Motivasi Menghindari Sikap Ragu dan Bersikap Optimis Terhadap Perubahan

  • Whatsapp

Sikap ragu, merupakan hal yang pernah terjadi dalam kehidupan seseorang, bahkan banyak yang sering mengalaminya. Sikap ragu ini jika terjadi berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama bisa menghambat seseorang untuk mencapai kemajuan. 

Motivasi sikap optimis

Kisah Motivasi Menghadapi Perubahan

Apakah kamu pernah mendengar cerita buku tentang “Who Moved My Cheese?” Dalam buku ini diceritakan tentang sekawanan tikus (Sniff, Scury, Ham dan Haw) yang memiliki persediaan keju cukup banyak. Namun pada suatu saat, persediaan keju mereka mulai berkurang. 

Dua sahabat tikus (Sniff dan Scury)  yang sudah melihat masalah berkurangnya persediaan keju ditempatnya segera berinisiatif untuk mencari persediaan keju di tempat lain. Mereka berusaha mencari dengan menelusuri lorong-lorong yang panjang dan belum pernah dilaluinya untuk mendapatkan sumber makanan baru. 

Sesekali tikus-tikus ini merasa lelah, ragu bahkan hampir putus asa. Dalam lorong yang dilalui, tidak selalu ditemukan keju yang diinginkan. Bahkan bisa dibilang sulit mencari sumber makanan baru. 

Meski sulit, tikus-tikus ini tidak berhenti dan terus mencari sumber makanan, walau dalam keadaan lelah dan hampir putus asa. 

Sementara dua sekawan tikus lain (Ham dan Haw)  yang merasa nyaman dengan keadaannya sekarang, bersikap arogan dan merasa tidak perlu mencari sumber makanan baru. Mereka merasa pergi ke tempat lain untuk mencari sumber makanan baru akan banyak resiko dan akan menemui kegagalan.  

Mereka berpikir bahwa sumber makanan saat ini masih cukup sebagai persediaan dalam jangka waktu yang lama. 

Waktu terus berlalu, sementara Sniff dan Scury sibuk mencari sumber makanan baru, di sisi lain Ham dan Haw masih sibuk menganalisa tentang resiko yang akan dihadapi jika mengarungi lorong-lorong dan belum bergerak untuk mencari sumber makanan baru. 

Singkat cerita, akhirnya Sniff dan Scury berhasil mendapatkan sumber makanan yang mereka cari selama ini, sementara Ham dan Haw sibuk menyalahi keadaan karena ternyata sumber makanan mereka mulai menipis dan mereka masih ‘berjalan di tempat’. 

Apa yang bisa dipelajari dari cerita kiasan di atas? 

Dalam hidup ini, perubahan adalah hal yang pasti terjadi meskipun tidak selalu terlihat dengan kasat mata, dan tentu saja setiap orang perlu mempersiapkan diri menghadapinya. 

Merasa puas dengan keadaan yang sekarang serta bersikap tertutup pada perubahan dapat membawa kepada kehilangan kesempatan memperbaiki bahkan mempertahankan diri. Hal ini dialami oleh Ham dan Haw seperti pada cerita di atas. 

Melalui perjuangan Sniff dan Scury, cerita di atas mengingatkan kita untuk bersikap hati-hati dengan keadaan sekitar dan tanggap terhadap perubahan yang terjadi di sekitar kita. 

Jangan ragu pada tujuan yang telah Anda tetapkan untuk mencapai kemajuan selama Anda tidak lupa memohon pertolongan Allah SWT. Tetaplah fokus untuk menggapai tujuan dan cita-cita Anda. 

Baca juga: Kata kata tentang sikap optimis

Anjuran Bersikap Optimis dalam Islam

Al-Qur’an sebagai rujukan pertama juga menegaskan tentang percaya diri dengan jelas dalam beberapa ayat-ayat yang mengindikasikan percaya diri seperti:

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (Ali Imran: 139)

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (Fusshilat: 30)

Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir. (Yusuf: 87)

Sesungguhnya agama Islam memerintahkan kepada kita semua agar kita percaya diri dan tidak putus asa dalam mencari rahmat dan hidayah Allah SWT. Kita sebagai manusia wajib ikhtiar kepada Allah SWT karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat!

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *