Ingin Sukses Usaha? Temukan Caranya dalam Kata Bijak Bisnis Ini!

Share

Dewasa ini pengusaha menjadi pekerjaan yang paling banyak diminati, terutama oleh kaum millenial. Bahkan pemerintah sangat mendukung lahirnya entrepreneur-entrepreneur muda dengan memberikan fasilitas berupa pelatihan-pelatihan.

Tak hanya itu, tersedianya teknologi digital membuat bisnis terasa menjadi lebih mudah, berjangkauan luas, dan sangat menjanjikan. Kendati demikian, menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah.

Read More

Dibutuhkan kekuatan mental untuk mampu bersaing dan bertahan. Oleh karena itu, kali ini disajikan beberapa kata bijak bisnis yang bisa jadi landasan meraih kesuksesan.

Kata-Kata Mutiara Pebisnis Sukses

Di bawah ini merupakan kata bijak bisnis dari pengusaha-pengusaha sukses yang telah banyak memperoleh keuntungan dari dunia entrepreneur, yaitu:

Tidak profesional dalam bisnis sama dengan memberi peluang untuk kompetitor

Kata kata bijak bisnis

“Pelayanan pelanggan yang kurang profesional darimu adalah bisnis tambahan bagi pesaingmu.” – Djajendra

Dalam dunia bisnis kamu tentu tak asing dengan kompetisi. Betapa tidak, dalam satu daerah saja mungkin ada puluhan atau bahkan lebih orang yang memiliki usaha sejenis denganmu.

Menyadari hal ini kamu harus memiliki strategi untuk bisa lebih unggul dari pada lainnya. Masing-masing orang memang sudah ditentukan rezekinya, namun sebagaimana penjelasan dalam kitab suci bahwa Tuhan menghendakimu terlebih dahulu berusaha untuk mendapatkan sesuatu.

Diantara beragam cara untuk sukses di dunia entrepreneur, ada satu yang paling efektif, yakni memberi pelanggan pelayanan terbaik. Jangan sampai kamu membuat mereka kecewa karena turunnya kualitas produk atau ketidak profesionalan dalam melayani. ‘

Sekali saja mereka tidak puas, dengan cepat pesaingmu akan merebutnya.

Tugas utama pebisnis adalah menciptakan solusi

Kata kata bijak bisnis

“Fokuskan bisnismu pada solusi.” – Nadiem Makarim

Pelajaran paling berharga yang bisa diambil dari para pengusaha sukses adalah tujuannya dalam berbisnis. Percaya atau tidak, sebagian besar dari mereka tak sekadar mencari keuntungan, namun keinginan kuat untuk memberi solusi atas permasalahan orang lain.

Ya, begitulah seharusnya berbisnis, senada dengan ungkapan Nadiem Makarim di atas, fokus utama seorang entrepreneur seharusnya adalah solusi.

Pada dasarnya kata solusi memiliki arti yang cukup luas, yakni mengatasi masalah sendiri dan orang lain. Bagi diri sendiri solusi diperlukan ketika dirimu sedang ditimpa kegagalan.

Entrepreneur sejati tak akan terbelenggu oleh rintangan, dia lebih fokus mencari solusi agar bisnisnya kembali bangkit. Sedangkan solusi untuk orang lain berarti kamu berusaha menghadirkan inovasi untuk mengatasi masalah sekitarmu.

Selektif memilih karyawan dalam bisnis itu wajib

“Saya lebih senang mewawancarai 50 orang dan tidak memperkerjakan siapapun daripada memperkerjakan orang yang salah.” – Jeff Bezos

Karyawan adalah partnermu untuk mewujudkan keberhasilan dalam berbisnis. Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum merekrutnya.

Bahkan kalau melihat Jeff Bezos, pengusaha terkaya nomor satu di dunia ini begitu selektif, bahkan dia lebih rela tak memiliki karyawan daripada memperkerjakan orang yang salah.

Lantas apa saja sebenarnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih calon karyawan? Bagi kamu yang mempunyai perusahaan besar mungkin bisa menyerahkan itu pada HRD.

Namun, untuk bisnis yang masih kecil harus kamu tangani sendiri. Beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk menilai, diantaranya kapabilitas, kapasitas, kreatifitas, karakter, kredibilitas, komitmen, dan kesamaan pandangan dengan perusahaanmu.

Bekal di setiap tahapan menuju sukses berbisnis

Kata kata bijak bisnis

“Memulai, perlu keberanian. Membesarkan, perlu ilmu. Itulah kuncinya dalam bisnis.” – Ippho Santosa

Dua hal yang bisa membesarkan bisnis adalah keberanian dan ilmu. Seperti ungkapan Ippho, keberanian kamu perlukan saat membangun usaha. Tak peduli modal dan pengalaman yang sedikit, terpenting wujudkan usahamu terlebih dahulu.

Selanjutnya, setelah bisnis berjalan kamu harus meng-upgrade pengetahuan diri. Dunia bisnis itu penuh dengan kompetisi. Kamu harus kaya dengan berbagai inovasi agar selalu unggul dibandingkan kompetitor.

Kelebihan berbisnis sesuai ajaran nabi Muhammad

“Seorang pebisnis yang jujur lagi amanah, maka dia akan bersama para nabi, shidiqin dan syuhada.” – HR. Turmudzi

Bagi kamu yang beragama Islam, tentu tak asing dengan kisah nabi Muhammad dalam berdagang. Beliau adalah teladan terbaik dalam dunia bisnis.

Dalam sejarah diceritakan, nabi Muhammad selalu menjelaskan dengan jujur kekurangan dan kelebihan barang dagangannya kepada pelanggan.

Selain itu, beliau mematok harga sesuai dengan komoditasnya dan tak pernah melakukan perang harga dengan pedagang lainnya. Sikap ini membuat Rasulullah berhasil menjadi pengusaha sukses, kaya raya, bahkan bisa berdagang ke luar negeri.

Sebagai umatnya, mencontoh cara beliau dalam berdagang adalah termasuk dalam sunnah. Walhasil, tak hanya memperoleh kesuksesan bisnis di dunia, kamu juga akan mendapatkan bagian dari kebaikan seperti yang dilakukan nabi, shidiqin, dan syuhada.

Ya, itulah kata kata bisnis yang bisa kamu ambil pelajaran untuk membangun kesuksesan berwirausaha.

Percayalah, jika kamu terus berusaha, percaya diri dan tidak lupa berdoa kepada Allah SWT, proses berjuangmu dalam dunia bisnis cepat atau lambat akan membuahkan hasil.

Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *