Ingin Langsing dan Sehat? Ketahui Manfaat Daun Jati Belanda Berikut ini!

By | June 30, 2019

Banyak cara yang orang lakukan untuk menjadi langsing. Ada yang dengan cara menggunakan multivitamin pelangsing tubuh, ada yang dengan olahraga ekstra keras disertai dengan diet yang cukup ketat, ada yang menurunkan berat badan dengan cara natural dengan mangatur pola makan sehat dan olahraga, selain itu ada juga yang dengan mengkonsumsi makanan alami yang bisa melangsingkan tubuh.

Sebelum Anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan, perlu Anda pahami bahwa kesehatan merupakan alasan utama mengapa Anda perlu menurunkan berat badan.

Banyak orang yang memiliki niat untuk menurunkan berat badan hanya agar terlihat langsing agar dapat tampil menarik. Ini merupakan salah satu hal yang tidak benar. Jika tubuh langsing namun tidak sehat atau tidak bugar Anda bukannya terlihat menarik justru sebaliknya.

Perhatikan faktor kesehatan ketika Anda melakukan diet. Salah satu faktor kesehatan yang penting adalah tubuh Anda mencapai berat yang ideal sesuai petunjuk berat ideal tubuh.

Faktor lainnya yang penting adalah apa yang Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan Anda. Banyak minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan ke kondisi ideal.

 

Dalam Islam ada petunjuk tentang tata cara makan yang dianjurkan :

Tidak ada wadah yang diisi anak Adam yang lebih buruk daripada perut. Cukuplah beberapa suap makanan untuk meluruskan tulang punggung anak Adam. Bila tidak mungkin, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk nafasnya. (HR At-Tirmidzi: IX/249, Az-Zuhdu)
 

Hindari mengkonsumsi suplemen dalam menurunkan berat badan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan sangat membantu menghilangkan lemak tidak sehat dan kelebihan massa otot tubuh Anda.

Salah satu makanan alami yang terbukti ampuh untuk melangsingkan tubuh adalah tanaman Jati Belanda. Daun Jati Belanda ini sebenarnya juga salah satu bahan dasar herbal yang banyak digunakan untuk melangsingkan tubuh.

Manfaat Daun Jati Belanda sebagai Penurun Berat Badan

Namun di sini kita tidak menggunakan daun Jati Belanda yang sudah diproses sebagai herbal (dengan tambahan bahan lainnya), tetapi menggunakan daun jati Belanda yang masih belum diproses (kecuali proses pengeringan) yang akan kita olah sendiri untuk dikonsumsi dalam rangka menurunkan berat badan.

Tanaman Jati Belanda (Guazuma ulmifolia) dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Di masa lalu, masyarakat Jawa biasa menggunakan air rebusan daun Jati Belanda sebagai bahan herbal pelangsing.

Selain daun, biji jati Belanda juga dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung dan sakit perut. Sedangkan buahnya bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk.

Tidak hanya sampai di situ kegunaan daun Jati Belanda, bahkan di daerah endemik malaria, kulit batang Jati Belanda digunakan sebagai obat malaria dan diare.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Jati Belada Sebagai Penurun Berat Badan

Berdasarkan hasil uji laboratorium Daun Jati Belanda ini mengandung fitokimia antara lain berupa sterol, alkaloid, karotenoid, flavonoid, tannin, saponin dan musilago. Beberapa zat kimia tanaman ini dikenal sebagai antioksidan kuat.

Penurun Berat Badan

Tanin bermanfaat untuk mengendapkan protein di permukaan usus sehingga mengurangi penyerapan makanan. Musilago bermanfaat untuk menangkap air dan membentuknya menjadi gel membentuk masa feses. Kombinasi tanin dan musilago bermanfaat sebagai pelangsing badan.

Seduhan daun Jati Belanda juga mengandung asam tanat yang mirip teh hijau yang dapat menghambat penyerapan lemak di usus.

Antihiperlipidemia

Pada penelitian yang dilakukan Yosie Andriani, di Lab Biokimia IPB, ekstrak daun Jati Belanda bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).

Dengan kata lain selain bermanfaat sebagai penurun berat badan Daun Jati Belanda juga memiliki efek sebagai obat alternatif antihiperlipidemia.

Menghambat Aktivitas Enzim Lipase

Penelitian lain yang dilakukan Setyo S.R., dari program pasca sarjana UGM. Ia meneliti ekstrak etanol daun Jati Belanda terhadap aktivitas enzim lipase. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ekstrak etanol Daun Jati Belanda dapat menurunkan atau menghambat aktivitas serum lipase.

Lipase merupakan enzim yang bekerja memecah lemak menjadi asam lemak sebelum diserap tubuh. Jadi daun Jati Belanda ini dapat menghambat penyerapan lemak oleh tubuh.

Aman dari Efek Racun

Selain menguji berbagai manfaatnya pada Maret 2008 telah dilakukan juga pengujian terhadap toksisitas Daun Jati Belanda oleh Universitas Diponegoro, Semarang. Pengujian ini penting untuk mengukur tingkat keamanan penggunaan daun Jati Belanda, sehingga diketahui efek racun dari senyawa Daun Jati Belanda yang terjadi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak alkohol Daun Jati Belanda tidak bersifat toksik (beracun), dan dapat menurunkan berat badan  pada kelompok yang nendapat dosis sama.

Cara Menggunakan Ramuan Daun Jati Belanda

Mengolah Daun Jati Belanda sebelum dikonsumsi cukup mudah. Caranya dengan cara diseduh seperti membuat teh.

Selain sebagai pelangsing untuk meluruhkan kolesterol, disarankan mengambil beberapa lembar daun Jati Belanda kemudian diseduh dengan air panas.

Saring sebelum diminum kemudian tambahkan sedikit madu agar tidak hambar.

Sebagai penurun berat badan, gunakan 7 lembar daun Jati Belanda segar kemudian cuci bersih. Tambahkan sepotong rimpang bangle, temulawak atau kunir putih.  Rebus dengan satu setengah gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah hasil rebusan dingin kemudian saring dan minum.

Selama minum ramuan ini disarankan banyak minum air putih. Jika tidak mau repot Anda dapat membeli daun jati Belanda kering yang banyak beredar di pasaran (Indonesia).

Semoga ulasan mengenai manfaat daun Jati Belanda sebagai penurun berat badan bermanfaat bagi Anda yang sedang menjakankan program diet.

Wassaalam…

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *