Ungkapan Kata Kata Bijak tentang Keutamakan Bersyukur dalam Kehidupan Sehari-hari

Share

Bersyukur merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih kepada Allah atas apapun yang telah diberikan. Ungkapan rasa syukur tidak hanya atas nikmat atau kesenangan yang diberikan, namun juga atas ujian yang diberikan.

Atas ujian yang diberikan, biasanya seseorang akan mengeluh dan bersedih. Dalam hal ini, bersyukur menjadi lebih susah karena merupakan sebuah cobaan.

Read More

Namun jangan khawatir, ada beberapa rangkuman kata-kata bijak dalam Islam yang akan membantu untuk mulai membiasakan atau memudahkan dalam bersyukur.

Kumpulan Kata-Kata Bijak dalam Islam Mengenai Bersyukur

Berikut ini merupakan kumpulan kata-kata bijak dalam Islam mengenai pentingnya bersyukur. Kutipan-kutipan kata bijak diambil dari berbagai sumber termasuk dari tokoh Islam, hadis maupun dari Al-Qur’an.

Bersyukur merupakan cara berfikir

Kata kata bijak tentang Syukur

“Bersyukur bukan hanya sebatas ucapan Alhamdulillah. Bersyukur adalah sikap. Itu adalah gaya hidup. Itu adalah cara berfikir. Teruslah bersyukur” – Nouman Ali Khan

Dalam Islam, bersyukur bisa dilakukan banyak cara. Salah satunya bisa dengan cara yang sangat sederhana namun dapat memberikan kebaikan bagi yang melakukannya, yaitu dengan mengucap Alhamdulillah dengan sepenuh hati.

Seperti yang telah saya sampaikan, bersyukur tidak hanya sebatas berucap Alhamdulillah, namun bisa dengan melihat segala kebaikan yang telah kita terima selama ini, sampai detik ini.

Lalu Anda memuji Sang Maha Pencipta Allah SWT atas apa segala kebaikan yang telah anda dapatkan.

Tidak susah bukan?

Misalnya: Kesehatan yang diperolah, Iman yang masih ada dalam diri, perhatian atau pemberian dari orang sekitar, pendapatan, dan masih banyak lagi yang dapat disyukuri.

Dalam Alqur’an, Surat Ibrahim Ayat 7, dikatakan :

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Allah pun berfirman dalam kitab Al Quran, bagi siapa saja yang bersyukur, maka nikmatnya akan ditambah, namun sebalik nya jika mengingkari (dengan banyak mengeluh) maka Allah akan marah.

Seperti kata kata bijak di atas, mulai sekarang jadikanlah bersyukur sebagai gaya hidup kita. Mulai dari bangun pagi sampai menjelang tidur syukuri apa yang telah Anda peroleh sampai hari ini.

Bersyukur Dalam Hal Kecil

Kata kata bijak tentang Syukur

“Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak – (HR. Ahmad)

Bersyukur tidak hanya dilakukan untuk hal-hal yang menyenangkan ataupun hal-hal besar yang diterima.

Namun bersyukur perlu dilakukan atas apapun yang kita terima walaupun merupakan sebuah hal kecil. Jika sudah terbiasa dengan bersyukur atas hal-hal kecil, niscaya akan bisa bersyukur terhadap nikmat yang lebih besar.

Dari sini bisa diperoleh pelajaran untuk mulai mensyukuri hal-hal kecil yang dilimpahkan oleh Allah.

Selain nantinya akan menjadi kebiasaan seperti yang terungkap dalam kata bijak sebelumnya, mensyukuri hal kecil akan membuat kita tidak lupa ketika mendapatkan nikmat yang lebih besar, termasuk ketika nikmat itu dikembalikan kepada Allah SWT, kita akan tetap bersyukur, karena semua kehendak Allah adalah yang terbaik bagi kita selama kita mensyukurinya.

Keselamatan adalah Hal Mendasar yang Harus Disyukuri

“Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya” – Ibnu Qayyim

Keselamatan kita merupakan hal paling mendasar yang perlu disyukuri karena dari hal inilah tingkat bersyukur kita diukur.

Keselamatan bisa diartikan berbagai macam hal. sehat, selamat dari mara bahaya dan bencana termasuk dalam konteks keselamatan yang dimaksud.

Hal tersebut juga berhubungan dengan kesabaran. Seseorang yang bisa bersyukur dengan baik, niscaya tingkat kesabarannya juga baik.

Semakin Banyak Bersyukur, Semakin Banyak Nikmat

Kata kata bijak tentang Syukur

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azabk-Ku sangatlah pedih.” QS.Ibrahim:7

Karena penting dan mendalamnya makna ayat ini, dalam artikel ini sudah 2 kali Surat Ibrahim ayat 7 saya utarakan di sini.

Al-Qur’an melalui Surat Ibrahim ayat 7 menjelaskan dengan tegas bahwa orang yang rajin bersyukur akan ditambahkan nikmat oleh Allah.

Nah, jika bersyukur telah menjadi kebiasaan, maka Allah akan selalu memberikan nikmat yang lebih sesuai janji-Nya.

Perlu diingat jika lalai bersyukur maka akan mendapatkan azab yang pedih. Lalai bersyukur mungkin bisa disamakan dengan lalai beribadah dan selalu mengeluh atas nikmat yang diproleh.

Untuk itu, sekali lagi, membiasakan bersyukur dari hal-hal kecil sangat disarankan agar dijauhkan dari azab yang menyakitkan.

Dimulai dari mensyukuri hal-hal kecil, maka kamu bisa mensyukuri hal-hal yang lebih besar, sehingga nikmatmu pun akan ditambah (Insya Allah).

Bersyukur adalah Bagian dari Iman

“Iman terdiri dari dua bagian: Setengahnya adalah kesabaran (Sabr), dan setengahnya lagi adalah bersyukur (Shukr) –Ibn Qayyim al-Jawziyyah

Seperti banyak diungkapkan mengenai perlunya bersyukur dalam Al’Quran, Ibn Qayyim menguatkan hal ini bahwa bersyukur merupakan bagian dari iman.

Bersyukur bisa menjadi cermin keimanan kita karena merupakan setengah dari iman.

Jika tingkat bersyukur kita baik, maka bisa dikatakan sebagian imannya pun terjaga. Sebagian lagi tentu sabar termasuk amalan saleh.

Orang-orang yang beriman tentu telah menjadikan bersyukur sebagai kebiasaan dalam hidupnya, baik itu berupa nikmat maupun ketika sedang diuji.

Demikian kutipan kata-kata bijak Islam mengenai bersyukur.

Semoga bisa membantu memotivasi untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah atas semua nikmat yang diberikan, sekecil apapun itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *