Kumpulan Kata Kata tentang Harapan dari Tokoh Terkenal

  • Whatsapp

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata Harapan yang dikumpulkan pertamakali.com dari orang-orang sukses dan terkenal yang mungkin berguna bagi Kita.

Memiliki harapan sangat penting bagi kehidupan seseorang. Hal ini karena harapan berperan untuk membuat seseorang bisa bertahan tetap “waras” atau bisa “hidup” saat mengalami berbagai rintangan.

Bahkan harapan dapat membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Misalnya seseorang yang kehilangan harta hingga jatuh miskin, tidak memiliki harapan untuk bangkit serta tidak pernah meminta tolong pada Allah SWT, maka hidupnya biasanya akan tetap dalam keadaan kekurangan, bahkan bisa lebih buruk dari sebelumnya.

Sebaliknya seseorang yang tidak memiliki harta tetapi memiliki “hati” dan cita-cita yang mulia untuk berguna di masyarakat, tidak mustahil suatu saat orang tersebut bakal bisa menjadi orang sukses.

Contoh lain, Anda memiliki harapan besar untuk kuliah di universitas terkenal, maka Anda akan mengusahakan dengan upaya maksimal untuk bisa masuk ke universitas yang Anda inginkan.

Dari penjelasan di atas bisa dikatakan, harapan bisa memunculkan kekuatan besar yang dapat menggerakkan seseorang untuk mewujudkan cita-cita.

Namun, memiliki harapan juga perlu menyesuaikan dengan kapasitas diri, biasanya disesuaikan dengan keadaan dan kondisi yang dialami saat ini.

Untuk membuat harapan menjadi nyata, diperlukan suatu usaha yang sungguh-sungguh dari seseorang.

Harapan yang muncul dalam diri Anda sebaiknya bisa dibuat step by step.

Harapan ini juga harus diikuti oleh tindakan nyata agar bisa terwujud. Setelah terwujud tingkatkan lagi harapan Anda dan usahakan untuk mewujudkannya.

Tanpa ada usaha, apa yang diharapkan tak akan menjadi nyata.

Selain itu harapan yang tidak sesuai dengan kapasitas seseorang, bisa membuat seseorang malah menjadi stres dan putus asa. Hal ini karena apa yang dilakukan akan selalu mengarahkan pada kegagalan, karena kurangnya kemampuan.

Selain berusaha, manusia juga harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar harapannya terkabul.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata kata tentang harapan dari orang terkenal. Yuk langsung simak ulasannya berikut ini!

Kata Kata Bijak tentang Harapan dari Tokoh Terkenal

Miliki tekad yang kuat

“Gantilah harapan Anda dengan tekad.” – Greg S. Reid

Orang yang memiliki harapan harus berusaha keras mewujudkannya. Tekad yang kuat diperlukan untuk membuat harapan menjadi nyata.

Biasanya, orang yang memiliki suatu harapan akan melakukan berbagai cara untuk membuat harapannya terwujud.

Misalnya, jika kamu berharap memiliki mobil sedan, namun saat ini dana yang tersedia tidak cukup.

Anda akan lakukan upaya untuk dapat membeli mobil yang Anda inginkan.

Misalnya dengan menambah pendapatan dengan bekerja sampingan dan hasilnya ditabung. Targetkan berapa waktu yang kamu butuhkan untuk dapat memiliki mobil tersebut.

Jika ternyata belum cukup, Anda juga bisa melakukan berbagai usaha lainnya seperti jualan online agar uang yang kamu miliki bisa terkumpul lebih banyak.

Sudah saatnya kamu mengikuti kata-kata bijak di atas untuk mewujudkan cita-citamu. Jangan sampai harapanmu hanya tinggal kenangan!

Harapan di titik nol mampu membuat kita bersyukur

“Andaikan harapan seseorang diturunkan hingga titik nol, orang akan benar-benar menghargai semua yang dia miliki saat ini.” – Stephen Hawking

Kata kata tentang harapan di atas, mengingatkan kita agar selalu bersyukur dengan apa yang telah dimiliki. Hal ini bisa kita bisa dilakukan dengan bersikap ikhlas terhadap harapan yang ada.

Manusia hanya bisa berharap namun Tuhanlah yang menentukan hasil akhirnya.

Mengembalikan harapan ke titik rendah akan membuat kita selalu bersyukur bahwa ternyata sudah banyak bisa kita capai.

Selain itu, kamu juga bisa berkaca pada orang lain yang status kedudukannya ada di bawah kamu.

Orang yang pandai bersyukur akan mudah merasa bahagia karena ikhlas menyerahkan segala urusannya hanya pada Allah SWT, meski harapannya tidak selalu tercapai.

Berusaha mewujudkan harapan

“Anda tidak pernah diberi harapan tanpa diberi kekuatan untuk membuatnya nyata sekaligus. Namun bagaimanapun Anda harus mengupayakannya.” – Richard Bach

Harapan dan kekuatan untuk mencapainya ialah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada umat Nya.

Harapan bisa dimulai dari hal terkecil misalnya harapan untuk bisa memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga.

Atau untuk seseorang yang sedang sakit, timbul harapan untuk sembuh dari penyakitnya.

Untuk memiliki kesehatan, tentunya harus ada upaya yang dilakukan. Misalnya menjaga pola makan, berobat secara rutin, serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Membahagiakan seseorang dengan memberinya harapan

“Agar dapat membahagiakan seseorang, isilah tangannya dengan kerja, hatinya dengan kasih sayang, pikirannya dengan tujuan, ingatannya dengan ilmu yang bermanfaat, masa depannya dengan harapan.” – Frederick E Crane

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membahagiakan seseorang. Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan membekalinya pekerjaan.

Jangan berikan dia uang karena uang akan segera habis bila dibelanjakan. Namun, pekerjaan akan membuatnya mampu menghasilkan uang dengan hasil keringatnya sendiri.

Kemudian, jangan lupa untuk membekali pikirannya dengan ilmu yang bermanfaat sehingga timbul cita-citanya untuk menjadi orang yang berguna.

Orang yang memiliki tujuan membuat hidupnya lebih terarah sehingga tahu mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari.

Kemudian, bekali juga hatinya dengan kasih sayang, sehingga ia selalu mengutamakan kepentingan orang banyak dalam bertindak.

Orang yang memiliki harapan besar akan berusaha keras untuk meraih masa depan yang cemerlang.

Masa depan bisa diwujudkan oleh seseorang yang selalu memelihara harapannya di dalam hati disertai tekad yang kuat untuk mewujudkannya.

Manfaat besar sebuah harapan

“Tidak ada obat semanjur harapan, tidak ada pendorong sehebat harapan dan tidak ada tonikum sekuat mengharapkan sesuatu terjadi pada hari esok.” – O O Marden

Menurut kata kata tentang harapan dari O O Marden ini, sungguh luar biasa manfaat memiliki sebuah harapan. Harapan diibaratkan seperti obat yang sangat manjur.

Bahkan, orang sakit harus memiliki harapan sembuh apabila ingin sembuh. Obat-obatan dan tindakan medis yang diterimanya tidak akan berarti apa-apa apabila seseorang tidak memiliki harapan untuk sembuh dari penyakitnya. Orang yang harapan sembuhnya besar biasanya akan lebih cepat sembuh.

Kemudian, harapan juga sangat bermanfaat untuk mewujudkan sebuah cita-cita. Harapan akan mendorong seseorang berusaha keras untuk mewujudkannya.

Harapan tersebut juga akan membuat hidup seseorang lebih terarah karena ia akan mengisi hari-harinya dengan hal-hal positif yang bisa mendukung apa yang dicita-citakan terwujud.

Miliki harapan sebagai pegangan hidup

“Pegangan hidup saya adalah: berjagalah untuk hal yang terburuk, berharaplah akan hal yang terbaik dan terimalah apapun yang datang.” – Robert E. Speer

Kamu harus memiliki pegangan hidup agar hidupmu lebih terarah.

Hal yang perlu diperhatikan ialah selalu berjaga terhadap hal-hal terburuk. Pasti akan ada berbagai masalah yang harus dihadapi.

Jika kamu selalu siap menghadapi hal terburuk yang menimpamu, kamu tak akan kaget dan bisa menghadapi kenyataan sehingga bisa lebih mudah untuk bangkit kembali.

Seseorang yang terpuruk terhadap masalah yang didapatkan biasanya akan lebih lama bangkit.

Selain selalu siap terhadap segala kemungkinan buruk, hal yang perlu kamu lakukan ialah memiliki harapan untuk mendapatkan hal yang terbaik.

Hal-hal indah dan membahagiakan selalu diimpikan oleh setiap orang.

Harapan ini akan membuatmu berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk membuat hidup lebih bahagia.

Harapan mengalahkan rasa takut

“Harapan dapat mengalahkan rasa takut jika kita percaya.” – Susilo Bambang Yudhoyono

Terkadang, manusia memiliki rasa takut ketika ingin meraih impiannya. Akan tetapi, rasa takut itu bisa dikalahkan ketika memiliki setitik harapan.

Harapan dapat mendorong seseorang melakukan hal-hal di luar kebiasaannya.

Rasa cemas atau khawatir akan hilang karena ada keyakinan dalam diri bahwa kamu pasti bisa meraih keinginanmu.

Itulah mengapa setiap orang harus memiliki harapan karena merupakan kekuatan yang besar.

Rasa takut akan dilawan demi mewujudkan impian menjadi nyata.

Harapan membuat orang berusaha keras

“Di mana tidak ada harapan, di situ tidak ada usaha keras.” – Samuel Johnson

Menurut kata kata harapan di atas, orang yang memiliki harapan akan melakukan berbagai usaha keras untuk mewujudkannya.

Sebaliknya, orang yang tak memiliki harapan dan tekad tak akan “fight” untuk mencapai tujuan hidup. Keadaan ini diibaratkan seperti orang yang mati dalam hidupnya karena hidup tanpa tujuan yang jelas.

Misalnya, karir tak akan maju tanpa ada harapan dan usaha, hubungan tak akan menjadi lebih baik tanpa ada harapan serta usaha untuk membuatnya lebih baik, dan kehidupan tidak akan semakin membaik tanpa adanya harapan untuk mengubahnya.

Sebuah penelitian dilakukan pada hewan. Hewan yang dikurung pada tempat tertentu yang tidak disenangi oleh hewan tersebut akan membuat si hewan tidak memiliki harapan.

Secara perlahan, hewan tersebut akan mati karena diberi makan pun dia tidak mau memakannya.

Kemudian, hal sebaliknya dilakukan penelitian pada hewan yang diberikan kesempatan untuk bisa melarikan diri pada situasi yang tidak menyenangkan.

Hal yang terjadi ialah hewan tersebut akan mampu hidup lebih lama.

Jangan kehilangan harapan

“Kita boleh saja kecewa dengan apa yang telah terjadi, tetapi jangan pernah kehilangan harapan untuk masa depan yang lebih baik.” – Bambang Pamungkas

Kata kata bijak di atas mengandung nasehat bahwa sudah sepantasnya manusia hidup dengan memelihara harapannya.

Tak jarang hidup ini mengalami kekecewaan karena apa yang terjadi tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tugas kita ialah ikhlas menerima segala ketentuan-Nya setelah berusaha melakukan usaha yang terbaik.

Jangan pernah “membunuh” harapan karena itu akan menjadi kekuatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Jika kamu kehilangan harapan untuk mewujudkan cita-cita hidup, artinya kamu sudah kehilangan semangat menjalani hidup.

Berusahalah untuk memelihara harapan apapun yang terjadi.

Entah ketika berada dalam posisi sulit ataupun keadaan yang membahagiakan. Meskipun cobaan berat melanda, jangan pernah hilang semangat.

Jalani kehidupan yang berat dengan ketulusan. Kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Tumbuhkan harapan dalam diri

“Bersungguhlah saat harapan Anda kecil, lebih bersungguhlah saat Anda mungkin kalah, dan makin bersungguh-sungguhlah saat Anda tidak mungkin menang. Itulah iman.” – Mario Teguh

Super sekali, menurut kata kata harapan di atas semakin kecil harapan yang dimiliki semakin kita harus berusaha sungguh-sungguh untuk mencapainya.

Kamu harus selalu memelihara harapan yang ada di dalam diri agar konsisten pada setiap langkahmu. Harapan membuat seseorang mengetahui apa yang harus dilakukan.

Orang yang mengalami masa sulit mampu keluar dari masalahnya dengan harapan yang dimilikinya.

Sebagai contoh, seorang anak yang tidak mampu (dari sisi biaya) memiliki harapan untuk masuk ke universitas agar masa depannya lebih baik meskipun ia tahu bahwa ia kekurangan biaya untuk kuliah.

Namun, karena tekadnya yang kuat, dia mampu membiayai kuliah dengan hasil kerjanya. Ya, dia berusaha dengan bekerja setelah selesai kuliah.

Setelah lulus, dia mampu mendapatkan pekerjaan yang baik sehingga mampu merubah nasibnya dari orang yang tidak mampu menjadi orang sukses.

Perjuangan yang dilalui semasa kuliah dengan bekerja keras akan menjadi suatu cerita “masa perjuangan” yang indah yang bisa menjadi penyemangat setelah mencapai titik kesuksesan.

Rekomendasi : Kata kata motivasi bisnis Jack Ma

Berpegang pada harapan untuk hidup lebih baik

“Kami selalu berpegang pada harapan, keyakinan, dengan keyakinan bahwa ada kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih baik, di luar cakrawala.” – Franklin D. Roosevelt

Memiliki hidup yang lebih baik merupakan hal yang diinginkan oleh seseorang. Semua itu akan terwujud apabila diiringi dengan tekad yang besar untuk mewujudkannya.

Harapan dapat memunculkan keyakinan bahwa kamu bisa mewujudkan apa yang kamu inginkan.

Tanpa keyakinan ini, segalanya akan sulit dicapai karena pada dasarnya keyakinan dalam diri merupakan kekuatan besar untuk mencapai sesuatu.

Orang yang memiliki harapan yang terukur mampu mencapai kemajuan karir, memiliki kehidupan yang lebih baik, memiliki hubungan keluarga yang lebih harmonis, dan sebagainya.

Kehidupan akan menjadi semakin baik ketika keinginan yang diimpikan selama ini tercapai.

Temukan harapan di masa sulit

“Aku menemukan harapan di hari-hari terkelam, dan fokus pada hari-hari tercerah. Aku tidak menyalahkan alam semesta.” – DM

Ketika pada posisi yang sulit di mana masalah datang bertubi-tubi, hal yang harus kamu lakukan ialah tetap mempertahankan harapan yang ada di dalam diri.

Jangan biarkan harapan itu lari karena hal ini akan membuatmu semakin sulit bangkit.

Harapan mendorong dirimu untuk bangkit dari keterpurukan sehingga menggapai  kehidupan yang lebih baik. Saat diri sudah ada di posisi atas, tetaplah fokus agar apa yang telah kamu capai bisa dipertahankan.

Sebab, mempertahankan juga tidak semudah meraihnya. Butuh ketekunan dan semangat untuk tetap bertahan di posisi yang sudah diraih.

Tuhan mengabulkan doa orang yang memiliki harapan besar

Kata kata bijak

“Bahwa Tuhan selalu mengabulkan doa orang-orang yang memiliki keyakinan dan kemauan kuat untuk mewujudkan harapan.” – Khrisna Pabichara

Tuhan menyukai orang-orang yang memiliki harapan besar dalam hati dan pikirannya. Bahkan, doa yang dia panjatkan senantiasa akan dikabulkan olehNya.

Namun, jangan hanya mengandalkan doa saja karena Tuhan akan merubah nasib hambaNya yang mau berusaha keras berjuang membuat perubahan dengan jerih payahnya.

Tanpa melakukan suatu usaha, nasib manusia sulit berubah.

Miliki harapan tanpa batas

“Kita harus menerima kekecewaan yang terbatas, namun jangan pernah kehilangan harapan yang tidak terbatas.” – Martin Luther King

Kecewa sering dirasakan ketika apa yang diharapkan tidak menjadi kenyataan.

Boleh saja merasa kecewa, namun jangan sampai kekecewaan tersebut membuatmu terlarut dalam kesedihan sehingga hanya diam tak berbuat apa-apa.

Itu sama saja dengan putus asa. Biarlah apa yang kamu harapkan tidak tercapai, namun jangan sampai kamu kehilangan harapan lainnya.

Selama masih diberi kehidupan, kamu memiliki kesempatan untuk mewujudkan harapanmu.

Kesalahan yang lalu bisa kamu jadikan pembelajaran sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama.

Harapan membuat kita semangat berjuang

“Berbuat untuk sebuah harapan, yang tidak lagi dikeluhkan tetapi diperjuangkan.” – Najwa Shihab

Harapan sangat penting bagi manusia karena dia akan berbuat sesuatu berdasarkan harapan yang dimilikinya.

Mengeluh bukan lah hal yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki cita-cita tinggi.

Hal yang lebih penting dibandingkan mengeluh ialah memikirkan mengenai cara yang tepat untuk bangkit dari masa sulit.

Yakinlah bahwa tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. Dengan memiliki harapan, ini menjadi modal besar untuk mampu bertahan dalam segala ujian kehidupan.

Ketika mampu mengatasi segala persoalan hidup yang pelik, maka kepercayaan diri yang dimiliki akan semakin bertambah.

Demikianlah kumpulan kata kata harapan dari orang terkenal.

Semoga dapat memberikan inspirasi sehingga kita semua selalu berupaya mempertahankan harapan dan cita cita kita dalam segala kondisi dan situasi, baik suka maupun duka.

Baca Juga : Kata kata bijak tentang menuntut ilmu

(Ika Pratiwi)

Images :

Pixabay.com

Edwin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Hanya sebuah harapn kecil aku bisa bersamamu tetapi dengn adnya harapan kecil itu aku bisa memanfaatkn sebaik baiknya untk bisa buat kmu bahagia…. seperti senyumanmu sangat indah kaya bunga *TERATE* yg bisa hidup di manapun di darat maupun di air yg keruh dan itu pula sepesialnya dirimu bisa ku ajk hidup di saat yang susah menuju kesuksesan

    By: FAS