15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kulit

Minyak zaitun merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan juga merupakan sumber asam lemak esensial yang baik. Minyak ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sangat baik untuk kesehatan otak Anda.

Minyak-Zaitun-Olive-Oil

Minyak zaitun juga diperkaya dengan vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat yang dikenal membantu melindungi terhadap kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel dan DNA tubuh Anda, dan terkait dengan penyakit kronis.

Tapi jangan khawatir, Anda tidak perlu menjadi orang Yunani untuk mengetahui manfaat minyak zaitun.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang 15 manfaat minyak zaitun, bagaimana menggunakannya dan mengapa minyak zaitun merupakan tambahan yang bagus untuk diet Anda.

15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kulit

1. Mencegah Melanoma

Hasil studi sebuah universitas di Timur Tengah, minyak zaitun merupakan salah satu alternatif alami terbaik untuk mencegah kanker kulit melanoma maligna, yang merupakan jenis kanker kulit paling berbahaya.

Minyak zaitun dapat mengurangi kerusakan DNA dan peradangan, yang dapat menurunkan risiko melanoma.

2. Memudarkan bekas jerawat

Manfaat minyak zaitun adalah membantu regenerasi kulit dan menghilangkan hiperpigmentasi dengan antioksidannya.

Cukup pijat campuran olive oil dengan beberapa tetes jus lemon pada bekas jerawat, itu juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Baca juga 7 herbal untuk membantu mencegah kolesterol.

3. Melembabkan wajah di malam hari

Ketika dioleskan sebelum tidur, minyak zaitun dapat membantu kelembapan yang dibutuhkan kulit Anda. Di pagi hari, minyak zaitun yang dioleskan ke wajah sepenuhnya diserap (di malam hari) dan memberi Anda perasaan menyegarkan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Para pasien yang mengonsumsi setidaknya 7 gram minyak zaitun setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular.

Minyak zaitun murni telah terbukti memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan manfaat kardiovaskular dari kolesterol rendah. Konsumsi minyak zaitun dapat dimasukkan ke dalam rutinitas harian 2 sendok makan per hari untuk manfaat kolesterol.

5. Mencegah Depresi

Pada 2013, jurnal International Scholarly Research Notices menerbitkan sebuah artikel tentang studi tentang bagaimana minyak zaitun murni membantu melindungi sistem saraf.

Lemak jenuh dapat menyebabkan depresi dan kecemasan.

Orang yang mengonsumsi lemak tak jenuh mengurangi risiko terkena gangguan ini lebih banyak daripada mereka yang mengonsumsi lemak jenuh.

Lemak jenuh, terkadang ditemukan dalam makanan cepat saji dan makanan yang dipanggang, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Buang air besar lancar

Minyak zaitun dapat membantu mengatasi sembelit dengan menghaluskan bagian dalam usus. Menurut British Journal of Nutrition, minyak zaitun membantu melancarkan buang air besar.

Dengan mengonsumsi satu sendok makan minyak zaitun saat perut kosong di pagi hari, sembelit bisa diredakan. Ini sangat penting bagi penderita penyakit ginjal atau mereka yang menjalani dialisis.

7. Mencegah tubuh dari penyakit Alzheimer

Minyak zaitun extra-virgin dapat melindungi tubuh Anda dari Alzheimer. Ini juga melindungi memori dan kemampuan belajar dan mengurangi pembentukan protein yang menumpuk di otak – ini dari hasil penelitian para ilmuwan di LKSOM di AS.

Baca juga manfaat daun jati Belanda untuk kesehatan.

8. Membantu mencegah kanker

Menurut penelitian dari Hunter College yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, minyak zaitun telah dipelajari potensinya untuk mencegah kanker.

Studi tersebut menemukan bahwa minyak zaitun murni mengandung komponen yang dapat membunuh sel kanker.

Selain itu, minyak zaitun murni mengandung senyawa antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang berkontribusi dalam menurunkan risiko sejumlah kanker.

Manfaat minyak zaitun antara lain mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Anda dapat mengonsumsi satu hingga dua sendok makan minyak zaitun setiap hari.

9. Menurunkan risiko diabetes

Minyak Zaitun Virgin dapat membantu mencegah diabetes, terutama diabetes tipe 2. Senyawa fenolik dalam minyak meningkatkan sensitivitas dan efektivitas insulin dan membantu memetabolisme glukosa.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition & Diabetes menemukan bahwa makan satu sendok makan ekstra minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 13%.

Minyak zaitun juga membantu menormalkan kadar glukosa darah pada mereka yang sudah menderita diabetes.

10. Membantu menjaga kesehatan prostat

Dalam sebuah studi tentang efek minyak zaitun pada kesehatan prostat, 20 pria menjadi bagian dari percobaan.

Dengan konsumsi minyak zaitun selama 30 hari, korelasi signifikan ditemukan antara prostat dan peningkatan kandungan likopen.

Ini dapat melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga prostat.

11. Mengurangi risiko disfungsi ereksi

Minyak zaitun juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi risiko disfungsi ereksi.

Fakta ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh University of Athens dengan 600 partisipan pria.

Konsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi hingga 40% pada pria. Yang mendukung sirkulasi yang lebih baik, termasuk saat berhubungan seks.

Sindrom metabolik, seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas juga dapat dikurangi dengan program ini.

12. Meningkatkan kualitas sperma

Satu studi di Arab Journal of Urology menemukan bahwa Vitamin E yang ada dalam minyak zaitun meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Bahan ini telah terbukti melindungi membran sel sperma dari kerusakan oksidatif.

13. Salah satu minyak paling sehat untuk memasak

Berlawanan dengan kepercayaan populer, minyak zaitun extra-virgin, minyak dengan titik asap sedang hingga tinggi dari 350⁰F hingga 410⁰F, sebenarnya adalah salah satu minyak yang paling stabil.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini tahan terhadap degradasi lebih baik daripada minyak dengan titik asap tinggi, yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk menumis, memanggang, bahkan menggoreng.

Intinya adalah bahwa minyak zaitun sangat bergizi dan lebih sehat daripada minyak goreng lainnya. Jadi silakan, berikan makanan dan resep Anda tetesan dari minyak ini.

14. Minyak Zaitun Tidak Terkait Dengan Berat Badan dan Obesitas

Kenaikan berat badan yang berlebihan telah dikaitkan dengan diet tinggi lemak, tetapi diet Mediterania telah terbukti bermanfaat untuk berat badan.

Makan lebih banyak minyak zaitun tidak terkait dengan penambahan berat badan dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 7.000 mahasiswa Spanyol selama periode 30 bulan.

Diet kaya minyak zaitun ditemukan terkait dengan peningkatan kadar antioksidan dan penurunan berat badan.

15. Minyak Zaitun Memiliki Sifat Antibakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya, termasuk Helicobacter pylori.

Bakteri ini hidup di perut Anda dan menyebabkan bisul dan kanker.

Minyak zaitun extra-virgin efektif dalam memerangi 8 jenis bakteri H. pylori, tiga di antaranya resisten terhadap antibiotik.

Sebuah penelitian pada manusia menunjukkan bahwa 30 gram minyak zaitun extra-virgin yang diminum setiap hari mampu menghilangkan infeksi Helicobacter pylori pada 10-40% orang dalam waktu dua minggu.

Bagaimana Memanfaatkan Minyak Zaitun untuk Konsumsi Dapur?

Kandungan-Minyak-Zaitun
  • Konsumsi minyak Zaitun dengan sedikit pemanasan atau tanpa pemansan. Misalnya untuk saus salad atau bubuhkan minyak Zaitun menjelang masakan diangkat.
  • Mana yang cocok untuk memasak: extra virgin, extra light atau pure? Pada dasarnya ketiganya hanya berbeda pada cita rasanya. Untuk yang menengah, paling aman pilih yang pure. Untuk penyedap makanan (misal sop, stew, masakan daging, ayam, ikan, saus bumbu perendam pilih extra virgin. Untuk memperbaiki tekstur kue panggang pilih extra light.
  • Untuk menggoreng deep frying sebaiknya gunakan minyak goreng biasa ditambah 2 sdm minyak zaitun untuk menambah cita rasa. Selain untuk menghemat karena harganya yang mahal juga untuk menghindari makanan beraroma terlalu pekat.
  • Jangan terlalu lama menyimpan minyak zaitun dalam lemari pendingan untuk menghindari minyak menjadi cepat tengik karena bercampurnya embun dengan minyak.
  • Simpan pada suhu kamar dan jauhkan dari sinar matahari lanngsung agar tahan disimpan 2 tahun.
  • Wallahua’lam.

Sumber:

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.