Kutipan Islami agar lebih memperhatikan Kedua Orangtua

Share

Islam memiliki ajaran yang komplit. Dalam agama ini, terdapat berbagai macam nasehat dan perintah termasuk mengenai etika hormat kepada orang tua.

Allah SWT memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk selalu berbuat sesuai syariah  termasuk menghormati kedua orang tua.

Read More

Jika ada seorang anak yang berbuat kasar kepada orang tua, atau berani melawan mereka sungguh Allah SWT akan murka.Sebab, murka orang tua bisa menjadi murkanya Allah.

Bahkan dikatakan pula, jika kedua orangtua mengajak kepada keburukan, kemungkaran (berpaling dari ajaran Allah), kita perlu menolaknya namun tetap menghormati mereka dengan cara tidak bersikap kasar.

Apalagi jika kedua orangtua kita mengajak kita pada kebaikan?

Jasa kedua orang tua begitu besar. Ibu mengandung selama 9 bulan dan melahirkannya ke dunia. Tak hanya berbuat baik pada orang tua saja, wujud dari berbakti pada orang tua bisa dilakukan dengan cara selalu mendoakan mereka.

Kata Mutiara Islami Agar Berbakti Pada Orang Tua

Berikut ini ada kumpulan kata-kata tentang ibu-bapak yang Islami sebagai pengingat untuk selalu membahagiakan dan berbuat baik pada orang tua.

Kekuatan Doa dari Orang Tua Luar Biasa

“Jangan meremehkan kekuatan doa dari kedua orang tuamu. Doa mereka begitu sangat penting hingga Allah mencatatnya dalam Alquran. Karena itu mintalah mereka untuk mendoakanmu, sekarang juga.” – Nouman Ali Khan

Kekuatan doa orang tua kepada anaknya sangatlah diinginkan bagi setiap anak sholeh. Bahkan, Allah SWT akan mengistimewakan doa orang tua kepada anaknya sehingga lebih mudah terkabul.

Mungkin orang tua tidak bisa memberikan modal harta melimpah. Namun mereka pasti akan memberikan support, baik itu dalam bentuk semangat atau motivasi dan terutama doa mereka tanpa kita ketahui.

Ada juga yang mungkin hanya memberikan doa (dari tempat yang jauh) yang bisa dipanjatkan agar hidupmu sukses.

Namun, justru inilah yang amat penting. Dengan doa, support dan ridho orang tua, kamu akan lebih mudah dalam memperoleh sukses di dunia mau pun di akhirat.

Bahagiakanlah Orang Tua

Kutipan bijak Islam

“Buatlah kedua orang tuamu tersenyum, karena mereka telah menghabiskan waktu siang dan malam untuk membuatmu tidak menangis.” – Dr. Bilal Philips

Sudah menjadi tugas seorang anak untuk membahagian kedua orang tuanya. Orang tua telah mencurahkan segala kasih sayang kepada anak tanpa kenal lelah.

Di waktu kecil, mereka menjaga kita sepanjang waktu dari pagi sampai pagi lagi agar tidak menangis.

Tak peduli sedang sakit, orang tua tetap akan menjaga anaknya sebaik mungkin. Setelah beranjak besar, waktunya kamu membalas semua kebaikannya dengan cara membahagiakan mereka.

Jangan pernah mengecewakan kedua orang tua (dalam hal kebaikan) karena hal ini akan dimurkai Allah SWT.

Sifatmu Tercermin Ketika Memperlakukan Orang Tua

“Jika kamu ingin melihat apakah dirimu orang yang rendah hati ataukah tidak, lihatlah bagaimana sikap yang kamu tunjukkan kepada kedua orang tuamu.” – Nouman Ali Khan

Sikap seorang anak kepada orang tua ialah hormat dan penuh kelembutan. Perlakukanlah orang tua dengan baik jangan sampai berbuat kasar.

Kamu harus bisa memperlakukan orang tua dengan baik. Misalnya bicara yang sopan. Bila kamu telah bekerja, sisihkan penghasilan untuk diberikan kepada orang tua.

Dengan cara ini, kamu bisa membuat orang tua untuk hidup lebih layak terutama ketika mereka di usia renta sehingga sudah tidak bisa bekerja.

Tak cukup soal materi saja, rawatlah orang tua sebaik mungkin dengan perlakuan yang baik penuh kasih sayang.

Berbakti Kepada Orang Tua untuk Mencapai SurgaNya

“Jika orang tua kalian masih hidup, bersyukurlah karena itu berarti kamu masih memiliki kesempatan untuk meraih surga dengan berbakti kepada mereka. – Nouman Ali Khan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa meraih ridha Allah. Salah satunya ialah dengan cara berbuat baik kepada orang tua.

Kamu bisa melakukan hal ini untuk membalasa jasa mereka serta mendapatkan pahala berlimpah dari Allah SWT.

Cara berbakti kepada orang tua tidaklah susah. Bisa dengan bersikap sopan, bertutur kata lembut, sering-sering menengok mereka ketika lokasi Anda berjauhan atau jika mampu memberikan penghidupan layak (memberikan sebagian rezeki), mendoakan orang tua serta menjaga tingkah laku diri sendiri supaya orang tua merasa bangga.

Semua itu bisa kamu lakukan sebagai upaya untuk menyenangkan hati orang tua.

Berkah Kedua Orang Tua Posisinya Setelah Berkah Allah SWT

“Berkah terbesar setelah karunia Tuhan sebagai Sang Pencipta adalah berkah dari kedua orang tua.” – Fakhruddin Ar-Razi

Berkah berasal dari kata barokah yang berarti nikmat.

Jika kamu mendapatkan doa dan berkah dari kedua orang tua, artinya orangtua kamu menginginkan kamu sukses dan selamat dunia akhirat, sesungguhnya hal tersebut akan memudahkan langkah kamu dalam mendapat ridha Allah.

Sebagai contoh, ketika kamu berusaha meraih kesuksesan dengan membuka usaha. Doa kedua orang tua akan sangat membantu melancarkan usaha yang dilakukan.

Itu semua karena Allah SWT sangat mengutamakan doa kedua orang tuanya terutama doa ibu kepada anaknya.

Itulah kumpulan kata islami tentang orang tua. Agama islam sangat menjunjung tinggi kedudukan orangtua terutama ibu.

Sebagai anak berbakti, selalu hormati dan sayangilah mereka. Sungguh doa dan berkah kedua orang tua begitu hebat.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat penulis sendiri serta pembaca tentunya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *