Kata Kata Bijak Islam Sebagai Penyejuk dan Obat Penyakit Hati

By |

Melalui kata kata bijak Islam, kami berharap kamu mendapatkan inspirasi hidup dan motivasi untuk lebih bersemangat terutama dalam menjalani kegiatan atau aktifitas sehari-hari. Dalam menjalani hidup ini, penyakit hati sering menghampiri. Sebagai manusia biasa, penyakit hati itu wajar dialami. Namun, sebagai orang beriman kita harus bisa melawan pikiran negatif yang menghampiri diri kita yang dapat berdampak pada rasa marah, sombong, riya, iri tamak dan sebagainya.

Beberapa penyakit hati itu jika dibiarkan dapat merugikan diri kita sendiri dan dapat menjadikan kita sebagai manusia yang dijauhi sesama dan dibenci oleh Allah SWT terutama jika kita jauh dari rasa syukur.

Pada kesempatan kali ini, pertamakali.com akan menyajikan beberapa kumpulan kutipan bijak Islami yang bisa kamu jadikan sebagai bahan inspirasi untuk keluar dari pikiran negatif yang merugikan, baik ketika sedang mengalami segala permasalahan atau tidak.

Dengan selalu berkiblat pada syariat Islam, tentunya kamu terutama sebagai umat muslim bisa mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani hidup ini karena adanya tuntunan dari Allah SWT.

Kamu akan dapat melalui hari-hari dengan cara yang lebih bernilai di hadapan Allah dan berharap mendapat kemudahan setiap waktu hanya dari Allah SWT. Tentu saja, selama kita berada di jalan Allah, hati akan selalu tentram dan damai dan insya Allah akan ada kemudahan.

Langsung saja kita ikuti kutipannya !

 

Kata Kata Mutiara Bijak Islam Beserta Maknanya

 

Menerima Kritikan dan Mengakui Kesalahan

Kata kata bijak Islam

“Orang yang paling Aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.” – Umar bin Khattab

Jika kamu merasa tidak terima atau terhina dengan kritikan orang lain, kamu bisa mengambil hikmah dari kutipan Khalifah Umar bin Khattab. Beliau lebih suka terhadap orang yang mau memberikan kritik langsung kepadanya ( menurut saya tentunya terutama yang membangun).

Jika kita lihat kebanyakan orang lebih suka mendapat  pujian dibandingkan dengan kritikan. Padahal, jika kita tidak bisa menyikapi pujian itu dengan benar, itu akan membuatmu menjadi lengah.

Berbeda dengan kritikan. Kritikan akan membuat kita lebih mawas diri dan sadar akan kekurangan kita jika kita mau mendengarnya. Jangan emosi dan bersikap sabar ketika dikritik. Ambil saja sisi positifnya bahwa kita perlu lebih baik lagi di masa mendatang. Setidaknya mereka si pengkritik mau menyampaikan pemikirannya secara langsung kepada kita dan tidak menjelekkan kekurangan kita di belakang. Jika ada hal atau sesuatu yang baru yang menjadi bahan pemikiran Anda dapat disampaikan secara langsung untuk memberikan masukan pula bagi orang yang mengkritik kita.

Tak ada manusia yang sempurna. Manusia yang mulia ialah yang mau terus belajar dari masa lalu dan memperbaiki setiap kesalahan yang diperbuat serta tidak mengulanginya.

 

Hati-Hati dengan Pengaruh Teman

Kata kata mutiara Islam

“Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” – HR. Abu Daud, Trimidzi

Dalam pergaulan tentunya seseorang akan lebih mudah dekat dengan orang orang yang satu pemikiran atau satu visi dengannya. Menurut kata kata islami di atas, akan lebih mudah melihat bagaimana sifat dan tingkah laku seseorang melalui pergaulannya. cara yang sangat efektif yaitu dengan mencari tahu siapa teman dekatnya.

Untuk itulah, jika kamu ingin menjadi orang sholeh, salah satunya dengan cara bergaul dengan orang yang lebih baik ibadahnya sehari-hari. Carilah orang-orang sholeh dan dekati mereka. Bergabunglah dengan mereka yang bertakwa sehingga kamu akan mendapat banyak ilmu agama dan lebih tergerak untuk selalu berada di jalan Allah.

Sebaliknya, jika kamu bergaul dengan orang yang banyak berbuat maksiat, kamu perlu hati-hati karena karena bisa jadi kamu akan banyak melihat atau mendengar hal-hal yang kurang baik dari teman mu, kamu akan dapat terpengaruh menjadi orang yang suka berbuat maksiat terutama jika iman mu tidak cukup menahan godaan.

Selalu Mengingat Allah SWT

Kutipan Kutipan Islami

“Wahai orang-orang yang beriman, banyaklah kamu mengingat nama Allah dan bertasbihlah di waktu pagi dan petang.” – (QS. Al- Ahzab: 41- 41)

Kata kata mutiara Islami dari ayat Alquran di atas dikhususkan bagi umat Muslim (beriman) agar selalu mengingat nama Allah sepanjang hari. Di mana pun dan kapan pun kamu  berada, selalu bertasbihlah. Ini merupakan salah satu cara yang diperintahkan untuk mengingat Allah SWT.  Banyak kebaikan yang bisa kamu dapatkan. Selain mendapatkan pahala (insya Allah), hati akan menjadi tentram dan damai.

Menurut kutipan di atas, lebih baik menghabiskan waktu luangmu untuk bertasbih atau berzikir dibandingkan dengan melakukan hal-hal yang kurang penting seperti melamun, bergosip, nonton film atau acara yang tidak mendidik, dan banyak hal lainnya.

Sesungguhnya Allah SWT mencintai hamba Nya yang selalu mengingat-Nya.

Baca Juga : Kutipan Islam Tentang Cinta Sejati pada Sang Pencipta

Tidak Semena-mena terhadap Orang Lain

Caption Islami

Rasullah bersabda:

“Takutlah kepada doa orang-orang yang teraniaya, sebab tidak ada hijab antaranya dengan Allah (untuk mengabulkan).” – HR. Muslim

Kata kata nasehat dalam Islam ini sering diucapkan atau diperdengarkan. Namun banyak orang yang tidak mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena bertindak berdasarkan nafsunya semata. Kita tahu jaman now banyak tindakan semena-mena terjadi disekeliling kita. Tidak perlu disebut satu satu, Anda bisa membacanya di berbagai media atau bisa juga terjadi di kehidupan sehari-hari kita.

Pesan intinya adalah janganlah kita berbuat hal-hal yang dapat menyakiti orang lain. Kita diperintahkan untuk menjaga sikap dan lisan kepada orang lain, tidak hanya kepada pemeluk satu agama tetapi terhadap pemeluk agama lainnya.

Jika seseorang kita sakiti dan masuk kriteria orang teraniaya seperti peringatan hadist diatas, maka apapun yang mereka doakan (untuk kebaikan mereka atau bisa jadi keburukan bagi si penganiaya) akan dikabulkan oleh Allah SWT. Jangan pernah membuat seseorang teraniaya akibat perbuatan kita.

Kendalikan Emosi

Sikap emosional merupakan ciri belum terampil mengendalikan diri. Bagaimana mungkin dapat mengendalikan orang lain dengan baik, bila diri sendiri kurang terkendali”.

Apakah kamu suka marah-marah untuk melampiaskan emosimu? Sebaiknya, mulai sekarang cobalah untuk mengontrol amarah, sehingga sikapmu dapat lebih terjaga (misalkan kamu tidak berkata atau berbuat kasar pada orang lain).

Banyak kutipan kutipan Islam mengungkapkan bahwa setan akan senang melihat orang yang terbakar emosinya. Ketika marah, setan akan lebih mudah membujuk dirimu untuk melakukan hal-hal yang dapat kamu sesali jika itu berdampak buruk bagi orang lain dan dirimu.

Banyak orang tega melakukan hal-hal di luar nalar seperti kekerasan fisik sampai perkataan kasar yang menyakitkan ketika emosi. Agar bisa mengendalikan sikap dan tingkah laku, berusahalah untuk selalu mengontrol emosi sehingga kamu bisa mengontrol tindakanmu sendiri.

Ketika emosi muncul, tahan dulu perkataan dan perbuatanmu sampai emosimu mereda. Sebelum kamu bertindak munculkan sifat ikhlas dalam hatimu bahwa semua tindakan mu hanya untuk Allah SWT semata. Apapun hasilnya ikhlaskan saja dan serahkan pada Allah. Lalu diskusikan mengenai unek-unekmu itu dengan perkataan yang lembut.

Menjadi Wanita Muslimah dan Bersyukur

Saudariku Muslimah. Jadilah Engkau wanita mukminah dan bersyukur. Jangan menjadi wanita yang kafir dan kufur”.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan mukminah pada kata mutiara Islami untuk wanita di atas ? Wanita mukminah ialah wanita yang selalu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Apapun yang diperintahkan-Nya selalu dipenuhi, serta segala larangan-Nya dijauhi.

Salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT adalah rasa syukur kita atas segala karunia yang kita dapat. Tidak hanya mensyukuri materi yang dapat dilihat kasat mata, namun juga syukuri hal-hal yang banyak kurang mendapat perhatian seperti hirupan nafas, kesehatan, keluarga, umur, keimanan, senyuman dan lain lain.

Shalat Tepat Waktu

Nasehat Bijak Islami

Sesibuk apapun Anda hari ini, sholatnya harus tepat waktu. Ingat, Adzan itu panggilan Allah, bersegeralah menghadapnya”.

Bagi umat Muslim kata kata mutiara Islam yang mengandung makna kebenaran di atas wajib dijalankan. Memiliki banyak pekerjaan dapat membuat seseorang terlalu sibuk dan asik dengan kehidupan duniawi.

Banyak orang yang menunda shalat karena alasan pekerjaannya sangat banyak, padahal sholat biasanya hanya perlu waktu sebentar dibanding waktu yang digunakannya untuk bekerja. Tentu saja hal ini tidak dibenarkan dalam Islam. Shalat harus didahulukan dan disegerakan.

Jangan miliki kebiasaan shalat di akhir waktu. Karena hal ini seakan-akan kamu mendahulukan yang lain ketimbang ibadah wajibmu, dan ini tidak disukai Allah SWT. Banyak hadist atau ayat Alquran yang menerangkan hal ini.

Ketika mendengar suara adzan, segeralah bersiap mengambil air wudhu lalu utamakan shalat berjamaah. Sebab adzan ialah panggilan Allah SWT supaya kamu segera shalat dan menghadap kepada Nya. Jangan sampai kamu lebih tanggap dipanggil bos mu di kantor ketimbang seruan untuk menghadap Allah.

Bersikap Bijak

Tak perlu membakar selimut yang baru hanya karena seekor kutu, bergitu pula aku tidak perlu membuang muka darimu hanya karena kesalahan yang sesungguhnya tidak berarti”.

Menurut nasehat islami di atas, jika kamu mendapati seseorang yang berbuat jahat kepadamu, janganlah membenci orang tersebut. Cukup bencilah perbuatan buruknya. Kamu bisa membalasnya dengan memberikan kebaikan sehingga dengan sendirinya dia akan sadar bahwa perbuatan buruk yang dia lakukan kepadamu tak seharusnya dilakukan. Banyak kutipan bijak Islam mengajarkan bahwa kejahatan tidak dibalas dengan kejahatan. Ada hukuman Islam sendiri yang telah mengaturnya. Jika hukum Islam itu tidak dapat diterapkan, biarlah Allah yang akan mengadilinya kelak.

Jika kamu membalas kejahatan dengan kajahatan, bukan sifat manusia yang kamu lakukan melainkan sifat hewan dan ini tidak dibenarkan dalam Islam. Kamu hanya perlu menghentikan kejahatan yang diperbuat bukan dengan membalasnya.

Karena Cinta

Kata kata mutiara Islam tentang Cinta

Karena cinta semua yang pahit akan manis. Karena cinta tembaga akan menjadi emas. Karena cinta sampah menjadi jernih. Karena cinta yang mati akan menjadi hidup dan karena cinta yang raja akan menjadi budak

Kata kata bijak Islami tentang cinta di atas bisa jadi bermakna cinta seorang pada kekasihnya. Cinta bisa ditujukan pada manusia atau pada Allah SWT. Jadikanlah cinta di dalam hati kita hanya cinta pada Allah SWT semata, karena dengan begitu hidup kita akan bahagia.

Cinta bisa merubah segalanya. Hati-hati dalam menyikapi hadirnya cinta pada manusia. Karena ini bersifat berubah jika Allah berkehendak lain.

Sebaliknya, kita perlu mencintai Zat yang telah menciptakan apa yang kita cintai itu sendiri dan ini bersifat abadi yaitu cinta pada Allah SWT. Allah SWT melalui kutipan islam Alquran dan Hadist memerintahkan kita semua untuk beriman dan selalu mendekati Nya dan mencintai Nya lebih dari yang lain agar kita bahagia dunia akhirat. Itulah cara kita mencintai bukan untuk lebih mencintai duniawi. Selain itu, bukankah Allah SWT juga memerintahkan manusia untuk selalu meminta kepada-Nya sebagai bentuk kasih Allah kepada kita. Meski tanpa dimintapun banyak karunia Allah yang sudah kita rasakan, bukan ?

Persatuan dan Kekompakan

Sesungguhnya kebenaran dapat menjadi lemah karena perselisihan dan perpecahan. Kebathilan sebaliknya dapat menjadi kuat dengan persatuan dan kekompakan

Kata kata bijak islam ini mengajarkan tentang betapa besarnya manfaat persatuan dan kekompakan. Sesama umat islam tidak boleh saling berselisih yang menyebabkan saling menyakiti. Kita harus selalu hidup rukun, bahkan dengan orang yang berbeda agama dengan kita. Agama Islam ialah agama yang cinta damai. Ajarannya menyuruh kita untuk selalu hidup rukun dan menjunjung tinggi tenggang rasa antar umat beragama. Ya, Tuhanku adalah Tuhanku, dan Tuhanmu adalah Tuhanmu.

Ikuti Sunnah Rasulullah SAW

Tidak diterima ucapan tanpa perbuatan, tidak akan lurus (benar) ucapan dan perbuatan tanpa niat, dan tidak lurus (benar) ucapan, perbuatan dan niat, kecuali dengan mengikuti sunnah Rasulullah SAW”.

Menurut kata kata mutiara Islami di atas, Niat (biasanya dalam hati) sebelum mengerjakan sesuatu yang bernilai ibadah sangat penting karena merupakan salah satu ajaran Rasulullah yang harus kita ikuti. Ketika kita akan melakukan suatu perbuatan, niatkan cukup di dalam hati. Sesungguhnya suatu perbuatan, baik benarnya, akan tergantung niat. Apapun harus diniati.

Segala urusan duniawi jika niatnya baik akan mendapatkan pahala. Misalnya, saat pergi sekolah, niatkan karena Ibadah kepada Allah SWT dan berdoalah untuk selalu dilindungi serta diberikan kemudahan.

Selain itu, bekerja yang diniatkan karena Allah SWT juga akan diridhoi oleh-Nya. Bekerja untuk memberikan nafkah kepada keluarga dan membantu orang lain sangat mulia. Setiap tetes keringat yang mengalir insya Allah akan diberikan pahala oleh Allah SWT.

Sabar Sebagian dari Iman

Kesabaran itu bermahkotakan keimanan. Orang yang kehilangan kesabarannya sama dengan tidak beriman. Nabi bersabda bahwa Allah tidak memberikan iman kepada orang yang bersifat pemarah”.

Sabar, mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Bahkan banyak yang bilang jika sabar itu ada batasnya. Setujukah kamu dengan pernyataan itu?

Orang yang hilang kesabaran sama dengan orang yang kehilangan iman (tidak memiliki iman). Hilang kesabaran di sini artinya marah di luar kontrol yang dapat berakibat kepada tindakan yang menyakiti atau merugikan orang lain.

Dalam menjalani hidup sehari-hari, sebaiknya kamu menjaga bersikap sabar. Walaupun kehidupanmu dikelilingi berbagai persoalan, kamu perlu sabar menjalaninya. Cobalah selesaikan persoalan itu satu per satu dengan kepala dingin. Coba berkomunikasi dengan orang yang lebih berpengalaman serta minta pendapatnya. Jangan segan juga untuk meminta bantuan moral dan materil jika diperlukan. Ini akan meringankan bebanmu.

Sebaliknya, jika kita dalam keadaan susah atau tertekan yang berlebih, emosi dan amarah lebih mudah datang. Saat-saat inilah setan sangat menyukainya karena mereka bisa membujuk manusia untuk terus meningkatkan emosi nya. Dalam keadaan marah di luar batas, orang akan sulit mengontrol dirinya sehingga tak jarang mereka melakukan sesuatu yang merugikan dirinya dan orang lain.

Dahulukan yang Wajib Sebelum Sunnah

Diantara tanda seseorang yang mengikuti hawa nafsu adalah bersegera melakukan amaliyah-amaliyah yang sunnah namun malas untuk menegakkan yang bersifat wajib

Kata kata bijak mutiara islam tentang amal ini menggambarkan seseorang yang hanya mengikuti hawa nafsunya dengan mendahulukan amal-amalan sunnah ketimbang yang wajib. Padahal, amalan sunah jika ditinggalkan tidak akan berdosa, namun meninggalkan ibadah wajib akan mendapatkan dosa dari Allah. Dahulukan yang wajib lalu kerjakan sebanyak-banyak amalan sunnah.

Jalan Menuju Tuhan

Wahai hati, kembalilah kepada sejatimu, karena jauh di dalam dirimu, engkau akan menemukan jalan menuju Tuhan yang tercinta

Banyak mengerjakan urusan duniawi telah membuat hati seseorang mudah berpaling dari Allah SWT.  Agar hati kita tetap pada koridor iman tentukan setiap langkahmu agar selalu berada di jalan Tuhan. Jangan kamu berbuat di luar apa yang agama islam ajarkan. Iman dan takwa perlu selalu kamu junjung sehingga di manapun kamu berada, Insya Allah kamu akan selalu mendapatkan kekuatan dalam menjalani hidup serta petunjuk dari Allah SWT untuk selalu berada di jalan yang benar.

Hidup Bahagia dengan Iman

Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup. Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan Allah sebagai tujuan hidup”.

Simak kutipan motivasi Islam di atas. Orang akan merasakan nikmat kebahagiaan setelah mendapatkan kesusahan dan dapat melewatinya karena dia akan bertambah kuat karenanya. Oleh karenanya, jika kamu mendapatkan musibah, jangan berburuk sangka kepada Allah SWT. Mungkin Dia sedang mengujimu sehingga kamu akan mendapatkan nikmat yang lebih dari sebelumnya. Justu yang perlu kamu lakukan saat mendapatkan cobaan ialah terus meningkatkan iman kepada Allah SWT.

Allah SWT Menutup Aib Manusia

Sanjungan oranglain yang ditujukan kepadamu, itu karena indahnya penutup Allah yang ada padamu atas aibmu

Sungguh menyentuh caption Islami tentang menutup aib ini. Manusia memiliki banyak kekurangan. Jika suatu saat ada orang yang memuji kebaikan yang ada pada dirimu, itu semua karena Allah SWT telah menutup aib yang ada pada dirimu. Nah, jika kamu melihat atau mengetahui aib saudaramu, simpanlah aib itu jika itu tidak merugikan orang lain. Kamu akan mendapatkan balasan dari Allah SWT, sehingga banyak orang yang akan melihat keindahan serta kebaikan pada dirimu.

Jangan Takut Mati

Jangan takut mati. Kematian tidak akan menghancurkan dan menghinakan, dosalah yang akan membuat kita binasa”.

Kematian memang menakutkan bagi sebagian orang. Sebab, di sana semua amal perbuatan manusia akan diminta pertanggungjawabannya. Bahkan, akan ada siksa kubur dan akhirat bagi mereka yang lebih banyak timbangan dosanya ketimbang kebaikan.

Sebenarnya, bukan kematian yang menakutkan melainkan dosa yang banyak namun tidak sempat bertobat yang  menakutkan. Bukankah Allah SWT telah menjanjikan surga di mana ada banyak kenikmatan yang tidak bisa didapatkan di dunia bagi orang-orang yang bertakwa dan beriman.

Jadi apakah Anda setuju dengan kata kata bijak Islam tentang kematian di atas?

Jangan Membalas Kejahatan

“Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan adalah sebuah akhlak ular, dan kalau kebajikan dibalas dengan kejahatan itulah akhlaq buaya, lalu bila kebajikan dibalas dengan kebajikan adalah akhlaq anjing, tetapi kalau kejahatan dibalas dengan kebajikan itulah akhlaq manusia.” – Nasirin

Sebagai manusia, sudah sepantasnya kita bersikap bijaksana ketika ada masalah yang datang. Bahkan, ketika kita dijahati oleh orang, jangan balas orang itu dengan kejahatan. Orang yang membalas kejahatan dengan kejahatan ialah orang yang berakhlaq ular seperti kutipan kata bijak islami dari Nasirin di atas.

Hadapi Cobaan

“Barang siapa tidak dicoba dengan bencana atau kesusahan, maka tidak ada sebuah kebahagiaan pun disisi Allah.” – Adh-Dhahhak

Jangan pernah putus asa ketika mendapatkan cobaan termasuk cobaan yang berat. Sesungguhnya Allah AWT sedang meninggikan derajatmu. Lalui cobaan dari Allah dengan kesabaran karena dengan ketabahan dalam menghadapi cobaan itu kamu akan mendapatkan balasan berupa kebahagiaan kelak ketika kamu sudah berada di akhirat. Orang yang tak sabar mengahadapi cobaan dan malah berbuat di luar ajaran Islam, maka akan sulit mendapatkan kebahagiaan dari Allah SWT.

Bersikap Jujur

Tak jujur adalah penjara, yang membuat diri dicekam takut terbongkar, mudah untuk berdusta, nikmat apapun tak akan ternikmati, maka jujur adalah hidup merdeka”.

Kutipan Islami ini mengajarkan kita untuk selalu berbuat jujur. Janganlah memelihara kebohongan karena hal itu akan membuat dirimu dihantui rasa tidak nyaman. Perasaan was-was akan menghampiri seseorang yang berdusta sebab dia takut kebohongannya terbongkar. Bahkan, ketika dia hidup dalam kenikmatan, dia sebenarnya tak menikmatinya karena telah berbohong terhadap dirinya dan orang lain. Agar hidup tenang dan nyaman, hiduplah dengan menjunjung tinggi kejujuran.

Bertakwalah

Tidaklah seorang hamba mencapai hakikat takwa hingga dia meninggalkan hal-hal yang berseteru dalam hatinya

Untuk menjadi takwa, menurut kata kata bijak Islami di atas, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada usaha-usaha yang harus dilakukan karena memang manusia di bumi ini akan digoda oleh setan dan iblis agat manusia berpaling dari keimanannya. Tujuan mereka ialah membuat manusia jatuh bergelimang dosa dan masuk ke neraka bersama mereka.

Sejatinya, orang melakukan hal buruk akan memiliki hati yang tak tenang. Ya, hati kecilmu akan selalu menolak jika kamu berbuat sesuatu yang tidak baik atau dilarang Allah SWT. Untuk itu selalu gunakan hati kecilmu setiap melakukan sesuatu sehingga tertuju pada kebaikan. Semoga kita semua bisa termasuk orang yang bertakwa dengan menjalankan segala perintah-perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

 

Kata Kata Bijak Islami tentang bersikap terhadap Wanita Muslimah

Agama Islam sangat memuliakan wanita. Seorang wanita sangat besar perannya dalam keluarga termasuk dalam pendidikan serta perkembangan akhlak seorang anak. Wanita merupakan pendidik calon generasi penerus bangsa. Sehingga sangat wajar banyak kata kata mutiara Islam yang dilahirkan yang menggambarkan kemuliaan seorang wanita. Yuk kita simak kutipan-kutipan Islam tentang bersikap terhadap Wanita berikut ini!

Wanita dan Pria

Kata Mutiara Islam Tentang Wanita

“Pria mengimpikan wanita sempurna. Wanita menginginkan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain.” – Ahmad Al Shugairi

Bagaimana kriteria laki-laki atau wanita ideal buat menjadi pasangan menurut pembaca ? Apakah harus cantik atau cakap ? Apakah dalam tingkah lakunya harus menarik atau harus selalu terlihat ceria ? Atau apakah harus terlihat selalu rapih di depan kita ? Menurut kata kata mutiara islami di atas setiap pria dan wanita diciptakan berpasangan untuk saling melengkapi. Saling melengkapi di sini artinya memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing serta mampu untuk berdamai dengannya.

Jadikanlah kelebihan dia di mata Anda sebagai bahan pertimbangan Anda mengapa memilih pasangan Anda, namun Anda juga perlu memahami kekurangannya dan kekurangan Anda dan cobalah untuk mengimbangi atau paling tidak “berdamai” dengan kekurangan itu, karena itulah fungsi Anda sebagai pasangan untuk saling melengkapi serta saling men-support satu sama lain.

“Tidak ada wanita di belakang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya, bersamanya, bukan di belakangnya.” – Tariq Ramdan

Kata kata nasehat bijak islam di atas mengandung arti yang jelas bahwa wanita dan pria memiliki peran yang sejajar. Meskipun seorang pria berperan sebagai kepala keluarga dalam rumah tangga, namun tanpa dukungan istri dan peran aktif istri di dalam rumah tangga, seorang pria akan sulit memperoleh kesuksesan. Lihat saja mantan presiden Indonesia Pak Harto dan Pak Habibie yang memiliki istri yang selalu setia mendampinginya kemana pun mereka pergi.

“Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” – An-Nur: 26

Maksud kutipan kata kata Islami dalam Alquran di atas sangat jelas bahwa setiap muslim terutama yang masih belum menikah harus menjaga tingkah lakunya. Hal ini juga termasuk menjaga kehormatannya. Jadilah pria atau wanita yang jika menikah kelak pantas mendapatkan atau dipilih sebagai pasangan dari pria dan wanita yang baik menurut Islam.

Memperlakukan Wanita dengan Baik

“Jika seorang wanita menangis karena disakiti oleh seorang pria, maka para malaikat akan mengutuk setiap langkah kaki pria tersebut.” – Ali bin Abi Thalib

“Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya.” – Umar bin Khattab

“Wanita itu seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik hati, dan dengan kasih sayang” – Ali bin Abi Thalib

 

Kata Kata Bijak Islami untuk Wanita Muslimah

Selanjutnya merupakan kata mutiara yang bisa jadi bahan renungan bagi para wanita muslimah yang kami rangkum dari nasehat tokoh Islam dan kutipan ayat Alquran.

Status Wanita dalam Islam

“Jika semua orang tahu status sesungguhnya seorang wanita Muslimah dalam Islam, pria pun pasti ingin menjadi wanita.” – Syaikh AkramNadawi

Islam sangat memuliakan wanita. Anda akan mendapatkan banyak ayat dari Alquran dan kutipan Hadist yang menerangkan hal ini. Karena banyaknya tidak mungkin diterangkan satu per satu pada artikel kata kata bijak islam singkat ini. Menurut kutipan di atas pria yang tahu akan kemuliaan wanita di mata Islam akan memiliki keinginan untuk mendapatkan kemuliaan yang sama. Ini membuktikan bahwa Islam tidak menempatkan derajat wanita lebih rendah dari pria.

“Islam telah mengangkat status wanita dari bawah bumi ke derajat yang sangat tinggi sehingga surga terletak di telapak kakinya.” – Maulana Ansari

Ciri Wanita Shalihah

“Seorang wanita salihah, meski dia tidak cantik, akhlak dan agamanya membuatnya menarik.” – Ibnu Utsaimin

“Perhiasan terbaik untuk wanita adalah rasa malunya.” – Fatimah Az-Zahra

 

Baca Juga : Kutipan Inspirasi Islam untuk Wanita Muslimah

 

Kata kata Bijak Islam Singkat Menyentuh Kalbu

Mungkin tidak semua orang memiliki waktu yang sama ketika membuka web pertamakali.com, sehingga ada yang cukup dengan membaca nasehat Islami yang ringkas. Mutiara kata ini banyak digunakan untuk memotivasi seseorang agar lebih sabar dan semangat dalam menjalankan syariat Islam. Berikut kutipannya !

Tentang Kesabaran dalam Islam

Kata kata Bijak Islam Singkat

“Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang Kau benci.” – Imam Ghazali

Jika kita menginginkan untuk sukses dalam meraih apa yang kita cita citakan maka kita perlu melakukan kerja yang lebih keras dari orang kebanyakan. Tidak selamanya apa yang dilakukan merupakan hal yang kita senangi. Terus lah berjuang untuk mencapai cita cita Anda meskipun banyak hal hal yang tidak Anda senangi yang harus dilewati. Anggap ini merupakan ujian dari Allah SWT dan mintalah kepadanya agar Anda diberi kekuatan untuk dapat melewatinya. Itulah inti dari kata kata bijak islam di atas.

“Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.” – Ali bin Husein

“Orang terkuat bukanlah pegulat. Tapi, orang yang bisa mengontrol dirinya saat marah.” – Hadis al – Bukhari

Tentang Angan-angan

“Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup.” – Aa Gym

Aa Gym menasehati melalui kutipan islaminya bahwa jika kita ingin hidup tenang hindari untuk banyak berandai-andai. Mungkin bisa dikatakan berandai-andai ini sama dengan berangan-angan. Misal saya berandai jika saya menjadi pemain bola top dunia, saya bisa punya jet pribadi dan bisa keliling dunia. Atau bisa juga andai saya dulu memulai bisnis lebih cepat tentu saya sudah kaya sekarang. Inilah yang mungkin dimaksud oleh kata bijak Islam di atas. Angan-angan tidak sama dengan cita cita. Angan angan adalah keinginan terpendam yang jauh dari realita atau dari keadaan kita sebenarnya.

Hindari angan angan seperti kata mutiara islam di atas dengan banyak bersyukur dan bersungguh-sungguh dalam menjalani hidup Anda yang sekarang serta jangan putus asa dalam meraih cita cita Anda.

Kebesaran Allah

“Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari.” – Bediuzzaman Said Nursi

Allah SWT adalah Tuhan yang maha pencipta. Diciptakannya banyak makhluk dan benda-benda mulai dari yang terkecil seperti nyamuk termasuk matanya yang hanya bisa dilihat oleh kaca pembesar sampai zat yang menjadi sumber panas dan energi bagi bumi yaitu matahari bahkan lebih dari matahari pun dapat diciptakan-Nya. Itulah kebesaran Allah. Hanya kepada Allah tempat manusia menyembah dan memohon pertolongan.

Nasehat Kehidupan

“Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa adalah sumber kesesatan dan kegelapan hati, pangkal penderitaan jiwa.” – Bediuzzaman Said Nursi

“Pengetahuan yang baik adalah yang memberi manfaat. Bukan yang hanya diingat.” – Imam al – Syafi’i

“Jangan terlalu bergantung pada siapapun di dunia ini. Karena bayanganmu saja akan meninggalkanmu di saat gelap.” – Ibnu Taymiyyah

Hijrah dan Kembali kepada Ajaran Islam

“Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa. Hidupnya agama berarti cahaya kehidupan.” – Bediuzzaman Said Nur

“Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak.” – Qs. An-Nisa: 100

 

Kata kata Mutiara Bijak Islam Tentang Kehidupan

Islam yang dibawa Rasulullah SAW memiliki ajaran yang luas tentang kehidupan. Islam mengatur cara hidup manusia bagaimana bersikap antar sesama, saling menghormati dan tolong menolong dalam kebaikan, serta memberi petunjuk bagaimana beribadah kepada Allah SWT dengan benar dan masih banyak lagi. Berikut ini kumpulan kutipan Islam tentang kehidupan untuk renungan bersama.

Tidak Terperdaya Kehidupan Dunia

Kata Mutiara Islam Tentang Kehidupan

“Memangnya kenapa jika hidup ini tidak sempurna? Hidup ini bukanlah surga.” – Nouman Ali Khan

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui.” – Q.S al-Ankabut 64

Kata kata mutiara Islam yang terdapat pada ayat di atas mengingatkan pada kita bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara saja. Kehidupan kekal hanya ada di akhirat kelak. Persiapkan kehidupanmu di akhirat kelak dengan banyak berbuat amal dan kebajikan selama hidup di dunia.

“Maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu.” – (Q.S Fatir: 5)

Apa maksud dari ayat di atas? Kesenangan di dunia dapat membuat kita lupa atau lalai dalam beribadah kepada Allah SWT. Misal nya seseorang yang lalai sholat diawal waktu karena keasyikan nonton acara favoritnya di tv, seharian meeting dengan rekan bisnis tanpa memperdulikan waktu sholat atau telat sholat, contoh lainnya orang yang sedang banyak mendapat pujian suka lalai karena merasa sudah merasa lebih baik dari yang lain, dan masih banyak contoh lainnya.

Jika kamu ingin menjadi muslim yang baik, jangan sampai kamu seperti contoh di atas ya, karena tujuan hidup manusia dalam kapasitas nya sebagai seorang muslim seperti banyak tertera dalam kitab suci agama Islam, Alquran, dan juga kutipan kutipan Nabi dalam hadist, harus selalu taat beribadah kepada-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ini berarti bahwa ibadah kita semakin hari harus semakin baik, bukan malah sebaliknya.

“Tetapi kalian (orang-orang kafir) lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat itu jauh lebih baik dan lebih kekal.” – (Q.S Al-A’laa:16-17)

“Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan.” `- Amribn Abdullah

“Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, karena ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam.” – Ali bin Abi Thalib RA

“Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari untukmu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia untukmu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu” – Ali bin Abi Thalib

“Hidup ini terlalu singkat untuk mengejar sesuatu yang tidak membawa kita semakin dekat dengan surga.” – Boona Mohammed

Kehidupan Dunia untuk Beribadah

“Hidup ini adalah sebuah perjalanan untuk mengenal Allah.” – Dr. Mustafa Mahmud

“Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini.” – Hasan al Bashri

Ketika kita ingin melakukan perbuatan bermanfaat kepada sesama yang dapat dikategorikan sebagai perbuatan amal, janganlah menunggu sampai hari esok. Kerjakan amal meskipun hanya sedikit dimulai dari hari ini.

Kata Bijak Motivasi Islam

Setiap manusia membutuhkan motivasi, yang bisa datang dari faktor dari luar dirinya atau pun faktor dari dalam dirinya. Motivasi yang paling baik adalah motivasi yang dapat mengantar dirinya untuk bahagia dunia dan akhirat, yaitu motivasi yang sejalan dengan Alquran dan Hadist. Yuk ikuti motivasi Islami berikut ini !

Jangan Putus Asa atau Hilang Harapan

Kata kata Bijak Islam Motivasi

“Jangan kamu kehilangan harapan, dan jangan pula kamu bersedih hati” – Q.S. Ali Imran: 139

Melalui kata kata bijak Islam dalam surat Ali Imran disebutkan bahwa manusia tidak boleh berputus asa atau kehilangan harapan. Benar sekali apa yang dikatakan ayat di atas. Seseorang yang kehilangan harapan akan sulit untuk maju. Segala sesuatu yang dipikirkan hanya penyesalan atas apa yang terjadi pada dirinya. Semangat nya pun akan pudar karena motivasi hidupnya tidak ada.

Ingat bahwa manusia diberi kehidupan didunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah. Jangan biarkan masalah Anda di dunia menghambat ibadah Anda kepada-Nya, karena inilah merupakan tujuan hidup manusia sebenarnya. Jadikan hanya Allah lah sebagai satu satunya tempat mengadu dan meminta pertolongan. Bersyukur atas kehidupan Anda sampai saat ini dan biarkan semangat Anda muncul kembali untuk melakukan yang terbaik mulai hari ini dan hari esok.

“Daripada tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoalah kepada Allah yang maha mengendalikan dan temukan kedamaian.” – Dr. Bilal Philips

“Jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah.” – Q.S Yusuf: 87

“Aku harus bersyukur atas masa-masa sulit karena Allah memilihku, pasti aku cukup baik untuk melalui masa-masa itu.” – Nouman Ali Khan

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” – Q.S Al-Baqarah: 286

Ketika kamu mendapatkan cobaan berupa kesulitan dalam hidup, janganlah berputus asa. Menurut kata kata bijak islam yang diambil dari Al Quran di atas, setiap orang akan diberi cobaan sesuai kadar kemampuannya. Jadi jika merujuk pada ayat ini, Anda perlu terus berusaha dan berdoa sehingga suatu saat Anda akan mampu untuk keluar dari kesulitan yang Anda hadapi.

Tetaplah pada jalur yang tidak meyimpang dari ajaran dan syariat Islam agar usaha Anda untuk keluar dari kesulitan mendapat pertolongan dari AllahSWT.

“Terkadang Allah membiarkan kamu untuk merasakan kepahitan dunia ini supaya kamu dapat sepenuhnya menghargai manisnya iman.” – Omar Suleiman

“Allah tidak akan pernah membiarkanmu kosong. Dia akan mengganti semua yang telah hilang. Jika Dia memintamu untuk meletakkan sesuatu, itu karena Dia ingin supaya kamu meraih sesuatu yang lebih besar.” – Dr. Bilal Philips

“Bagi seorang muslim, kehidupan ini hanyalah sebuah perjalanan untuk menuju Allah. Maka semua yang kita alami dan miliki di dunia ini tidak ada yang kekal. Sebagaimana Allah SWT ungkapkan dalam alquran bahwa kehidupan ini ibaratnya hanyalah permainan dan senda gurau belaka serta penuh dengan kesenangan yang menipu.” – QS. Al An’am: 32

Tetap Mengingat dan Bertaqwa pada Allah SWT

“Dia bersama kamu di mana saja kamu berada.” – Q.S Al-Hadid: 4

Ini merupakan kutipan kata bijak Islam yang menyejukkan yang diambil dari ayat Al-Quran, karena memberitahukan bahwa Allah itu selalu melihat dan mengawasi kita. Maka jika kita memohon kepadanya dengan bersungguh-sungguh tentu Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doa kita. Wallahualam.

“Bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal.” – Q.S Ali-Imran: 159

 

Kata kata Mutiara Islam Tentang Cinta

Cinta merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan dari diri manusia. Setiap manusia memiliki perasaan cinta dalam dirinya. Namum cinta bagaimana yang dapat sejalan dengan Alquran dan hadist? Ikuti kata mutiara bijak cinta berikut !

Pasangan yang Tepat dalam Islam

Kata kata Bijak Islam tentang Cinta

“Pria yang tepat tidak akan menjauhkanmu dari Tuhanmu. Kalau dia menjauhkanmu dari-Nya, berarti dia adalah pria yang salah.” – Abdulbary Yahya

Jika Anda wanita yang sedang memilih pasangan hidup, jangan lupa dengan kata kata bijak Islam di atas. Salah satu kriteria dalam memilih pasangan adalah yang dapat mengajak kita dalam ketaatan pada Allah SWT. Jika pasangan Anda tidak memiliki kriteria ini maka setidaknya Anda perlu memiliki kriteria ini untuk pesangan Anda dengan mengajaknya pada ketaatan pada Allah SWT. Jika pasangan Anda malah menjauh ketika Anda mengajaknya untuk lebih taat, tinggalkan saja.

“Janganlah mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka saja dapat meninggalkan Allah, merekapunjuga akan dapat meninggalkanmu.” – Imam As-Syafi’i

“Seorang Pria mendambakan wanita yang sempurna dan seorang wanita pun juga mendambakan pria yang sempurna, namun mereka tidak tahu bahwa Allah telah menciptakan mereka untuk saling menyempurnakan satu sama lain.” – Ahmad AlShugairi

“Nabi SAW pernah ditanya “Wanita seperti apa yang terbaik?” Dia menjawab “Saat Engkau melihatnya, Engkau merasa bahagia.” – Hadist

“Dia percaya kepadaku ketika orang-orang menolakku.” (Nabi Muhammad SAW berbicara tentang istrinya Khadijah)

Kutipan Bijak mengenai Cara Mencintai

“Kata ‘Cinta’ muncul sebanyak 90 kali dalam alquran. Namun menariknya, tak ada satupun yang mendefinisikan kata cinta itu sendiri, melainkan membahas tentang konsekuensi pertama dari perasaan cinta, yaitu sebuah komitmen. Islam hanya berbicara tentang Komitmen. Jika kamu benar-benar mencintai sesuatu atau seseorang, maka kamu harus berkomitmen. Jika tidak, maka pengakuanmu akan cinta sejati sesungguhnya tidak nyata sama sekali.” – Shaykh Yassir Fazaga

“Jika Engkau mencintai seseorang, berdoalah untuk mereka. Berdoalah untuk kedamaian mereka. Berdoalah untuk kemajuan mereka. Berdoalah untuk kesuksesan mereka. Berdoalah untuk kebahagiaan mereka.” – Dr. Bilal Philips

“Saat membicarakan tentang pernikahan, Allah berfirman bahwa pasangan sama seperti baju untukmu, bisa pas atau tidak. Tapi bagaimanapun, baju ini tetap menutupi ketidaksempurnaanmu. Ia tetap melindungi dan membuatmu semakin cantik.” – Yasmin Mogahed

“Kisah cinta terlarang berakhir di pernikahan. Sementara kisah cinta sejati nan halal bermula dari pernikahan dan berakhir saat keduanya memasuki surga.” – Abdulbary Yahya

“Pernikahan yang berhasil bukan berarti kau hidup damai bersama istri, melainkan kau tidak bisa hidup tanpanya.” – Yasir Qadhi

 

Kata kata Bijak Islam Penyejuk Hati

Ketika kita lebih banyak terlibat dalam hal-hal duniawi seperti sibuk dalam pekerjaan, jika kita kurang memberi asupan pada hati untuk memperkuat iman maka ada timbul kehampaan dalam diri. Maka dari itu sangatlah penting bagi seseorang untuk memberi asupan hatinya dengan banyak membaca Alquran dan Hadist serta nasehat nasehat Islam agar keimanannya bertambah dan hatinya tidak hampa. Salah satu nasehat Islam yang dapat menyejukkan hati terdapat pada kumpulan kata bijak Islam berikut ini !

Tentang Hati

“Perumpamaan hati seperti bulu di tengah padang pasir yang di bolak-balikan angin.” – HR. Ibnu Majah

“Belum pernah saya berurusan dengan sesuatu yang lebih sulit daripada jiwa saya sendiri, yang kadang-kadang membantu saya dan kadang-kadang menentang saya.” – Imam Al Ghazali

“Lidah seseorang dapat menggambarkan bagaimanakah hatinya.” – nu Qayyim

“Dan jiwamu, jika tidak kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebathilan.” – Imam Syafi’i

“Iman itu ialah dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan” – H.R. Ibnu Majah

 

Penyakit Hati dan Obatnya

Kata kata Mutiara Islam Penyeuk Hati

“Penyakit hati jauh lebih berbahaya daripada penyakit fisik.” – Ali bin Abi Thalib

Pernahkan Anda merasa tersinggung karena orang lain sehingga Anda memendam amarah yang terus tertanam dalam pikiran dan hati Anda? Atau pernahkah Anda merasa rendah diri atau kalah bersaing serta iri kepada rekan Anda yang lebih maju dari Anda ? Coba camkan kata kata mutiara Khalifah, keponakan sekaligus menantu Nabi SAW di atas.

Anda juga dapat mengunjungi artikel berikut ini : Cara Mengatasi Amarah Berlebih

“Nasihat tidak mungkin bersatu dengan kedengkian, bahkan ia (nasihat) adalah lawannya.” – Ibn al-Qayyim

“Seseorang tidak akan pernah takut kepada selain Allah, kecuali ada penyakit dalam hatinya.” – IbnTaimiyah

“Pengetahuan akan menghidupkan jiwa.” – Ali ibn Abi Thalib

“Ketika cinta atas dunia masuk ke hati, takut pada Akhirat akan keluar darinya.” – Hasan al-Bashri

“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” – Ar-Ra’d Ayat 28

“ Setiap anak Adam pernah melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang-orang yang bertaubat.” – HR Ahmad

“Ya Allah yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepadamu.” – HR. Muslim

“Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.” – HR.Tirmidzi

“Jika kita boleh memilih lima hal di dunia ini, maka pilihlah agama, harta, akhlak mulia, rasa malu, dan pemurah.” – LM

Itulah kumpulan kata kata bijak islam penyejuk dan obat penyakit hati. Selalu ingat Allah SWT kapan dan di manapun berada. Ada banyak makna yang terkandung dalam kalimat bijak islami tersebut sehingga kita bisa menjadikannya sebagai motivasi dalam menjalankan kehidupan ini.

Selalu bersyukurlah atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Tanamkan sifat ikhlas sehingga apapun yang terjadi kamu bisa menjalani dengan baik dan penuh keikhlasan.

Ikuti suara Adzan merdu berikut ini :

(Ika Pratiwi)

Images : pixabay.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *