Kata-kata Tentang Rezeki dari Allah agar Mudah Bersyukur

By |

Terkadang kita merasa sedih jika usaha yang sudah kita lakukan ternyata tidak sebanding dengan apa yang telah kita dapatkan. Jika kita melihat orang lain yang memiliki tujuan sama dengan kita namun dia berhasil meskipun usaha yang dilakukannya lebih sedikit daripada yang kita lakukan, maka akan membuat kita merasa iri dan jengkel. Tak sedikit pula orang-orang yang merasa demikian menjadi putus asa dengan usahanya tersebut.

Tahukah Anda bahwa sesungguhnya jika ada kegagalan di dalam usaha yang Anda lakukan pasti akan memberi hasil positif bagi diri Anda sendiri. Sebagai contoh, jika Anda menjalankan usaha bisnis online dan mendapati usaha Anda tersebut gagal, maka secara tidak langsung Anda akan menemukan kegagalan dan apa penyebab kegagalan yang bisa Anda perhatikan dan teliti. Dengan demikian, biasanya Anda akan mengambil cara yang berbeda agar bisa sukses meskipun tidak menggunakan cara yang sama dengan orang yang telah sukses sebelumnya.

Agar lebih membuat Anda lebih bersyukur dengan rezeki yang telah Anda dapatkan, berikut ada beberapa kata kata tentang rezeki yang bisa Anda jadikan motivasi dalam melakukan usaha.

Kata-kata Tentang Rezeki dari Allah

Sebagian orang hanya memahami rezeki hanya sebatas harta kekayaan. Mereka mengira rezeki yang diberikan Allah hanya berupa uang, emas, tanah, dan berbagai jenis kekayaan lainnya. Oleh karena itu, tidak sedikit pula orang yang merasa tertipu dengan kenikmatan duniawi sehingga mereka kurang bersyukur ketika mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.Padahal, tanpa Anda sadari rezeki itu bukan hanya sekedar harta kekayaan saja.

Rezeki Allah sangatlah luas, bahkan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia juga disebut sebagai rezeki.Contohnya saja ilmu, kesehatan, pangkat, umur, teman ayng baik, pasangan, keturunan, dan masih banyak lagi rezeki yang Allah berikan.

Beberapa kumpulan kata kata rezeki di bawah ini berbicara tentang berbagai macam mengenai rezeki. Quotes rezeki tersebut berisi nasihat agar kita selalu mensyukuri setiap rezeki yang kita peroleh dalam bentuk apapun. Kata kata tentang rezeki tersebut di antaranya sebagai berikut:

Kesabaran adalah rezeki yang paling baik

“Aku sudah melihat segala bentuk rezeki, tapi tidak aku temukan rezeki yang lebih baik daripada kesabaran” (Umar Bin Khatab)

Kata kata tentang rezeki menurut Umar Bin Khatab tersebut bercerita tentang berbagai macam rezeki yang manusia peroleh namun tidaklah lebih baik daripada kesabaran.Sebab, kesabaran merupakan rezeki yang tidak semua orang bisa mendapatkannya secara baik.Jangan beranggapan bahwa rezeki hanyalah uang. Ternyata lebih dari itu seperti kesehatan, tempat kerja yang jaraknya dekat, teman-teman yang baik, dan kesabaran. Tak mudah untuk besikap sabar oleh sebab itu jika Anda bisa memiliki kesabaran yang luas, itu semua karena pertolongan Allah SWT sebagai bentuk pemberian rezeki.

Rezeki akan diperoleh jika bertawakal pada Allah

“Seandainya kalian betul-betul percaya (tawakal) kepada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rezeki sebagaimana burung mendapatkan rezeki.Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore harinya dalam keadaan kenyang.” (HR Bukhari)

Kata kata rezeki menurut HR Bukhari di atas memiliki makna bahwa jika Anda selalu bertawakal kepada Allah, maka Allah juga akan memberikan rezeki kepada Anda. Namun, Anda juga harus senantiasa selalu menjalankan perintah dan menjauhi semua larangan yang sudah Allah tetapkan. Jika Anda percaya kepada Allah, maka Anda akan diberikan rezeki sebagaimana Allah memberikan rezeki kepada burung yang pergi pagi mencari rezeki dalam keadaan lapar dan pulang dalam keadaan kenyang. Yang terpenting ialah manusia harus berusaha sekuat tenaga, kemudian Allah akan mencukupkan kebutuhannya dengan pemberian rezeki yang berlimpah. Bahkan, Allah telah menjanjikan bahwa setiap makhlukNya sudah mendapatkan jatah rezeki sendiri-sendiri sehingga manusia tidak perlu khawatir yang berlebihan.

 

Rezeki semua makhluk datangnya dari Allah

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semua itu tertulis dalam kitab kitab yang nyata”  – Lauh Mahfuzh ( QS. Huud 6)

Perlu Anda ketahui bahwa di dunia ini tidak ada satupun makhluk yang mendapatkan rezeki melainkan Allah yang memberikannya.Bahkan binatang saja yang mengetahui di mana letak makanannya itu merupakan adanya campur tangan dari Allah SWT.Allah SWT memberikan rezeki kepada makhluk yang berusaha untuk mendapatkannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal rezeki. Selama Anda berusaha dan bertaqwa kepada AllahSWT, maka rezeki akan mengalir dengan mudah.

Allah memberikan rezeki kepada makhluk-Nya tanpa batas

“Sungguh Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.” (QS. Ali Imran 37)

Jika Anda mengharap datangnya rezeki dari Allah SWT, maka rajinlah beribadah kepada Allah. Niscaya Allah akan senantiasa memberikan Anda rezeki yang tiada tara. Sebab, Allah akan memberikan rezekinya kepada siapa saja yang dikehendakiNya. Bahkan, jumlahnya bisa saja lebih banyak dari yang Anda bayangkan. Ingatlah bahwa Allah mampu melakukan apa saja sesuai yang Ia kehendaki, bahkan terhadap suatu hal yang kelihatannya mustahil. Dengan campur tangan Allah, semua bisa saja terjadi.

Rekomendasi untuk Dibaca : Kata kata Mutiara tentang Ikhlas

Mohonlah ampunan kepada Allah agar mendapatkan limpahan rezeki

“Barang siapa terus menerus memohon ampun (Kepada Allah), maka Allah akan memberikan baginya kebebasan dari setiap kesusahan, jalan keluar dari setiap kesempitan dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR Bukhari)

Jika usaha yang Anda lakukan belum membuahkan hasil, mungkin Allah akan memberikan rezeki melalui cara lain.Sebab, rezeki Allah bisa datang dari hal apapun yang tidak disangka-sangka.Oleh karena itu, segeralah meminta ampunan dari Allah sebelum semuanya terlambat. Saat Anda dalam keadaan susah, mohon ampunan dan mintalah pertolongan kepada Allah SWT. Sebesar apapun masalah yang dihadapi, Allah SWT pasti akan memberikan jalan keluar terbaik menurutNya.

Jangan jadikan anak sebagai alasan sumber kemiskinan

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut ditimpa kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu perbuatan dosa besar.” (QS. Al-Isra’ 31)

Jangan takut akan menjadi miskin ketika memiliki anak. Setiap anak memiliki jatah rezeki sendiri-sendiri. Banyak kasus masyarakat yang melakukan aborsi karena takut tidak bisa membiayai kehidupan sang calon anak. Sungguh perbuatan tersebut tidak dibenarkan dan itu termasuk perbuatan keji. Allah akan memberikan rezeki kepada setiap anak yang dilahirkan ke dunia ini. Jadi, sebagai orang tua tak perlu merasa khawatir berlebihan. Percayalah bahwa Allah akan memberikan rezeki selama kita berusaha. Jangan lupa terus berdoa agar dimudahkan dalam mencari rezeki.

Allah telah menjamin rezeki bagi semua makhlukNya

“Aku telah membaca pada 90 tempat dalam Al- Quran bahwa Allah telah menetapkan rezeki dan menjaminnya bagi segenap makhluk-Nya. Dan aku hanya menemukan 1 ayat yang mengatakan : “ Dan syaitan itu menjanjikan kefakiran .” ( Al- Baqarah : 268).

Jangan pernah ragu akan janji Allah tentang jaminan rezeki untuk setiap hambaNya. Bahkan, janji tersebut ada pada 90 tempat di Al Qur’an. Mulai sekarang, hilangkan pikiran negatif akan susahnya mencari rezeki. Apabila saat ini Anda masih susah mencari uang, cobalah untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Rajinlah beribadah dan mohon ampunan kepadaNya. Doa yang khusyu’ In Shaa Allah akan diijabah. Bahkan, Anda bisa melakukan sedekah sebagai pancingan mendapatkan rezeki yang besar. Melakukan sedekah tidak hanya saat dalam keadaan berkecukupan saja, justru bersedekah di saat miskin akan membuat pintu rezeki Anda terbuka lebar.

Bertawakallah pada Allah, niscaya akan dicukupkan rezekinya

“Dan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi segala sesuatu.” (QS. At- Talaq)

Salah satu cara untuk mendapatkan kelapangan rezeki ialah dengan bertawakal dan ikhtiar. Allah menyukai orang yang selalu mendekatkan diri kepadaNya. Siapa yang berdoa kepadaNya dengan khusyu’ dan sungguh-sungguh, maka Allah akan mengabulkannya. Anda bisa memohon kepada Allah untuk selalu dilancarkan rezekinya. Bahkan, ketika Anda sendiri seolah-olah putus harapan, dengan kekuatan doa rezeki bisa datang dari arah yang tak terduga. Jangan pernah ragu akan kekuatan Allah SWT karena dia Maha Pemberi Rezeki untuk semua makhluk ciptaanNya. Jangankan manusia, hewan yang terlahir ke dunia saja dijamin rezekinya oleh Allah SWT.

Jangan hanya mengejar kekayaan untuk diri sendiri

“Allah katakan bahwa rezeki, nafkah dan uang akan datang, dan bahkan yang lebih baik lagi dari itu, jika kepedulianmu tidak hanya tercurah untuk diri sendiri. Kepedulianmu harusnya tercurah juga kepada orang lain. Islam tidak menentang kekayaan.Tapi Islam menentang kekayaan yang hanya melayani dan menguntungkan diri sendiri.” (Nouman Ali Khan)

Tidak ada manusia yang tidak ingin hidup berkecukupan. Hidup kaya raya dengan memiliki harta berlimpah memang menjadi idaman semua orang. Dalam ajaran Islam, menjadi kaya bukan hal yang salah. Yang salah ialah apabila mengejar kekayaan untuk mendapatkan keuntungan diri sendiri. Sebagai manusia yang beriman, sebaiknya Anda menggunakan harta kekayaan di jalan Allah. Misalnya untuk membantu sesama yang berkekurangan. Allah menyukai orang-orang dermawan yang tidak pelit harta kekayaan. Bahkan, ketika di akhirat nanti, setiap orang akan diminta pertanggungjawaban atas penggunaan harta benda yang dimilikinya selama di dunia. Jika harta benda digunakan tidak di jalan Allah, maka celakalah karena Allah akan memberikan hukuman.

Bentuk rezeki itu bermacam-macam tidak hanya kekayaan saja

“Rezeki tidak hanya berupa kekayaan. Kesehatan, pasangan, keturunan, teman baik, pengetahuan, keterampilan, kecerdasan, dan sebagainya juga merupakan rezeki yang Allah berikan kepadamu. Maka mintalah rezeki yang baik kepadaNya, dan senantiasa bersyukur kepada-Nya atas semua nikmat yang telah Dia berikan kepadamu.” (Dr. Bilal Philip)

Rezeki itu bukanlah hanya sekedar kekayaan berupa uang, mobil, tanah ataupun yang lainnya.Namun rezeki lebih dari itu. Segala nikmat di dunia ini merupakan rezeki misalnya berupa kesehatan, pasangan, keturunan, teman baik, keterampilan, kecerdasan dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, selalu bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan untuk Anda di dalam kehidupan ini. Bahkan, ada orang-orang yang merasa bahagia meskipun hidup dalam kemiskinan. Rasa bahagia itu karena Allah memberikan rezeki kepada mereka dalam bentuk lain misalnya mendapatkan pasangan yang romantis, anak-anak yang sholeh, kesehatan yang bagus atau lainnya.

Tidak ada yang bisa memberikan rezeki selain Allah

“Atau siapakah dia yang dapat memberi kamu rezeki jika Allah menahan rezeki-Nya?”  (QS. Al- Mulk 21)

Pernahkah Anda berpikir bahwa siapa yang akan memberikan rezeki kepada Anda selain Allah? Apa jadinya jika Allah menahan rezeki Anda? Seperti apa yang sudah terdapat di dalam QS. A- Mulk ayat 21 di atas bahwa tidak ada sesuatu yang lain yang bisa memberikan rezeki selain Allah SWT. Oleh karena itu, mintalah rezeki hanya kepada Allah jangan kepada yang lainnya.

Rezeki sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah

“Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendakiNya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” (QS. Asy Syuraa 27)

Ketahuilah bahwa Allah sudah menetapkan banyaknya rezeki yang diberikan kepada seseorang. Sebab, jika Allah selalu melapangkan rezeki semua umat-umatNya, maka mereka akan bertindak melampaui batasnya. Oleh karena itu, tepatlah jika Allah menurunkan rezeki sesuai dengan ukurannya.Sebab, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Melihat. Sebagai contoh, ada orang yang diuji dengan kemiskinan karena Allah ingin hamba tersebut selalu mendekat kepadaNya. Allah tahu jika dia diberikan kekayaan yang berlimpah, dia bisa lupa diri dan menjadi orang yang tidak bertaqwa.

Laknat Allah akan diterima oleh mereka yang tidak mempercayai-Nya

“Orang yang tidak percaya bahwa Allah telah menjamin rezekinya, maka ia akan mendapatkan laknat dari Allah.” (Hasan al-Bashri)

Jangan pernah sekali pun meragukan kebesaran Allah sebagai penjamin rezeki setiap makhlukNya. Bahkan, Allah akan melaknat orang-orang yang tidak percaya akan kuasanya sebagai pemberi rezeki. Setelah mengetahui hal tersebut, sudah sepantasnya kita menambah iman dan selalu percaya bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki. Apabila Anda ingin mendapatkan pintu rezeki yang lebar, maka selalu mendekatlah kepada Allah SWT.

Syukurilah nikmat yang sudah Allah berikan

“Barang siapa yang tidak menghargai nikmat, maka nikmat itu akan diambil dalam keadaan ia tidak mengetahuinya.” (Siriy Assaqathi)

Allah bisa kapan saja mengambil rezeki yang sudah Anda miliki sekarang jika Anda tidak pernah bersyukur. Oleh karena itu, selalu bersyukurlah dengan apa yang Anda dapatkan meskipun tidak seberapa. Sebab, semua rezeki yang Anda dapat hanyalah titipan dari Allah SWT. Apabila Anda pandai mensyukuri segala sesuatu yang telah Anda dapatkan, Allah SWT akan menambah nikmat tersebut menjadi berkali-kali lipat.

Mereka yang mensyukuri nikmat Allah merupakan yang terkaya

“Orang yang terkaya yaitu orang yang menerima pembagian Allah dengan rasa senang.” (Ali bin Husein)

Sesungguhnya orang yang terkaya bukanlah mereka yang paling banyak memiliki harta kekayaan ataupun yang lainnya.Sebab, orang yang mampu menerima pembagian Allah secara ikhlaslah yang dikatakan sebagai orang terkaya.

Syukuri berapapun rezeki yang didapat

“Siapapun pun yang akalnya telah sempurna, maka ia akan merasa cukup dengan rezeki yang mencukupi hidupnya.”

Orang yang memiliki akal sempurna, pasti ia juga mampu untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan di hidupnya. Selain itu, ia juga tidak akan mengeluh kekurangan meskipun rezeki yang diberikan Allah belum mencukupi kebutuhannya. Senantiasa ia akan merasa cukup dengan rezeki yang telah Allah berikan untuk mencukupi hidupnya.

Syukuri nikmat-Nya, Anda pun akan merasa menjadi orang kaya

Seseorang tidak akan merasa kaya jika tidak pernah merasa cukup dengan rezekinya

“Barang siapa yang merasa cukup dengan rezeki yang mencukupi hidupnya, maka ia akan merasa kaya. Dan orang yang tidak merasa cukup dengan rezeki yang mencukupi hidupnya, maka ia tidak pernah merasakan kekayaan sama sekali.”

Siapakah orang terkaya di dunia ini? Dialah yang mampu mensyukuri nikmat Allah SWT. Orang yang selalu bersyukur atas apa yang dimilikinya maka akan merasa menjadi orang kaya. Sebaliknya, seberapa besar harta kekayaan yang dimiliki, seseorang tidak akan merasa puas apabila tidak memiliki rasa syukur. Untuk itu, sebagai manusia janganlah terlalu ambisius untuk mendapatkan ini itu tanpa rasa syukur. Sekecil apapun nikmat yang Anda miliki, syukurilah karena itu merupakan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Lihatlah mereka yang berada di bawah Anda agar bisa selalu bersyukur

“Lihatlah orang-orang yang di bawahmu dalam urusan harta dunia, dan jangan sekali-kali melihat yang berada di atasmu, supaya kamu tidak meremehkan karunia Allah yang diberikan kepadamu.”

Sifat dasar manusia ialah tidak pernah merasa puas atas apa yang telah dimiliki. Akan tetapi, jangan biarkan sifat tersebut menguasai Anda. Jika Anda masih merasa kurang bersyukur, cobalah tengok mereka yang keadaaannya di bawah Anda. Masih banyak orang yang keadaaannya memprihatinkan. Bahkan, untuk makan keesokan harinya saja masih susah.

Semakin banyak rezeki, perbanyaklah beribadah kepada Allah SWT

“Jika rezeki yang didapat merupakan alat untuk beribadah, maka semakin banyak rezekinya semakin banyak pula ibadah yang kita lakukan.”

Sebagai orang beriman, banyaknya rezeki yang didapatkan harus seimbang dengan ibadah yang dilakukan. Sebagai tanda syukur dan terima kasih kepada Allah SWT, Anda sebaiknya semakin banyak melakukan ibadah saat diberikan rezeki melimpah oleh Allah. Bukan malah sebaliknya, saat meminta rezeki melakukan ibadah khusyu’, begitu diberikan harta yang berkecupan lupa melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Berbuat kebaikan tidak hanya dengan harta

“Apabila kamu tidak berbuat kebaikan kepada orang lain dengan kekayaanmu, maka berilah mereka kebaikan dengan wajahmu yang berseri-seri, disertai akhlak yang baik.”

Jika Anda tidak memiliki harta yang cukup untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan, maka Anda bisa memberinya kebaikan yang lain. Misalnya saja dengan Anda senyum di hadapan mereka dan dengan menunjukkan perilaku yang baik pula.Semua itu juga sudah termasuk ke dalam bersedekah walaupun tidak menggunakan harta.

Itulah beberapa quotes tentang rezeki. Semoga kata bijak tersebut bisa menjadi renungan untuk Anda agar bisa memahami hakikat dari sebuah rezeki.Selain itu, Anda juga bisa bersyukur atas setiap rezeki yang telah Allah karuniakan kepada Anda.

Baca Juga : Kata kata bijak Islami Obat Penyakit Hati

(Ika Pratiwi)

Images :

Pixabay.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *