Lama Penggunaan Smartphone yang Sehat Menurut Ilmu Kedokteran

  • Whatsapp

Hampir sekitar sepertiga atau sekitar 70 juta masyarakat Indonesia saat ini menggunakan gadget dalam kegiatan sehari-hari. Seperti dilansir kompas.com jumlah ini merupakan 50 persen dari jumlah pengguna Internet di Indonesia (143juta). 

tips-menggunakan-gadget-pada-anak

Tidak hanya remaja dan dewasa, bahkan anak dan usia balita pun banyak yang sudah lancar menggunakan gadget untuk kesenangan mereka.

Gadget memiliki banyak manfaat jika bisa digunakan dengan tepat. Meski memiliki banyak manfaat ada pula kerugian yang bisa ditimbulkan gadget jika digunakan secara berlebihan.

Menurut studi, kecanduan gadget ternyata dapat menyebabkan gangguan permanen pada otak anak yang masih berkembang. 

Kemungkinan ini akan berpengaruh pada kemampuan anak untuk konsentrasi, fokus, membangun kosakata, bahkan untuk memahami tingkah laku serta kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Jika mengikuti ilmu kedokteran, berapa sih lama waktu yang sehat menggunakan gadget untuk orang dewasa dan anak-anak?

Baca juga: Cara membatasi penggunaan gadget pada anak

Contents

Waktu Penggunaan Gadget yang Sehat

Dari hasil penelusuran penulis melalui mesin pencarian, berikut merupakan berbagai penjelasan mengenai lama waktu penggunaan gadget yang sehat:

  • Anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya tidak diberikan akses menggunakan gadget sama sekali.
  • Anak usia 2 sampai 6 tahun sebaiknya menggunakan gadget maksimal 1 jam perhari untuk program yang berkualitas.
  • Untuk anak usia 6 sampai 14 tahun penggunaan gadget sebaiknya dibatasi maksimal 2 jam per hari atau bisa juga hanya pada akhir pekan sesuai kesepakatan.
  • Sedangkan untuk usia dewasa berdasarkan hasil penelusuran di internet, batas waktu maksimumnya adalah 4 jam 17 menit dalam satu hari. Silahkan baca linknya di sini: https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-3398914/berapa-lama-waktu-ideal-gunakan-gadget

Tips lebih rileks menggunakan gadget

Cara yang lebih rileks menggunakan gadget adalah dengan membuat jeda pada waktu-waktu tertentu.

Melihat gadget dalam waktu lama bisa menimbulkan ketegangan pada syaraf.

Biasakan untuk mengambil jeda setiap 20 menit sekali dengan menggunakan aturan 20-20-20. Artinya, menurut Staf Divisi Pediatri Oftalmologi Departemen IK Mata FKUI-RSCMdr, Julie Dewi Barliana, SpM(K), setiap menatap layar ponsel selama 20 menit, alihkan pandangan mata Anda ke objek lain yang jaraknya minimal 20 kaki atau setara dengan 6 meter selama 20 detik.

Contoh yang terbaik adalah dengan melihat benda atau objek yang membuat mata lebih segar, seperti pohon dan daun yang berwarna hijau.

Jika ruangan tempat Anda kecil cobalah untuk berjalan keluar ruangan untuk membuat jarak pandang menjadi lebih jauh.

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *