Kumpulan Kata Kata Bijak Romantis Tentang Cinta

By |

Apakah Anda saat ini sedang jatuh cinta, baik pada isteri Anda atau pada orang lain calon pasangan hidup Anda, atau pada orang yang bahkan belum Anda kenal? Setiap orang pernah memiliki perasaan cinta atau setidaknya pernah jatuh cinta. Cinta merupakan salah satu hal terindah yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Cinta dapat membuat seseorang bisa tertawa, dan karena cinta juga seseorang bisa menangis.

Memiliki pengalaman cinta romantis atau cerita cinta yang berbeda antara satu dengan yang lain adalah hal lumrah yang bisa dialami setiap insan. Ada yang memiliki kisah cinta sukses, dan banyak juga yang mengalami kegagalan dalam cinta.

Apapun itu, saat mengalami perasaan jatuh cinta, segalanya akan terasa indah. Namun hati-hati juga, jangan terlalu berlebihan dalam mencintai karena banyak pula cerita tentang cinta yang berakhir dengan kesedihan.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kalimat atau kumpulan kata bijak cinta bagi kamu sebagai tambahan referensi kamu dalam memaknai cinta untuk orang yang kamu cintai.

 

Kata Kata Bijak Cinta Singkat Penuh Makna

 

Segala tentangmu itu berharga

 

Charlotte Bronte dengan kata kata romantis cintanya, yaitu

“Setiap hal dalam tubuhmu itu sama berharganya dengan apa yang kupunya: dalam siksaaan dan sakit, itu tetap saja berharga.”

Ketika memiliki perasaan cinta terhadap seseorang, kamu akan menganggap bahwa dia sangat berharga dalam hidupmu. Pasanganmu ialah seseorang yang sangat berarti yang kamu punya. Apapun yang berkaitan tentang dirinya menjadi penting bagi dirimu.

Dalam segala situasi, kamu akan selalu menganggap enteng jika kamu berada di dekatnya. Entah dalam keadaan senang, susah, sakit, sehat atau apapun. Bahkan, ketika dalam situasi yang sulit, dengan rasa cinta diantara berdua, segalanya bisa dilalui dengan mudah. Itu semua karena perasaan cinta yang ada dalam hatimu. Seberat apapun cobaan, semuanya rasanya bisa diatasi.

 

Mencintai karena apa adanya

Kata kata cinta romantis dari John Keats, yaitu

“Aku semakin mencintaimu karena aku telah percaya engkau menyukai diriku apa adanya, dan bukan karena hal lain.”

Sebenarnya, cinta tidak membutuhkan alasan. Ketika seseorang ditanya mengapa mencintai, pasti dia tidak bisa menjawabnya karena banyaknya faktor yang membuat seseorang jatuh cinta. Kamu hanya perlu yakin bahwa dia mencintaimu apa adanya, bukan hal-hal lain di luar dirimu. Meskipun begitu jadilah orang yang patut dicintai oleh kekasihmu dengan berbuat yang terbaik untuknya.

Memang benar yang terdapat pada cuplikan kata kata bijak cinta singkat di atas bahwa cinta hadir tanpa alasan, dan cinta sesungguhnya ialah yang mencintaimu apa adanya, bukan karena alasan lainnya.

 

Mencintai itu lebih baik…..

“Lebih baik mencintai dan tersesat ketimbang tidak pernah mencintai sama sekali.” – Ernest Hemingway

Menurut kata kata cinta di atas lebih baik memiliki rasa cinta meskipun kita  tak tahu arahnya ke mana daripada tidak memilikinya ketika kita patut mencintai. Memang cinta dapat menumbuhkan semangat seseorng dalam bertindak.

Agar kita tidak menjadi orang yang tersakiti, cintailah dia dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan balasan. Balasan akan datang jika dia memang ditakdirkan menjadi jodohmu.

Namun jangan berharap lebih karena kita tidak bisa memaksakan seseorang mencinta kita, kita hanya bisa berbuat yang terbaik untuk orang yang kita cintai.

Tentunya, hidupmu akan penuh dengan warna warni yang indah dijalani ketika bisa mencintai dengan perasaan ikhlas. Ingat, bahwa cinta sejati hanya ditujukan pada Allah SWT, jadi jangan pernah kecewa ketika cintamu tidak berbalas.

Cinta yang dirasakan sama dengan cinta yang dibuat

“Dan pada akhirnya, cinta yang engkau punya sama dengan cinta yang engkau buat” – Paul McCartney

Perasaan cinta tidak bisa dilebih-lebihkan dan tidak bisa pula dikurang-kurangi, karena ini berjalan dengan sendirinya. Ketika seseorang memiliki rasa cinta tentu dia akan melakukan sesuatu yang biasanya pengorbanannya akan sesuai dengan kadar cintanya.

Contoh seorang isteri yang mencintai suaminya, tentu akan memberikan yang terbaik bagi suaminya. Jika suaminya senang makan sop misalnya, maka isterinya akan berusaha untuk memasakkan sop dengan resep yang menurutnya paling enak. Begitu juga sebaliknya seorang suami pada isterinya.

Jadi cinta seseorang akan terlihat pada perbuatan yang dilakukan pada pasangan yang dicintainya, dan akan selalu membuat pasangannya bahagia.

 

Cinta menghidupkanku

“Kita lebih hidup ketika kita sedang jatuh cinta.“ – John Updike

Menurut kata kata bijak cinta singkat di atas, seseorang akan merasa hidupnya lebih bersemangat ketika sedang jatuh cinta. Banyak hal hal tak terduga yang dirasakan dan ini biasanya memberikan semangat pada orang yang sedang jatuh cinta.

Sebaliknya, hidup tanpa cinta akan terasa hambar seperti masakan tanpa bumbu atau seperti lalapan tanpa sambal. Segala sesuatunya akan menjadi terlalu logis. Bahkan, hidup akan terasa lebih berat karena kurang ada nya motivasi dari cinta dalam hati. Dengan cinta, hidup yang tadinya hambar dapat berubah menjadi lebih bermakna.

Kamu akan bisa merasakan nikmatnya mencintai ketika kamu bisa berbagi dengan orang yang kamu kasihi. Tidak perduli apakah dia akan membalas cintamu atau tidak. Namun jika cintamu berbalas maka itu akan menjadi bonus mu berkat cintamu yang tulus. Dua insan yang saling mencintai akan merasa bahagia ketika bisa saling berbagi. Saat senang dan sudah, kamu akan berbagi dengannya.

Begitupun sebaliknya, kesedihan akan didiskusikan dengannya sehingga ketika kamu dalam keadaan labil atau sedang di bawah dia bisa memberikan semangat kepadamu agar bangkit.

Cinta hanya memberi

“Cinta yang kuat tidak menghitung. Cinta hanya memberi dengan Cuma-Cuma.” – Teressa

Menurut kata kata cinta di atas, seseorang tidak akan menghitung seberapa besar atau banyak barang dan pengorbanan yang sudah dia berikan untuk sesuatu atau untuk orang yang dicintainya. Apapun yang dia lakukan dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Melihat orang yang disayangi tersenyum sudah membuat dirinya bahagia. Bahkan, apapun akan dilakukan (baik dalam perlakuan dan dalam doanya) untuk membuat pasangannya merasa bahagia.

Cinta membuat berani

“Karena cinta yang hebat, seseorang menjadi berani.” – Lao Tzu

Cinta yang ada dalam dirimu membuatmu tak akan takut menghadapi hidup ini. Cinta dapat membuat mu menjadi berani. Apapun cobaannya, kamu dapat menghadapinya dengan hati yang mantap yang dilandasi oleh rasa cinta.

Keadaan yang sulit bukan lagi menjadi penghalang untuk dihindari. Kamu akan tetap melangkah untuk melalui dan menyelesaikan setiap persoalan yang kamu miliki.

Berjuang dengan penuh keyakinan merupakan hal yang timbul karena ada cinta di hatimu. Perjuangan karena cinta akan membuahkan hasil yang lebih maksimal karena tidak ada batasan atas tindakan yang dilandasi oleh cinta.

Cinta tidak pernah mulus

“Perjalanan cinta sejati tidak pernah berjalan mulus” – William Shakespeare

Benar yang ada pada kutipan kata bijak cinta di atas. Tak ada perjalanan cinta yang tanpa halangan. Selalu ada riak-riak dan pergolakan dalam perjalanan cinta. Di saat itulah, cinta pada dirimu akan diuji. Apakah kamu mampu bertahan ataukah merubah arah cintamu atau putus di tengah jalan.

Cinta sejati akan selalu berjuang untuk bisa menyingkirkan segala pertentangan dan pergolakan. Dengan semangat komitmen yang tinggi, percayalah bahwa tak ada masalah yang tak bisa diatasi (insya Allah).

Cinta itu seni

“Tidak ada hal yang lebih berseni selain mencintai seseorang.” – Vincent Van Gogh

Vincen menyebut bahwa cinta itu seni. Pekerja seni selalu menciptakan sesuatu dengan penuh warna warni atau keindahan. Nah, cinta juga sepert itu. Cinta membuat segalanya terlihat indah. Waktu yang dilalui bersama akan menjadi suatu hal yang sangat mengesankan.

Cinta dan memberi itu satu kesatuan

“Engkau tidak akan memberi tanpa ada rasa cinta, engkau tidak akan bisa mencinta tanpa memberi.” – Robert Louis Stevenson

Secara umum, orang akan selalu memberi untuk orang yang dicintainya tanpa adanya perhitungan. Karena alasan cinta, orang bisa memberi dengan tulus tanpa mengharapkan balasan. Hanya satu tujuan,  cinta akan membuat seseorang berusaha membahagiakan seseorang yang dicintainya.

Karena pemberian itulah benih cinta mampu bersemi dan tumbuh dengan baik. Cinta akan bertahan lama dengan adanya rasa saling menghargai dan saling memberi.

Mencintai dengan keindahan

Plato mengungkapkan kata kata romantis cinta

“Mencintai yang sesungguhnya adalah mencintai sesuatu yang indah dengan cara yang baik dan disiplin.”-Plato

Sesuatu akan terlihat indah karena adanya cinta. Saat cinta datang di hatimu, kamu memiliki kesempatan untuk terus berusaha mencintai dia dengan baik. Dunia memiliki keindahan yang harus kamu sadari.

Jagalah cintamu dengan sebaik-baiknya seperti kamu menjaga diri sendiri. Cintai dia dengan cara yang indah.

Hatimu adalah tunas

“Hatimu penuh dengan bibit bibit subur, yang menunggu untuk tumbuh”. – Morihei Ueshiba

Kamu harus membuka hatimu untuk menerima seseorang masuk ke dalam hatimu. Melalui cara ini, kamu akan mendapatkan rasa cinta yang secara perlahan akan tumbuh di hatimu. Semakin lama, rasa cinta itu akan membesar. Kamu akan merasa sangat bahagia ketika merasakan bahwa cinta itu tumbuh.

Cinta adalah romantisme untuk selamanya

“Mencintai seseorang adalah awal dari sebuah romantisme untuk selamanya”. – Oscar Wilde

Kesuksesan karir memang membuat seseorang bahagia. Namun, tidak ada hal yang lebih membahagiakan selain kesuksesan dalam urusan cinta. Kamu akan merasakan bahwa hidupmu indah ketika menemukan seseorang yang kamu cintai.

Cinta adalah petualangan

“Kita mencintai karena hanya itulah satu-satunya petualangan” – Nikki Giovani

Setiap orang menginginkan petualangan yang hebat dalam hidupnya. Ketika mencintai seseorang, kamu akan merasakan bahwa hidupmu penuh dengan petualangan. Petualangan di mana kamu mencari orang yang tepat untuk pasangan hidupmu.

Kamu akan mencari dia sampai ketemu. Mulai berkenalan hingga mencari semua hal tentangnya. Sampai pada akhirnya kamu merasa bahwa dia adalah orang yang tepat untukmu.

Petualangan cintamu akan terus berlanjut pada pasangan pilihanmu sampai batas umur yang memisahkan.

Cinta membuat kenyataan lebih manis

“Engkau akan tahu bahwa engkau jatuh cinta karena pada akhirnya, kenyataan itu lebih manis dari mimpi”. – Dr. Seuss

Ketika ada dia yang selalu kau cinta menemani hari-harimu, segalanya akan terasa lebih indah. Walaupun dirimu dalam keadaan sulit, hidupmu akan terasa indah karena dilalui bersama. Kehadirannya membuat hidupmu lebih berwarna dan berharga. Kata motivasi cinta ini bisa menjadi inspirasi bagi dirimu.

Jika kamu pernah mengalami sakitnya karena kegagalan, rasa sakit itu akan perlahan hilang karena ada dia yang kau cinta di sampingmu. Bahkan, kekuatan cinta membuat hidupmu lebih indah dibandingkan dengan mimpi tadi malam.

Mencintaimu karena alam semesta mendukungku

kata kata romantis cinta dari Paulo Cuelho,

“Aku mencintaimu karena seluruh alam semesta bekerja sama untuk membantuku menemukanmu”.

Cinta butuh perjuangan. Ketika kamu telah menemukan dia, yakinlah bahwa seluruh alam merestui usahamu. Tuhan telah menentukan takdir untuk kau bersamanya. Mengatur pertemuanmu sampai akhirnya kalian bisa berkomitmen dalam suatu ikatan pernikahan.

 

Kata kata Bijak Cinta Sejati

 

Cinta itu tulus

“Jangan mencari sebabnya- Dalam cinta tak ada alasan, tidak ada penjelasan, dan tidak ada solusi.” – Anais Nin

Tak pernah ada alasan untuk seseorang jatuh cinta. Kamu pasti juga merasakan hal yang sama seperti yang telah disebutkan pada kata kata mutiara di atas.

Cinta yang kamu rasakan datang begitu saja tanpa kamu tahu apa alasan yang membuatmu bisa mencintainya. Cinta yang tulus atau ikhlas akan diberikan kepada orang yang dicintainya. Hanya ketulusan yang didasarkan pada kebaikan yang diperlukan pada ikatan cinta.

Bertahanlah pada cinta pilihanmu

“Jika kamu menemukan seseorang yang kamu cinta dalam hidupmu, hiduplah pada cinta itu”. – Putri Diana

Kutipan kata kata bijak cinta ini sangat romantis. Jika kamu sudah menemukan orang yang kamu cintai, jangan sia-siakan. Cintailah dia sepenuh hatimu. Kamu harus bersyukur pada-Nya telah memiliki rasa cinta dalam hatimu serta terlebih lagi dia juga mencintaimu. Rasakanlah cinta yang dia berikan dan cobalah untuk hidup dalam cintamu dan cinta yang dia berikan untukmu.

Kamu harus tahu bahwa cinta itu perlu komitmen yang kuat. Kalau kamu sudah yakin terhadapnya, tunggu apa lagi. Menikahlah dan lalui hidup ini sampai akhir kehidupan memisahkan.

Cinta itu tidak terbatas

“Cinta itu tidak berumur, tidak terbatas, dan tidak mati.” – John Gaisworthy

Setiap makhluk hidup di dunia ini bisa mati. Namun, cinta tak bisa mati. Dia akan terus hidup di dalam hati seseorang. Ketika kamu menemukan bahwa pasanganmu telah berubah, kamu harus membuatnya tetap bahagia karena telah memilikimu. Kamu harus membuatnya merasa bersukur dan beruntung telah memilikimu. Inilah hal yang patut kamu lakukan agar jalinan cinta kalian bisa berlangsung dan bertahan lama. Kelanggengan harus selalu dijaga agar bertahan.

Walaupun kamu telah menemukan orang yang tepat, tanpa menjaganya kamu tak bisa mendapatkan hubungan yang tepat. Tentu saja, sebaik apapun pasanganmu, dia tak ingin jika diperlakukan tidak baik. Janganlah menjadi pribadi yang egois. Jangan hanya mau menerima, namun kamu harus memberikan yang terbaik untuknya.

Kebahagiannya adalah kebahagiaanmu

“Cinta adalah ketika kebahagiaan seseorang lebih penting dari kebahagiaanmu”. – H. Jackson Brown

Kata kata mutiara cinta ini sangat menginspirasi. Cinta itu membuat seseorang yang egois mampu berbagi dengan pasangan yang dia cintai. Bahkan, ketika kamu mencintainya, ketika dia bahagia kamu akan merasa bahagia juga. Tak heran jika banyak orang yang rela memberikan dan melakukan apa saja untuk membahagiakan pasangannya.

Cinta dapat melakukan segalanya

Maya Angelou mengungkapkan kata kata romantis cinta yaitu

Cinta tidak mengenal hambatan. Cinta melewati rintangan, melompati pagar hambatan, dan menembus tembok untuk sampai ke tempat tujuan yang penuh  harapan”.

Cinta memberikan pengaruh yang sangat besar dalam hidupmu. Bahkan, hal yang kelihatannya mustahil dilakukan, bisa saja dilakukan berkat adanya cinta. Selain itu, cinta juga bisa membuat karakter seseorang berubah. Misalnya, orang yang tadinya penakut berubah menjadi pemberani berkat rasa cinta yang ada di dalam dirinya.

Cinta selalu memiliki hambatan. Namun, orang tidak akan mudah putus asa atau menyerah ketika ada hambatan yang menghalangi cinta mereka. Justru, keduanya harus saling berjuang untuk mengatasi hambatan tersebut.

Engkaulah segalanya

“Engkau adalah jantungku, hidupku, satu-satunya yang aku pikirkan.” – Arthur Conan Doyle, The White Company

Kata kata bijak cinta ini sangat menginspirasi menjadikan dirinya sebagai satu-satunya orang yang kamu cintai dalam makna sebagai pasangan hidup. Bahkan, di setiap langkah dan pikiranmu tak lepas dari support pasanganmu. Selalu ada dia dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan.

Bahkan, kamu menganggapnya sebagai orang yang sangat penting dalam kehidupanmu. Tanpa dia, seolah kamu tak bisa hidup dengan sempurna karena menganggapnya sebagai pasangan hidup mu satu-satunya.

Cinta untuk selamanya

“Itu adalah cinta pada pandangan pertama, pandangan terakhir, dan pandangan selamanya.” – Vladimir Nabokov, Lolita

Banyak orang memikirkan tentang cinta sejati. Seperti apakah cinta sejati itu. Adakah cinta sejati di dunia ini? Sebenarnya, yang disebut sebagai cinta sejati ialah dia yang mampu bertahan dalam keadaan bagaimanapun. Bahkan, dalam keadaan hidup tersulit pun, dia akan tetap berada di sisimu dan tidak meninggalkanmu untuk yang lain. Cinta yang mampu bersemi di awal sampai akhir hayat. Itulah yang disebut sebagai cinta sejati.

Pandangan pertama di mana awal terbentuknya cinta. Dari situ, sampai pada sebuah hubungan yang akan berakhir sampai akhir hayat. Ketika kedua insan mampu menjaga komitmen sampai maut memisahkan, itulah cinta yang terindah.

 

Baca Juga : Kata kata mutiara pernikahan

 

Kata Kata Cinta Sedih

 

Cinta membuat manusia tidak berdaya

“Kita tidak pernah merasa sangat tidak berdaya mengatasi rasa sakit, terkecuali ketika mencinta” – Sigmund Freud

Menurut Sigmund Freud melalui kutipan tentang cintanya, kamu akan bisa mengatasi rasa sakitnya saat bercinta. Hal ini bisa saja terjadi pada seseorang yang kurang tulus dalam mencintai. Karena cinta yang tulus dan ikhlas tidak akan pernah tersakiti. Cinta ini dilandasi oleh keutamaan cinta pada Allah SWT. Sehingga cintanya pada yang lain tidak akan sampai menyakiti hatinya.

Menurut kata bijak cinta di atas, ketika seseorang yang kamu cintai meninggalkanmu tanpa alasan, itulah di mana kamu akan merasa sangat sakit. Kamu pun akan tidak berdaya mengatasi gejolak di hatimu.

Tips : Coba alihkan rasa sakitmu dengan berbagi dengan sahabatmu atau orang yang kamu percaya, serta perbanyak amalan sunnah dan membaca Alquran

Selanjutnya, kamu akan terlatih untuk kuat karena bagaimanapun sakitnya, seiring perjalanan waktu kamu akan bisa mengatasinya serta melanjutkan cita cita hidupmu. Ketika kamu bisa melewatinya, kamu akan menjadi lebih dewasa serta yakin bahwa kamu masih bisa menemukan bahagiamu dengan orang yang lebih baik di luar sana. Hanya saja, kamu butuh bangkit dari rasa sakit yang sedang kamu alami. Meskipun butuh proses dan waktu, percayalah semuanya bisa teratasi.

 

Baca Juga : Kata kata cinta bahasa inggris terbaru

 

Kamu satu-satunya

“Jika engkau tidak mencintaiku, aku mungkin tidak akan mencinta. Jika aku tidak mencintaimu, aku mungkin tidak akan mencintai.” – Samuel Beckett

Kutipan kata kata cinta ini terdapat sebuah komitmen yang terkandung di dalamnya. Saat kamu telah memilih seseorang, kamu akan menetapkan cintamu pada orang tersebut. Bahkan, perasaanmu akan selalu bahagia karena dia dan tidak akan berpaling.

Tips : Cintai seseorang dengan sewajarnya, dan cintai Tuhanmu dengan sepenuh hati.

 

Tips mencintai dari pertamakali.com :

  1. Cintailah seseorang sebagai pasangan dengan sepenuh hati dan dengan sewajarnya sesuai dengan kemampuan mu mencintai nya.
  2. Jangan mencintai seseorang melebihi cintamu kepada Tuhan YME (Allah SWT)
  3. Jangan mencintai seseorang melebihi cintamu terhadap Nabi Muhammad SAW
  4. Jangan melupakan cintamu terhadap orang-orang yang juga mengasihimu seperti orang tua dan saudara kandung.
  5. Jangan mencintai dengan melanggar batasan ajaran dan norma-norma Agama.

Semoga kumpulan kata kata mutiara tentang cinta ini bisa membuat kehidupanmu lebih berarti dengan dia yang kamu cintai. Jadikan kumpulan kata-kata di atas sebagai inspirasi yang dapat menyemangatimu.

(Ika Pratiwi)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *