Tips Menggandakan Keuntungan Bisnis Melalui Seasonal Marketing

Share
Seasonal marketing merupakan strategi yang digunakan untuk memanfaatkan momen momen khusus saat konsumen melakukan pembelian produk atau jasa lebih tinggi dari biasanya.
Seasonal Marketing
Perputaran uang yang tinggi yang bisa mencapai nilai miliaran bahkan triliunan bisa terjadi pada momen khusus ini.
Oleh karena itu para pebisnis harus siap untuk berebut pasar dengan mempersiapkan strategi handal di lini produk dan penjualannya untuk mendapatkan keuntungan atau kalau tidak Anda dapat mengalami tumpulnya penjualan.
Salah satu seasonal marketing adalah saat mendekat Lebaran. Momen ini merupakan salah satu masa yang sibuk buat para pebisnis termasuk marketer.
Pada masa ini biasanya penjualan dilakukan secara lebih intensif (habis-habisan).
Jumlah uang yang berputar pada masa ini bisa mencapai triliunan, di mana konsumen seakan tidak perduli dengan uang yang dikeluarkan.
Biasanya suatu produk memiliki masa masa di mana terjadi titik penjualan tertinggi dan titik penjualan terendah.
Nah, salah satu titik tertinggi ini bisa terjadi pada masa masa lebaran.
Meskipun begitu, tidak semua produk memiliki masa penjualan yang sama. Misalnya untuk produk buku tulis biasanya memiliki masa titik tertinggi penjualan saat musim persiapan masuk sekolah.
Berikut ini merupakan hal yang perlu diperhatikan seorang pebisnis untuk menggandakan keuntungannya dalam seasonal event.

Tips Menggandakan Penjualan pada Seasonal Event

Ketahui berbagai Seasonal Marketing

Ketahui berbagai seasonal apa saja yang bisa anda manfaatkan untuk menggandakan penjualan.

Mengenai seasonal, tentu saja tidak hanya berbicara musim lebaran saja.  Ada musim puasa, liburan sekolah, tahun baru, Piala Dunia bahkan ada musim wabah penyakit.
Anda tentu ingat saat wabah SARS muncul permintaan masker dan antiseptik meningkat tajam.
Marketer perlu tahu kapan saat yang baik menjalankan seasonal marketing dan menjalankan strategi penjualan dengan tepat.
Terkadang, ada marketer yang lebih memilih menunda penjualan atau peluncuran produknya sampai musim berikutnya dikarenakan mengalami keterlambatan produksi.
Hal ini pernah dialami saat peluncuran film Lion King misalnya yang tidak sempat mengejar peak season pada 25 Desember dan tahun baru.

Produk yang dijual

Produk perlu direncanakan dengan matang.
Marketer perlu mempertimbangkan perhitungan antara kapasitas produksi dan permintaan. Jangan sampai Anda kehabisan produk atau kelebihan barang dalam jumlah yang besar.
Namun ada baiknya juga Anda  melebihkan sedikit produk Anda daripada kehabisan sama sekali saat peak season.
Strategi penjualan pada peak season lainnya, Anda dapat dilakukan dengan menambahkan nilai atau value pada produk yang Anda jual. Misalnya dengan menyesuaikan kemasan produk dengan musim saat itu (short term).
Selain itu juga bisa dengan menambah dalam bentuk lain dengan menciptakan paket-paket khusus.

Harga Jual

Ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan harga jual produk.
Beberapa diantaranya yaitu:
  • Jika permintaan lebih tinggi daripada ketersediaan barang di pasar Anda dapat menaikkan harga jual. Sebaliknya jika lebih rendah harga jual dapat dibuat lebih murah.
  • Jika target penjualan Anda telah terpenuhi di awal musim, Anda juga dapat menaikkan harga jual produk Anda. Contoh penjualan tiket yang dilakukan oleh perusahaan penerbangan. Mereka melakukan banting harga jauh sebelum high season, setelahnya mereka menaikkan harga karena supply yang lebih kecil dari permintaan.

Distribusi

Distribusi merupakan hal yang perlu diperhatikan. Selain masalah availability distribusi juga kemungkinan kenaikan harga pengiriman.
Biasanya penyedia jasa distribusi tertentu akan menetapkan batas waktu pengiriman sebelum masuk peak season.

Kampanye

Pada seasonal marketing, kampanye tematik merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan produk yang Anda jual.
Tema yang diusung juga perlu dibedakan dengan pesaing.
Kombinasi antara promosi above the line (promosi melalui media iklan) dan below the line (mengadakan bazar, mudik bareng, dll) merupakan yang bisa dilakukan untuk saling menguatkan.
Demikianlah tips menggandakan penjualan Anda dengan memanfaatkan seasonal marketing. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *