Kata kata nyentrik dan Lucu Bob Sadino tentang menjadi Pengusaha

By |

Melalui kata kata mutiara nyentriknya Bob Sadino banyak menasehati pengusaha agar tetap fokus ketika melakukan usaha.

Setiap pengusaha yang sudah terjun ke dunia usaha ketika mulai mendapatkan laba, tentu akan mudah tergoda dengan ide bisnis lainnya.

Namun setiap bisnis baru yang tidak menunjang bisnis sebelumnya akan menambah pengeluaran waktu dan tenaga yang tentu akan mengurangi effort pada pelaksanaan bisnis lainnya.

Inilah yang banyak dikritik Bob Sadino melalui kata kata mutiaranya. Langsung saja ikuti pembahasan berikut ini!

Kata kata Mutiara Bob Sadino tentang Bisnis

Jangan Banyak Berharap

Kata kata bob sadino

 

“ Terlalu banyak harapan yang tidak sesuai kenyataan. Jadi, ngapain berharap? ” – Bob Sadino 

 

Menurut Bob Sadino dalam usaha, harapan (keinginan) diusahakan tidak terlalu berlebihan atau bahkan ditiadakan (pasrah). Jika kita terlalu banyak berharap, maka akan banyak pertimbangan dan perencanaan yang dapat menghalangi seseorang untuk fokus dalam melangkah ke depan.

Beda orang ‘Pintar’ dan orang ‘Goblok’

Kata kata bob sadino

 

“ Orang pintar biasanya paling banyak harapannya. Bahkan maunya berhasil dalam waktu singkat. Padahal, semua itu impossible! Orang goblok harapannya hanya satu; hari ini bisa makan! ” – Bob Sadino

 

Lagi, Bob Sadino mengatakan bahwa dalam usaha jangan banyak berharap terutama untuk berhasil secara instan. Orang yang terlalu banyak berharap diibaratkan sebagai orang pintar yang banyak pertimbangan.

Banyak nya harapan akan menyebabkan seseorang tidak fokus. Kita bisa mencontoh orang kurang mampu yang hanya memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan primernya. Mereka akan fokus pada apa yang bisa dilakukan untuk sekedar bertahan hidup.

 

“ Orang ‘pintar’ biasanya banyak ide, bahkan mungkin terlalu banyak ide, sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sedangkan orang ‘goblok’ mungkin hanya punya satu ide, dan satu ide itulah yang menjadi pilihan usahanya. ”  – Bob Sadino

 

Ketika memulai usaha sebaiknya kita fokus pada satu ide utama, karena terlalu banyak rencana bisa mengakibatkan kegagalan dalam usaha (too much idea will make you fail!). Pastinya dengan banyaknya keinginan-keinginan itu, Anda menjadi tidak fokus.

 

Keberhasilan diantara Banyak Kegagalan

Kata kata bisnis bob sadino

 

“ Keberhasilan itu adalah sebuah titik kecil yang berada di puncak segunung kegagalan. Maka kalau mau sukses, carilah kegagalan sebanyak- banyaknya. ” – Bob Sadino

 

Tidak mudah mencapai keberhasilan. Setidaknya ada banyak kegagalan yang mungkin dilalui sebelum mencapai sukses dalam bisnis.

Agar tetap pada jalur untuk mencapai sukses, jadikan kegagalan sebagai pelajaran dan batu pijakan untuk melangkah lebih maju.

Ilmu Praktek ada di Mana mana

“ Ilmu memang berserak di mana-mana di seluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada di dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan, seekor ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga…”  – Bob Sadino

 

Ilmu yang dimaksud Bob Sadino adalah ilmu lapangan yang bisa didapat dari berbagai kegiatan saat melakukan usaha. Dibanding Ilmu yang ada di kampus yang kebanyakan berupa ilmu teorits, menurut Bob Sadino ilmu lapangan lebih luas cakupannya.

Misalnya dalam teori bisnis lokasi merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan pelanggan. Namun Anda juga perlu terjun langsung melihat lokasi serta mengamati bagaimana kondisi orang yang lalu lalang di sekitar tempat bisnis Anda nantinya.

Pada saat Anda mengamati orang yang lewat, bisa saja timbul ide di otak Anda bahwa sebaiknya Anda membuka bisnis menjual kopi yang bisa didelivery, karena ternyata yang banyak lewat tempat Anda adalah orang-orang kantoran atau pekerja yang sering singgah di warung kopi.

Anda bisa menyediakan kopi yang lebih bervariasi dan lebih nikmat rasanya.

Berjalan Terus Mencapai Sukses

“ Cukup satu langkah awal. Ada kerikil saya singkirkan. Melangkah lagi. Bertemu duri saya sibakkan. Melangkah lagi. Terhadang lubang saya lompati. Melangkah lagi. Berjumpa api saya mundur. Melangkah lagi. Berjalan terus dan mengatasi masalah. ” – Bob Sadino

 

Tidak ada jalan mulus ketika kita ingin mendapatkan apa yang dicita citakan. Ada saja masalah yang akan ditemui. Masalah bisa datang dari diri sendiri (kurang motivasi diri) atau datang dari luar diri seperti kurang modal, tidak ada tempat usaha, kurang pengalaman, pengetahuan dan lain lain.

Menurut kata kata bijak Bob Sadino, lakukan step by step. Jika ada halangan ketika melangkah, jangan berbalik arah. Atasi hambatan tersebut dengan mencari tahu penyebab masalah dan belajar dari yang sudah pernah berhasil melewati masalah yang sama..

Misalnya saat Anda ingin mendapatkan tambahan pendapatan dengan berbisnis, Anda terkendala modal coba atasi dengan mencari rekanan bisnis atau belajar pada pengusaha lain yang Anda kenal.

Masih banyak hambatan yang akan Anda temui di depan, jangan kaget, tetaplah sabar, fokus dan terus berusaha.

Fokus dalam Bisnis

“ Orang ‘pintar’ sering menganggap remeh kata fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang ‘goblok’ tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya. ” – Bob Sadino

 

Memiliki beberapa bisnis atau sumber pencarian memang kelihatannya bagus dan terkesan lebih aman ketika bisnis kita yang lain tidak jalan.

Namun pada prakteknya ini sulit dilakukan. Ketika kita tidak fokus pada satu bisnis, kita akan lebih banyak mengeluarkan biaya dan waktu dan hasil yang dicapai pada setiap bisnis tidak maksimal.

Sementara saingan bisnis kita yang fokus pada bisnis yang sama sudah melangkah lebih maju dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Itulah sebabnya Bob Sadino mengatakan bahwa orang yang pintar (terlalu banyak ide) lebih sering tidak fokus berbisnis karena memiliki terlalu banyak bisnis yang diimplementasikan yang sering tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Orang Goblok Banyak Pertimbangan

 

“ Orang ‘goblok’ biasanya lebih berani dibanding orang ‘pintar’. Kenapa? Karena orang ‘goblok’ sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya, orang ‘pintar’ terlalu banyak pertimbangan.” – Bob Sadino

 

Orang goblok yang dimaksud Bob Sadino pada kutipan kata di atas adalah orang yang tidak terlalu banyak pertimbangan ketika berbisnis. Orang seperti ini akan terus belajar dari pengalaman dan berusaha lebih baik ketika menghadapi kegagalan.

Pengusaha Tak Harus Pintar

Kata kata bisnis bob sadino

 

“ Pengusaha tak harus pintar dalam segala hal. Tapi mesti lihai mencari orang pandai.”  – Bob Sadino

Pengusaha harus memiliki jiwa enterpreuner sekaligus memiliki jiwa marketing dan tahu bagaimana mempekerjakan orang-orang pintar.

Mereka tidak perlu terlibat banyak secara teknis karena seorang pengusaha seharusnya lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya.

Serahkan hal-hal teknis kepada orang-orang yang lebih ahli di bidangnya.

Tips Berhasil dalam Usaha

Kata kata bisnis bob sadino

 

“Kem Chicks tumbuh menjadi seperti sekarang karena dua hal, karena melayani apa yang diminta, karena saya menciptakan pasar. ” – Bob Sadino

 

Kem Chicks adalah nama perusahaan sekaligus brand yang dibangun Bod Sadino yang bergerak di bidang agro bisnis dan telah menjadi salah satu penyedia kebutuhan bahan makanan terbesar yang fokus untuk memenuhi kebutuhan  expatriat atau kalangan menengah ke atas.

Hal yang membuat Kem Chicks terkenal menurut Bob Sadino adalah karena memenuhi sesuai kebutuhan pasar dan menciptakan pasar (pasar baru).

Pasar baru dapat diciptakan dengan inovasi-inovasi baru untuk memberikan nilai tambah.

Nikmati Pekerjaan Anda

“ Apakah Anda sudah menikmati apa yang dilakukan selama ini? Kalau belum, berarti Anda hanya bekerja keras. Segera cari bidang lain yang bisa Anda nikmati sehingga tidak perlu lagi mendapatkan cap pekerja keras! Melainkan penikmat pekerjaan. . .” – Bob Sadino

 

Menurut Bob Sadino melalui pertanyaan bijaknya, kita perlu menikmati apa yang kita lakukan. Jika kita tidak bisa menikmatinya sebaiknya cari pekerjaan lain atau terjun kedunia usaha yang sesuai bakat dan minat kita.

Orang Terpola Sulit Berbisnis

Kata kata pengusaha bob sadino

 

“ Pengalaman saya menunjukkan, orang-orang seperti Anda (yang terpola, seragam dan kaku), tidak bakal menjadi kaya, bahkan sampai mampus! ” – Bob Sadino

 

Menjadi orang sukses harus bisa fleksibel kata Bob Sadino melalui caption bijaknya. Anda harus bisa sedikit mengubah kebiasaan dan kreatif dalam menjalankan bisnis dan pekerjaan Anda.

Itulah beberapa kutipan kata kata mutiara nyentrik yang banyak berisi nasehat bagaimana cara nya menjadi pengusaha sukses.

Semoga kita dapat memetik hikmah yang baik dibalik setiap nasehat atau kata kata bijak nyentrik Bob Sadino di atas!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *