Mengenal Kucing Maine Coon dan Cara Merawatnya

  • Whatsapp

Jenis kucing peliharaan memang banyak macamnya. Untuk itu tidak heran jika saat ini banyak juga yang mendadak jadi penggemar hewan berkaki empat ini.

Kucing-Maine-Coon

Banyak orang yang menyukai jenis-jenis kucing yang memiliki bulu yang indah dan lebat. Salah satunya yaitu kucing Maine Coon.

Bagi anda yang belum mengenal jenis kucing ini, mari kita mengenal lebih dekat jenis kucing yang sering dijuluki sebagai kucing raksasa yang manis.

Mengenal Tampilan Kucing Maine Coon

Perlu anda ketahui bahwa kucing ini merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki tubuh terbesar dari semua kucing yang memiliki ras domestic.

Bahkan berat yang dimiliki oleh kucing ini pun bisa mencapai sekitar 9 kg serta panjang 1,2 meter.

Dengan berat yang mencapai 6-9 kg untuk jantan dan 4-6 kg untuk betina ini tidak heran jika kucing ini memiliki rubuh yang perkasa serta dapat bertahan pada iklim yang berat.

Kucing ini terkenal dengan bulunya sangat tebal namun tetap halus. Tetapi bulu yang dimiliki oleh spesies pria pada umumnya lebih tebal jika dibandingkan dengan bulu yang berspesies wanita. Cukup menarik bukan?

Tentunya anda menginginkan memiliki kucing yang berbulu tebal namun tetap halus. Jika iya, tidak ada salahnya anda pun lebih mengenal kucing jenis Maine Coon ini.

Selain memiliki badan yang besar serta bulu yang tebal, kucing jenis ini juga terkenal dengan ciri lainnya, yaitu memiliki mata yang besar.

Dengan mata yang besar ini maka tidak heran jika penglihatannya pun juga tajam jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.

Bahkan dengan tubuhnya yang perkasa, kucing ini juga diimbangi dengan memiliki cakar dan tapak besar.

Sifat dari kucing ini adalah temperamen yang lembut namun tetap menyenangkan.

Dan yang paling mengagumkan dari jenis kucing ini adalah mereka memiliki sifat yang setia serta penuh kasih sayang kepada pemiliknya atau yang lebih tepat adalah kepada orang yang suka merawatnya.

Baca juga: Kenali cara merawat kucing persia.

Mudahkah Cara Merawat Maine Coon?

Bagi anda yang menginginkan untuk merawat kucing ini tidak perlu khawatir karena perawatannya pun tidak begitu sulit.

Yang wajib harus anda lakukan adalah memberi ia makan secara teratur sesuai dengan jenis makanan yang ia sukai dan merawat selalu bulunya agar tetap terlihat indah.

Kucing jenis ini memang harus diberi asupan protein empat kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.

Untuk itu anda sebagai pemilik kucing, memang harus memperhatikan jenis makanan yang cocok untuk diberikan pada kucing ini.

Anda bisa memenuhi makanannya yang mengandung kandungan nutrisi dasar yang lengkap, masih ditambah lagi dengan racikan khusus guna memenuhi kebutuhan makan mereka dalam 3 kali waktu sehari.

Anda dapat memberinya makanan yang siap saji dengan beraneka macam pilihan rasa serta bahan baku yang sudah tersedia di toko.

Karena saat ini sudah banyak produk-produk yang menyediakan makanan kucing ini.

Anda sebagai pemilik yang memang sayang pada kucing anda, silahkan memilih sesuka hati anda dan tentunya tetap perhatikan kebutuhan-kebutuhan yang memang kucing jenis ini butuhkan.

Hal ini tentunya bertujuan agar kebutuhan protein serta nutrisi yang lainnya pun dapat terpenuhi.

Selain makanan berat anda pun juga dapat memberikan makanan ringan.

Karena dengan anda memberikan makanan ringan ini pada kucing sambil anda bersantai, secara otomatis juga akan terbina hubungan yang semakin dekat antara anda dengan kucing tersebut.

Dengan demikian, kucing anda pun akan merasa nyaman di samping anda.

Sedangkan untuk perawatan bulunya, hal yang harus anda lakukan adalah menyikatnya paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Namun jika memang anda mengalami kesulitan dan menginginkan tetap memiliki kucing yang berbulu indah, tidak ada salahnya Anda membawa kucing Anda ke tempat perawatan khusus kucing untuk menjaga kesehatan bulu atau bagian tubuh yang lainnya.

Tentunya Anda menginginkan kucing yang sehat dan miliki mempunyai tampilan yang indah bukan?

Untuk itu, jangan pernah ragu untuk membawa kucing anda ke tempat perawatan agar terlihat sehat dan menarik dan tentunya.

Tidak hanya memperhatikan makanan serta perawatan bulunya saja jika anda ingin memiliki hubungan yang lebih dekat dengan kucing jenis ini.

Anda juga bisa menyiapkan berbagai macam mainan kucing agar ia tidak merasa bosan karena dipelihara di rumah dengan luas ruangan yang terbatas.

Bahkan anda pun dapat bercengkerama bersamanya di sela-sela waktu luang anda.

Anda juga bisa sesekali mengajak kucing ini untuk keluar rumah sekedar berolahraga ataupun jalan-jalan di sekitar tempat tinggal anda.

Bagaimana Pertumbuhan Kucing Maine Coon?

Pertumbuhan kucing jenis ini pada umumnya dibagi menjadi 6 tahapan, yaitu:

Neonatal (Lahir – 2 Minggu)

Pada tahapan ini kucing hanya mengkonsumsi susu saja. Induk kucing sangat berperan aktif pada usia anak kucing neonatal ini karena induk kucing harus memberikan stimulus yang tepat pada anak kucing. 

Biasanya kucing akan mulai berjalan ketika berumur 14 hari.

Pemilik kucing harus menyediakan nutrisi yang baik untuk induk kucing serta jangan terlalu sering memegang anak kucing. Anda cukup menyediakan tempat yang hangat, aman dan tentunya bersih

Sosialisasi Awal (3 – 8 Minggu)

Pada usia ini, konsumsi susu mulai berkurang. Anda bisa menyediakan makanan berat untuk melatih anak kucing makan.

Nah, pada usia ini pula kucing sudah mulai terlihat tertarik untuk bermain, mencakar, menggaruk bahkan menyisir bulunya sendiri.

Sosialisasi Akhir (9 – 16 Minggu)

Sosialisasi kucing pada usia ini mencapai puncaknya. Makanannya pun sudah terbiasa dengan makanan yang padat.

Dan yang terpenting wajib anda lakukan adalah, pada usia ini lakukan vaksinasi kucing anda untuk mencegah virus.

Anda juga bisa memeriksakan kucing anda ke dokter hewan untuk mengetahui kondisi pasti dari kucing tersebut.

Remaja (17 Minggu – 1 Tahun)

Pada tahap ini kematangan seksual dari kucing ini sudah terjadi. Organ-organ reproduksinya pun sudah mulai berfungsi dengan aktif. Untuk itu anda pun harus lebih memperhatikan kucing pada tahapan ini.

Dewasa (1 – 6 Tahun)

Pada usia ini, anda harus memperhatikan pola makanannya karena biasanya kucing pada usia ini akan mengalami metabolisme yang menurun serta kelebihan berat badan yang diakibatkan karena makannya sudah tidak terkontrol lagi.

Untuk itu, agar kucing anda tetap terlihat menarik, ajak dia untuk selalu bermain dan berolahraga.

Kucing maine coon biasanya akan melambat pertumbuhannya pada usia 1 tahun, kemudian akan mencapai pertumbuhan maksimal di usia 3-5 tahun.

Senior (7 Tahun Ke Atas)

Nafsu makan kucing pada usia ini akan mulai menurun dan mereka pun akan semakin membatasi ruang geraknya.

Untuk itu anda harus melakukan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali ke dokter untuk mengetahui kondisi pasti dari kucing anda.

Nah, dengan anda sudah mengetahui banyak hal mengenai kucing maine coon ini, jangan ragu lagi untuk memilikinya.

Anda tidak perlu khawatir karena dengan anda memiliki kucing ini, keseharian anda pun tentunya akan bertambah berwarna dengan kegiatan-kegiatan menarik yang bisa anda lakukan dengan kucing jenis ini.

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *