Pilih Sabar untuk Sukses atau Sabar akibat Lalai? Yuk Simak Ulasannya!

By |

Motivasi Diri – Sabar merupakan salah satu kata yang sering kita dengar dan kita ucapkan. Kita sering menasehati atau memotivasi orang orang yang dekat dengan kita ketika mereka terkena musibah, cobaan atau ketika dalam keadaan tertekan akibat kesalahan yang diperbuat.

Motivasi Diri

Namun sebenarnya sabar itu juga diperlukan sebelum suatu kejadian terjadi pada diri kita. Misalkan sebelum sakit kita diperlukan sabar untuk menjaga kesehatan.

Bagi seseorang yang ingin mengikuti ujian diperlukan kesabaran untuk belajar bersungguh-sungguh. Artinya dalam meraih suatu keberhasilan diperlukan kesabaran untuk melakukan usaha dengan sungguh-sungguh dan tekun agar keberhasilan dapat diraih.

Namun masalahnya tidak semua orang bisa bersabar sebelum sebuah musibah terjadi pada mereka, atau sebelum terjadi tekanan yang disebabkan oleh kejadian di luar kontrol mereka.

Orang yang sering gagal biasanya menghubungkan kegiatan mereka dengan kesenangan atau mood. Jika mereka sedang mood maka pekerjaan itu dilakukan, sebaliknya jika sedang tidak mood maka pekerjaan itu ditunda dan dikerjakan di lain waktu.

Banyak orang mengatakan bahwa dalam meraih sesuatu diperlukan kerja keras dan disiplin yang tinggi. Namun akar dari semua itu (menurut penulis) adalah adanya motivasi kesabaran dalam diri kita. Tanpa kesabaran disiplin dan kerja keras akan sulit diimplementasikan.

Pertanyaannya, bagaimana caranya menumbuhkan motivasi kesabaran dalam diri kita ?

Baca juga: Kata kata bijak motivasi

Motivasi Diri untuk Berusaha Meraih Sukses dengan Sabar

 

Penulis yakin pembaca telah tau apa arti kata sabar. Namun sabar dalam melakukan sesuatu ini memang sering sulit untuk dipraktekkan apalagi jika tidak berhubungan dengan passion seseorang dalam mengerjakannya.

Agar timbul motivasi diri dalam mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan, tumbuhkan pertanyaan berikut ini :

Apakah jika saya tidak melakukan hal itu maka kesabaran yang diperlukan karena kelalaian saya akan lebih besar daripada kesabaran untuk mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh?

Jika jawabannya ya, maka Anda tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk segera melakukan tindakan bukan?

Saya mengambil contoh dalam hal sholat bagi umat muslim. Anda pilih sabar dalam melaksanakan sholat atau pilih sabar dalam menjalankan hukuman Allah kelak? Pasti jawabannya lebih baik sabar untuk menjalankan ibadah kepada Allah selama di dunia.

Jika Anda telah memilih untuk melaksanakan aktivitas untuk meraih suatu pencapaian atau kesuksesan adakalanya di tengah jalan Anda akan merasa jenuh. Nah, ini juga butuh kesabaran untuk tetap konsisten pada apa yang ingin Anda raih.

 

Tips dan Motivasi Diri Agar Konsisten Meraih Kesuksesan

 

  • Tumbuhkan keyakinan dalam diri Anda bahwa apa yang Anda lakukan ini memberi manfaat bagi Anda dan kebaikan orang lain nantinya dan sejalan keyakinan spiritual Anda (sejalan dengan perintah Allah SWT).

 

  • Hubungkan target atau tujuan Anda dengan hal-hal yang dapat membuat Anda bersemangat atau menimbulkan passion.  Misalkan Anda memiliki target untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan dengan harapan Anda akan mendapat bonus akhir tahun dari kantor, atau minimal Anda mendapat tambahan pengalaman.  Jika bukan karena materi mungkin Anda juga bisa berharap dapat balasan kebaikan dari Allah SWT.

 

  • Jangan menuntut kesempurnaan karena sebenarnya tidak ada pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan sempurna, namun semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan cara yang lebih baik.

 

  • Bagi pekerjaan Anda menjadi potongan-potongan pekerjaan yang lebih kecil yang harus diselesaikan berdasarkan prioritas. Ketika Anda dapat menyelesaikan satu pekerjaan Anda akan mendapat suntikan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya. Begitu seterusnya.

 

  • Jangan terus mempertanyakan mengenai manfaat apa yang Anda lakukan untuk diri Anda. Tetapi yakinlah bahwa apa yang Anda lakukan akan memberi manfaat pada orang-orang di sekitar Anda selama Anda melakukannya dengan benar. Jika orang lain mendapatkan manfaat apa yang Anda lakukan, hal ini juga dengan sendirinya akan membawa manfaat kepada Anda.

 

  • Hidup seimbang antara tuntutan untuk menyelesaikan pekerjaan dan tuntutan untuk aktualisasi diri (refreshing) termasuk untuk kehidupan sosial dan spiritual.

 

Demikianlah hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam menumbuhkan motivasi kesabaran diri Anda untuk menggapai sukses dalam berbagai hal.

Jadi, tunggu apalagi? Segera lakukan hal-hal penting bagi diri Anda sekarang juga!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *