Inilah Kumpulan Kata Kata Motivasi Sukses Dalam Bisnis dari Pendiri Amazon Jeff Bezos

Saat ini, pendiri Amazon, Jeff Bezos sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya Ben telah berhasil menggeser posisi Bill Gates sebagai orang nomor 1 di dunia. Padahal seluruh dunia telah mengetahui bahwa selama beberapa tahun lamanya, Bill Gates nangkring di posisi pertama sebagai orang nomor 1 di dunia. Hal ini membuktikan betapa kuatnya seorang Bill Gates. Apabila saat ini posisi tersebut telah diraih oleh Jeff Bezos, maka ada sesuatu yang spesial dari dalam diri Jeff Bezos yang patut kita pelajari, khususnya bagi Anda yang ingin berhasil dan meraih sukses dalam bisnis sepertinya. Berikut ini beberapa kumpulan kata kata bijak yang dilontarkan pendiri Amazon, Jeff Bezos yang bisa menjadi motivasi dan cambukan dalam meraih sukses dalam bisnis dan karir.

 

Motivasi Sukses Dalam Marketing

 

Trik marketing natural paling jitu adalah produk yang ditularkan oleh pelanggan yang merasa puas dari mulut ke mulut

Jika Anda bisa menciptakan pengalaman yang unik dan luar biasa, maka para pelanggan akan saling menceritakannya dari mulut ke mulut. Ingatlah bahwa kata-kata yang keluar dari mulut itu memiliki kuasa yang luar biasa” Jeffrey Bezos

Rasanya kita familiar dengan istilah yang intinya sama dengan apa yang dilontarkan oleh Jeffrey Bezos ini bahwa jika pelanggan merasa puas dengan produk yang kita tawarkan, kemungkinan terbesar dari episode selanjutnya adalah mereka akan menceritakannya kepada orang lain. Kalau dalam istilah jawa hal tersebut dinamakan dengan “gethok tular”.

Kata kata bijak motivasi sukses di atas bukan omong kosong belaka, karena faktanya telah banyak perusahaan-perusahaan ataupun pedagang kecil-kecilan telah membuktikannya bahwa kunci sukses penjualan paling utama adalah membuat pelanggan ketagihan secara natural. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan bisnis yang sedang Anda geluti, misalnya dengan cara membuat pelanggan merasakan kenyamanan penuh kepada jasa atau tempat bisnis Anda, inovasi-inovasi unik yang lain dari pada yang lain, dan lain sebagainya.

Ketika seorang pelanggan, meskipun mungkin ia baru pertama kali menjajal produk Anda, namun ia sangat puas dan merasa produk Anda spesial, sehingga sayang jika hanya Anda saja yang mengetahuinya, maka dengan suka rela biasanya ia akan menularkannya kepada orang lain. Oleh sebab itu, ketika Anda memiliki sebuah usaha atau bisnis, berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda. Dari satu pelanggan, akan datang pelanggan-pelanggan yang lainnya karena kekuatan dari mulut ke mulut lebih ampuh dibandingkan jenis iklan pemasaran lainnya.

Pembeli atau pelanggan produk kita adalah raja dan ratu, maka perlakukanlah mereka layaknya seorang raja dan ratu

Pandanglah pelanggan kita sebagai tamu yang kita undang ke sebuah pesta. Sebagai tuan rumah, sudah sepantasnya kita memberikan jamuan yang sedikit lebih baik kepada pelanggan kita tersebut” Jeffrey Bezos

Kata kata bijak motivasi sukses kedua mungkin masih ada kaitannya dengan pengalaman berbisnis jualan online dari pendiri retail terkenal di dunia, Amazon, yaitu bahwa pelanggan adalah segala-galanya bagi sebuah bisnis. Tanpa pelanggan, maka bisnis kita bukanlah apa-apa, karena sejatinya kita membangun bisnis berasal dari peluang untuk memberikan suatu pelayanan atau kebutuhan kepada pelanggan. Kalau kita tidak berhasil memikat dan memuaskan pelanggan, bisa dikatakan kita telah gagal di langkah awal dalam membangun bisnis.

Trik marketing kuno namun timeless adalah dengan menjadikan pelanggan seolah mereka adalah raja dan ratu yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya. Layaknya sang raja atau ratu, ketika pelayanan kita dinilai memuaskan oleh mereka, maka tidak segan-segan mereka akan memberikan kita reward. Reward di sini bukan hanya berupa materi, tapi bisa juga hadir dalam bentuk recommendation. Bukan tidak mungkin, mereka yang puas dengan produk kita, mereka akan merekomendasikan produk kita ke orang lain.

Berhati-hatilah. Satu pelanggan tidak puas dengan pelayanan kita, bisa jadi dia memberitahu kepada banyak orang. Jadi, berikan yang terbaik untuk pelanggan!

Tahukah Anda, jika pelayanan yang Anda berikan tidak membuat mereka puas, maka bukan tidak mungkin mereka akan memberitahukan rasa ketidakpuasan pelayanan Anda tersebut kepada banyak orang, tidak hanya lima, tapi kepada lima ribu teman. Oleh sebab itu, maka sudah sepantasnya kita harus mencurahkan segala hal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah perusahaan yang bersifat penting dan tahan lama. Jika Anda tidak melakukannya atau gagal melakukannya, maka hanya ada satu akibat yang akan Anda terima, yaitu rasa malu” Jeffrey Bezos

Kata kata dari pendiri Amazon dari Jeffrey Bezos ini masih saling berkaitan antara kata bijak yang pertama, kedua dan ini yang ketiga. Motivasi sukses berbisnis tersebut masih menekankan pada pentingnya kepuasan pelanggan. Memang benar bahwa pelanggan yang cocok dan puas dengan pelayanan ataupun produk kita, kemungkinan besar akan memberitahu kepada orang lain. Namun fakta di lapangan yang Anda juga sering mengalaminya bahwa angka tersebut terlampau jauh lebih kecil dari angka dari hasil kemungkinan pelanggan yang akan mengumumkan pengalaman tidak mengenakkan mereka kepada produk Anda. Tidak tanggung-tanggung, angka yang dibandingkan adalah 1:1000.

Hal ini seperti sudah menjadi naluri manusia bahwa sesuatu yang buruk sangat mudah terlihat, tercium dan tertular. Jadi intinya masih sama seperti kunci sukses yang dicontohkan oleh kata bijak yang pertama dan kedua, yaitu berikanlah pelayanan yang terbaik dan pastikan pelanggan merasa puas kepada produk kita. Kepuasan pelanggan bisa menjadi kepercayaan, dan kepercayaan merupakan modal yang nyata untuk menggapai sukses.

 

Motivasi Sukses Dalam Usaha

 

Kegagalan adalah suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Jika tidak mencoba action, justru Anda akan menyesal selamanya.

Saya tahu bahwa jika saya gagal, maka saya tidak akan menyesalinya. Akan tetapi saya juga tahu bahwa satu-satunya hal yang akan saya sesali adalah jika saya tidak mencobanya.” Jeffrey Bezos

Anda bermimpi menjadi orang yang sukses? Sudahkah Anda mencoba untuk mengerjakan hal yang akan membawa Anda pada kesuksesan yang Anda harapkan? Kalau sudah dan Anda saat ini tengah berada di zona kegagalan, jika Anda telah memiliki mental orang sukses seperti Jeff Bezos, maka sudah pasti Anda tidak menyesali kegagalan yang sedang Anda alami.

Sebaliknya, dari kegagalan tersebut, Anda akan mencari tahu dimana letak kesalahan sehingga kegagalan tersebut terjadi. Setelah berhasil menemukannya, tentu Anda akan meneruskan langkah Anda untuk menggapai kesuksesan. Penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki mental orang sukses, tekad bulat, serta ketekunan yang hakiki, maka ia berpeluang lebih besar untuk menjadi orang sukses di kemudian hari.

Coba lihat atau bayangkan saja, apakah ada di dunia ini orang yang tiba-tiba lahir dan sukses menjadi seorang pebisnis handal? Padahal ia sama sekali tidak pernah mencoba atau minimal mengerti tentang bisnis apa yang sedang ia jalankan? Pasti jawabannya tidak!

Sekalipun orang tersebut kaya dari lahir karena berasal dari keturunan yang kaya raya sekalipun, kesuksesan yang ia dapatkan tidak akan berkembang pesat jika saja ia tidak mau berusaha atau berinovasi. Jadi intinya adalah untuk yang mau sukses, bergeraklah, berusahalah, lenyapkan kamus takut gagal!

Kata kata bijak motivasi sukses berikut mengandung arti bahwa memiliki tekad yang bulat itu modal utama dalam berbisnis, namun jangan abaikan sikap realistis dan fleksibel. Itulah modal untuk bisa sukses dalam memecahkan setiap masalah yang ada.

Jika Anda tidak keras kepala, maka Anda akan segera menghentikan percobaan Anda. Dan jika Anda tidak fleksibel, Anda akan membentur-benturkan kepala ke dinding dan tidak akan pernah melihat solusi yang berbeda dari masalah yang kini sedang Anda coba untuk atasi” Jeffrey Bezos

Tekad bulat bermental baja memang wajib dimiliki oleh siapa pun yang mengikrarkan diri harus sukses. Dengan tekad bulat tersebut, maka Anda akan terus memiliki alasan dan semangat untuk melakukan perbaikan, percobaan, dan inovasi. Meskipun mungkin orang lain jiwa bertekad bulat tersebut akan dipandang sebagai sifat keras kepala, tapi tanpa sifat itu, mungkin Anda semangat Anda tidak akan membawa Anda kepada penyelesaian masalah ataupun inovasi untuk membawa maju perusahaan Anda.

Namun tidak hanya tekad kuat ataupun keras kepala yang positif yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha, melainkan butuh pula sikap yang fleksibel. Jika sikap fleksibel tidak Anda miliki, bukan tidak mungkin Anda akan cepat frustrasi dengan masalah yang ada. Jangan sampai hal tersebut justru akan mencelakakan diri Anda. Karena dimulai dari frustrasi, seseorang bisa bertindak kalud hingga tidak sadar melampiaskannya pada benturan fisik. Dan yang paling parah jika Anda tidak memiliki sikap fleksibel adalah Anda tidak bisa melanjutkan perjuangan dan bisa tumbang kapan saja.

Tidak ada langkah menuju sukses yang tidak akan hambatannya

Segala sesuatu (usaha)  pasti memiliki hambatan” Jeffrey Bezoz

Rasanya apa yang dikatakan oleh Jeff Bezos yang merupakan seorang pendiri retail raksasa Amazon sangat lumrah. Kata kata bijak motivasi sukses tersebut dapat dengan mudah dipahami bagi banyak orang (pengusaha). Apalagi jika kita yang merupakan seorang muslim mengimani bahwa tidak ada manusia di dunia ini yang luput dari cobaan. Penggalan dari isi kitab suci Al-Qur’an tersebut mengisyaratkan bahwa tidak hanya manusia yang bebas dari cobaan hidup. Apabila hal ini dikaitkan dengan bisnis, maka mustahil sebuah bisnis akan menjadi besar dan sukses tanpa melalui proses.

Proses sendiri bisa dikategorikan sebagai cobaan atau hambatan, karena di dalam proses pasti seorang pengusaha menemukan kekurangan atau kecacatan dalam usahanya tersebut. Jika telah mengerti bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak ada yang bebas dari hambatan, maka tatkala Anda dihadapkan dengan cobaan atau hambatan, Anda pasti sudah memakluminya. Memaklumi bukan berarti diam saja. Seorang pengusaha yang memiliki mental orang sukses, ketika dirinya dirundung masalah, pasti akan segera mencari solusinya tanpa kenal putus asa sampai ia benar-benar menemukan solusinya.

Jadikan pesaing bisnis kita adalah guru

Saya mengawasi para pesaing, tidak hanya itu, saya juga belajar dari mereka, memperhatikan segala tindakan apa yang mereka lakukan terhadap pelanggan dan juga menirunya sebaik yang saya bisa” Jeffrey Bezos

Dalam bisnis, pasti ada pesaing. Tidak selamanya pesaing itu buruk, yaitu sesuatu yang harus kita jauhi dan kita wajib tutup mata kepadanya. Sebaliknya, pesaing bisa kita ambil sisi positifnya, yaitu menjadikan pesaing seorang guru. Dari pesaing tersebut, kita bisa memperhatikan, mengawasi, dan sekaligus belajar bagaimana cara mereka memperlakukan pelanggan.

Jika pesaing kita telah berhasil memperlakukan pelanggan dengan baik dan membuat mereka puas, kita bisa meniru cara atau teknik yang dipakai oleh pesaing kita tersebut. Tentu saja kita tidak boleh menconteknya secara total. Daya kreativitas tetap dibutuhkan dalam hal ini agar hasil yang digapai bisa lebih baik dari apa yang pesaing kita hasilkan. Dalam bisnis atau usaha, metode ini dinamakan dengan metode ATM, yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi.

Pemikiran untuk dapat menghasilkan profit jangka panjang jauh lebih baik dari hasil jangka pendek

Jika Anda memikirkan jangka panjang, maka Anda akan mendapatkan hasil keputusan yang sangat baik dan Anda tidak akan pernah menyesali keputusan tersebut” Jeffrey Bezos

Bisa dikatakan bahwa untung atau profit adalah satu-satunya yang ingin kita raih dalam berbisnis. Namun sebagian besar yang dilakukan oleh pengusaha adalah mementingkan profit yang hanya di depan mata (jangka pendek). Padahal, jika bicara tentang profit, maka akan lebih baik jika profit tersebut bernilai untuk jangka panjang.

Profit jangka panjang bisa disamakan dengan aset atau investasi. Jika investasi yang Anda jalankan merupakan investasi jangka panjang, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat membantu Anda atau bahkan menyelamatkan perusahaan Anda di waktu-waktu masa depan.

Dari kutipan kata motivasi sukses Bezos tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ketika Anda ingin memiliki masa depan yang bagus dan cerah, mulai sekarang ketika Anda ingin mengambil keputusan, maka keputusan tersebut haruslah matang. Matang di sini telah dievaluasi dari berbagai hal, termasuk memikirkan dampak yang mungkin akan terjadi di masa depan. Dampak di sini haruslah yang positif dan menghasilkan profit untuk perusahaan di waktu yang akan datang.

 

Motivasi Sukses Dalam Memilih Karyawan

 

Semua orang ingin memiliki masa dengan yang cerah. Untuk itulah mereka lebih memilih bergabung kepada perusahaan yang memikirkan nasib mereka di masa depan.

Jika Anda memberi tahu dunia luar bahwa Anda sedang melakukan pendekatan jangka panjang, maka orang-orang akan memiliki keinginan untuk ikut bergabung bersama Anda

Kita tidak hidup untuk hari ini saja, dan itu benar. Bahkan tidak sedikit pula orang yang sedang hidup di hari ini dan terlalu takut dengan nasib masa depan mereka. Dengan menela’ah kenyataan tersebut maka apabila Anda telah berhasil menemukan ide bisnis yang dapat berlangsung lama hingga mencakup masa depan, maka jangan sungkan untuk memberi tahukan hal tersebut kepada dunia.

Faktanya orang-orang sangat peduli dengan masa depan mereka, jadi tatkala Anda memiliki ide cemerlang untuk bisa sukses sampai masa yang akan datang, bukan tidak mungkin orang-orang akan menganggap hal tersebut sebagai peluang emas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Hasil dari tindakan ini adalah mereka akan bergabung kepada Anda.

Ekstra teliti dalam merekrut karyawan merupakan salah satu kunci perusahaan yang akan sukses

Saya lebih senang mewawancarai sebanyak 50 orang, kemudian menolaknya dan tidak memperkerjakan siapa pun daripada harus memperkerjakan satu orang yang salah” Jeffrey Bezos

Kata kata motivasi sukses ini berkaitan dengan kata sebelumnya, bahwa ketika Anda mampu menarik banyak orang untuk bergabung dengan Anda karena ‘investasi’ jangka panjang yang Anda tawarkan, namun Anda tidak harus menerima mereka semua. Anda wajib menyeleksi karyawan yang hendak bergabung dengan Anda dengan sangat teliti dan penuh kesabaran. Tidak masalah jika Anda menyeleksi beribu-ribu orang dan belum juga berhasil, dari pada terpaksa harus mengambil salah satu dari mereka, namun kenyataannya ia tidak bisa memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan perusahaan Anda.

Demikianlah beberapa kumpulan kata kata tentang prinsip menjadi seorang pengusaha sukses dari pendiri Amazon, Jeffrey Bezos yang bisa kita ambil sebagai bahan perenungan dan langkah berbisnis. Jika kita sungguh-sungguh dalam berusaha, menerapkan kata kata bijak yang dilontarkan oleh orang nomor 1 di dunia pada tahun 2017 tersebut, serta memiliki mental baja dan ketekunan yang hakiki yang diserta dengan doa, bukan hal yang mustahil jika suatu saat kita bisa sukses seperti Jeff Bezos ini.

Sumber gambar : fortune.com

(Ika Pratiwi)

Share

2 thoughts on “Inilah Kumpulan Kata Kata Motivasi Sukses Dalam Bisnis dari Pendiri Amazon Jeff Bezos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *