Manfaatkan Jus Apel Agar tetap Sehat dan Awet Muda !

By |

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia.

Selain rasanya yang enak apel juga memiliki kandungan nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Apel, selain dapat dikonsumsi sebagai makanan yang mengenyangkan juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan, menyembuhkan dan juga dapat digunakan untuk mendetox tubuh.

Apel, dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung bersama kulitnya dan juga sering dikonsumsi dalam bentuk jus. Biasanya apel yang dikonsumsi dalam bentuk jus bisa diberi campuran buah lain untuk menambah nilai nutrisinya atau menambahkan kandungan rasanya.

Seperti kita ketahui Apel memiliki banyak Manfaat sama hal nya ketika kita menkonsumsinya dalam bentuk jus.

Secara umum, nutrisi pada 100 gram buah Apel dapat Anda lihat pada artikel berikut ini : Kandungan Nutrisi per 100 gram buah Apel.

Sedangkan pada secangkir jus apel berikut ini kandungan nutrisinya :

  • 15 mg Kalsium
  • 22 mg Fosfor
  • 15 mg Zat besi
  • 15 mg Sodium
  • 250 mg Potasium
  • 2 mg Vitamin C
  • Vitamin B Compleks (sedikit)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan perusahaan Vita-Mix Cleaveland, Ohio, diketahui bahwa dalam 100 gram jus apel mengandung vitamin A 20 IU dan khrom 0.2 ppm.

Mungkin diantara Anda ada yang bertanya-tanya mana yang lebih baik dikonsumsi, Apel dalam bentuk buah yang utuh atau yang sudah dijus?

Sebenarnya dalam hal cara mengonsumsi dalam bentuk jus apel atau buah apel, ini tergantung dari tujuan yang ingin dicapai.

manfaat jus apel

Berikut merupakan manfaat Apel atau Jus Apel

  • Buah Apel kaya akan serat sehingga jika dikonsumsi terutama bersama kulitnya dapat membantu proses pencernaan
  • Makan buah apel dapat membantu dalam merawat gusi dan gigi
  • Buah apel juga dapat mengobati asam urat dan disentri.
  • Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa apel memiliki bahan kimia seperti flavonoid dan polifenol yang dapat membantu melawan kanker.

Setiap jenis apel memiliki khasiat yang berbeda karena memiliki kandungan gizi utama yang lebih dominan sesuai dengan jenisnya :

  • Apel hijau lebih baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, penglihatan, dan anti kanker.
  • Apel kuning baik untuk hati, mata, kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko terkena kanker.
  • Apel merah baik untuk kesehatan hati, fungsi daya ingat, menjaga kesehatan saluran kemih, dan mengurangi risiko kanker.

Lalu kembali lagi ke pertanyaan lebih baik mana mengkonsumsi apel dalam bentuk jus atau dimakan utuh ?

Berikut Manfaat mengkonsumsi Jus Apel

Lebih Mudah dikonsumsi

Anda tentu bisa membayangkan bukan? Jika Anda ingin mengkonsumsi 3 buah apel, jika Anda memakannya secara utuh berapa lama waktu yang Anda butuhkan dibanding jika Anda mengkonsumsinya dalam bentuk jus?

Jika Anda mengkonsumsi ketiga buah apel tersebut dengan cara dimakan mungkin untuk satu apel anda membutuhkan waktu antara 5 sampai 10 menit. Jadi untuk mengkonsumsi ketiga buah apel kemungkinan baru 15 menit sampai setengah jam baru bisa Anda selesaikan.

Lain halnya jika mengkonsumsi apel dalam bentuk jus. Anda dapat mengkonsumsi ketiganya dalam bentuk jus sekitar 3 sampai 5 menit saja termasuk ampasnya.

Jadi dengan mengkonsumsi apel dalam bentuk jus Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Lebih Mudah dicerna

Keuntungan lainnya yang perlu diperhatikan ketika seseorang mengkonsumsi apel dalam bentuk jus, maka proses pencernaan jus yang dikonsumsi lebih ringan dan lebih cepat dibanding memakan apel secara utuh. Bagi orang orang yang bermasalah dengan pencernaannya tentu ini merupakan hal yang dibutuhkan.

Manfaat Medis 

Seperti manfaat buah apel pada umumnya baik yang dijus maupun yang tidak dijus memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai berikut :

  • Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Kandungan gizi seperti kalori yang dihasilkan dari fruktosa, vitamin dan mineral pada apel dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi. Apel juga baik untuk dijadikan cemilan sehat ketika Anda sedang diet, karena dapat mengurangi nafsu makan yang terlalu besar.

  • Mengurangi Resiko terkena penyakit jantung.

Kandungan flavonoid yang banyak terkandung pada apel bermanfaat membantu melindungi jantung. Selain itu apel juga mengandung 1/3 vitamin C yang dikandung oleh jus jeruk yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

  • Mengurangi Asam Urat

Jus apel yang dicampur dengan cuka apel ( jus apel yang telah diragikan) bermanfaat dalam membantu mengurangi endapan kristal asam urat yang terdapat di sekitar tulang dan sendi.

  • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Pektin yang terdapat pada ampas jus jika dicampur dengan jus apel sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Baca juga: Manfaat kulit manggis untuk kecantikan

Cara Membuat Jus Apel

  • Pilihlah buah apel yang matang dan masih segar. Sebaiknya pilih buah apel organik untuk dijadikan jus, agar Anda bisa menikmati jus apel bersama kulitnya. Jika membeli buah apel yang non organik, pastikan mencuci apel sampai bersih dengan air mengalir. Kupas kulit buah apel non organik yang akan dijadikan jus untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan pestisida (jika ada).

 

  • Buang biji apel yang akan dijus. Biji apel tidak baik bagi kesehatan jika termakan, jadi pastikan apel yang akan dijus telah dibuang bijinya.

 

  • Sebaiknya tidak mencampur apel dengan sayuran berdaun (hijau) karena memiliki enzim yang berbeda. Jika sayur hijau dan apel dicampur dapat mengganggu proses pencernaan serta menghasilkan gas yang membuat perut terasa tidak nyaman.

 

  • Cara memasukkan jus dimulai dari bahan yang lebih encer (air). Pertama tama masukkan air ke dalam blender, kemudian tambahkan bahan padat (buah apel). Anda bisa menambahkan es untuk membantu proses penghancuran dan mencegah terjadinya oksidasi pada buah apel serta pemanasan enzim yang diakibatkan putaran pisau blender.

 

  • Gunakan blender untuk membuat jus apel, agar dapat menyisakan ampas jus yang dapat dikonsumsi bersama jus Apel. Hal yang perlu diperhatikan adalah dengan menggunakan juicer kecepatan tinggi maka jus apel yang dihasilkan akan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dibanding dengan blender. Hal ini menyebabkan konsentrasi pada jus yang dibuat menggunakan juicer menjadi lebih tinggi atau dengan kata lain serat yang dihasilkan menjadi lebih sedikit.

 

  • Kami menyarankan Anda untuk tetap dapat mengkonsumsi serat pada buah apel yang dihasilkan dari jus agar Anda dapat memperoleh manfaat yang maksimal. Dengan mengkonsumsi serat pada buah apel maka ini akan membantu metabolisme karbohidrat dalam tubuh, sehingga gula diserap lebih lamban dibandingkan jika meminum jus tanpa disertai ampasnya (seratnya).

 

  • Jika Anda ingin menambahkan campuran pada jus apel, saya sarankan untuk mengikuti aturan yang diberikan oleh beberapa ahli gizi terkait pencampuran buah, seperti berikut ini : Jus buah yang tidak terlalu manis (apel, pir) hanya bisa dicampur dengan jus buah yang asam (jeruk, lemon, nenas) dan jus buah yang manis (papaya). Jadi tidak masalah jika mencampurkan apel dengan jenis buah lainnya, asal tidak dengan jenis sayuran. Namun beberapa ahli gizi juga sering mencampurkan wortel yang merupakan jenis sayuran akar ke dalam jus Apel.

 

Resep Jus Apel yang bermanfaat bagi Kesehatan

 

Jus Apel, Belimbing dan Wortel

  • Bahan

1 buah Apel Malang

1 buah Belimbing ukuran sedang

1 buah Wortel ukuran sedang

200 ml air matang

  • Cara Membuat

Cuci Besih semua bahan kemudian potong-potong untuk memudahkan ketika diblender. Campurkan semuanya ke dalam blender, kemudian haluskan. Minumlah segera semua jus yang telah dihaluskan.

Cara minum 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari, satu jam sebelum makan.

Jus Apel Melon

  • Bahan

Melon jingga sebanyak 50 gram

1 buah Apel hijau, buang bijinya

200 ml air matang.

  • Cara Membuat

Campur semua bahan lalu haluskan dengan menggunakan blender. Minum jus 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari, 1 jam sebelum makan.

Resep resep lainnya akan diulas pada artikel yang berbeda sesuai dengan manfaat yang diinginkan.

Demikianlah manfaat ulasan mengenai jus Apel serta manfaat Jus Apel bagi kesehatan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Sumber :

  • Ensiklopedia Jus Sayur dan Buah : dr. Iskandar Junaidi
  • Buku Pintar Hidup Sehat : Bambang Sudewo
  • Fakta Buah Sayur : dr. Dwi Budhi Susanto
  • Bertahan Hidup dengan Terapi Jus : Ana Maria (ahli gizi)

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *