7 Kutipan Kata Tentang Wanita Muslimah yang Menyentuh Kalbu

By |

Agama Islam merupakan agama yang banyak sekali mengatur tentang tata cara perilaku wanita agar tidak salah dalam tindakan. Perilaku ini diatur secara detail dan jelas baik itu di dalam Alquran dalam hadist (sabda Nabi). Selain itu juga terdapat berbagai kata kata bijak Islam tentang wanita dari orang-orang shaleh dapat menjadi referensi seseorang bagaimana bersikap sebagai seorang wanita yang shalihah atau bagaimana menyikapi wanita sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Berikut ini merupakan nasehat Islam yang ditujukan kepada para wanita agar tetap menjadi muslimah yang sejalan dengan syariat Islam.

 

Kutipan Kata Tentang Wanita Muslimah

 

Larangan Berduaan

kata kata Bijak Islam Tentang Wanita

 

“Jangan sekali kali seorang laki laki berduaan dengan seorang wanita kecuali wanita itu bersama mahramnya.” (Al Bukhari)

 

Islam melarang serta sangat membenci orang orang yang mendekati perzinahan. Anda bisa mendapatkan banyak ayat Islam yang berkaitan dengan hukum Islam tentang zinah baik di Alquran mau pun Hadist Nabi.

Seorang laki laki jika sudah berduaan dengan perempuan bisa menimbulkan hal hal yang tidak baik menurut Islam. Kecuali antara keduanya ditemani mahram dari wanita yaitu bapaknya, kakak laki laki, dan mahram lainnya.

Jadi bagi Anda para wanita yang masih belum menikah atau masih pacaran, janganlah kalian mengobrol atau pergi berduaan jika ingin mendapat ridho Allah. Ajaklah saudara wanita yang merupakan mahramnya agar kalian terhindar dari hal hal yang masuk dalam kategori maksiat.

Hal ini juga berlaku bagi wanita yang sudah berumah tangga agar tetap menjaga kehormatannnya baik ketika suami ada didekatnya atau pun ketika suami sedang jauh darinya.

 

Ciri wanita shalihah

 

“…Maka perempuan perempuan yang shalihah adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga mereka.” (QS An Nisa 4:34)

Diterangkan melalui kata kata islam tentang wanita di atas bahwa secara umum wanita shalihah adalah mereka yang tetap menjaga kehormatannya ketika suaminya tidak sedang disampingnya.

Jika seorang wanita ingin keluar rumah maka ini haruslah seizin suaminya. Hal lain nya yang perlu diperhatikan adalah ketika menerima tamu yang bukan mahram perlu ada izin pula dari suami dan ditemani oleh orang yang merupakan mahramnya. Begitulah Islam mengajarkan seorang wanita agar selalu menjaga kehormatannya dari perbuatan yang mendekat pada zinah.

Ciri lainnya seperti pada kata kata hadist di bawah,

Kata kata mutiara Islam tentang Wanita

“Jika seorang istri mengerjakan sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya, “Masuklah ke surga.” (HR. Ahmad)

Inilah ciri ciri seorang wanita shalihah menurut ajaran Rasulullah SAW. Termasuk diantaranya adalah menutup aurat dengan berjilbab serta taat pada suaminya selama sang suami juga dalam ketaatan pada Allah SWT dan mengikuti sunnah rasul. Lakukanlah kata kata bijak anjuran Islam di atas jika ingin mendapatkan tempat di surga kelak.

 

Baca Juga : Kata Mutiara Islam Tentang Kehidupan

 

Wanita Shalihah Perhiasan Dunia Terbaik

Ciri Wanita Shalihah

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR Muslim)

 

Melalui kata kata mutiara Islami tentang wanita dari hadist HR Muslim di atas, Islam mengagungkan wanita sebagai perhiasan dunia yang paling indah. Maksud perhiasan di sini bukan sebagai objek untuk dilihat secara kasat mata namun menjadi teladan yang patut ditiru. Namun kriteria yang disyaratkan adalah hanya wanita shalihah yang taat pada perintah Allah dan mengikuti sabda Nabi SAW.

 

Wanita tiang negara

 

“Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, tetapi jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu.” (Nabi SAW)

 

Kenapa wanita bisa dikatakan sebagai tiang negara? Yah tentu saja logis jika dikatakan demikian, karena wanita merupakan sosok ibu atau calon ibu dari anak-anak yang akan menjadi generasi penerus suatu bangsa. Wanita dalam Islam dianjurkan untuk berada di rumah mendidik anak anaknya. Sedangkan pria berkewajiban menafkahi keluarganya.

Apa jadinya generasi penerus bangsa jika dididik oleh ibu yang banyak melakukan perbuatan maksiat atau perbuatan dilarang lainnya yang tidak sejalan dengan ajaran Alquran dan Nabi SAW ? Tentu akan seperti yang dikatakan kata kata bijak tentang wanita di atas.

 

Kedudukan Wanita dan Pria sama dalam Islam

 

“Barang siapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki laki maupun wanita, sedang ia orang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya sedikitpun.” (QS. An-Nisa : 124)

 

Ayat ini menerangkan tentang kedudukan yang sama antara pria dan wanita. Islam tidak melebihkan kedudukan pria atau wanita dalam ketaatan pada Allah SWT.

Keduanya memiliki derajat yang sama dimana kedudukan mereka di hadapan Allah SWT akan sesuai dengan amal sholeh yang mereka lakukan.

 

Wanita Dewasa Wajib Menutup Aurat (berjilbab)

 

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istri mu dan anak perempuan mu dan istri istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali dan mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun dan Penyayang.” (QS. Al-Ahzab : 59)

 

Seperti kita ketahui bahwa aurat seorang wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah. Wanita muslimah diwajibkan untuk menutup auratnya dengan cara mengenakan jilbab.

Apakah jilbab itu ? Jilbab merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang artinya pakaian yang luas yang dapat menutupi tubuh kecuali bagian wajah dan telapak tangan. Hal ini barlaku bagi setiap wanita yang sudah baligh atau telah beranjak dewasa.

Demikianlah kata kata mutiara bijak tentang wanita muslimah, semoga bermanfaat !

Share

One thought on “7 Kutipan Kata Tentang Wanita Muslimah yang Menyentuh Kalbu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *