Kata Kata Penuh Semangat dari Dunia Sepakbola untuk Menambah Motivasi Anda Hari ini

By |

Memotivasi diri melalui kata kata penyemangat dalam menjalani usaha dan aktifitas sehari-hari merupakan hal yang perlu dilakukan. Motivasi atau dorongan akan memberikan kekuatan untuk menghadapi hal-hal yang sulit menjadi terasa lebih ringan untuk dilakukan. Banyak orang yang berhasil dengan kehidupannya karena usaha yang didasari motivasi yang besar dari dirinya serta dari orang-orang yang men-support di sekitarnya. Sebaliknya, hidup tanpa motivasi akan membuat seseorang kurang bergairah dan bersemangat dalam melakukan hal-hal yang mungkin bagi sebagian orang dianggap menarik.

Motivasi pada setiap orang bisa naik dan turun, bahkan terkadang juga bisa berubah-ubah. Itulah sebabnya kenapa kamu perlu me-recharge diri agar motivasi mu tetap terjaga.

Tanpa adanya semangat, gairah untuk maju, serta kerja keras, akan sulit untuk mencapai cita-cita bahkan mustahil dicapai.

Motivasi bisa datang darimana saja. Kamu bisa menciptakan motivasi untuk dirimu sendiri, kamu bisa meminta motivasi dari sahabat atau orang tua, dan kamu bisa membaca berbagai kata bijak atau kata-kata penyemangat. Jika manusia hidup dengan penuh motivasi dan banyak memberi, maka Allah SWT pun akan memberikan apa yang terbaik  untuk dirinya.

Berikut Kata Kata Semangat dari Dunia Sepak Bola

Tetap hormati orang lain, bahkan yang menjadi lawanmu

“Setiap pemain kami menghormati  setiap pemain dari dan tim mereka secara keseluruhan. Tapi begitu kita melewati garis putih, rasa hormat akan keluar dan kami akan berjuang untuk memenangkan permainan”- David Beckham.

Saling menghormati antar sesama merupakan keharusan bagi setiap insan. Meskipun pemain sepakbola selalu berhubungan dengan lawan yang dihadapi, tapi lawan bukanlah orang yang harus dimusuhi (secara personal). Saling menghormati lawan dan bermain dengan penuh motivasi akan dapat membuahkan kemenangan. Begitu pula hidup, jangan jadikan sesuatu pekerjaan yang kamu lakukan atau pesaingmu menjadi sesuatu yang kamu tidak sukai (jauhi). Jadikan pesaingmu atau pekerjaan mu sebagai salah satu hal yang kamu hargai dan berusahalah untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Menghormati adalah salah satu hal yang bijak dan usaha dalam bekerja adalah suatu keharusan. Itulah yang David Beckham lakukan dalam mendapatkan kemenangannya.

Manfaatkan kemampuanmu sebisa mungkin

“Tuhan memberikan hadiah kepada semua orang,… Beberapa bisa menulis, beberapa bisa menari. Tuhan memberi saya kemampuan untuk bermain sepak bola dan saya memanfaatkannya sebaik mungkin.” – Ronaldinho Assi De Moreira

Memang benar kata kata semangat di atas, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Itu merupakan salah satu anugerah yang diberikan dari Pencipta kepada seluruh manusia yang hidup di bumi. Perbedaan akan membuat semua hal menjadi unik. Bayangkan saja bila seluruh orang di seluruh dunia ini memiliki profesi yang sama dalam bidang pekerjaan. Apakah dunia akan menjadi seberagam dan semenarik ini? Mungkian jawaban Anda, akan membosankan..

Bangkitlah dari kegagalanmu

“Tak penting seberapa sering Anda terjatuh, yang penting seberapa cepat Anda mampu bangkit” – Arsene Wenger

Kegagalan adalah sebuah kunci dari kesuksesan. Orang-orang yang telah berhasil pastilah pernah mengalami berbagai macam kegagalan di masa lalunya. Kesuksesan yang ia dapatkan merupakan buah dari perjuangan dari berbagai kegagalan yang telah melintang di dalam hidupnya. Kegagalan atau terjatuh memang bukan hal yang mudah untuk dihilangkan dari ingatan namun juga bukan sesuatu yang perlu kamu risaukan. Hal yang harus kamu lakukan adalah terus bangun dan berusaha untuk mendapatkan kesuksesanmu. Sekali dua kali tiga kali terjatuh tidaklah menjadi masalah yang besar. Yang harus kamu sadari adalah seberapa teguh dirimu dalam mencoba berdiri kembali, menata diri kembali, dan melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. Yakinlah, usaha kerasmu dengan bangkit dari kegagalanmu akan membuahkan hasil untuk apa yang dicita-citakan.

Usaha keras akan membuahkan keberhasilan

“Setiap orang yang berusaha dan bekerja keras, suatu saat pasti akan melakukan kesalahan. Sedangkan mereka yang hanya duduk berdiam diri serta berpangku tangan, tidak akan pernah melakukan kesalahan” – Bambang Pamungkas

Hidup akan terus berjalan bagi mereka yang mau berusaha keras untuk menyongsong hari esok. Kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan kesalahan ketika sedang melakukan usahamu. Kesalahan justru akan membuatmu lebih berhati-hati. Tak apa ditegur karena kesalahanmu dan hal itu tentu akan membuatmu tidak mengulanginya kembali. Berbuat salah untuk terus maju akan selalu lebih baik daripada diam saja tanpa ada usaha apapun. Orang yang diam dan hanya berpangku tangan sebenarnya hanya menunda-nunda keberhasilan mereka. Bangkitlah dan terus maju dengan apa yang kamu ingin lakukan. Kerja keras pasti akan membuahkan hasil bagi siapa saja yang melakukannya dengan  baik.

Pandanglah sesuatu dari berbagai sisi yang dimilikinya

“Menjadi orang baik sama dengan menjadi seorang penjaga gawang. Tak peduli berapa banyak gol yang bisa Anda selamatkan, orang-orang hanya akan mengingat saat Anda melakukan sebuah kesalahan” – Thibaut Courtois.

Kata kata bijak Thibaut Courtis ini sangat dalam artinya dan mengena bagi orang-orang yang ingin mengerjakan kebaikan. Ketika kita melakukan kebaikan, lakukan dengan hati yang ikhlas. Jangan berharap orang akan mengingat kita atau berharap imbalan atau pun ucapan terimakasih. Lakukan karena Allah SWT semata.

Namun sebaliknya hati-hati dalam berbuat sesuatu yang merugikan orang lain. Karena kebanyakan orang hanya akan mengingat kesalahan kita ketimbang kebaikan yang kita lakukan.

Meskipun begitu, anggaplah sesuatu kesalahan yang kamu lakukan tersebut sebagai sebuah cobaan yang harus kamu hadapi. Jadikan setiap kesahalan menjadi pelajaran untuk menjadi lebih baik dan tidak terulang lagi. Tegarlah dan terus berusaha semampumu.

Pembenci sebenarnya merupakan orang yang tidak mampu

“Semakin hebat seseorang semakin ia tidak disukai. Orang hebat selalu memiliki banya pembenci” – Sir Alex Ferguson

Orang yang membencimu bisa jadi saja orang tersebut tidak mampu melampauimu. Jangan jadikan seorang pembenci membuat nyalimu ciut untuk menghadapi semua yang bisa kamu lakukan. Sebaliknya, kamu pun tidak boleh sampai membenci seseorang yang lebih baik dari mu. Yang harus kamu pelajari dari mereka adalah keberhasilan mereka yang harus kamu contoh dan kamu lakukan. Usaha keras dari orang yang telah berhasil menghadapi keberhasilan akan menjadi motivasimu untuk bisa maju. Jadi, jangan pernah takut dengan orang yang membencimu.  Bisa jadi karena kekurang mampuan mereka akibat kurang usaha sehingga mereka  iri dengan apa yang kamu miliki.

Kemauan akan membuahkan kesuksesan

“Perbedaan antara orang sukses dan orang lain adalah bukan kurangnya kekuatan, bukan kurangnya pengetahuan, melainkan kurangnya kemauan” -Vince Lombardi

Adanya kemauan dan usaha yang keras merupakan buah dari kesuksesan. Mereka yang sukses bukan selalu orang yang memiliki pengetahuan yang banyak dan pintar. Orang pintar namun tidak memiliki kemauan untuk mengerjakan sesuatu sama saja akan kalah dengan orang yang biasa-biasa saja namun punya kemauan dan tekad dalam mencapai cita-citanya. Terlebih lagi jika seseorang tersebut mau mencari pengetahuan yang banyak untuk mendapatkan kesuksesannya. Ini akan menjadi hal yang lebih menguatkan langkahnya dalam mencapai kesuksesan. Jadi, janganlah pernah takut dengan kekuranganmu. Lakukan yang kamu bisa dengan tekun dan disiplin dan terus maju sehingga akhirnya kamu bisa melampaui mereka yang berpengetahuan namun kurang dalam berusaha.

Sukses bukanlah hal yang insta

“Orang ingin sukses. Ini seperti kopi, mereka ingin instan” -Sir Robert William “Bobby” Robson.

Kesuksesan tidak akan pernah bisa didapatkan dengan cara yang instan. Kemenangan instan bisa dibilang kemenangan yang sementara saja. Bagaimana mungkin kamu akan menghadapi hari esokmu yang pasti akan melawan lawan yang lebih sulit hanya karena kesuksesan instan yang kamu dapatkan di hari ini? Semuanya memerlukan proses. Kesuksesan dan kemenangan pun memerlukan proses. Jika kamu bisa menjalani prosesnya dengan baik, maka kamu bisa mendapatkan kesuksesan yang akan bertahan lama. Jangan pernah menyukai kesuksesan yang instan saja karena hal tersebut akan membuat kesuksesanmu selanjutnya menjadi cepat padam jika tidak dilanjutkan dengan usaha yang terus-menerus. Jalani dengan penuh alur dan urut sesuai dengan kemampuan dan dapatkan kesuksesan yang memang seharusnya kamu dapatkan.

Jangan terlalu berpuas diri ketika masih dalam perjalananmu

“Satu langkah kami sudah di Wembley, tapi kami harus tetap fokus karena kita tak pernah tahu sepakbola sebelum benar-benar berakhir, kita tak kan pernah tahu”. (jelang leg 2 s schalke04) – Ryan Giggs.

Berpuas diri dalam perjalanmu menuju kesuksesanmu memang boleh saja dilakukan. Hal yang tidak boleh dilakukan adalah terlalu berpuas diri dengan apa yang kamu dapatkan, bahkan ketika kamu belum sampai di akhir. Hadapilah semua dan segala kemungkinan yang akan terjadi dengan penuh semangat. Keberhasilan dan kegagalan adalah dua kemungkinan terbesar yang akan kamu dapatkan. Perkecillah kemungkinan gagal dengan terus berusaha dengan sebaik-baiknya dan dapatkan kesuksesanmu.

Sebaliknya, jika justru kegagalan yang kamu dapatkan, mungkin kamu memang belum beruntung. Kemenangan atau keberhasilan memang merupakan ambisi bagi semua orang. Namun jika Anda gagal, hal ini bukanlah sesuatu yang harus kamu ratapi, namun jadikan sebagai pelajaran.

Yang paling penting adalah usaha

“Kami sudah berusaha keras dan mengontrol laga tapi hasil tak selalu berbanding lurus dengan usaha” – Carlo Ancoleti

Memang benar, kerja keras yang dilakukan belum tentu membuahkan kemenangan. Namun setidaknya, kamu sudah melakukan sebaik mungkin untuk menang.

Kemenangan akan menguatkanmu

“Satu-satunya hal terpenting adalah setiap kemenangan membuat Anda sedikit lebih kuat dan memperkuat keyakinan” – Arsene Winger

Salah satu hal yang akan menguatkan seseorang adalah kemenangan. Ketika Anda mendapatkan kemenangan dari usaha keras yang Anda lakukan, hal ini akan lebih membuat Anda lebih percaya diri. Nikmatilah kemenangan yang Anda dapatkan dan jadikanlah kemenangan tersebut sebagai motivasi bagimu untuk mendapatkan dan meraih kesuksesanmu yang selanjutnya

Terus berlatih untuk mendapatkan kepercayaan dirimu

“Kepercayaan diri tidak datang dengan sendirinya. Ia adalah hasil dari sesuatu, kerja keras dan dedikasi selam berjam-jam, berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan bertahun-tahun” – Roger Thomas Staubach

Percaya diri memang harus dimiliki oleh setiap orang. Tanpa percaya diri, kamu akan sulit mencapai cita-cita mu begitu juga sebaliknya tanpa usaha yang kuat untuk mendapatkan keberhasilan, rasa percaya diri akan semakin berkurang. Jadilah orang yang percaya diri untuk selalu melakukan hal-hal tebaik untuk mendapatkan kesuksesanmu. Namun, tidak ada sesuatu yang instan memang. Kamu bisa melatih dirimu untuk mendapatkan rasa percaya diri dengan cara berusaha secara terus-menerus untuk mendapatkan sesuatu yang kamu cita-citakan. Dengan berusaha untuk mendapatkan apa yang kamu cita-cita, maka akan timbul keyakinan dalam dirimu. Yakinlah usahamu akan berhasil begitu juga rasa percaya dirimu akan semakin bertambah.

Baca Juga : Kata kata Motivasi Bersikap Optimis

Buanglah jauh-jauh perasaan gugupmu

“Anda tidak boleh gugup dalam hal apapun. Apa yang kelihatan penting hari ini mungkin tidak akan penting lagi pada hari berikutnya” -Tito Vilanova

Rasa gugup memang bisa datang pada siapa saja. Contohnya saja ketika kamu sedang menghadapi hari pentingmu untuk mendatangkan keberhasilanmu. Buang-buanglah rasa gugupmu tersebut jauh-jauh. Anggap saja hari tersebut adalah sehari yang tidak akan kamu temui lagi di hari-hari berikutnya. Dengan rasa gugup yang telah hilang, kamu pun bisa melakukan hal tersebut dengan lebih baik lagi. Jadi, berusahalah untuk membuang rasa gugup tersebut untuk mendapatkan keberuntunganmu.

Kegagalan bisa membuatmu menjadi lebih baik

“Kegagalan terjadi setiap kali. Kegagalan bisa terjadi setiap hari. Yang membuat Anda menjadi lebih baik adalah bagaimana Anda bereaksi terhadap kegagalan itu” – Mia Hamm

Kegagalan dapat terjadi setiap hari. Semakin banyak seseorang berusaha, maka kemungkinan gagal yang dia lakukan akan semakin banyak. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah tetap fokus pada apa yang menjadi target kamu. Jangan cepat menjadikan kegagalan sebagai alasan untuk mengubah apa yang telah menjadi cita-cita mu. Jangan pula menjadikan kegagalan sesuatu yang akan mematahkan semangat untuk terus berusaha. Namun jadikan itu sebagai batu pijakan untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Bangkitlah dari kegagalan saat ini untuk menggapai hari esok.

Menang bukanlah segala-galanya

“Menang bukanlah segalanya. Seharusnya tidak ada kesombongan dalam kemenangan dan tidak ada putus asa dalam kekalahan” – Sir Alexander Mattew

Ketika kamu mendapatkan sebuah kemenangan, janganlah lupa dan menjadi takabur. Kemenangan memang merupakan hal yang membahagiakan dan hal yang sepantasnya kamu syukuri. Namun janganlah langsung berpuas diri dan berfoya-foya dengan kemenangan yang kamu dapatkan. Jadikan kemenangan tersebut sebagai semangatmu untuk mendapatkan kemenangan-kemenangan di hari berikutnya. Sebaliknya, jika suatu saat kamu kalah, janganlah langsung meratapi dan sedih berkepanjangan. Jadikan kekalahan yang kamu dapatkan sebagai pelajaran yang paling berharga untuk mendapatkan kesuksesan di masa datang.

Ketahui apa yang akan kamu tuju

“Dalam kehidupan, sebagaimana sepak bola, Anda tidak akan pergi jauh, kecuali jika Anda tahu dimana letak gawangnya” – Arnold H.Glasow

Untuk bisa mencapai keberhasilanmu, kamu harus tahu arah tujuanmu. Jangan sampai tersesat dengan sesuatu yang salah. Cari tujuanmu dan pastikan tujuan itu memang benar-benar sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Dengan mengetahui apa tujuan yang akan kamu tuju, maka kamu pun akan lebih mudah untuk mencapainya.

Demikianlah beberapa kata kata semangat dari dunia sepak bola nasional dan internasional tentang kesuksesan, semangat, bangkit dari kegagalan yang bisa menambah inspirasi untuk cita-cita hidup Anda. Bersemangatlah dalam melakukan sesuatu dan untuk mendapatkan sesuatu. Karena kesuksesan akan datang pada siapa saja yang memiliki cita-cita, keuletan, ketekunan serta motivasi yang tinggi. Selamat berjuang dan teruslah mengubah dirimu menjadi lebih baik.

(Ika Pratiwi)

Images :

Pixabay.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *