11 Kutipan Kata kata tentang Resiko

  • Whatsapp

Semua orang tentu pernah melakukan hal yang berpotensi merugikan sekaligus juga memberikan keuntungan. Mana yang Anda pilih? Bermain aman atau menghadapi tantangan yang bisa membawa diri Anda menjadi beberapa langkah di depan?

Sejak lahir kita semua sudah berhadapan dengan resiko. Berbagai resiko kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari namun mungkin tidak disadari.

Dalam bisnis ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, untung atau rugi. Semakin besar potensi keuntungan yang diraih semakin besar pula resiko yang akan dihadapi.

Cara bersikap terhadap resiko ini bisa dipelajari, terutama dari orang-orang “sukses” atau yang “berhasil” membesarkan usahanya agar kita pun dapat mengikuti jejak langkah mereka dalam membangun bisnis.

Jika Anda penasaran bagaimana publik figur menyikapinya, berikut merupakan rangkaian kata bijak tentang resiko dari berbagai narasumber yang telah dipilih untuk menginspirasi Anda.

Kutipan Kata kata Inspirasi tentang Resiko

Sukses dan Gagal sama Penting

“Ketika Anda mengambil risiko, Anda belajar bahwa akan ada saat-saat Anda berhasil dan akan ada saat-saat Anda gagal, dan keduanya sama pentingnya.”

Orang-orang dengan semangat yang positif mungkin berpikir resiko adalah tantangan dari peluang yang diambil.

Ketika Anda memilih untuk menghadapi tantangan seharusnya Anda pun telah siap untuk menerima kenyataan bahwa Anda bisa sukses atau Anda juga bisa fail.

Jika Anda gagal, ini bukanlah kegagalan dalam hidup atau karir Anda. Tapi kegagalan yang menimpa merupakan bagian dari proses menuju keberhasilan.

Anggap keberhasilan adalah rangkaian puzzle yang harus Anda susun dari potongan-potongan usaha dan pembelajaran dari setiap kegagalan. Jangan menyerah hanya karena satu, dua atau bahkan 1000 kegagalan.

Tetaplah berusaha, karena keberhasilan hanya dapat diraih dengan usaha yang konsisten yang disertai permohonan doa yang tulus.

Resiko Terbesar

“Risiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apa pun … Di dunia yang berubah sangat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.”

Resiko terbesar dalam semua sisi kehidupan adalah ketika seseorang tidak melakukan usaha untuk mengubah dirinya ke arah yang lebih baik. Bahkan hewan di kehidupan liar pun harus berubah untuk mempertahankan hidup. Mereka harus mencari daerah baru jika persediaan makanan di daerahnya habis.

Ambil Langkah Besar

“Jangan takut untuk mengambil langkah besar. Anda tidak dapat melewati jurang dalam dua lompatan kecil.”

Langkah besar diperlukan untuk dapat mencapai tujuan yang lebih besar. Jangan takut untuk melakukan hal-hal besar, selama itu menurut Anda perlu dilakukan.

Salah satu musuh terbesar seseorang dalam melangkah adalah kesempurnaan.

Sebenarnya, kesempurnaan hanya dimiliki oleh Allah SWT. Dalam usaha jika Anda menganggap sudah 70 % sesuai, maka sebaiknya lanjutkan dengan action berikutnya. Jadi, jangan menunggu untuk sempurna baru Anda melangkah.

Pilih yang Berbeda

“Dua jalan menyimpang di hutan … Aku mengambil jalan yang jarang dilalui, dan itu membuat semua perbedaan.”

Menurut kutipan di atas, jika ada kesempatan untuk memilih dua jalan, maka ia akan memilih jalan yang jarang dilalui. Dalam dunia bisnis, hal ini bisa diartikan memilih usaha yang belum atau jarang pelakunya. Dengan membuat diferensiasi produk, berarti memberikan peluang bagi produk Anda untuk dicari banyak orang.

Aman bukan Pilihan

“Sebuah kapal di pelabuhan itu aman, tetapi bukan untuk itu kapal dibangun.”

Takut atau Ragu-ragu adalah salah satu penyebab mengapa banyak yang tidak berani mengembangkan usaha. Kutipan di atas cocok diibaratkan pada orang yang tidak berani mengambil resiko untuk mencapai tujuannya.

Jangan salah, tetap berada di zona nyaman tidak menjamin seseorang terbebas dari masalah lainnya seperti ketertinggalan, tidak ada kemampuan bersaing, rasa penyesalan dan lain sebagainya.

Resiko Tidak Mengambil Tindakan

“Ada risiko dan biaya untuk bertindak. Tetapi mereka jauh lebih kecil daripada risiko jangka panjang dari kenyamanan tidak melakukan tindakan.”

Kutipan kata di atas mengingatkan kita agar bisa selalu keluar dari zona nyaman.

Rasa cepat puas dengan kondisi saat ini sehingga Anda kurang usaha bisa menjadi resiko besar yang akan Anda hadapi di masa depan.

Jangan samakan rasa puas diri tanpa usaha dengan rasa syukur. Bersyukur artinya Anda berterimakasih dengan keadaan saat ini serta terus berusaha dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan di depan mata.

Sebaliknya dengan berada di zona nyaman, Anda menjadi kurang usaha untuk melangkah maju.

Salah satu usaha untuk maju adalah dengan beradaptasi dengan perubahan. Ini akan memerlukan tenaga dan uang, namun lebih baik daripada tidak.

Baca juga: Kata kata tentang ragu dalam tindakan

Perhitungkan Resiko

“Ambil risiko yang sudah diperhitungkan. Itu sangat berbeda dari menjadi gegabah. ”

Mengambil peluang tanpa perhitungan sama dengan memperbesar resiko menjadi kenyataan. Untuk menghindari resiko atau menguranginya, lakukan perencanaan yang masuk akal serta detail sehingga langkah Anda lebih terarah dan peluang keberhasilan Anda semakin besar.

Itulah yang dimaksud dalam kutipan di atas.

Ambil Resiko

“Jika kamu tidak mengambil risiko, kamu akan memiliki jiwa yang sia-sia.”

Risk dalam kutipan di atas mengandung makna kesempatan atau peluang. Peluang dengan prospek bagus, hampir pasti ada resiko yang menyertainya.

Jika Anda ragu menghadapi resiko ketika ada peluang, sehingga Anda mundur, hal ini sama saja dengan menyia-nyiakan jiwa Anda. Mungkin bisa diartikan menyia-nyiakan masa depan Anda.

Resiko dan Kebahagiaan

“Satu-satunya cara untuk menemukan kebahagiaan sejati adalah dengan mengambil resiko untuk terluka.”

Apa contoh konkret dari kutipan kata di atas? Sederhana saja..Jika Anda memiliki impian masuk ke perguruan tinggi favorit tentu ada harga yang harus Anda bayar. Segala daya upaya harus Anda kerahkan agar nilai Anda dapat melewati batas minimum.

Mungkin Anda harus rela menunda keinginkan Anda hangout dengan teman, ikut wisata dengan keluarga ke luar kota, bahkan sampai bergadang semalaman.

Percayalah, hasil yang diperoleh dari suatu usaha yang sungguh-sungguh yang disertai doa biasanya tidak akan mengecewakan.

Percaya Instingmu

“Percayai instingmu sendiri. Kesalahan Anda menjadi kesalahan Anda sendiri, bukan kesalahan orang lain.”

Instinct terkadang berbanding terbalik dengan nalar. Adakalanya seseorang perlu mengikuti instinct-nya daripada mengikuti kalkulasi yang rumit dan berbelit-belit. Banyak pengusaha sukses karena memiliki instinct yang baik terhadap sesuatu hal. Dengan menggunakan instinct banyak waktu yang bisa dihemat bahkan memberikan hasil yang di luar dugaan.

Jadi, jika Anda percaya instinct Anda merupakan keputusan terbaik, kenapa harus mengikuti apa yang tidak sejalan dengan pikiran Anda?

Resiko Kreatif

“Pengambilan risiko yang kreatif sangat penting untuk keberhasilan dalam setiap tujuan di mana taruhannya tinggi.”

Kutipan di atas memberikan nasehat bahwa ketika seseorang memiliki tujuan atau goal yang memiliki kepentingan besar, maka mengambil keputusan beresiko yang kreatif sangat penting agar bisa sukses. Silahkan dicerna makna dari kata kata bijak ini!

Demikian kutipan kata kata tentang resiko beserta penjelasan versi saya. Semoga bermanfaat ya!

Edwin
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *