Tertawa dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

By |

Minggu ini saya iseng-iseng membuka-buka majalah lama yang isinya banyak mengulas tentang masalah kesehatan. Saya kehabisan ide dalam menulis artikel sehingga terpikir oleh saya untuk membuka-buka majalah serta buku untuk referensi saya dalam membuat artikel.

 

 

Salah satu majalah yang sering saya jadikan bahan referensi adalah majalah Nirmala. Meski majalah ini merupakan terbitan tahun 2012 (sudah lama juga sih), namun info-infonya menurut saya masih cukup valid dan ini tetap bisa digunakan sampai kapan pun. Sayang kalau informasi yang berguna ini dilewatkan begitu saja.

Hal yang menarik perhatian saya adalah tentang artikel mengenai yoga tawa. “Oh ya ?” (pikir saya). Sejak kapan ketawa ada yoga nya? Kenapa juga harus susah-susah bikin perkumpulan atau klub tertawa? Emangnya ga cukup hanya dengan nonton film atau baca cerita lucu? Akhirnya saya pun melanjutkan membaca artikel tersebut sampai selesai karena penasaran. Sambil senyum-senyum sendiri (karena membayangkan bagaimana aktivitas di klub yoga tawa) akhirnya saya pun menyelesaikan membaca artikel tentang yoga tawa tersebut.

Berikut ini hal yang mungkin pembaca ingin tahu mengenai manfaat tertawa :

Tawa bermanfaat meredakan Stres

Tertawa merupakan bentuk meditasi dinamis yang paling mudah yang dapat membuat rileks. Dikatan meditasi paling mudah, karena dengan tertawa kita tidak perlu memusatkan pikiran.

Dengan tertawa otot otot yang tadinya tegang akan menjadi rileks. Tertawa dapat membantu membantu melebarkan pembuluh darah yang sempit sehingga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

Menurut Dr Lee S. seorang spesialis dan peneliti psikoneuroimmunologi dari Loma Linda University, California, USA, tertawa riang dapat membantu meningkatkan jumlah sel pembunuh alami yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan kadar antibodi pada mucus atau lendir dalam hidung dan saluran pernafasan sehingga tubuh terlindungi dari serangan virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Menurut Dr. Madan lebih dari 70% jenis penyakit ada hubungannya dengan stres sehingga dapat memicu hipertensi, penyakit jantung, depresi, insomnia, migrain, pikun, dan lain lain. Sehingga wajar jika tertawa dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit (termasuk mengatasi stres) karena dengan tertawa otak bisa lebih tenang, damai dan bahagia.

Macam Macam Bentuk dan Manfaat Tertawa

Setiap orang sejak dari bayi sudah pernah tertawa. Tidak perlu diajari, tertawa merupakan reaksi spontan ketika kita melihat atau merasakan sesuatu yang menggelitik atau dianggap lucu. Menurut Kadek Suambara, seorang instruktur Yoga Tawa ada lima macam bentuk tawa yang menyehatkan bahkan dapat menyembuhkan.

Kelima macam bentuk tawa ini akan berefek menggetarkan atau merangsang relaksasi dan membantu mengaktifkan saraf-saraf dan sel-sel pada bagian tubuh seseorang mulai dari perut ke bawah, dada, tenggorokan, kepala serta seluruh tubuh sehingga diyakini dapat membantu menyembuhkan penyakit di bagian organ tersebut.

 

  1. Tertawa Lepas dengan diiringi suara hehehe dengan sumber bunyi dari dada. Tertawa ini bermanfaat untuk melatih organ di bagian dada bermanfaat untuk memulihkan penyakit asma, jantung, hati dan paru-paru.

 

  1. Tertawa lepas diiringi suara hahaha dengan sumber suara dipusatkan di perut. Tertawa yang akan mengaktifkan organ perut sehingga bermanfaat untuk meringankan sakit maag, masalah pankreas, menstruasi, teproduksi, asam urat, menopause.

 

  1. Tertawa diiringi suara hohoho. Membantu menggetarkan tenggorokan sehingga bermanfaat untuk terapi penyakit batuk, keluhan emosi cepat marah, penakut, gugup, kurang percaya diri serta penyakit emosi negatif lainnya.

 

  1. Tertawa dengan mulut tertutup rapat dengan bunyi suara mmmmm mmmmm mmmmm…Bisa membantu relaksasi mengendurkan syaraf syaraf bagian kepala yang membantu keluhan susah tidur, sulit konsentrasi, dan keluhan sekitar kepala lainnya.

 

  1. Sedangkan jika terdapat keluhan di empat bagian tubuh dianjurkan untuk tertawa sekeras-kerasnya namun tanpa menimbulkan suara. Nah loh? Tertawa dengan cara ini dianggap dapat mengguncang dan merangsang sebagian besar sel sel dalam tubuh.

Demikianlah artikel mengenai manfaat tertawa. Jadi berusahalah tertawa meskipun belum tentu Anda tertawa karena ada sesuatu yang lucu atau menggelitik.

Semoga tertawa. Hohoho…

Sumber : Nirmala 2012

Bantu diri Anda tertawa dengan Kata kata Lucu.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *