jitu Pemasaran dan Penjualan Online Melalui Email Marketing!

By |

Dalam sebuah bisnis online, kenaikan dalam jumlah penjualan merupakan salah satu hal penting yang berpengaruh pada perkembangan usaha.

Dengan adanya kenaikan pendapatan dari penjualan maka pendapatan usaha juga akan semakin baik, sehingga memungkinkan untuk melakukan pengembangan bisnis.

Dapat dikatakan selain produk yang bagus kegiatan marketing merupakan salah satu pilar agar usaha bisa tetap berjalan dan berkembang.

Banyak cara marketing yang bisa dilakukan. Namun tidak sedikit pula biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasarkan produk yang dijual.

Email marketing merupakan merupakan salah satu cara jitu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan secara online dengan biaya murah.

Internet Marketing

Berikut ini merupakan keuntungan menggunakan email marketing:

Keuntungan Pemasaran dan Penjualan Online dengan Email Marketing

Biaya Murah

Dengan menggunakan email marketing tentu biaya yang digunakan lebih murah dibanding menggunakan media promosi lainnya.

Lebih Personal

Pengiriman konten melalui email lebih bersifat personal karena ditujukan hanya kepada alamat tertentu saja dan email tersebut bisa dibuka sewaktu-waktu oleh pemilik email.

Selain itu kita juga bisa menggunakan nama pengguna email yang kita kirim untuk menyapa sehingga memberikan kesan yang lebih menyentuh.

Proaktif

Dengan menggunakan email marketing maka seorang marketer dapat mengirim email langsung ke pelanggan email sesuai dengan konten yang ingin disampaikan.

Berbeda jika kita membuat blog atau memasang iklan. Maka kita menunggu pengunjung mengunjungi blog kita baru konten kita bisa dibaca.

Meningkatkan Trafik website

Email marketing dapat membantu untuk meningkatan trafik website kita. Kita bisa memberikan informasi jika ada konten yang baru yang bisa dibuka melalui website. Selain itu kita juga bisa menambahkan alamat website sebagai signature di baris terakhir email.

Jangkauan Luas

Dengan email marketing kita bisa mengirim konten ke siapa saja yang terdaftar di list kontak email kita. Kita juga bisa melakukannya berulang kali dengan periode tertentu.

Membangun Brand

Dengan mengirim email ke calon customer secara periodik kita bisa memberikan informasi yang bermanfaat yang dapat disertai dengan memperkenalkan perusahaan atau bisnis yang dijalankan dan jangan lupa diikut pula dengan logo perusahaan atau nama bisnis Anda.

Hal ini membuat para pelanggan email Anda lebih dekat dan mudah dalam mengenal bisnis dan brand yang Anda bawa.

Hampir setiap Hari Orang Menggunakan Email

Tidak dapat dipungkiri email merupakan salah satu media komunikasi personal yang paling banyak digunakan dan hampir setiap hari diakses orang. Jadi jangan ragu untuk memasarkan produk melalui media yang satu ini.

Bahkan salah satu website bisnis online terkemuka di Indonesia mengatakan seorang blogger yang juga seorang internet marketer telah melakukan kerugian jika tidak menyediakan opt-in (form pendaftaran subscriber/subscribe) di websitenya.

Hemat Waktu

Dengan menggunakan Internet marketing melalui email maka Anda dapat berhemat waktu karena konten yang ingin disampaikan lebih tepat sasaran.

Mudah diukur

Kita juga bisa menganalisa tingkat keberhasilan email marketing melalui variabel metriks  yang dapat kita pantau. Mengenai cara nya akan dibahas lebih lanjut.

Dapat mengarahkan Pembaca membaca Konten Tertentu

Dengan melalui pemasaran email kita bebas mengirim konten apa saja untuk dibaca subscriber kita.  Anda juga bisa mengarahkan pembaca untuk membuat opini yang disertai data-data tertentu sehingga nantinya produk yang ditawarkan lebih mudah terjual.

Sesuai dengan namanya, email marketing memerlukan data email para pelanggan. Untuk melakukan teknik pemasaran ini, Anda bisa menggunakan tool untuk mengirim email secara massal.

Jika Anda melakukannya secara manual, satu per satu tentu hal ini akan menghabiskan banyak waktu sehingga tidak efektif.

Contoh layanan yang bisa digunakan adalah get Response, Mail Chimp, dan lain sebagainya.

Agar teknik ini mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda perlu memperhatikan tips pemasaran melalui email marketing.

Strategi Pemasaran di Internet Melalui Email Marketing

Buat Rencana Tentang Campaign Anda

Agar hasil dari email marketing efektif, perhatikan hal-hal berikut ini.

1) Buat List Tujuan Secara Detail

Tentukan tujuan mengapa Anda melakukan kegiatan marketing ini sebelum melakukan pengiriman email secara massal. Anda mungkin memiliki tujuan lebih dari satu, silahkan tulis secara terperinci tujuan Internet Marketing Anda.

Jika sudah, hal ini akan membantu Anda dalam penyampaian materi kepada pelanggan sehingga mampu  mencapai tujuan yang Anda targetkan.

2) Cari Tahu Target Market

Mengetahui target market menjadi hal yang amat penting. Hal ini akan berpengaruh terhadap keberhasilan Anda dalam melakukan pemasaran.

Anda harus tahu seperti apa karakter target market Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan penawaran sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Kesempatan terjadinya sales pun semakin besar.

3) Tampil Beda daripada yang Lain

Anda harus memiliki ciri khas yang membedakan brand Anda dengan brand lainnya. Keunikan inilah yang mampu membuat customer selalu mengingat brand Anda.

Tonjolkan keunggulan yang dimiliki supaya customer lebih percaya dan memilih brand Anda dibandingkan brand lainnya.

Cari Tahu Apa yang Dibutuhkan Oleh Pelanggan

Kebutuhan manusia beragam. Masing-masing orang memiliki kebutuhan yang tidak sama. Oleh sebab itulah, sebagai pebisnis Anda harus mampu menganalisa apa yang menjadi kebutuhan para pelanggan.

Jika sudah tahu apa yang mereka butuhkan, Anda bisa beraksi untuk memberikan penawaran mengenai hal yang mereka butuhkan.

Dalam melakukan penawaran, ada serangkaian proses yang harus dilewati hingga terjadinya pembelian. Berikut ini prosesnya:

Proses Menawarkan Produk Melalui Email

– Recognition

Ini merupakan waktu di mana target market sama sekali tidak mengenal brand Anda. Maka dari itu, Anda bisa melakukan perkenalan. Cara yang dilakukan ialah dengan

memberikan informasi tentang brand Anda secara konsisten.

– Awareness

Setelah adanya perkenalan, target market sudah mengetahui brand Anda. Namun, target market belum membutuhkan penawaran yang Anda berikan.

Saatnya Anda membangun brand awareness yaitu memberikan gambaran secara garis besar mengenai jasa atau produk yang Anda miliki.

– Consideration

Setelah memberikan penjelasan mengenai jasa atau produk yang ditawarkan, target market sudah memiliki kebutuhan sesuai yang ditawarkan. Langkah selanjutnya ialah berikan informasi mengenai kelebihan jasa atau produk yang Anda miliki. Berikan alasan mengapa target market perlu memilih produk Anda, dibandingkan produk lainnya.

– Purchase

Tahap ini, target market sudah merasa yakin akan kualitas yang dimiliki oleh produk atau jasa Anda. Dengan begitu, dia akan memutuskan untuk menggunakannya. Jika sudah terjadi transaksi, jangan langsung berhenti di sini.

Anda sebagai penjual harus memberikan pelayanan yang prima. Bahkan, ketika ada pengaduan, Anda harus melayani dengan ramah dan menyelesaikan permasalahan secara tuntas.

Cara ini dapat membangun kepercayaan dari customer sehingga mereka akan menjadi pelanggan yang bisa melakukan repeat order.

Jalankan dengan Simpel

Saatnya Anda membuat persiapan mengenai email campaign. Sebaiknya, buat campaign yang simpel dengan bahasa sederhana namun dapat mengena target market.

Anda bisa mengatur pengiriman email dengan variable yang sederhana.  Isi dari email marketing ialah mengajak penerima email untuk membuka landing page usaha Anda. Namun, ada cara yang cukup efektif untuk dilakukan. Jadi, jangan langsung mengarahkan untuk membuka landing page.

Anda bisa mengirim email pertama kali dengan membagikan ebook gratis sesuai kebutuhan target market. Apabila ada yang mendownload free ebook tersebut, Anda bisa melakukan pengiriman email yang kedua dengan mengarahkannya ke landing page.

Contoh email yang mengarahkan ke landing page seperti di bawah :

 

Contoh Email Marketing

 

Contoh landing page

 

Sampaikan Pesan Anda

Tujuan pengiriman email ini adalah untuk mempromosikan usaha Anda. Sampaikan pesan ini kepada calon konsumen dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami.

Jangan sampai pesan Anda membingungkan. Jika Anda masih bingung mengenai cara membuat pesan email marketing, berikut ini caranya:

– Email Pertama: Anda bisa mengirimkan ebook gratis sebagai tanda ungkapan terima

kasih.

– Email Kedua: Anda bisa mengajak target market untuk saling terhubung dengan media sosial sehingga hubungan makin dekat.

– Email Ketiga: Anda bisa menyampaikan apa yang menjadi tujuan Anda, misalnya penawaran atau promosi suatu produk, jasa atau konten website untuk meningkatkan trafik.

Bisa dengan cara menggiring penerima email untuk berkunjung ke landing page. Agar menarik, boleh juga memberikan promo kepada mereka.

Kelola Landing Page agar Jelas dan Menarik

Landing page berisi mengenai informasi bisnis Anda. Orang akan semakin tertarik dengan bisnis jasa atau produk Anda, jika landing page memiliki desain menarik dan bahasa yang jelas.

Untuk itu, Anda perlu membuat landing page yang berkualitas supaya dapat meningkatkan penjualan. Anda bisa menggunakan template yang menarik sesuai dengan kebutuhan landing page Anda.

Memantau Tingkat Keberhasilan

Email marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang cukup efektif. Namun, hal ini bisa tercapai bila Anda mampu mengirim pesan email dengan optimal.

Supaya tingkat keberhasilan promosi menggunakan email marketing semakin tinggi, perhatikan hal-hal berikut ini.

– Lakukan A/B test.

Coba bandingkan 2 pengiriman email dengan perbedaan subjek email, isi pesan, call to action, serta waktu pengiriman email.

– Amati hasilnya.

Setelah melakukan dua pengiriman email yang berbeda, amati hasil yang diperoleh. Seberapa banyak email dibuka oleh penerima, link yang diklik, serta jumlah penjualan yang dihasilkan.

Ulangi dan Optimalkan

Setelah Anda melakukan campaign pertama, dan sudah mendapatkan hasilnya langkah selanjutnya ialah mengulanginya.  Hal ini dimaksudkan agar hasilnya lebih maksimal. Dari campaign yang telah dilakukan, analisa lalu optimalkan dengan cara yang lebih

efektif.  Anda bisa melakukan perubahan pada beberapa point seperti subject email, frekuensi pengiriman, jam pengiriman, dan lain-lain.

Selanjutnya, lakukan A/B test kembali untuk mengetahui hasil yang diperoleh.

Setelah Anda memahami strategi di atas saat nya Anda memahami cara membuat email penawaran yang menarik di Internet.

Tahapan Membuat Email Penawaran Menarik di Internet

Pembuatan email marketing adalah langkah terbaik untuk mengenalkan suatu produk. Keefektifan yang sudah tidak terbantah membuat email adalah media paling bisa diandalkan sebagai bahan promosi. Ada beberapa tahapan dalam pembuatannya yang harus dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tahap Persiapan Mengumpulkan Email List

Sebelum mempromosikan produk barang dan jasa, terlebih dahulu persiapan menjadi langkah yang tidak boleh dilewatkan. Tahap persiapan dilakukan dengan menentukan audien atau penerima email. Tahapan ini dimulai dengan menyusun email list sasaran email marketing.

Banyak cara dapat dilakukan untuk mendapatkan email list dalam jumlah yang banyak. Namun, akan menjadi lebih bijak jika email list yang didapatkan bukan dari cara paksaan. Yang dimaksud paksaan adalah dengan meminta email list milik orang lain, atau mengirim email kepada pelanggan yang mungkin tidak berkenan.

Cara ini akan menjadi buruk untuk kenyamanan pelanggan sehingga akan membuat mereka menghindar. Cara untuk mengumpulkan alamat email dengan bijak adalah membiarkan pelanggan memberikan sendiri alamate mail mereka. Untuk dapat melakukan hal itu kecerdikan marketing sangat diperlukana. Hal itu dapat diperoleh dengan berbagai cara, seperti :

  • Menyediakan Opt-in pada website atau blog Anda. Opt-in merupakan form atau kolom yang disediakan bagi pengunjung website atau subscriber yang ingin berlangganan newsletter atau mendapatkan informasi terupdate mengenai servis yang Anda tawarkan.
  • Memasang iklan untuk mengumpulkan email Subsriber
  • Menawarkan secara offline kepada calon pelanggan unuk menjadi subscriber

Penerapan Sistem Promosi

Promosi menjadi hal yang sangat menarik untuk semua konsumen. Dengan memberikan promosi-promosi menarik maka pelanggan menjadi tidak keberatan untuk memberikan alamat email mereka. Ini akan mendatangkan dua manfaat sekaligus yaitu meningkatkan jumlah penjualan serta menambagh daftar email list yang dikumpulkan.

Konten Gratis

Pembagian konten gratis yang berhubungan dengan produk barang dan jasa yang akan dipasarkan adalah salah satu cara mendapatkan email list. Imbalan mendapatkan informasi menarik melalui ebook, artikel dan video tutorial akan membuat audiens menjadi suka rela memberikan alamat email yang dapat dijadikan peneriam email marketing.

Berikan Diskon

Tidak jauh beda dengan dua sistem diatas, diskon juga akan mampu membuat daftar email list menjadi semakin banyak. Semua cara yang dapat membantu pengumpulan email list dapat dilakukan sesuai dengan kelihaian dalam menerapkan ilmu marketing.

Pembuatan Email Marketing

Setelah menetukan email list makan selanjutnya adalah pembuatan email marketing. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendukung efektivitas email sebagai menjaring konsumen. Langkah-langkah pembuatan email marketing adalah sebagai berikut;

Memilih Platform

Menggunakan platform email marketing akan sangat meringankan proses promosi. email list menjadi mudah untuk dikelola dan di kategorikan dengan jelas. Banyak aplikasi platform yang dapat membantu dalam mengurus keperluan email marketing. Diantaranya adalah;

  • Convertkit : layanan konverkit sangat beragam, menarik dan banyak pilihan. Meskipun tidak ada layanan mencoba namun platform ini menjadi sangat layak untuk dicoba.
  • Drip : memberikan gratis untuk 100 subriber pertama menjadi platform emailmarketing yang membantu perekonomian. Layanan lengkap yang diberikan menjadikan Drip cepat bersaing dengan platform pendahulunya.
  • Mailchips : sebagai platform kenamaan yang ada dipasaran, ini menjadikan mailchips memiliki banyak penggemar. Selain itu layanan free saat menjoba menjadikan platform ini adalah pemberi jasa terbaik
  • Getresponse : tanggapan yang cepat adalah andalan dari getresponse. Layanan ini juga memuliki layanan gratis unrtuk mencoba iklan lewat emai.

Membuat Isi Email Menarik

Pembuatan email marketing yang menarik harus memenuhi beberapa aspek. Pertimbangan tersebut memuat mengenai deskripsi jasa atau produk yang akan ditawarkan dengan mempertimbangkan aspek kesopanan dan detail informasi. Berikut adalah tahapan pembuatannya;

  • Mencantumkan Kata Sapaan. Kata sapaan dan panggilan yang bersifat personal akan membuat penerima email menjadi lebih merasa dihargai dan tertarik untuk membaca isi email.  Penggunaan sapaan nama dengan imbuhan penggilan yang memberi kesan menghormati akan lebih terkesan resmi.
  • Isi Yang Menarik. Akan membantu untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang update barang dan jasa pada email. Namun perlu sesekali pemberitahuan lewat email berisi diskon, promo dan giveaway. Serta tampilan email yang cantik dan rapi.
  • Alasan Memilih Dan Konsekuensi Jika Tidak Memilih Produk. Kelebihan produk menjadi hal yang harus ditonjolkan saat membuat email marketing. Kerugian tidak memilih produk yang ditawarkan juga akan mempengaruhi keberhasilan dari pemasaran.
  • Memuat Data Yang Tidak Terlalu Besar. Hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah mengenai jumlah KB data yang dikirim. Pengaplikasian email pada ponsel mengharuskan isi pesan tidak berukuran terlalu besar agar bisa segera dibaca melalui ponsel.
  • Subjek Email Menarik Perhatian. Hal ini menjadi pintu untuk menarik perhatian penerima email. Subjek yang menarik akan membuat penerima sesegera mungkin untuk membuka email yang dikirimkan. Serta sebaliknya, subjek yang itu-itu saja menjadikan penerima menjadi malas membuka email.
  • Contak Person. Bagian ini menjadi bagian yang paling penting untuk dapat menghubungkan konsumen dengan bisnis yang sedang dipromosikan. Menampilkan semua media sosial, link dan nomor telepon secara jelas.
  • Penutup. Tidak lupa untuk mengakhiri email marketing dengan salam serta gunakan nama lembaga usaha.  Penggunaan identitas tempat bisnis dengan lengkap akan menambah kredibilitas tempat usaha. Pada bagian akhir email jangan lupa untuk menyertakan Opt-Out (link unsubscribe) untuk memberikan pilihan suscriber jika ingin keluar dari berlangganan email.

Menaikkan Minat Pembaca

Email yang masuk dan terkirim kepada seluruh email list belum tentu semua akan dibaca oleh penerima. Maka untuk menghindari hal tersebut dibutuhkan metode agam email open rate menjadi lebih maksimal. Email open rate bermaksa email yang diterima oleh email list dan juga dibaca oleh mereka.

Untuk meningkatkan email list ada beberapa hal yang harus diperhatikan;

  • Penggunaan kata salam diawal email akan meningkatkan kesan sopan santun
  • Menggunakan kata sapaan yang lebih personal dan mengarah secara pribadi
  • Konten yang menarik dan tidak melenceng dari produk yang ditawarkan
  • Kirimlah email dengan teratur
  • Perbaharui ide dan kembangkan kreatifitas
  • Kirim pada waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk mengirim email adalah pukul: 10-11AM, 11-12PM, 1-2PM, atau 2-3PM

Contoh Penawaran atau Penjualan Online dengan Email Marketing Yang Menarik

Berikut adalah contoh email marketing yang memenuhi semua aspek penilaian email marketing yang bagus. Penggunaan kata yang mempertimbangkan aspek kesopanan namun tetapmenarik perhatian pembaca.

Contoh I:

Subjek  : Pembuatan Artikel SEO Murah Berkualitas

Selamat Pagi

Yang terhormat, Bapak Maulana

Kami memberikan penawaran yang menarik untuk pembuatan artikel SEO berkualitas. Artikel yang bagus akan mampu untuk menarik banyak konsumen untuk memilih produk yang ditawarkan. Banyak jasa artikel dengan harga murah, namun dengan kualitas yang tidak bisa dipastikan. Kami memberikan kualitas terbaik untuk lebih meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda.

Jangan gadaikan kredibilitas bisnis anda dengan memilih jasa pembuatan artikel yang tidak profesional. Hanya di tempat kami artikel berkualitas dan murah dengan banyak promo akan anda dapatkan.

Pesan sekarang !  melalui WA di nomer 0800 -000 -000. Kami menunggu kiriman pesan dari anda.

Hormat Kami

Jasa Penulis Artikel

Contoh II:

Dear member,

Sudah hadir nie berbagai koleksi baju muslim, jilbab, baju korea,dll. Ada juga baju tim nas yuk dukung tim nas indonesia di asean games!! Ada juga diskon 45% untuk minimal pembelajaan sebesar 400.000,- jangan lupa masukkan kupon dengan kode “diskon 45”. Yuk segera kunjungi  www. <DomainAnda>.com jangan sampai kehabisan

Regards

Team <TokoAnda> store

http://<DomainAnda>.com

Contoh III (menyertakan unsubscribe di bagian bawah):

Penjualan online

Contoh IV (menggunakan sapaan nama):

Bisnis Online

Penawaran dan penjualan di Internet melalui email marketing menjadi bagian dari promosi yang akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap kemajuan omset. Oleh karenanya setiap aspek harus menjadi perhatian utama dalam pembuatannya. Isi email marketing yang menarik dan edukatif akan lebih menjaring minat konsumen cerdas.

Selain tips yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu memperhatikan desain logo serta desain link ke website yang menarik sehingga bisa mendapat nilai tambah dan kepercayaan dari konsumen.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *