9 Kutipan Kata Motivasi yang Bikin Kerja dan Usaha tambah Semangat

Share

Setiap orang tentu pernah mengalami pasang surut semangat dalam bekerja yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Suasana kerja menyenangkan, target tercapai, tak ada masalah pribadi, mungkin akan membuat seseorang menjadi semangat dan nyaman.

Namun sering pula ditemui, suasana kerja menjadi berantakan karena di marahi bos, berselisih dengan kolega kerja, produk tidak laku, target tidak terpenuhi, atau bahkan masalah pribadi.

Oleh karena itu, seseorang perlu memiliki motivasi yang kuat agar dapat cepat bangkit saat mengalami down dalam dunia kerja.

Motivasi kuat itu bisa dimulai dengan menanamkan mindset positif melalui kata-kata yang membangun.

Nah, bagi kamu yang juga sedang berupaya memotivasi diri untuk bangkit, sebaiknya baca kata-kata bijak motivasi kerja yang akan dipaparkan berikut ini.

Kumpulan Kata-Kata Bijak yang Membangkitkan Semangat Kerja dan Bisnis

Banyak tokoh dalam dunia kerja dan usaha yang pernah jatuh bangun, namun diantara mereka memiliki pemikiran positif, sehingga bisa tetap survive.

Berikut kata-kata bijak yang pernah dilontarkan oleh tokoh-tokoh terkenal dan berhasil sukses dalam dunia kerja termasuk bisnis, diantaranya:

Membangun perusahaan dengan niat membawa perubahan lebih baik

Kutipan kata kata bijak motivasi kerja

“Saya merasa bahwa perusahaan terbaik dimulai bukan karena pendirinya menginginkan sebuah perusahaan, tapi karena sang pendiri ingin merubah dunia.” – Mark Zuckberg

Bagi kamu yang sedang berencana mendirikan atau bahkan sudah memiliki perusahaan, coba pikirkan kembali tujuanmu.

Kunci utama perusahaan bisa berkembang dengan baik adalah ketika tujuannya menciptakan perubahan lebih baik untuk masyarakat luas.

Mengapa bisa demikian? Karena perusahaan yang membawa kebaikan akan banyak mendapat apresiasi positif dan dukungan dari manusia maupun alam.

Coba kamu lihat bagaimana Mark Zuckberg dengan perusahaan Facebook-nya yang berhasil dan diminati jutaan manusia.

Hal ini dikarenakan sejak awal tujuan Mark adalah baik, dia ingin menciptakan situs jejaring sosial yang membuat semua orang di dunia dapat saling berhubungan dan berinteraksi.

Ketekunan adalah kunci sukses dalam bekerja

Kutipan kata kata bijak motivasi kerja

 

“Aku percaya bahwa hal yang membedakan pengusaha sukses dengan mereka yang tidak adalah ketekunan.” – Steve Jobs

Sejak kecil kamu tentu sudah diajarkan bahwa tekun adalah karakter yang dimiliki setiap orang sukses.

Begitu pula saat kamu bekerja atau menjadi pengusaha, kamu harus tekun menjalankan apapun yang menjadi tugasmu.

Ketekunan akan membuatmu lebih disukai kolega kerja dan atasan. Selain itu, ketekunan dapat mempercepat proses pencapaian target yang telah kamu tetapkan.

Jangan terus menyalahkan diri 

Kutipan kata kata bijak motivasi kerja

“Maafkan diri sendiri atas kegagalan dan kesalahanmu lalu move on.” – Les Brown

Betapa banyak orang yang terus-menerus menyalahkan diri atas kegagalan yang dialami. Mereka terus dirundung oleh perasaan bersalah, tidak pantas, dan gagal.

Akibatnya mereka hanya terpuruk dalam kegagalan itu sendiri, bahkan bisa menjadi stres. Oleh karena itu, apabila kamu gagal atau salah, segeralah memaafkan diri kemudian bangkit.

Bangun kembali kepercayaan pada diri bahwa kamu orang baik, sukses, dan tak akan gagal atau salah lagi dalam bekerja di kemudian hari.

Kamu tak perlu ikut-ikut menyalahkan diri sendiri saat oranglain mungkin menyalahkanmu atas sebuah kegagalan.

Selalu percaya bahwa diri mampu melakukan apapun

“Setiap kali kamu ditanya apakah kamu dapat melakukan pekerjaan, beritahu mereka, ‘aku bisa!’. Kemudian sibuklah dalam mencari tahu cara melakukannya.” – Theodore Roosevelt

Ketika ada orang yang memberimu suatu pekerjaan atau mempertanyakan kemampuanmu, maka tanpa perlu berpikir panjang katakan bahwa kamu bisa, meski sebenarnya kamu ragu atas kemampuanmu itu.

Kemudian selanjutnya, cari cara untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah dipercayakan kepadamu.

Ingat, kesempatan tak datang dua kali dan tak ada yang sulit di dunia ini asal kamu berusaha mengatasinya.

Kegagalan adalah guru terbaik

Kutipan kata kata bijak motivasi kerja

“Kamu tidak boleh membiarkan kegagalan menentukanmu. Kamu harus membiarkan kegagalan mengajarimu.” – Barack Obama

Jangan pernah membiarkan kegagalan membuatmu semakin gagal. Artinya, hindari perasaan pesimis ketika kamu ingin mencoba kembali usaha lain.

Tetapi buat setiap kegagalan yang kamu alami menjadi guru terbaik yang mengajarimu cara mendapatkan kesuksesan.

Dari kegagalan kamu tahu bahwa cara kerja ‘A’ adalah salah, sehingga jangan sampai kamu mengulangi cara itu lagi.

Tak ada batasan usia dalam membangun kesuksesan

“Kamu tidak pernah terlau tua untuk menetapkan tujuan lain.” – C.S Lewis

Tak ada kata terlambat untuk berusaha, termasuk dalam dunia bisnis. Pernahkah kamu mendengar kisah inspiratif

Kolonel Sanders, pendiri ayam goreng KFC yang kini sudah tersebar di seluruh dunia? Ya, dia merupakan pensiunan tentara yang membuka usaha Kentucky saat berusia 60 tahun.

Dia sempat ditertawakan dan resepnya ditolak. Namun berkat kegigihannya, usaha ayam Kentucky ini dapat sukses luar biasa.

Melalui kisah tersebut, kamu dapat belajar bahwa usia bukanlah batasan untuk menetapkan tujuan baru.

Apapun bisa dilakukan meskipun usiamu mungkin tak lagi muda. Kuncinya, usia boleh tua namun semangat tetap muda membara.

Cintai pekerjaanmu

Kutipan kata kata bijak motivasi kerja

“Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah mencintai apa yang kamu lakukan.” – Steve Jobs

Tak dapat dipungkiri bahwa cinta memiliki kekuatan yang luar biasa. Karya hebat rata-rata dihasilkan oleh mereka yang bekerja dengan cinta.

Ketika kamu mencintai suatu pekerjaan, maka secara sukarela kamu akan mengerahkan segala kemampuan untuk menciptakan hasil yang terbaik.

Tak ada kata terpaksa, lelah, apalagi malas bagi mereka yang bekerja dengan cinta. Nah, sudahkah kamu mencintai pekerjaanmu saat ini?

Strategi terbaik adalah berani mengambil resiko

Kutipan kata kata bijak motivasi kerja

“Di dunia yang berubah sangat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko.” – Mark Zuckberg

Strategi merupakan aspek terpenting dalam dunia kerja, karena dari sinilah segala keputusan akan ditetapkan dan dijalankan.

Dan menurut Mark, strategi yang sudah pasti gagal adalah tidak berani mengambil resiko, karena ini artinya kamu tidak melakukan tindakan apapun.

Oleh karena itu, strategi terbaik adalah berani mengambil resiko. Kamu tak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan bisnismu ke depan, maka dari itu lebih baik kamu berani bertindak meski beresiko.

Menggunakan segala kemampuan untuk mencapai kesuksesan

“Ketika saya berdiri di hadapan Tuhan pada akhir hidup nanti, saya berharap tidak menyisakan sedikitpun bakat yang saya miliki, sehingga saya bisa mengatakan (kepada Tuhan), saya menggunakan semua yang Engkau berikan kepada saya.” – Erma Bombeck

Tuhan telah memberi manusia begitu banyak kemampuan. Sebagaimana kata Erna, kamu tak boleh menyia-nyiakan segala kemampuan yang telah dianugerahkan.

Kamu harus bersyukur dengan cara menggunakan semua bakat untuk mencapai kesuksesan di berbagai bidang, termasuk pekerjaanmu.

Hanya alasan jika kamu mengatakan bahwa kamu gagal karena tak memiliki bakat, sebab Tuhan telah melimpahkan kemampuan yang berharga dan tak terhitung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *