Bacaan Ayat Kursi, Arti dan Keutamaannya

  • Whatsapp

Bagi kaum muslimin, ayat kursi bukanlah hal asing ketika di dengar. Ayat kursi merupakan salah satu bacaan Quran yang terletak dalam surah Al-Baqarah Ayat 255.

Bacaan-Keutamaan-Ayat-Kursi

Ada banyak hal yang dapat dipelajari dalam ayat tersebut, karena disetiap bacaan ayat-ayatnya mengandung banyak makna yang sangat bermanfaat dan mempengaruhi jiwa serta keimanan kita.

Keutamaan Ayat Kursi

Banyak dalil yang menyebutkan tentang keutamaan ayat kursi, diantaranya adalah apa yang disebutkan dalam hadits Ubay bin Ka’ab Radhiallahu Anhu di bawah ini:

bacaan-arab-latin-ayat-kursi

Kaum muslimin tentunya sangat memahami bahwa membaca ayat kursi sangat dianjurkan dalam beberapa aktivitas tiap harinya.

Ada 3 waktu utama di mana seorang muslim dianjurkan membaca ayat kursi, diantaranya :

1. Pagi dan petang

Dari Ubay Bin Ka’ab, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim 1:562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadist tersebut dalam shahih At-targib wa At-Tarhib no 655).

2. Sebelum tidur

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah bersabda :

“Jika engkau mendatangi tempat tidur (dimalam hari), maka bacalah ayat kursi niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari).

Baca juga tentang: Amalan sholat Dhuha

3. Dibelakang setiap Sholat

Dari abu umamah Radhiyallahu ‘Anhu, iya berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

Barangsiapa membaca ayat kursi dibelakang shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9:44. Hadist ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram).

Itulah 3 waktu yang sangat dianjurkan untuk membaca ayat kursi.

Dengan membaca ayat tersebut ada banyak keberkahan yang menghantar hidup kita serta melindungi dari segala marabahaya.

Selanjutnya artikel ini akan mengulas secara rinci tentang bacaan bacaan ayat kursi dalam bahasa arab dan latin serta terjemahannya, dan beberapa keutamaan dan manfaatnya.

Simaklah ulasan artikel berikut ini :

Bacaan Ayat Kursi

1. Bacaan ayat kursi arab 

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

2. Bacaan ayat kursi latin

“Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzalladzii yasyfa’u indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaasyaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hiftdhuhuma wahuwal aliyyul ‘adhimm.”

3. Terjemahan arti ayat kursi

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah), melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

(Surah Al-Baqarah ayat 255).

Keutamaan Ayat Kursi

Ada banyak keutamaan yang dimiliki ayat kursi ketika dibaca. Simak ulasan dibawah ini :

1. Merupakan ayat yang paling agung di dalam Al-Quran

Siapa sangka bahwa ayat yang terdapat dalam surah Al-baqarah ayat 255 merupakan salah satu ayat yang paling agung dan mulia di dalam Al-Quran.

Ayat kursi diketahui dapat memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan seseorang yang telah membaca dan mengamalkannya.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah mengajukan pertanyaan kepada Ubay Bin Ka’ab Radhiallahu Anhu :

bacaan-arab-latin-ayat-kursi

2. Menyebabkan masuk ke dalam surga

Diriwayatkan dari Abu Umamah Al-Bahily Radhiallahu Anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi di belakang setiap shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.” (Diriwayatkan oleh An-Nasai dalam As-Sunan Al-Kubro dan Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabii. Hadits ini dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albany Rahimahullah dalam Shohih At-Targhib No.1595).

Waktu Membaca Ayat Kursi Ketika Sholat

Telah berlalu disebutkan dalam hadits di atas tentang keutamaan membaca ayat kursi ‘dubura kulli sholaatin’ (di belakang setiap sholat). 

Lantas apakah yang dimaksud dengan di belakang setiap sholat?

Apakah dibaca sebelum salam ataukah setelah salam?

Asy-Syaikh bin Baz Rahimahullah ditanya tentang makna di belakang setiap sholat. Maka Beliau Rahimahullah menjawab :

دبر الصلاة آخرها قبل السلام، هذا هو الأصل، مثل دبر الحيوان آخره، مؤخره، فدبر الصلاة ما كان قبل السلام، آخرها قبل السلام

“Duburus sholaah (di belakang sholat) adalah akhir sholat sebelum salam. Inilah yang paling utama. Contohnya dubur hewan yang bermakna bagian belakang hewan. Maka duburus sholaah adalah sebelum salam, di ahir sholat sebelum salam”. (lihat : http://bit.ly/duburussholah).

Pendapat ini pula yang dikuatkan oleh sekelompok ulama, seperti Syaikhul Islam ibnu Taimiyyah, Al-Imam Ibnul Qoyyim, Asy-Syaikh Al-Utsaimin Rahimahumullah.

Kesimpulannya, ayat kursi dibaca sebelum salam, tepatnya setelah membaca doa tahiyyat dan perlindungan dari 4 perkara.

Manfaat Membaca Ayat Kursi

1. Membuat otak lebih mudah paham

Salah satu manfaat utama ketika membaca ayat kursi adalah memberikan kepintaran terhadap diri karena otak akan lebih mudah bekerja dalam memahami sesuatu dan pengetahuan baru terlebih jika dibaca secara rutin.

2. Melindungi dari godaan syaitan

Siapa sangka bahwa membaca ayat kursi akan melindung diri dari godaan syaitan. Maka dari itu bacalah dimanapun anda berada, niscaya setan akan lari dan tidak akan menjerumuskan kita kedalam hal yang tidak baik.

Terlebih jika dibaca pada saat pagi dan petang, maka kita akan terlindung dari berbagai marabahaya seperti terhidar dari kejahatan, terlindung dari serangan binatang buas, dan bahaya-bahaya lainnya.

3. Mendapatkan kasih sayang dari Allah

Kaum muslimin tentunya sangat ingin mendapatkan kasih sayang dari Allah dan salah satu caranya adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Salah satu bacaan Al-Qur’an adalah ayat kursi.

4. Melapangkan dada

Membaca ayat-ayat Al-Qur’an termasuk membaca ayat kursi merupakan penyebab lapangnya dada seorang hamba.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan setiap dari kita banyak membacanya agar dada kita menjadi lebih lapang dan perasaan lebih tenang.

Jika perasaan lebih tenang, tentu hidup akan terasa lebih nikmat dan lebih ringan dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.

5. Mendapatkan pahala

Berdzikir dan membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang sangat agung di sisi Allah, termasuk jika kita membaca ayat kursi.

Jadi itulah ulasan secara rinci terhadap ayat kursi serta keutamaan-keutamaan yang dapat diperoleh ketika membaca dan mengamalkannya.

Semoga bermanfaat bagi kaum muslimin dan menjadi pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *