Yuk Konsumsi Olahan Beras Merah! Cocok untuk Mendukung Program Diet Anda

By |

Pernah makan nasi yang dibuat dari beras merah? Saya yakin sebagian besar pembaca tentu pernah mencobanya.  Meski beras merah merupakan salah satu makanan untuk diet yang kaya serat dan banyak dijual di pasaran, namun banyak yang enggan mengkonsumsinya karena rasanya yang tidak sepulen dan selembut beras putih.

Nasi-Merah Merah Untuk Kesehatan

Di salah satu restoran Indonesia (jawa barat), beras merah masih sering dijumpai dalam bentuk nasi timbel yang disajikan dengan lauk lainnya seperti ikan pepes, sayuran mentah dan ikan asin goreng.

Banyak orang yang kurang menyukai nasi merah lantaran baunya yang agak apek dan agak keras jika dimakan.

Namun bagi yang ingin diet terutama untuk menurunkan berat badan, jangan cepat menyerah jika Anda pernah mengalami makan nasi merah yang agak keras. Ada cara pengolahan yang bisa dipraktekkan untuk memasak beras merah agar lebih nikmat dimakan.

Beberapa hidangan dari beras merah yang bisa Anda nikmati diantaranya: Nasi panas (kebuli) dengan bumbu yang pekat, puding panggang, kue kering atau kue bercitarasa tradisional.

Manfaat Nutrisi Beras Merah untuk Kesehatan

Mungkin ada sebagian orang yang berpendapat semakin bersih atau putih warna beras, semakin baik mutunya.  Pendapat ini keliru karena beras putih ini sudah mengalami pemrosesan untuk membuang kulit arinya sehingga kandungan gizi nya pun berkurang.

Sebaliknya pada beras merah terdapat lapisan kulit ari yang masih utuh. Pada lapisan kulit ari beras merah ini banyak terkandung 8 jenis asam amino esensial, sumber vitamin B (thiamin, niacin, riboflavin, vitamin B6 dan folate) serta berbagai macam mineral. Vitamin B sangat penting untuk menjaga kesehatan darah dan sistem saraf.

Selain itu beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan, mencegah gangguan kolesterol, kanker usus dan seratnya bagus dikonsumsi penderita diabetes.

Beras Merah sebagai Pengganti Terigu

Tidak semua orang memiliki kemampuan mencerna gluten dengan baik. Gluten merupakan protein kompleks yang banyak terdapat pada gandum (tepung terigu).

Nah bagi yang alergi terhadap gluten (gluten intolerance), tepung beras merah bisa dijadikan sebagai alternatif pemgganti tepung terigu yang sering dipakai sebagai bahan untuk membuat kue.

Tips Mengolah Beras Merah

Berikut merupakan cara pengolahan beras merah agar memberikan rasa yang lebih nikmat yang tidak kalah dengan jenis beras lainnya :

  • Nasi beras merah biasanya agak keras (pera). Untuk menyiasatinya, sebelum dimasak sebaiknya rendam beras merah dalam air selama 30-60 menit. Saat memasak, tambahkan air lebih banyak daripada saat memasak beras putih. Anda juga bisa menambah sedikit beras putih agar nasi lebih pulen
  • Jika Anda terganggu dengan bau apak pada saat makan nasi beras merah, tambahkan selembar daun pandan atau daun salam saat Anda menanak beras merah.
  • Sebagai bahan pembuat kue kering, Anda bisa memakai tepung beras merah buatan sendiri. Cara membuat tepung beras merah yaitu dengan merendam beras merah dalam air selama 30-60 menit. Setelah itu tiriskan sampai kering benar. Proses dengan blender sampai halus, ayak. Simpan dalam tempat kaca yang tertutup rapat.
  • Semut seringkali mendatangi beras merah. Untuk menghindari semut, masukkan 1 atau 2 helai daun salam ke dalam wadah penyimpanan beras.

Resep Makanan atau Cemilan Sehat dari Beras Merah

Nasi Merah Kebuli

Bahan:

50 gr margarin

8 butir bawang merah, iris tipis

4cm kayu manis

2 butir kapulaga

4 butir cengkih

1 sdt ketumbar bubuk

1 sdm garam masala *)

1 sdt jintan bubuk

500 ml kaldu

350 gr beras merah, rendam air 1 jam, tiriskan, kukus setengah matang, 100 gr beras putih, cuci bersih, tiriskan.

Cara membuat

  • Panaskan margarin, tumis bawang merah hingga harum.
  • Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, kayu manis, kapulaga, cengkih, bubuk ketumbar, garam masala, dan jintan bubuk. Lalu aduk merata.
  • Tuangkan kaldu, panaskan hingga mendidih. Masukkan beras merah kukus dan beras putih. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk sampai kaldu habis terserap.
  • Kukus kembali selama 30 menit sampai nasi matang. Sajikan dengan daging taburan (Daging taburan bisa diganti dengan tahu, tempe atau jamur atau disesuaikan selera).

Untuk 5 porsi

*) Garam masala adalah bumbu kari India, bisa dibeli di toko atau pasar swalayan yang menjual bahan makanan dari India. Jika tidak ada, ganti dengan bumbu kari bubuk siap pakai. Atau Anda bisa membuat sendiri dari campuran merica hitam, kapulaga, jintan, cengkih, dan kayu manis yang disangrai dan ditumbuk halus.

Putu Ayu Beras Merah

150 gram beras merah

100 gram beras ketan putih

1/2 butir kelapa agak muda (untuk urap), parut, kukus sebentar 150 gram gula merah, sisir halus

1/8 sdt garam

Cara Membuat

  • Cuci beras merah dan beras ketan sampai bersih. Tiriskan hingga kering.
  • Sangrai beras sambil diaduk-aduk selama 15 menit dengan api kecil sampai garing. Angkat.
  • Tumbuk hingga berbentuk pasir halus
  • Campur beras merah dengan kelapa parut, gula merah dan garam. Aduk hingga rata.
  • Masukkan 1-2 sdm adonan ke dalam mangkuk kecil (berdiameter 5 cm) sambil tekan-tekan sampai padat.
  • Keluarkan kue dari cetakan.
  • Disajikan untuk 15 potong.

Demikian mengenai manfaat dan kandungan gizi beras merah untuk program diet Anda.

Tambahan resep-resep di atas hanya sebagian kecil saja dari banyak resep untuk mengolah dan membuat kombinasi makanan dari beras merah agar menjadi olahan yang nikmat dan bermanfaat untuk program diet Anda. Anda bisa mengeksplorasi sesuai kreasi Anda sendiri.

Semoga tulisan di atas bermanfaat ya!

Sumber : Nirmala

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *