Nasehat Bijak Tentang Pelanggan dari Pengusaha Top untuk Kelancaran Bisnis Anda

By |

Dalam istilah marketing maupun bisnis, banyak nasehat yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. Pengalaman pelanggan dalam memakai suatu jasa atau produk sangat penting artinya bagi kelanjutan penggunaan produk. Pengalaman yang baik akan membuat produk atau jasa dipesan atau digunakan lagi secara berkelanjutan. Namun jika pelayanan atau produk tidak memuaskan pelanggan atau buruk maka akan menyebabkan produk tersebut tidak digunakan lagi bahkan kesan buruk yang didapat dapat dengan mudah ditularkan melalui cerita ke calon pelanggan yang lain.

Bagaimana sebaiknya kita menciptakan suatu produk yang bernilai serta bagaimana agar pelanggan tetap menggunakan produk atau layanan kita ? Simak lanjutannya berikut ini !

Kata Kata Bijak Tentang Pelanggan bagi Usaha dan Bisnis

Jaga Layanan Anda

“Toko yang menjual barang-barangnya dengan harga murah, namun kurang menaruh perhatian pada layanan yang diberikannya, tidak akan mencapai kesuksesan seperti halnya toko dengan pegawai yang sopan. Pelanggan tidak begitu tertarik untuk menghemat sedikit uang belanja dengan mengorbankan layanan yang diterimanya. Pelayanan yang sopan akan menjadikan pelanggan sebagai iklan berjalan.” – James Cash Penney

Pernahkah Anda menggunakan jasa seseorang dengan harga murah namun mendapat pelayanan yang tidak memuaskan ? Atau pernahkah Anda pergi ke supermarket atau rumah makan namun Anda kesal karena kurang mendapat pelayanan yang semestinya ? Sebaliknya, pernahkah Anda membayar lebih pada suatu produk atau jasa namun Anda tidak menyesal karena pelayanan yang Anda dapat sesuai bahkan melebihi yang Anda harapkan ?

Saya yakin Anda tentunya pernah menemukan hal yang demikian.

Saya sendiri pernah menemani isteri membeli barang di toko grosir pakaian di Tanah Abang. Saat itu isteri saya ingin berjualan baju secara online. Kami menemukan satu toko yang ramah sekali pelayanannya. Kebetulan yang menjaga toko adalah pemilik toko itu sendiri. Sambil membicarakan barang dagangannya dia juga banyak bercanda dan suasana menjadi cair. Apa pun barang yang dia tawarkan saat itu kami beli sesuai dengan rencana semula. Tadinya kami ingin membeli di beberapa tempat, namun karena yang punya toko sudah bisa membuat isteri saya percaya akhirnya hampir semua barang kami ambil darinya.

Begitulah yang seharusnya kita lakukan terhadap pelanggan kita. Jadikan mereka sebagai aset yang tidak ternilai dan jangan remehkan kebutuhan mereka untuk mendapatkan informasi, layanan semestinya baik ketepatan akan janji yang kita berikan, kualitas produk dan tentunya tata krama atau sopan santun. Lebih baik lagi jika pelanggan bisa kita ajak berkomunikasi 2 arah.

Cintai Pekerjaan Anda dan Utamakan Pelanggan

Jika Anda bekerja hanya untuk uang, Anda takkan pernah sukses, tetapi jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dan selalu mengutamakan kepentingan pelanggan, kesuksesan akan ada di tangan Anda.” – Ray Kroc

Ketika kita melakukan usaha carilah usaha yang sesuai dengan bakat dan minat kita. Jangan hanya melakukan bisnis untuk mendapatkan uang. Hal ini dapat berdampak pada hasil yang kurang maksimal. Bahkan bisnis Anda akan mudah tenggelam.

Banyak kesenangan yang bisa timbul dari pekerjaan yang sesuai bakat. Bagi orang yang senang bersosialisasi dan tampil di depan umum misalnya, tentunya akan mudah baginya mengerjakan pekerjaan public relation. Seseorang yang berbakat di bidang matematika tentunya akan memiliki kecocokan mengerjakan pekerjaan akutansi atau keuangan atau seseorang yang hobi internet akan mudah menjalankan usaha internet marketing. Seseorang yang hobi pemrograman akan cocok baginya membuat usaha berbasis software.

Selain itu, jika Anda terjun dalam bisnis tidak hanya produk bagus saja yang perlu Anda ciptakan sesuai dengan minat Anda. Anda juga perlu memperhatikan kepentingan pelanggan serta membuat mereka terkesan terhadap apa yang Anda jual.

Begitulah makna dari kata kata bijak Ray Kroc di atas.

Ciptakan Inovasi Melalui Masukan Pelanggan Anda

“Inovasi software, seperti hampir semua jenis inovasi lainnya, membutuhkan kemampuan untuk bekerja sama dan berbagi ide-ide dengan orang lain, dan duduk dan berbicara dengan para pelanggan dan mendapat saran dan mengerti kebutuhan mereka.” – Bill Gates

Sebelum melakukan inovasi produk atau jasa, sebuah perusahaan produk atau jasa perlu mendapatkan berbagai masukan. Masukan ini bisa datang dari faktor internal seperti dari staf dan manajemen dari perusahaan atau faktor eksternal seperti rekan bisnis dan para pelanggannya.

Menurut Bill Gates masukan dari pelanggan sangat penting artinya bagi perkembangan suatu produk sehingga perlu untuk mengajak mereka berdiskusi lebih intens bahkan perlu untuk duduk bareng mereka, menerima kritikan, serta mengerti apa kebutuhan dasar mereka.

Jangan melakukan inovasi produk atau jasa yang tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan pemborosan jika nantinya tidak mendapat respon pelanggan.

Gunakan Logika Akal Sehat untuk Kebaikan Pelanggan

“Anda harus menggunakan akal sehat Anda. Ada kalanya kita berkata,”Mari sederhanakan pikiran. Kita tahu ini baik bagi pelanggan. Ayo kita kerjakan.” – Jeffrey Bezos

Menurut Kata kata bijak Jeff di atas inovasi produk atau layanan dapat diperoleh dari menggunakan logika akal sehat. Tidak perlu berpikir terlalu jauh dan kompleks namun cukup dengan mengetahui bahwa hal yang dilakukan tersebut akan berdampak lebih baik bagi pelanggan.

Misalkan saja Perusahaan transportasi online Gojek. Gojek saat ini membuat inovasi jasa driver motor khusus wanita dengan ditujukan untuk wanita (muslimah). Hal ini tentunya akan menambah pasar bagi Gojek untuk menambah pelanggan untuk wanita muslim yang tadinya enggan menggunakan jasa motor gojek menjadi mau memakai jasa gojek dengan dibonceng driver wanita. Inilah salah satu contoh inovasi dirasa baik bagi pelanggan.

Anda bahkan sudah dapat mendownload aplikasinya di internet.

Jangan Memberikan Pelayanan Buruk

“Anda tahu, jika pelayanan Anda tidak memuaskan, pelanggan Anda tidak akan memberitahukannya kepada lima teman mereka, tetapi kepada 5.000 teman. Jadi, kita perlu mencurahkan segala hal yang diperlukan untuk membangun sebuah perusahaan yang penting dan tahan lama, dan jika kita tidak melakukannya, akan memalukan akibatnya bagi kita.” – Jeffrey Bezos

Jangan memberikan kesan buruk pada pelanggan jika Anda ingin perusahaan Anda bertahan lama. Pelanggan yang mendapat layanan buruk akan mudah bercerita kepada teman-temannya mengenai layanan buruk tadi. Ini karena biasanya manusia butuh untuk mencurahkan keluh kesahnya. Bahkan teman yang sudah mendapat informasi mengenai layanan atau produk yang tidak bagus ini juga akan memberitahu teman lainnya sehingga info mengenai produk Anda akan mudah tersebar ke banyak orang.

Bangunlah bisnis dan produk yang baik yang dapat memuaskan pelanggan sehingga mereka akan menceritakan kesan mereka ke calon pelanggan lainnya.

“Anda belajar lebih banyak ketika bertemu dan bicara sehari dengan pelanggan Anda daripada rapat bertukar pikiran selama seminggu, mengamati kompetitor selama sebulan, atau meriset pasar selama setahun.” – Aaron Levie

Hal yang paling penting dalam memperbaiki kinerja perusahaan adalah bagaimana kita bisa menerima masukan dari pelanggan kita secara langsung mengenai kesan mereka pada produk yang kita jual. Usahakan memberi waktu atau kesempatan untuk menerima masukan-masukan dari mereka secara langsung. Ini berarti Anda harus siap menerima kritikan serta siap untuk melakukan perbaikan pada produk atau jasa Anda.

Hal ini akan menjadi masukan yang berguna ketimbang Anda banyak melakukan riset pasar dan rapat bersama rekan Anda atau mengamati kompetitor sehingga pelanggan Anda kurang mendapat perhatian.

Jadikan Pelanggan Sebagai Majikan

“Hanya ada satu majikan, yaitu pelanggan. Mereka bisa membuat semua orang di perusahaan kebakaran jenggot, dari pemimpin sampai anak buah, hanya karena ancaman dia akan menanamkan uangnya di tempat lain.” – Sam Walton

Bagi Sam Walton pelanggan lebih dari sekedar rekan bisnis. Tapi dia menganggap pelanggan adalah seperti majikan di mana mereka harus dilayani dengan baik serta kebutuhan mereka dipenuhi.

Kita tahu Sam Walton merupakan raja ritel dari Amerika yang sukses membesarkan Walmart.

Kata kata bijaknya ini perlu kita contoh jika usaha kita ingin maju.

Dengarkan Keluhan Pelanggan yang Tidak Puas dengan Layanan Anda

“Pelanggan Anda yang paling tidak bahagia adalah sumber utama untuk belajar.” – Bill Gates

Menurut kata kata bijak Bill Gates di atas sangat penting bagi perusahaan untuk mendengar keluhan dari pelanggan. Jangan jauhi jika ada pelanggan Anda yang mengeluh atau bahkan marah-marah. Ini berarti ada sesuatu yang perlu kita perbaiki segera dari produk kita. Dengan mendengarkan keluhan dari pelanggan dan melakukan perbaikan-perbaikan inilah usaha kita dapat bertahan dan bisa berkembang.

Sebagai contoh saya pernah komplain tentang layanan salah satu provider siaran televisi dan internet yang sangat lambat dalam melakukan servis. Dulu kami sering kesal dan sudah kami sampaikan keluhan melalui telepon berulang kali. Namun tetap saja tidak ada perbaikan. Akhirnya sekarang kami mengganti provider meskipun kami harus membayar lebih dengan kualitas produk yang hampir sama tetapi layanan yang kami terima lebih baik dan servis ketika ada gangguan lebih cepat ditanggapi.

Demikian lah kata kata bijak tentang pelanggan yang sangat berguna bagi Anda yang ingin tetap maju dan berkembang dalam usaha dan bisnis.

Semoga Bermanfaat !

Baca Juga : Kata kata motivasi Bisnis dari Pengusaha Sukses

Images :

Pixabay.com

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *