Kumpulan Caption Bijak Tentang Perubahan Dari Orang Terkenal

By |

Perubahan dari hal kurang baik ke hal baik sangat penting. Terlebih jika Anda merasa hidup Anda saat ini biasa-biasa saja atau cenderung sedang dalam keadaan payah, kini saatnya Anda berfikir dan merealisasikan perubahan demi masa depan yang lebih baik. Memang tidak mudah untuk merubah sesuatu yang selama ini telah Anda terapkan dalam hidup. Butuh semangat, komitmen dan kerja keras agar bisa mewujudkannya. Dengan membaca dan meresapi kata-kata bijak tentang perubahan dari orang-orang terkenal di seluruh dunia ini bisa menjadi motivasi Anda untuk segera berkomitmen untuk merealisasikan perubahan dalam hidup Anda.

Orang yang Tidak Mau Berubah Adalah Golongan Orang yang Tidak Berguna

“Manusia paling tidak berguna adalah orang-orang yang tidak pernah berubah menjadi lebih baik selama bertahun-tahun.” – James Barrie.

Perubahan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Jika tidak, maka orang yang tidak mau melakukan perubahan tersebut bisa jadi akan terbelakang dan tertindas. Bahkan benar menurut James Barrie bahwa manusia yang paling tidak berguna itu adalah orang yang tidak mau berubah. Jadi selama bertahun-tahun orang tersebut hidup dengan kebiasaan lamanya. Maka sama saja orang tersebut tidak memiliki peningkatan kualitas maupun kuantitas hidup. Jadi wajar jika James Barrie menggolongkan orang tersebut dengan manusia yang tidak berguna.

Bayangkan saja, untuk tumbuh menjadi manusia dewasa saja, orang perlu berubah dari kebiasaan masa kecilnya yang hanya mau makan jika disuapin, apa-apa disediakan oleh orang tua dan lain sebagainya. Bagaimana jika hal ini terjadi pada Anda? Tentu Anda akan dipandang sebagai orang dewasa yang memiliki mental anak-anak. Hal ini perlu diterapkan dalam banyak hal bahwa perubahan itu sangat perlu diperjuangkan, khususnya perubahan untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Meskipun Tidak Semua Hal Dapat Diubah, Namun Tanpa Tindakan Perubahan, Segala Sesuatu Tidak Akan Berubah

“Tidak semua hal yang ada di dunia ini dapat diubah, namun tidak ada yang dapat diubah sampai kita berhasil menghadapinya.” – James Baldwin.

Perubahan itu suatu tindakan yang memiliki tujuan untuk merubah sesuatu. Manusia memang makhluk yang hanya bisa merencanakan, sementara hanya Tuhan lah yang mampu memutuskan. Keputusan Tuhan adalah mutlak dan pasti itu yang terbaik. Sekalipun sering kali kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk merubah suatu keadaan, namun keadaan tidak berubah. Bila hal tersebut sedang Anda alami, janganlah resah dan putus asa. Paling tidak dengan Anda bertindak melakukan perubahan, Anda tetap telah memiliki keberanian untuk menghadapinya.

Bayangkan jika Anda tidak mengambil keberanian untuk bertindak melakukan perubahan, apapun yang Anda inginkan pasti hanya akan menjadi angan-angan belaka. Yakinlah bahwa kegagalan dalam menerapkan perubahan baik pasti memiliki makna emas di baliknya, sehingga Anda akan kembali mencoba lagi untuk terus mewujudkan perubahan yang Anda idam-idamkan. Karena bagaimanapun untuk merubah sesuatu butuh pengorbanan yang tidak sedikit, termasuk sabar.

Jangan Menunda untuk Melakukan Perubahan Dalam Hidup Demi Masa Depan

“Ubahlah hidup Anda hari ini dan janganlah Anda bertaruh di masa depan nanti. Bertindaklah sekarang juga dan jangan menunda-nunda lagi.” – Simone de Beauvoir.

Kata-kata bijak tentang perubahan dari Simone de Beauvoir ini menyemangati kita agar tidak pernah menunda-nunda untuk melakukan perubahan. Apalagi perubahan yang lebih baik demi masa depan yang cemerlang. Dengan kita menunda hari ini, maka itu artinya kita sedang mempertaruhkan masa depan. Padahal masa depan tidak seharusnya dijadikan pertaruhan. Sebaliknya masa depan seharusnya dipersiapkan dengan matang mulai sekarang juga. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari rasa bersalah di kemudian hari.

Perubahan Akan Menghasilkan Kemajuan, Sayangnya Untuk Mewujudkannya Harus Berhadapan Dengan Banyak Musuh

“Kemajuan merupakan kata yang merdu. Namun perubahanlah penggerak agar mendapatkan kemajuan. Sayangnya perubahan pasti memiliki banyak musuh.” – John Steinbeck.

Tepat sekali! Kemajuan dalam hidup adalah modal utama untuk sukses. Memang tidak mudah untuk mencapainya, karena dibutuhkan aksi perubahan yang tidak main-main. Bahkan tidak jarang dalam mewujudkan suatu perubahan untuk mendapatkan sebuah kemajuan, kita akan dihadapkan dengan banyak rintangan dan musuh.

Sifat dan sikap malas adalah salah dua yang paling harus dikalahkan, agar tujuan kemajuan yang kita harapkan dapat tercapai melalui perubahan. Hanya orang-orang yang bermental baja dan kuat serta dapat mengalahkan musuh-musuh yang akan keluar menjadi seorang pemenang. Hal ini juga berlaku pada perjuangan mendapatkan kemajuan melalui perubahan, baik sikap maupun pemikiran. Tergantung kemajuan seperti apa yang Anda harapkan.

Orang yang Tidak Dapat Mengubah Pikirannya, Maka Orang Tersebut Tidak Dapat Mengubah Apa-Apa Dan Tidak Pula Akan Mengalami Kemajuan Dalam Hidupnya

“Mustahil akan ada kemajuan yang diraih tanpa adanya perubahan dalam diri. Karena orang yang tidak dapat mengubah pikirannya, maka orang tersebut tidak akan bisa mengubah apapun.” – Mario Teguh.

Kata-kata tentang perubahan dari Mario Teguh ini selaras dengan apa yang diungkapkan oleh John Steinbeck bahwa orang yang tidak mau berubah, yaitu dengan mengubah cara berfikirnya, maka orang tersebut sejatinya tidak dapat mengubah apa-apa.

Selain itu, orang yang tidak dapat mengubah pikirannya, orang tersebut juga tidak akan mengalami kemajuan dalam hidupnya. Karena kemajuan dalam hidup hanya akan didapat dari buah sebuah perubahan. Kemajuan tidak akan didapat tanpa adanya perubahan. Perubahan dimulai dari pikiran, kemudian akan berlanjut pada tindakan atau perbuatan.

Baca Juga : Kata kata Inspirasi tentang Fokus pada Tujuan

Bagi Orang Bijak, Perubahan Dalam Hidup Adalah hal yang Wajar

“Orang bijak menganggap perubahan dalam hidup sebagai suatu yang sangat wajar. Orang tersebut tidak akan merasa tersanjung apabila ia sukses dan tidak pula akan patah semangat apabila ia gagal.” – Robert F.Kennedy

Dalam menjalani hidup, kita perlu bijak dalam bertindak, bertutur kata dan mengambil keputusan. Belajar dari orang bijak adalah cara paling mudah untuk kita bisa menjadi orang bijak seperti mereka. Salah satu pemikiran maju orang-orang bijak adalah anggapan mereka bahwa perubahan dalam hidup itu sesuatu yang normal untuk dilakukan. Artinya, perubahan sangat diperlukan dalam menjalani hidup ini, terlebih jika berurusan dengan kesuksesan di masa depan. Karena tanpa suatu perubahan, maka kita akan menjadi orang yang sama seperti pada saat kita lahir.

Selain itu, menjadi orang bijak yang mengerti betul pentingnya sebuah tindakan perubahan adalah bahwa cara atau sikap mereka dalam menanggapi hasil dari perubahan tersebut, apakah berhasil atau gagal. Karena mereka menganggap bahwa perubahan dalam hidup adalah hal yang wajar dan wajib, maka mereka cenderung tidak begitu terbawa suasana hasil yang mereka dapatkan.

Apabila perubahan tersebut berhasil mereka raih, maka mereka tidak akan menjadi orang yang gila dengan sanjungan. Sementara jika mereka gagal dalam menghasilkan perubahan yang seperti mereka inginkan, mereka tidak lantas putus asa dan menganggap pengorbanan yang telah dilakukan menjadi sia-sia.

Perubahan Harus Diperjuangkan Jika Ingin Menjadi Orang Bahagia dan Bijak

“Orang yang ingin tetap hidupnya bahagia dan menjadi orang bijak harus terus berubah.” – Confucius.

Kata-kata bijak tentang perubahan dari Confucius ini selaras dengan kata-kata motivasi perubahan dari Robert F.Kennedy. Orang yang bijak pasti adalah orang yang memahami bahwa perubahan dalam hidup perlu dan wajib dilaksanakan. Confucius menambahkan lagi bahwa perubahan tidak hanya akan membuat orang menjadi lebih bijak dalam menjalani hidup, tapi juga akan membuat orang tersebut menjadi lebih bahagia hidupnya.

Menyalahkan Orang Lain Hanya Akan Menghambat Anda Untuk Berubah

“Jika Anda menyalahkan orang lain, itu artinya Anda sedang melepaskan kekuatan diri Anda untuk berubah.” – Rangga Umara.

Perubahan hanya bisa terwujud dari hasil perjuangan diri. Jadi tidak ada sangkut pautnya dengan orang lain. Justru jika Anda menyalahkan orang lain, itu artinya Anda sedang melepaskan modal untuk berubah, yaitu kekuatan diri. Jadi siapapun Anda yang menginginkan perubahan, stop untuk menyalahkan diri. Jika sesuatu hambatan dalam hidup muncul, Anda perlu segera untuk menuntaskannya dengan cara mencari jalan keluar dan bukan justru menyalahkan orang lain.

Ubahlah Diri Anda Sendiri, Maka Anda Dapat Menjadi Seperti Apa Yang Anda Inginkan

“Kita tidak bisa menjadi seperti apa yang kita inginkan dengan tetap menjadi seperti kita sekarang ini.” – George Bernard Shaw.

Satu-satunya yang dapat mewujudkan mimpi dan harapan kita adalah diri kita sendiri. Jika kita menginginkan sesuatu, kita sendirilah yang harus bertindak dan berjuang. Karena jika kita hanya berdiam diri saja dan menunggu, maka tidak akan menghasilkan apa-apa, kecuali kekecewaan. Misalnya Anda ingin menjadi dokter, namun Anda tidak belajar dengan keras di bangku sekolah umum dan tidak pula berjuang untuk lulus tes masuk perguruan tinggi ilmu kedokteran, maka harapan perubahan Anda dari orang biasa menjadi seorang dokter tidak akan pernah terwujud.

Hanya Anda Sendirilah Yang Dapat Mengubah Hidup Anda dan Bukan Orang Lain

“Hanya Aku yang bisa mengubah hidupku. Tidak ada seorang pun yang bisa melakukannya untukku.” – Carol Burnett.

Setiap orang akan mendapatkan konsekuensi dari hidup masing-masing. Jika ingin menjadi lebih baik ataupun meraih sesuatu, maka orang yang bersangkutan tersebutlah yang harus melakukan dan mewujudkannya. Orang lain tidak akan bisa mewujudkan mimpi Anda, kecuali hanya memberikan dukungan. Hal ini terlihat wajar, karena untuk berubah atau menggapai sesuatu, Anda perlu memahami dan menerapkan perubahan yang akan dijalankan apakah cocok untuk Anda atau tidak.

Ubahlah Sesuatu Yang Tidak Anda Sukai Atau Ubahlah Diri Anda Sendiri

“Jika Anda tidak menyukai sesuatu hal, maka ubahlah sesuatu hal yang tidak Anda sukai tersebut. Jika Anda tidak bisa mengubahnya, maka Anda perlu mengubah sikap Anda dalam membenci hal tersebut. Selanjutnya, jangan mengeluh lagi.” – Maya Angelou.

Dalam menjalani hidup ini, tentu Anda pernah mengalami tidak menyukai sesuatu hal. Hanya perubahanlah yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah. Dalam hal ini pilihan perubahan ada dua, yaitu sikap Anda terhadap sesuatu hal yang Anda tidak sukai itu atau Anda perlu melakukan perubahan dengan mengubah diri Anda sendiri.

Misalnya Anda tinggal di sebuah rumah, namun Anda merasa terganggu dengan salah satu tetangga yang sehari-hari memperdengarkan music dangdut yang terlalu keras. Dalam hal ini, ada dua perubahan yang bisa Anda lakukan. Yaitu merubah diri Anda sendiri untuk mulai menyukai music dangdut, atau jika tidak bisa Anda meninggalkan lingkungan tersebut. Setiap permasalahan memiliki penyelesaiannya masing-masing, tergantung jenis masalah yang Anda sedang hadapi.

Apapun di Dunia Ini yang Bersaing, Semuanya Butuh Perubahan

“Pasar berubah, selera berubah, begitu juga perusahaan-perusahaan dan individu-individu yang memilih bersaing di pasar itu harus berubah.” – Napoleon Bonaparte.

Apapun di dunia ini yang bersaing, semuanya membutuhkan perubahan jika ingin terus berada di dalam lingkaran persaingan. Bahkan dari perubahan-perubahan tersebut akan menghasilkan siapa yang lebih unggul dan pemenang. Seperti pasar yang setiap hari memiliki harga-harga yang berubah, selera juga berubah. Perubahan juga dibutuhkan dalam lingkup apapun selagi masih dalam lingkup persaingan, mulai dari persaingan antar individu satu dan lainnya atau perusahaan satu dan perusahaan lainnya.

Bergeraklah Untuk Mendapatkan Perubahan Nasib

“Bergeraklah! Karena perubahan nasib hanya ada dalam gerakan.” – An Wang.

Perubahan dimulai dari pikiran. Namun perubahan yang sesungguhnya adalah terletak pada tindakan atau gerakan yang dihasilkan dari buah pikiran. Tanpa perubahan pikiran dan gerakan, maka mustahil untuk mendapatkan sebuah perubahan. Apalagi perubahan nasib yang sangat membutuhkan perubahan dalam tindakan. Kunci utamanya adalah bergerak.

Misalnya, Anda ingin memiliki uang 5 juta. Tanpa Anda bergerak dengan bekerja, maka mustahil Anda akan merubah nasib Anda dari tidak memiliki menjadi memiliki uang 5 juta tersebut. Dalam melakukan tindakan suatu perubahan, Anda perlu berfikir mandiri. Karena sejatinya hanya Anda sendirilah yang dapat merubah nasib Anda sendiri dan bukan orang lain.

Perubahan Adalah Bagian Dari Hidup Orang Sukses

“Orang sukses adalah orang yang selalu beradaptasi dengan perubahan.” – Henri Bergson.

Perubahan adalah tantangan. Sementara orang sukses adalah orang yang suka dengan tantangan. Orang demikian cenderung telah bersahabat dengan segala macam tantangan dalam hidup maupun bisnis. Maka benar kata-kata bijak tentang perubahan dari Henri Bergson ini bahwa perubahan menjadi bagian dari hidup orang-orang sukses, karena orang sukses adalah orang-orang yang selalu dapat beradaptasi dengan perubahan. Jika Anda ingin menjadi orang sukses, tidak takut dengan perubahan adalah salah satu modal yang perlu Anda terapkan dan bina.

Orang yang Bisa Berubah Adalah Orang yang Akan Menang

“Dunia kompetitif memiliki 2 kemungkinan, yaitu gagal atau menang. Jika ingin menang, maka Anda harus berubah.” – Max DePree.

Perubahan benar-benar sangat dibutuhkan dalam menjalani hidup ini, terutama untuk meraih sukses dan menjadi pemenang. Kriteria orang yang akan menang adalah orang yang mau berubah. Jadi jika Anda berada dalam dunia kompetitif dan ingin menang, maka jadilah orang yang mau berubah. Perubahan di sini dilakukan pada hal-hal positif yang dapat mendongkrak keberhasilan Anda menjadi seorang pemenang. Misalnya lebih giat berlatih untuk menjadi pemenang di kompetisi olahraga atau mata pelajaran dan lain sebagainya.

Perubahan Sikap Akan Menghasilkan Tindakan yang Benar

“Perubahan yang Paling bermakna dalam hidup adalah perubahan dalam sikap. Sikap yang benar, maka akan menghasilkan tindakan yang benar pula.” – William O.Douglas.

Perubahan memang dapat dimulai dari cara berfikir. Namun tetap saja hasilnya akan dicerminkan dalam suatu tindakan. Perubahan sikap yang positif tentunya akan menghasilkan tindakan yang positif dan benar. Selanjutnya, tindakan yang positif dan benar tersebut pasti bermanfaat. Salah satunya adalah bermanfaat untuk membawa Anda menjadi pemenang. Jikapun hasilnya Anda tidak sampai menjadi pemenang, paling tidak Anda telah melakukan perubahan dan hasilnya positif atau lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dinilai sangat baik untuk mendapatkan kemajuan.

Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan memang sulit. Butuh kekuatan untuk terus berkomitmen, bersemangat dan merealisasikannya. Jika Anda sedang menginginkan sebuah perubahan, kata-kata bijak tentang perubahan dari tokoh-tokoh terkenal dunia di atas dapat menjadi inspirasi dan motivasi semangat Anda dalam mewujudkan cita-cita Anda.

(Ika Pratiwi)

Images : pixabay.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *