Kumpulan Kata Bijak Tentang Mengeluh yang Membuatmu Berhenti Melakukannya

  • Whatsapp

Apakah kamu sedang mengeluh atas keadaan yang dialami saat ini? Ya, hampir semua orang pernah mengeluh dan ternyata ini adalah kebiasaan buruk.

Secara psikologis mengeluh dapat memperburuk perkembangan mental dan memicu gangguan psikis. Ketika psikis terganggu, maka tubuh-pun akan ikut terganggu.

Read More

Parahnya, mengeluh tak dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa menghilangkan kebiasaan mengeluh tidaklah mudah. Kamu perlu memiliki tekad yang kuat.

Salah satu cara  mengurangi kebiasaan mengeluh adalah dengan menanamkan kata-kata bijak yang dapat memberikan sugesti pikiranmu.

Seperti apa kata-kata tersebut? Berikut kata bijak tentang mengeluh dari beberapa tokoh yang bisa kamu baca berulang-ulang.

Kutipan Kata Bijak Tentang Mengeluh

  1. Belajar tidak mengeluh melalui filosofi hujan

Kata kata mutiara mengeluh

“Dari hujan aku belajar bahasa air, bagaimana berkali-kali jatuh tanpa pernah sedikitpun mengeluh pada takdir.” – Firman Nofeki

Pernahkah kamu memperhatikan setiap air yang jatuh saat hujan? Dari sini sebenarnya kamu bisa belajar cara agar tak mengeluh, sebab nyatanya jatuh itu adalah ketetapan dari Tuhan.

Mungkin selama ini kamu telah berkali-kali jatuh atau gagal, namun layaknya hujan, ubah kejatuhanmu sebagai kunci memberikan manfaat untuk orang lain.

Bagaimana caranya? Saat terjatuh, maka bangkitlah, kemudian jadikan kisah jatuhmu untuk menginspirasi orang lain untuk bangkit juga.

  1. Pantaskah mengeluh padahal tak bersyukur?

Kata kata mutiara mengeluh

“Jika kita tak pernah bersyukur atas hari-hari lapang dan menyenangkan, maka apa pantas kita mengeluh pada Tuhan saat hidup sedang sempit dan menyedihkan?” – Tere Liye

Sebelum mengeluh atas kesedihan dan kesempitan, coba kamu ingat kembali sudahkah bersyukur saat keadaan bahagia?

Kesalahan manusia adalah hanya mengingat Tuhan saat mengalami kegagalan. Dirimu merengek atau bahkan marah kepada Tuhan, lupa bahwa jika dihitung sebenarnya lebih banyak kebahagiaan dan kemudahan yang diperoleh.

Ya, seolah hanya membutuhkan Tuhan ketika mengalami kesulitan.

Sebenarnya tak salah jika dirimu mengeluh kepada Tuhan, namun jangan lupa untuk mensyukuri atas setiap nikmat yang sudah diberikan-Nya.

  1. Mengeluh membuat dijauhi orang lain

“Orang tidak akan punya waktu untukmu  jika kamu selalu marah atau mengeluh.” – Stephen Hawking

Setiap manusia tentu memiliki masalah dan tak mau menambah masalah dengan mendengarkan keluhanmu.

Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki banyak teman sebaiknya hindari kebiasaan mengeluh dan marah atas kegagalan yang dialami.

Tak percaya, coba sekarang kamu lihat di sekeliling perbandingan teman orang yang suka mengeluh dengan tidak.

Nyatanya, orang yang jarang mengeluh lebih memiliki energi positif, sehingga disukai banyak orang. Sebaliknya, orang yang sering mengeluh cenderung memiliki sedikit teman.

  1. Mengeluh membuat hidup semakin sulit

Kata kata mutiara mengeluh

“Hidup ini memang tidak mudah. Dan jadi lebih sulit ketika kamu hanya mengeluh dan menyalahkan orang lain.” – Mario Teguh

Semua orang tentu sepakat bahwa menjalani kehidupan ini tak mudah dan perlu kekuatan lebih untuk menghadapi.

Oleh karena itu, jangan buang energimu untuk mengeluh. Lebih baik segera atur hati dan pikiranmu untuk mencari jalan keluar dan move on dari kegalauan.

Percayalah, semua masalah sudah pasti ada penyelesaiannya.

  1. Mengeluh kepada orang lain itu sia-sia

“Jangan pernah mengeluhkan masalahmu, karena sembilan puluh lima persen orang tidak peduli, dan lima persen lainnya gembira karena hal itu terjadi pada dirimu.” – Greg S. Reid

Seberapa sering kamu mengeluh pada orang lain? Pernahkah kamu berpikir bahwa sebenarnya mereka tak benar-benar simpati atas keluhanmu?

Percaya atau tidak, orang yang sepertinya mendengarkan keluhan dirimu hanya berusaha menghargai hubungan pertemanan, bukan benar-benar peduli karena nyatanya mereka juga memiliki masalah.

Parahnya, menurut Greg, ada pula yang di depan terlihat simpati, namun sebenarnya bahagia atas kegagalan yang kamu alami.

Oleh karena itu, sebaiknya tak perlu bercerita soal kesedihanmu. Cukup dunia tahu bahwa kamu sedang bahagia.

  1. Kunci kesuksesan adalah tidak mengeluh

“Orang kaya tidak menjauh dari masalah, tidak menghindari masalah, dan tidak mengeluh tentang masalah.” – T Harv Eker

Jika kamu ingin menjadi orang sukses dalam hidup, maka jangan pernah larut dalam kegagalan dan mengeluh. Sebab kebahagiaan akan datang setelah kamu merasakan lelahnya berjuang.

Jadi kuncinya adalah berani menghadapi masalah dan tak mengeluh saat dilanda masalah. Dari sini kamu akan ditempa dan menjadi manusia lebih baik lagi.

  1. Jangan mengeluh, tapi buktikan!

Kata kata mutiara mengeluh

“Jangan buang waktu dengan mengeluh atau bosan. Kalau kamu memang ingin, buktikan dengan tindakan!” – Dedy Dahlan

Suatu keberhasilan tak akan tercapai jika kamu tak mau bertindak. Sekali kamu mengalami kegagalan, bangkitlah dan jangan pernah berhenti. Anggap bahwa ini adalah ujian untuk naik kelas.

Bukankah saat di sekolah kamu sudah diajarkan untuk menghadapi berbagai macam ujian mata pelajaran untuk naik ke kelas yang lebih tinggi. Jadi, jika datang sebuah ujian, hadapi dengan tenang.

  1. Kunci agar tak mengeluh

Kata kata mutiara mengeluh

“Jika kamu tak menyukai sesuatu, ubahlah hal tersebut. Bila tak bisa mengubahnya, ubahlah sikapmu. Jangan mengeluh.” – Maya Angelou

Tak ada celah bagi dirimu untuk mengeluh. Ketika kamu membenci atau tidak menginginkan sesuatu, maka berusahalah merubah hal tersebut menjadi sesuai dengan harapanmu.

Namun, apabila usahamu itu gagal, maka rubahlah sikap dirimu untuk menjadi suka terhadap kondisi yang sudah ada. Dengan begitu hidupmu akan tenang karena tak terbebani dengan perasaan mengeluh.

Baca juga kutipan tentang mengeluh lainnya: Nasehat tentang mengeluh

  1. Jangan membandingkan dengan orang lain

Kata kata mutiara mengeluh

“Perjuangan akan semakin berat  ketika kita mulai mengeluh dan mulai membandingkannya dengan beban orang lain yang terlihat lebih ringan.” – Harry Slyman

Saat kamu mengalami masalah, maka lihat orang yang bebannya lebih berat agar kamu bisa bersyukur.

Mengapa demikian? Hal yang mungkin sering kamu lakukan selama ini adalah merasa diri paling sengsara di dunia, kemudian membandingkan dengan orang lain yang memiliki masalah lebih ringan.

Akibatnya kamu terjebak untuk selalu mengeluh dan tak pernah bersyukur. Ini tentu membuat perjuangan hidupmu terasa semakin berat.

  1. Mengeluh adalah tanda manusia gagal

“Jika kamu mengeluh bahwa Allah memberi ujian terlalu berat, berarti kamu gagal melewati ujian itu.” – Omar Sulaiman

Perlu kamu ingat kembali bahwa masalah dalam hidup adalah ujian untuk naik ke derajat lebih tinggi lagi.

Semakin tinggi kelas seseorang, maka berat pula ujiannya. Namun ketika kamu mengeluh atas masalah atau kenyataan yang terjadi, ini berarti kamu sudah gagal sebelum memulai ujian.

Bagaimana mungkin orang yang gagal sebelum berjuang bisa mencapai kesuksesan?

Nah, itulah beberapa kata bijak tentang mengeluh yang mungkin bisa membantumu untuk tak mengeluh lagi.

Hal penting yang perlu kamu ingat bahwa Tuhan tak memberikan beban di luar batas kemampuan makhluk-Nya. Seberat apapun masalah atau kegagalan yang kamu hadapi berarti setinggi itulah kelasmu.

Kamu cukup menghadapinya dengan kesabaran, kemudian berdoa dan berusaha mengubah kesedihan itu menjadi kisah membahagiakan.

Alangkah tenangnya hidup ketika dirimu mampu menjadi orang yang tak mengeluh. Sekali lagi, libatkan Tuhan dalam keadaan apapun.

Bersyukur kepada-Nya saat bahagia dan memohon pertolongan-Nya saat susah. Semoga bermanfaat untuk kehidupan lebih baik.

(Ika Pratiwi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *