Mau Merawat Kucing Persia? Yuk, Kenali Lebih Dekat Dulu!

  • Whatsapp

Banyak orang yang menginginkan memelihara atau merawat kucing Persia ini. Memang jenis kucing yang satu ini merupakan jenis kucing yang banyak diminati oleh sebagian orang.

Bahkan dari usia anak-anak sampai orang tua pun banyak yang menyukai jenis kucing ini.

Namun tidak ada salahnya, anda mengenal lebih dekat terlebih dahulu jika memang menginginkan untuk merawat kucing ini. Memang tidak mudah untuk merawat semua jenis kucing.

Untuk itu, simak ulasan mengenai kucing yang menjadi primadona di kalangan masyarakat ini yuks!

Seperti Ini Gambaran Tubuh Kucing Persia

Kucing Persia merupakan salah satu ras kucing domestic yang memiliki bulu yang panjang dan karakter wajah yang bulat serta moncong pendek. Sedangkan tubuh dari jenis kucing ini pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang besar, gemuk serta tambun.

Yang paling khas dari kucing ini adalah memiliki hidung pesek serta wajahnya yang bulat. Diimbangi juga dengan bulu yang panjang.

Jika anda memperhatikan kucing ini dari arah samping maka dagu, hidung, dan dahi akan terlihat datar. Sifat dari kucing ini adalah manja. Untuk itu tidak heran jika kucing ini sangat dekat dengan pemiliknya.

Mereka akan betah bermanjaan dengan pemiliknya. Bahkan jenis kucing ini memang sering terlihat akrab atau sering menghampiri pemiliknya jika pemiliknya datang.

Namun banyak orang yang bilang, tidak semudah apa yang dibayangkan untuk memelihara kucing jenis ini.

Memang kucing jenis ini membutuhkan perawatan yang khusus. Untuk itu, mari kita ketahui cara merawat kucing Persia agar tetap terlihat sehat dan menarik!

Cara Merawat Kucing Persia

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang banyak disenangi untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Sifat dari kucing yang penurut juga menjadi salah satu nilai lebih atau menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi mereka yang memang menyukai kucing.

Memang merawat kucing itu susah-susah gampang. Karena anda tidak hanya cukup memberikan ia makan dan minum saja.

Namun anda pun juga harus memperhatikan apakah makanan dan minuman yang anda berikan sudah memenuhi nilai gizi atau belum?

Bahkan anda pun juga harus memberikan tempat yang bersih, aman serta nyaman untuk kucing.

Kucing Persia ini pun juga membutuhkan perawatan agar ia tetap tumbuh dengan sehat dan menarik. Berikut tips merawat kucing jenis Persia ini.

1. Menjaga Kebersihan Bulu

Bulu jenis kucing ini sangat menarik serta panjang. Nah, untuk menjaga keindahannya maka anda harus memperhatikan kebersihan bulunya. Untuk itu hindari gunakan bahan kandang yang memang dapat mengotori bulu atau bahkan menempel pada bulu jenis kucing ini.

Anda dapat memilih pelet kayu untuk anda jadikan alas. Karena pelet kayu merupakan salah satu bahan yang tidak menggumpal serta menempel pada kucing. Anda juga harus menyikat bulunya sejak kucing ini masih berusia dini.

Hal ini wajib anda lakukan agar kucing terbiasa diperlakukan dengan aktivitas ini. Karena jika anda tidak membiasakan menyikat bulu sejak usia dini, maka anda pun akan kesulitan ketika nantinya anda akan menyikat bulu kucing pada usia yang lebih dewasa. Mereka akan menolak untuk disikat bulunya.

Agar kucing merasa nyaman ketika anda menyikat bulunya, gunakan sikat yang berbahan logam serta memiliki ujung yang runcing. Serta pilihlah sikat yang memiliki gigi tidak terlalu rapat.

Karena jenis sikat ini akan membantu anda merapikan bulu yang sudah kusut dan lembut. Dengan anda memilih sikat yang tidak terlalu rapat pun tidak akan membuat kucing merasa kesakitan saat anda menyikat bulunya.

2. Pilih Mangkuk Makan Yang Sesuai

Dengan karakteristik yang dimiliki oleh kucing ini, maka anda pun juga harus memilih mangkuk makan yang sesuai.

Untuk itu pilihlah mangkuk makan yang lebih rendah agar memudahkan kucing ini menyantap makanannya. Hal ini dikarenakan kucing memiliki hidung yang pesek serta wajah yang datar.

Anda juga dapat memilih mangkuk yang tidak memiliki pinggiran sama sekali. Dan yang harus anda perhatikan adalah, jangan pernah menggunakan mangkuk yang berbahan plastik karena akan menjadi tempat tumbuh bakteri.

3. Menjaga Kebersihan Hidung Dan Mata

Dengan karakteristik hidung yang pesek maka tidak heran jika hidung jenis kucing ini sering tersumbat karena ada kotoran yang masuk.

Dengan hidungnya yang tersumbat, maka akan menyebabkan kucing sulit untuk bernafas. Dengan demikian maka lama kelamaan akan menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan. Untuk itu, anda harus selalu menjaga kebersihan hidung dari kucing ini dari waktu ke waktu.

Salah satu caranya yaitu anda pun dapat membersihkan hidung kucing ini dengan teratur. Anda dapat menggunakan cotton bud yang dibasahi dengan air hangat.

Lakukanlah secara berlahan dan hati-hati agar kucing tidak mengalami kesakitan. Selain hidung, mata kucing juga harus dijaga kebersihannya dengan cara menyeka air matanya menggunakan kain atau tisu.

4. Menjaga Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh kucing dapat anda jaga dengan cara memandikannya. Mandikan dengan air yang hangat serta menggunakan sampo yang memang sudah diproduksi khusus.

Anda juga wajib untuk memotong kuku kucing. Namun jika anda tidak mau repot, anda bisa membawanya ke pet shop untuk mendapatkan perawatan yang lebih maksimal.

Lakukan hal ini secara teratut terutama jika anda habis mengajak kucing anda keluar rumah.

5. Vaksinasi Secara Teratur

Lakukan vaksinasi atau imunisasi secara teratur untuk menjaga kesehatan kucing jenis ini terutama terhindar dari flu kucing. Mengingat jenis kucing ini memiliki hidung yang pesek dan tidak memiliki lapisan filter ekstra yang dapat menyaring bakteri.

Jenis Kucing Persia

Ada 4 jenis kucing Persia yang umu ditemukan, di antaranya:

Kucing Persia Medium

kucing-persia-medium

Kucing Persia pada umumnya memiliki hidung yang pesek. Tetapi jenis kucing Persia medium memiliki hidung yang mancung serta bulu yang panjang ada pula yang pendek.

Kucing Persia Himalaya

kucing-persia-himalayan

Kucing ini merupakan perpaduan antara kucing ras Persia dengan ras siam. Bagian yang paling menonjol dari jenis ini adalah warna bulunya. Pada bagian wajah, ekor serta keempat ujung kakinya memiliki warna hitam sedangkan pada bagian tubuhnya berwarna putih.

Kucing Persia Flatnose

kucing-persia-flat-nose

Kucing ini memiliki hidung yang pesek, badan yang sedikit bulat sehingga membuatnya terlihat gemuk.

Kucing Persia Peaknose

persian-cats-peaknose

Kucing Persia jenis inilah yang sering diikutkan kontes karena sifat lucunya. Untuk itu tidak heran jika kucing jenis ini merupakan salah satu yang memiliki penggemar yang paling banyak.

Itulah ulasan mengenai kucing Persia yang dapat dipaparkan. Semoga dengan ulasan di atas anda tidak ragu lagi untuk merawat kucing Persia, karena anda pun sudah sedikit banyak mengenali kucing jenis ini. Selamat mengadopsi dan merawat kucing Persia ya! Jaga selalu kesehatannya!

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *