Kumpulan Kata Bijak tentang Bosan yang Dapat Membuat Kembali Bersemangat

Share

Bosan seringkali jadi penyakit yang menyerang setiap orang. Rutinitas sama setiap hari terkadang membuat orang susah menghindari rasa bosan.

Namun sayangnya, bosan itu kadang datang terhadap sesuatu yang menjadi tanggung jawab, seperti pekerjaan atau tugas sekolah. Bahkan tak jarang pula bosan dirasakan pada suatu hubungan.

Banyak orang sebenarnya sadar bahwa bosan dapat menghambat produktivitas atau merusak suatu hubungan.

Tetapi mereka tidak tahu cara menghilangkan dan justru membiarkan berlarut-larut, hingga menguasai diri.

Nah, maka dari itu kali ini dibagikan beberapa kutipan kata bijak tentang bosan dari para tokoh yang mungkin bisa membantu diri untuk bangkit melawan kebosanan.

Kumpulan Kata Bijak Tentang Bosan dari Tokoh Sukses

Setiap orang tentu pernah mengalami rasa bosan, termasuk para tokoh sukses. Bedanya mereka mampu bersabar atau menghilangkan rasa tersebut secara cepat.

Berikut beberapa kata bijak yang pernah disampaikan oleh para tokoh sukses terkait kebosanan, antara lain:

Keberhasilan diwujudkan melalui tindakan, bukan rasa bosan

Kata kata mutiara bosan

“Jangan buang waktu dengan mengeluh atau bosan. Kalau Anda memang ingin, buktikan dengan tindakan!” – Dedy Mulyana

Sampai kapan Anda membuang waktu hanya dengan mengeluh bosan? Percuma itu semua tak akan merubah apapun, justru menambah beban.

Setiap tanggung jawab yang kini di hadapan Anda, berarti Tuhan dan orang lain percaya bahwa Anda mampu menyelesaikannya.

Buang semua rasa bosan, jika perlu paksa diri untuk melakukan sesuatu. Anda tak akan merasa kenyang, kalau tak mau berusaha mengambil nasi untuk makan.

Begitu pula dengan impian dan tanggung jawab lainnya, semua tidak dapat tercapai atau terselesaikan apabila Anda nihil tindakan.

Anda bosan? Coba ingat kembali bahwa itu pernah terasa menyenangkan

Kata kata motivasi bosan

“Bosan itu biasa. Tetapi yang membuat kebosanan itu berharga ketika Anda melihat lagi ke belakang, masih terbayang manis, bukan?” – Baro Indra

Setelah lama menjalin hubungan dengan pasangan, wajar jika Anda mengalami rasa bosan. Namun jangan buat itu sebagai alasan untuk berpindah ke lain hati. Hubungan cinta yang kalian bangun tak sebercanda itu.

Belum tentu orang baru bisa lebih baik saat menggantikan posisinya. Alangkah baiknya, jika rasa bosan datang maka ingat kembali bagaimana kalian berjuang atau betapa manisnya kenangan selama ini.

Tentu banyak tawa dan air mata telah dilewati hingga masih bertahan sampai detik ini.

Bosan dapat Mengganggu Kesehatan

“Genggam peluangmu meski dalam kondisi kesehatan seburuk apapun. Sebab tak ada yang lebih buruk bagi kesehatanmu daripada kebosanan.” – Mignon McLaughlin

Menurut kata kata bijak Mc Laughlin, bosan dapat berdampak pada kesehatan. Yah, orang yang mengalami bosan identik dengan kurang memiliki semangat.

Jika tidak memiliki kesabaran, hal ini dapat menimbulkan pikiran-pikiran negatif yang kurang baik bagi kesehatan.

Salah satu cara mengetasinya adalah dengan bersikap sabar (baca juga: Kata kata tentang kesabaran) atau dengan mencari kegiatan lain yang lebih cocok dengan minat Anda.

Cinta adalah kunci menghapus rasa bosan

Kata kata motivasi bosan

“Tak akan ada kebosanan jika seseorang melakukan sesuatu yang indah atau menemukan sesuatu yang benar.” – William Inge

Kunci untuk menghilangkan rasa bosan adalah cintai dan anggap indah apapun yang Anda lakukan.

Pernahkah Anda bertanya mengapa di awal pendekatan antara dua orang kekasih bisa tak membosankan, meski sudah berjam-jam telfonan?

Ya, semua karena cinta. Jadi, mengapa Anda tak menerapkannya pada semua bidang? Cintai pekerjaan, tugas sekolah, atau lainnya yang kini menjadi tanggung jawab Anda untuk diselesaikan.

Lakukan sedikit demi sedikit sampai Anda memperoleh alasan untuk mencintainya.

Buat bosan menjadi alasan membuat kreativitas baru

Kata kata motivasi bosan

“Kebosanan sering menjadi awal munculnya kreativitas yang hebat.” – Robert M. Pirsig

Tak ada salahnya Anda bosan terhadap sesuatu, namun jangan biarkan rasa bosan berlarut-larut tanpa ada tindakan.

Jika memang sekeliling terasa sangat membosankan, maka tugas Anda adalah memunculkan kreativitas baru, sehingga suasana menjadi lebih menyenangkan.

Ya, tugas Anda bukan mencela kegelapan, tetapi menyalakan lilin untuk menerangi sekitar. Apapun itu akan tetap membosankan apabila Anda tak bergerak untuk merubahnya.

Hilangkan rasa bosan untuk menyuarakan kebenaran

“Jangan pernah bosan bicara mengenai kebenaran agar demokrasi tak berakhir dengan kesia-siaan.” – Najwa Shihab

Bicara dan bertindak benar memang tak mudah.  Sebab sering kebenaran justru ditentang atau dicemooh banyak orang.

Namun itu semua jangan membuat Anda merasa bosan untuk berada di koridor yang benar. Najwa Shihab, seorang jurnalis ternama di Indonesia, telah menyemangati Anda untuk tetap menyuarakan hal baik agar demokrasi yang dibanggakan ini tak berakhir sia-sia.

Demokrasi memberi ruang bagi Anda untuk berjuang menyampaikan gagasan dan melawan ketidak adilan. Terserah Anda mau bersuara dengan cara apapun sesuai kapasitas, terpenting isinya tentang kebenaran.

Orang akan bosan jika Anda tak berubah lebih baik

“Jika matahari diorbitnya tidak bergerak dan terus diam. Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang.” – Ahmad Fuadi

Sudah jadi rahasia umum bahwa sesuatu yang sama dan terjadi berulang kali akan membuat bosan. Begitu pula dengan sikap orang lain terhadap Anda.

Mereka akan bosan dan enggan apabila setiap hari tak ada tindakan lebih baik atau kreativitas baru.

Jadi, jika Anda ingin merasakan betapa banyak cinta dan kekaguman, maka buat diri semakin baik dan ciptakan kreativitas baru yang bermanfaat untuk orang lain.

Mungkin sebagian orang tak peduli meski orang lain bosan atau enggan pada dirinya. Namun ternyata, secara psikologis membuktikan bahwa merasa sendirian atau tidak dihargai dapat membuat seseorang menjadi depresi dan tak mencintai dirinya.

Sementara penghargaan dari orang lain bisa menyebabkan kepercayaan diri dan produktivitas semakin meningkat.

Membiarkan bosan menguasai diri sama dengan menghilangkan semangat berjuang

Kata kata bijak bosan

“Jika Anda memberikan kesempatan pada perasaan malas atau bosan untuk menguasai diri, maka pasti semangat juang Anda akan hilang.” – Andrie Wongso

Jangan pernah memberi ruang pada bosan sedikitpun, sebab lambat laun bisa menguasai diri Anda. Jika sudah dikuasai oleh perasaan malas dan bosan, maka semangat juang untuk mencapai keinginan jadi hilang.

Tak ada yang bisa menghilangkan bosan, kecuali diri Anda diri sendiri. Saat rasa malas atau bosan menerpa, maka berhenti sejenak, lakukan sedikit refreshing yang bisa membuat pikiran Anda semangat kembali, seperti jalan-jalan, membaca quotes semangat, atau lainnya. Kemudian, paksa diri untuk kembali menjalankan kewajiban.

Teruslah berkarya, apapun yang terjadi!

Kata kata bijak bosan

“Sebuah karya akan memicu inspirasi. Maka dari itu teruslah berkarya saat berhasil, gagal, maupun bosan.” – Michael Crichton

Apapun kondisi Anda teruslah berkarya. Yakin bahwa hasil tak akan menghianati proses. Ketika kebosanan datang, paksa diri untuk tetap berkarya hingga saatnya tiba Anda memetik buah dari kerja keras membangun karya selama ini.

Ya, memaksa diri itu memang tak enak dan sulit, tetapi ketika kerja keras telah berbuah, Anda akan menyesal atau berkata pada diri sendiri mengapa dulu tak lebih keras lagi dalam berproses?

Jangan pernah sia-siakan selagi Anda memiliki kesempatan dan kemampuan.

Ketahui musuh terbesar kebahagiaan

Kata kata bijak bosan

“Dua musuh kebahagiaan manusia adalah kebosanan dan kepedihan.” – Arthur Schopenhaeur

Tahukah Anda musuh terbesar dalam diri? Ya, rasa bosan yang berlarut-larut dipelihara. Rasa ini sudah pasti membuat Anda menghentikan segalanya, menghambat proses mewujudkan impian.

Maka dari itu, sejak saat ini sadari bahwa bosan adalah penghalang hadirnya kebahagiaan. Berawal dari bosan, sebuah kemalasan itu datang dan menghancurkan semua rencana.

Hadapi bosan dengan mengingat betapa manisnya hasil yang akan Anda petik nantinya.

Pilihan hidup ada di tangan Anda

Kata kata bijak bosan

“Hidup tak pernah membosankan, tetapi sebagian orang memilih untuk bosan.” – Wayne Dyer

Hidup tak akan berubah lebih baik, jika Anda sibuk mencari alasan dan menyalahkan. Betapa banyak orang menyalahkan kehidupan atas rasa bosan dan malasnya.

Padahal Tuhan telah menyediakan beraneka ragam keindahan yang bisa membuat hidup layak dinikmati dan disyukuri.

Saat Anda bosan, bukan karena hidup itu membosankan, tetapi karena Anda memilih untuk bosan. Ya, hidup itu pilihan, terserah Anda mau menempuh jalan mana.

Nah, itulah beberapa kata bijak tentang bosan. Apakah berpengaruh terhadap perasaan Anda sekarang?

Perlu diingat bahwa sukses atau tidak tergantung seberapa besar perjuangan Anda dan tentunya dengan ridho Allah SWT. Apa yang Anda tanam, itu yang akan dipetik.

Semoga bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *